Thursday, December 5, 2013

Culinary Trip To Makassar [2]: Demo Masak dan Travel Talk

Culinary trip rasanya enggak lengkap ya kalau enggak ada acara masaknya. Nah, hari kedua di Makassar, diadakan Demo Masak bersama Chef Lucky, Travel Talk bersama Marischka Prudence, sekaligus kopdar juga bersama seluruh komunitas blogger di Makassar. Wuih seru!

(Dok. SunCo)
Acara ini digelar di Kampung Popsa. Terletak di pinggir pantai serta menyajikan berbagai macam menu makanan dengan konsep food court, Kampung Popsa ini menjadi pusat kuliner tempat nongkrongnya anak muda gaul di Makassar. Popsa merupakan singkatan dari Persatuan Olahraga Perahu Motor dan Ski Air, karena dulunya tempat ini adalah tempat berkumpulnya komunitas olahraga air di Makassar.

Registrasi di pintu masuk Kampung Popsa (Dok. Pribadi)
Sayang, acara yang seharusnya dimulai pukul sebelas, tidak dapat tepat waktu karena menunggu para peserta yang belum datang. Waktu kosong tersebut kami manfaatkan untuk foto bersama di pinggir pantai. Saya juga senang sekali karena bisa bertemu dan ngobrol-ngobrol sama Mba Mugniar (Emak of the Month Kumpulan Emak Blogger Bulan Desember) meskipun hanya sebentar setelah selama ini hanya saling berkomentar di blog.

Foto bersama di halaman belakang Kampung Popsa (Dok. Marischka Prudence)
Foto bersama Mba Mugniar (Dok. Iwok Abqary)
Akhirnya acara pun dimulai pukul duabelas. Acara dibuka dengan perkenalan dan ngobrol-ngobrol bersama Chef Lucky. Saya sempat kecewa karena bukan Chef Juna, tapi ya sudahlah hehehe... Pemenang pertama Master Chef Indonesia Season I yang biasa disebut Papa Bear ini sudah mulai hobi memasak sejak kelas 3 SD loh. Dia memberi saran pada para blogger cowok supaya jago masak juga. Selain terkesan romantis dan membuat cewek klepek-klepek, cowok yang masak untuk pacarnya juga bisa menghemat pengeluaran karena enggak perlu dinner di restoran mahal hihihi...

Ngobrol-ngobrol santai (Dok. Iwok Abqary)
Setelah perkenalan dengan Chef Lucky dirasa cukup, sekarang lanjut dengan perkenalan dan ngobrol-ngobrol bersama Marischka Prudence. Gadis cantik yang biasa dipanggil Prue ini mengawali karirnya sebagai reporter di sebuah stasiun televisi. Keputusan besar harus diambilnya ketika dia memilih untuk resign demi passion-nya untuk travelling dan blogging. Meskipun enggak kerja 'kantoran' lagi, Prue selalu berusaha bersikap profesional dengan menganggap blog sebagai 'kantornya'.

Iri Seru sekali mendengar pengalaman menarik Prue ketika travelling. Prue pernah sangat terharu ketika ada seorang ibu yang ingin memberi nama anaknya dengan namanya. Travelling dan bertemu dengan banyak orang baru, memang memberikan banyak pelajaran hidup bagi Prue, yang ternyata adalah adik angkatan saya di ITB. Tempat paling indah versi Prue adalah Pulau Maratua di Derawan. Katanya airnya jernih banget.  Hmmm saya jadi ingin melihat juga... Tapi kalau disuruh memilih, gadis pecinta nasi goreng dan ramen ini lebih memilih bawah laut daripada pantai.

Setelah puas ngobrol-ngobrol, sekarang waktunya demo masak oleh Chef Lucky. Masakan pertama yaitu Crispy Thai Beef. Sedangkan masakan yang kedua yaitu Sate Lilit Udang. Dua-duanya enak dan gampang banget bikinnya. Kok tau enak? Ya iya kan dikasih icip-icip. Yummie!

Crispy Thai Beef - Klik untuk memperbesar (Dok. Pribadi)
Sate Lilit Udang - Klik untuk memperbesar (Dok. Pribadi)
Banyak sekali tips memasak yang diberikan oleh Chef Lucky, diantaranya:
Tips Deep Fry
  • Untuk menghasilkan beef yang crispy, potong sapinya setipis mungkin.
  • Pastikan minyaknya benar-benar panas. Panaskan minyak, dinginkan terlebihdahulu sambil mempersiapkan bahan-bahannya, setelah siap panaskan lagi minyaknya.
Tips Menumis Bumbu
  • Untuk yang males masak, gunakan saja blender untuk menghaluskan bumbunya. Asalkan langsung diolah, rasanya tidak akan berbeda kok dengan bumbu yang dicincang.
  • Apabila menggunakan wajan anti lengket, gunakan minyak sedikit saja.
  • Untuk membuat masakan menjadi lebih gurih, tambahkan potongan tomat dansedikit gula.
Tips Membersihkan Udang
  • Jangan buang kepala dan kulit udang, selain dapat dijadikan kaldu, juga dapat dijadikan minyak udang. Tumis kepala dan kulit udang bersama bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Tumbuk lalu saring.
Tips Membuat Mayonaise
  • Kocok kuning telur bersama minyak goreng. Untuknya rasanya, bisa ditambahkan sesuai selera. Wasabi apabila ingin pedas, bawang putih apabila ingin gurih, gula apabila ingin manis, jeruk nipis atau saos tomat apabila ingin asam.
  • Homemade mayonaise bisa tahan 3-5 hari apabila disimpan di dalam kulkas.
Demo masak udah, icip-icip juga udah. Sekarang saatnya penjelasan dari SunCo yang diwakili oleh Mba Lina. Penjelasan langsung dibuka dengan meminta dua orang peserta untuk mempraktekkan demo meminum minyak goreng. Ternyata minyak goreng SunCo tidak lengket dan mudah diminum seperti air.g Sedangkan minyak goreng yang satunya lagi, para peserta tidak berkomentar, tapi jawabannya sudah bisa dilihat dari ekspresi mereka hihihi...

