Friday, October 19, 2018

10 Keunggulan KIN Fresh Milk - Susu dari Sapi A2

kin fresh milk

Beberapa waktu yang lalu, saat sedang belanja di supermarket, saya menemukan sebuah produk susu baru. Namanya KIN Fresh Milk. Saya tertarik pada tulisan 'A2 Cows' yang tercantum di kemasannya. Wah, rupanya di Indonesia sudah ada loh susu segar dari sapi A2. Teman-teman tahu enggak tentang susu dari sapi A2?

kin fresh milk
Menemukan KIN Fresh Milk, susu dari sapi A2 di supermarket

Saat ini, susu dari sapi A2 memang sedang mendapat perhatian dari dunia kesehatan karena potensinya yang bisa menjadikan susu sapi lebih baik dari segi nutrisi maupun dari segi toleransi oleh sistem pencernaan. Susu yang hanya mengandung protein A2, dipercaya lebih mudah dicerna oleh tubuh dan nutrisinya lebih mudah diserap. Jadi enggak akan menimbulkan gejala mual, kembung, atau diare.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai susu dari sapi A2, teman-teman bisa baca artikel saya sebelumnya ya, Ingin Mendapatkan Manfaat Susu Tanpa Rasa Mulas? Coba Susu dari Sapi A2.

Karena penasaran, akhirnya saya mencoba KIN Fresh Milk. Dan sesuai janji di artikel sebelumnya, berikut ulasan saya mengenai KIN Fresh Milk. 

Sehat
Sudah menjadi rahasia umum ya bahwa susu itu merupakan sumber pangan dengan kandungan gizi yang sangat lengkap. Diantaranya sebagai berikut:
  • Karbohidrat yaitu laktosa.
  • Lemak yaitu fosfolipid (kolin dan spingomyelin). Merupakan sumber energi serta pelarut vitamin A, D, E, dan K. 
  • Protein yaitu kasein dan whey. Merupakan zat pembangun.
  • Vitamin yang terdiri dari 12 macam vitamin.
  • Mineral yang terdiri dari 13 macam mineral.

Meski setiap hari selalu menyajikan makanan dengan gizi seimbang untuk keluarga, saya tetap menyediakan KIN Fresh Milk juga di rumah. Jadi Jav dan ayahnya yang super aktif bisa minum susu kapan saja untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Alami
Jangan terkecoh ya, ternyata ada loh produk susu cair yang dibuat dari susu bubuk yang dicairkan. Karena ingin menyediakan susu dengan kualitas terbaik, saya selalu mengecek terlebih dahulu kandungannya. Makanya saya memilih KIN Fresh Milk karena KIN Fresh Milk terbuat dari 100% susu segar, alami tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya.

kin fresh milk
100% susu segar

Terjaga Nutrisinya
KIN Fresh Milk merupakan susu UHT, yaitu susu yang diproses dengan teknologi Ultra High Temperature (UHT). Teknik pengolahan tersebut dapat membuat semua bakteri dan spora mati, namun tanpa merusak kandungan gizi pada susu. Sayang kan, kalau kita enggak bisa mendapatkan manfaat dari susu hanya karena teknik pengolahan yang membuat kandungan gizi pada susunya menjadi hilang.

Nyaman di Perut
Kemarin saya melihat hasil poling di Instagram Stories-nya KIN Dairy. Rupanya 63% menjawab bahwa mereka merasakan perut yang enggak nyaman (enek, kembung, dan mulas) setelah minum susu. Duh, sama seperti suami yang perutnya langsung bereaksi apabila minum susu di pagi hari. Atau seperti saya yang suka merasa enek setelah minum susu.

Gejala mual, kembung, dan/atau diare setelah mengonsumi susu terjadi karena kandungan protein beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein pencernaan lainnya di dalam tubuh, sehingga memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu.” (dr. Rizal Alaydrus, MSc., pakar gizi)

Padahal, awalnya sapi di seluruh dunia itu hanya menghasilkan protein A2 saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan adanya mutasi genetik, membuat semakin banyak sapi yang menghasilkan susu dengan kandungan protein A1.

“Sebagian orang banyak mengalami reaksi pada tubuhnya sesaat setelah mengonsumsi susu dan menganggap hal itu adalah normal. Reaksi yang dirasakan diantaranya adalah rasa tidak nyaman di perut seperti rasa kembung, eneg, bahkan mulas. Padahal seharusnya minum susu sama seperti kita mengonsumsi minuman lain yang tidak menimbulkan respon di perut. Banyak orang menduga hal ini disebabkan karena mereka lactose intolerant, padahal bisa jadi karena tubuhnya tidak dapat mencerna protein A1 yang terdapat dalam susu.” (Anton Budiharjo, Marketing Manager KIN

kin fresh milk
Susu sapi biasa vs susu sapi A2

Untungnya sekarang sudah ada KIN Fresh Milk yang merupakan produk susu segar pertama di Indonesia yang berasal dari sapi A2. Produknya berupa susu dari sapi A2 yang hanya mengandung Protein A2 (tanpa protein A1) sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut.

