Friday, June 26, 2015

Rasa Haru dan Gelisah dalam Acara Perpisahan Sekolah

perpisahan sekolah

Acara perpisahan sekolah memang selalu mengharukan. Begitu juga acara perpisahan sekolah Jav yang diadakan dua minggu yang lalu.

Karena muridnya sedikit (8 orang saja), maka sekolah Jav menumpang acara perpisahan di sekolah tetangga (yang muridnya ada 70 orang). Pertimbangannya, supaya banyak yang menonton. Saya sih ikut saja bagaimana baiknya, yang penting Jav mempunyai pengalaman tampil di depan umum.

Acara perpisahan tersebut diadakan hari Minggu. Tetapi hari Jumatnya (saat pembagian rapot), Jav malah sakit :( Rasanya sedih sekali. Memang sih kalaupun Jav tidak bisa tampil, tidak akan menjadi masalah. Toh, Jav mah hanya penggembira, tidak ikut diwisuda. Tapi ya, masa sih, Jav tidak bertemu teman-temannya di pertemuan terakhir. Soalnya Jav kan mau pindah sekolah. Untungnya, kondisi Jav terus membaik. Sehingga akhirnya bisa ikut acara perpisahan.

Ketika sampai di lokasi, saya sempat mengintip rundown acara yang dipegang oleh salah satu panitia. Wow, saya langsung shock karena hari itu terdapat 27 penampilan yang akan mengisi acara pentas seni. Hmmm, terbersit rasa penasaran, memangnya anak-anak tidak akan bosan? Apalagi acara yang seharusnya dimulai pukul delapan pun, terlambat karena menunggu ketua yayasan yang belum tiba. Weleh weleh....

Ketua yayasan akhirnya sampai di lokasi pukul setengah sembilan. Tapi seperti yang sudah saya perkirakan, acara pentas seni tidak langsung dimulai karena ketua yayasan dan ketua RW menyampaikan sambutan terlebih dahulu. Isinya memang bagus sekali untuk para orang tua. Tapi waktunya terlalu lama, kan kasihan anak-anak. Jav sih anteng makan nasi kotak yang dibagikan, padahal di rumah sudah sarapan. Mamayu mungkin, makannya banyak baru sembuh dari sakit, hihihi....

Setelah pemberian sambutan, acara dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan dan wisudawati terbaik (murid yang lulus TK) serta santriawan dan santriawati terbaik (murid yang naik dari TK A ke TK B). Mereka dipanggil ke atas panggung untuk mendapatkan piala dan hadiah. Tapi, mungkin agar semuanya merasa spesial, maka semua anak (termasuk Jav) dipanggil juga ke atas panggung. Namanya disebutkan satu per satu, dan mendapatkan bingkisan berisi Al-Quran. Terbayang kan, lamanya seperti apa.

Ternyata prosesi pelepasan masih dilanjutkan dengan acara sungkem. Beberapa anak perwakilan murid duduk bersimpuh di hadapan gurunya masing-masing. Wuih, musik dan kata-kata pengiringnya benar-benar membuat terharu. Kemudian anak-anak itu bersama-sama menyanyikan lagu 'Terima Kasih Guruku' sambil membawa setangkai bunga. Terakhir, bunga tersebut mereka berikan kepada gurunya.

Air mata saya sampai ikut menetes loh ketika mengabadikan momen tersebut. Jujur, saya mengacungkan dua jempol untuk acara prosesi pelepasan yang mengharukan ini. Tapi, melihat bagaimana anak-anak Jav mulai lelah dan bosan, saya jadi gelisah juga. Jav gitu loh. Dia mana tahan duduk/berdiri manis lama-lama.

Akhirnya pukul setengah sebelas, acara pentas seninya baru dimulai. Jav dan teman-temannya tampil pukul sebelas. Hasilnya pabaliut, soalnya tidak pernah serius kalau diajak latihan :))

Setelah teman-teman lain dari sekolah Jav selesai tampil juga, kami langsung pulang. Bukannya tidak ingin menyaksikan penampilan anak lain yang lucu-lucu. Energinya sudah habis sih sama acara prosesi pelepasan :p

Kalau acara perpisahan sekolah TK di tempat teman-teman bagaimana? Apa ada acara sambutan dan prosesi pelepasan yang waktunya berjam-jam juga?

20 comments :

  1. sebuah kewajaran jika dalam sebuah acara perpisahan, apalagi perpisahan sekolah pastinya emang begitu atuh.
    yang tabah dan sabar deh yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya kalau untuk anak TK ga perlu deh seserius itu, belum pada ngerti juga :D

      Delete
  2. Jadi ingat waktu masih kecil ketika perpisahan sekolah.. Semoga Itu juga bakal jadi kenangan indah buat Jav

    ReplyDelete
  3. Kemarin kebetulan anakku perpisahan juga, karena dia udah masuk SD :D Undangan jam 7.30. Mulainya jam 8. Terus abis itu sambutan2, terus yang paling lama yg pengalungan medali dan penyerahan simbolik sktb. Abis itu baru penampilan-penampilan. Total jam setengah 12 baru pulang, itupun sebenernya masih ada pertunjukan badut. Tapi anakku udah minta pulang. Kayaknya sih dia takut badut tapi nggak mau ngaku :)))))
    Nggak ngerti juga sih, kenapa acara buat anak-anak kok dibikin berjam-jam gitu yahhh. Aku sih sengaja ga ngajak si adik. Kebayang deh kalau ikut, pasti riweuh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh :D
      mending mba, jam setengah 12 tinggal pertunjukan badut... saya pulang jam 12, pertunjukan masih banyak...

      Delete
  4. Saya itulah yang tidak pernah saya lupakan ketika kenangan perpisahan masa SMA dulu mbak, saya ingat ama mantan saya :D

    ReplyDelete
  5. Selalu seneng klo liat pentas akhirusanah anak TK kyanya meskipun lama klo mereka tampil tetep seneng deh. Jadi keinget jaman nadia TK dulu.sekarang udah SD ga da beginian lg :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sd udah ga ada acara beginian lg?
      liat anak2 pentas emang nyenengin mak... tp jd buyar krn javnya mulai bosen & rewel :D

      Delete
  6. wah ini mh sudah pengalaman. memang kalau setiap perpisahan pasti ada harunya. entah disengaja harus begitu atau gimana hehehe

    ReplyDelete
  7. Momen perpisahan memang selalu mengharukan (dan melelahkan), mak

    ReplyDelete
  8. Aku malah ga ingat perpisahan pas TK. Tapi kayaknya kalo ditempetku cuma sederhana aja sih, kak. Ga sampai lama juga. :)

    ReplyDelete
  9. kalo di sekolah si sulung, acaranya ga lama alhamdulillah. kalo di sekolah si bungsu ampun deh udah ngaret lamaaa juga. pdhl anaknya masih PG

    ReplyDelete