Jadi, untuk memilih minyak goreng yang baik, kita dapat melakukan beberapa macam tes.
  • Diminum. Minyak goreng SunCo mudah mengalir apabila diminum.
  • Bening. Minyak goreng SunCo melalui tiga kali tahap pemurnian dan dua kali tahap penyaringan sehingga tidak mudah teroksidasi dan meminimalkan resiko timbulnya kanker.
  • Tidak mudah beku. Apabila dimasukkan ke kulkas, minyak goreng SunCo tidak mudah beku karena diolah dari kelapa sawit segar sehingga memiliki kandungan minyak jenuh yang paling rendah sehingga meminimalkan peningkatan kolesterol.
Selain itu, minyak goreng SunCo adalah minyak goreng pertama dengan Fortifikasi Vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh.Karena menggunakan teknik fortifikasi dari Jerman, maka kandungan Vitamin A dalam minyak goreng SunCo tidak akan rusak meskipun dipanaskan.

Wah, pengetahuan tentang memilih minyak goreng yang baik jadi bertambah nih. Tapi acara belum selesai karena ternyata tim SunCo mempunyai kejutan untuk para pemenang lomba blog, lomba makan jalangkote dan es pisang hijau! Saya sih karena perutnya sudah terlanjur diisi angin, jadinya seret banget waktu makan jalangkote. Dan akhirnya saya yang satu tim dengan Mba Ika pun kalah dan gagal mendapatkan voucher belanja heuheu...

Mmmm... Nyam nyam nyam... Dinikmati aja :) (Dok. Mugniar)
Acara ini memang bertabur banyak hadiah. Selain goodie bag untuk setiap peserta, yang nanya dapat hadiah, yang ikut demo dapat hadiah, yang menang lomba makan dapat hadiah. Yang terakhir ada door prize juga sebagai penutup acara.

Selesai deh acara demo masak dan travel talk-nya. Tapi jangan khawatir, setelah ini SunCo mengadakan lomba food photography berhadiah jutaan rupiah loh. Pantengin aja twitter dan facebook-nya :)

Foto bareng Chef Lucky :) (Dok. Pribadi)
Foto bareng Prue (Dok. Pribadi)
Sapo Tahu Seafood @ Kampung Popsa (Dok. Pribadi)

15 comments :

  1. Infonya lengkap banget mbak. Aku malah belum bikin nih. Masih ngejr DL lomba Oya, Lomba makannya kita kalah ya. maklum makannya kayak putri solo ^^

    ReplyDelete
  2. Makasih ya mbak, tips-tipsnya. Saya termasuk yg memasak super simple. Tapi pengen menyajikan yg istimewa juga.

    ReplyDelete
  3. baru tahu ternyata resep bikin mayones simpel banget ya mbk heheh

    ReplyDelete
  4. Mbak Lia malah aplot foto lomba makannya di sini hehehe.
    Senang juga bisa ketemuan dgn mbak Lia, mbak Ika, kang Iwok, dan kak Firma yang jauh2 datang dari pulau Jawa ...
    Yang deep fry itu gak ketangkap baik sama saya, jadinya saling melengkapi dgn informasi yg saya tulis dan yang dari sini :)

    ReplyDelete
  5. Wah.. Enak dong jika semuanya dapat hadiah.. :)
    Tapi saya kok gag dapat.. ::(

    ReplyDelete
  6. gak jadi sama chef Juna, ya? Tp yg penting tetep bs ikut demo masak sm kopdar, ya :)

    ReplyDelete
  7. Wah senengnya bisa jalan2 ke Makasar bareng Sunco ya mbak.
    Bisa kopdaran lagi.. :)

    ReplyDelete
  8. Assalammuallaikum Mbak Nathalia. salam kenal ijin simak artikel
    Culinary nya wah bagus-bagus tempat dan enak makanan nya dan
    bersih lokasinya Mbak. bisa masuk acara TV Elshinta nih Mbak
    Ijin follow blognya juga agar silaturahmi antar blog terus aling
    Berbagi yah Mbak salam hormat selalu buat Mbak Nathalia
    Dan sahabat blogging semua :))

    ReplyDelete
  9. Follow Blog Nathalia ke 78 sudah succesful Mbak
    silahakan di cek dan pendapat juga Partisipasi
    Tetap saya harapkan demi kemajuan antar
    blogging semua yah Mbak Terima kasih Mbak Nathalia

    ReplyDelete
  10. hai, boleh minta emailnya untuk kerjasama?

    ReplyDelete
  11. Culinary trip di suatu kota yang belum kita kunjungi seperti ini bisa menjadi agenda yang menyenangkan dalam perjalanan liburan ala backpacker..

    ReplyDelete