Alhamdulillah, kini suami bisa mengonsumsi susu kapan saja tanpa perlu merasa mulas meski minumnya di pagi hari. Termasuk saat menemani Jav hiking akhir pekan yang lalu. Yeay! Soalnya bahaya kan kalau perutnya tiba-tiba bereaksi ketika kami sedang berada di tengah sawah atau kebun bambu, hihihi....

kin fresh milk
Minum susu kapan saja di mana saja tanpa khawatir mulas

Berasal dari Peternakan Terbaik
KIN Fresh Milk merupakan susu berkelas dari sapi teratas. Sapi-sapi tersebut berasal dari Peternakan KIN. Peternakan KIN adalah peternakan susu paling modern yang terletak di pegunungan Jawa Barat pada ketinggian 1350 meter di atas permukaan laut. Peternakan KIN memiliki luas lebih dari 80 hektar dan dilengkapi dengan teknologi terkini yang memenuhi standar internasional dalam proses pemerahan, pemberian makan, dan pengolahan susu.

kin fresh milk
Peternakan KIN di pegunungan

Sebagai satu-satunya peternakan sapi terintegrasi yang menghasilkan susu dari sapi A2 secara eksklusif di Indonesia, seluruh sapi di peternakan KIN menjalani proses pemeriksaan ketat. Dimulai dari kualitas kesehatan, kondisi hidup, hingga pemeriksaan DNA untuk memastikan susu yang dihasilkan enggak mengandung protein A1.

kin fresh milk
Peternakan KIN yang luas dan bersih

Sapi di peternakan tersebut merupakan sapi impor loh. Untuk menghasilkan susu dengan kualitas terbaik, sapi-sapi itu mendapatkan perlakuan yang spesial berupa nutrisi terbaik, tempat yang nyaman, bersih, luas, dan sejuk, serta perawatan seperti pemijatan, dan lain-lain. Gaya banget ya, saya jadi iri deh, hehehe....

kin fresh milk
Sapi di peternakan KIN sedang dipijat

Kualitas Terjamin
Dalam proses pengemasannya, KIN Fresh Milk menggunakan botol dari fasilitas sendiri. Jadi terjamin keamanan dan kehigienisannya. KIN Fresh Milk juga merupakan satu-satunya produk susu yang dikemas dalam botol dengan UV light barrier (teknologi aseptik) untuk menjamin kualitas produk tanpa perlu tambahan bahan pengawet.

Praktis
KIN Fresh Milk dikemas dalam botol plastik berukuran 200 ml dengan tutup bentuk ulir. Praktis banget untuk dibawa bepergian. Termasuk untuk bekal sekolah Jav.

kin fresh milk
Bekal sekolah Jav, menu gizi seimbang ditambah snack dan KIN Fresh Milk

Porsinya pas untuk sekali minum. Tetapi kalaupun ingin minum sedikit-sedikit karena ingin menikmati KIN Fresh Milk tanpa terburu-buru, bisa juga kok enggak langsung dihabiskan karena kemasannya kan bisa ditutup kembali. Asal jangan terlalu lama ya. Karena susu UHT yang segel kemasannya sudah dibuka hanya bisa bertahan beberapa jam saja di suhu ruangan. Kecuali apabila disimpan dalam lemari pendingin.

Enak
KIN Fresh Milk tersedia dalam 3 rasa, yaitu Full Cream, Chocolate, dan Coffee. Botol berwarna merah untuk Full Cream. Rasanya gurih alami dan enggak bikin enek. Favorit suami saya nih. Lalu botol berwarna cokelat untuk rasa chocolate. Lebih kental dan rasanya nyokelat banget. Yang ini favorit Jav. Serta botol berwarna krem untuk rasa coffee. Lebih kental juga. Aroma dan rasa kopinya cukup kuat, namun enggak menutupi rasa susunya. Nah, kalau yang coffee ini favorit saya.

kin fresh milk
Santai sore bersama KIN Fresh Milk
“Dengan ragam rasa Kin Fresh Milk yang tersedia, konsumen memiliki kebebasan untuk menikmati manfaat murni dari susu sapi segar tanpa khawatir akan timbulnya rasa eneg atau kembung. Kin Fresh Milk juga hadir sebagai pilihan yang lebih sehat bagi para penggemar susu dan aman untuk dikonsumsi anak usia 2 tahun ke atas,” (Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager KIN)
Selain diminum secara langsung, KIN Fresh Milk nikmat juga apabila diolah kembali. Seperti dibuat schotel, puding, milkshake, dan lain-lain. Untuk menyambut Jav saat pulang sekolah, saya membuat es loli kekinian dari KIN Fresh Milk rasa Chocolate yang dicampur dengan potongan wafer karamel. Cara membuatnya sangat mudah, namun hasilnya memberikan sensasi yang luar biasa. Merupakan perpaduan antara susu cokelat yang manis dan segar dengan wafer karamel yang renyah dan kenyal. Pokoknya mantul, mantap betul, hohoho.... 

kin fresh milk
Jav menikmati es loli dari KIN Fresh Milk

Terjangkau
Meski termasuk produk baru, namun KIN Fresh Milk sangat mudah didapatkan. KIN Fresh Milk tersedia di minimarket / supermarket terdekat. Harganya pun cukup terjangkau. Kemarin saya menemukan produk ini di Griya dengan harga Rp 7.450. Apabila dibandingkan dengan produk sejenis, harganya cenderung lebih mahal ya. Tapi untuk susu berkualitas dari sapi A2, tentu harga tersebut sangat sepadan. Apalagi waktu itu sedang ada promo beli 2 gratis 1 pula. Langsung borong deh, hehehe....

kin fresh milk
Stok KIN Fresh Milk di lemari pendingin

Halal
Terakhir, namun tentu paling penting bagi saya dan teman-teman Muslim, selain sudah mengantongi izin dari BPOM RI dengan nomor 200228005223 (full cream), 200828007223 (chocolate), dan 200828009223 (coffee), KIN Fresh Milk juga sudah memiliki label halal dari MUI. Jadi enggak perlu khawatir ya untuk mengonsumsi produk ini. Insya Allah sehat, enak, halal, dan berkah.

kin fresh milk
Halal

Bagaimana dengan teman-teman, sudah mencoba KIN Fresh Milk belum? Kalau sudah, cerita juga dong pengalamannya.

~~~


KIN Fresh Milk
Website: www.kindairy.com
Instagram: @kindairyid

34 comments :

  1. belum pernah mencoba susu yang ini
    kayaknya kok baru di daerah saya, mungkin

    ReplyDelete
  2. WowWowowoo saya sudah coba Teh kemarin, sekarang sudah bnayak ya di toko-toko, yang kopi itu kental banget!

    ReplyDelete
  3. harganya murahya teh terjangkau ga llebih dari 10ribu :) mau berburu ah di griya

    ReplyDelete
  4. Aku paling suka yg full cream/yg merah. enak seger

    ReplyDelete
  5. Ini enaaak banget nget ngeeet, aku juga suka hehe. Cuma bedanya dulu mah gatau A2 teh apa, ternyata bagus yah hihi

    ReplyDelete
  6. Aku penasaran sama yang Kopi. Apa kayak kopi susu gitu rasanya? Nyari aaaah... :D

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah udah halal ya Teh jadi gak perlu takut lagi, enak pula ya. Nanti aku mau nyobain ah.

    ReplyDelete
  8. Ini enak banget, aku udah coba yang coffee, pdhl nggak terlalu suka kopi tapi ini rasanya masih bisa buat aku. Paling seger minum pas lagi dingin 😍

    ReplyDelete
  9. Belum pernah coba kin susu..mau coba dong..tfs mami jav.. jadi tau deh kalo susu sapi ada a1 dan a2😊

    ReplyDelete
  10. SUsu Kin enak nih, seger, dan bebas mual ya, jadi pengen beli lagi, beli satu tidaklah cukup

    ReplyDelete
  11. aku suka rasa cokelatnya enak banget, kalau udah minum ini cepet banget abisnya saking enaknya

    ReplyDelete
  12. Wah, susu KIN banyak manfaatnya yah Teh, aku jadi penasaran pisan pengen ikut nyobain nih :))

    ReplyDelete
  13. Jadi inget omongan seorang dokter yang bilang susu itu kurang baik karena dihasilkan dari sapi yang stres, dipaksa berproduksi secara masif. Kalau treatment ke sapinya kayak gini, asik dong ya. Dah nyoba yogurtnya KIN juga dan emang enyaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dr Dave ya, saya jg waktu itu dikasih tau begitu, hohoho...

      Delete
  14. Aku belum pernah coba yg ini. Klo yogurth nya aku suka banget minum. Jadi mau cobain susunya, ahhh 😊

    ReplyDelete
  15. peternakannya bersih banget ya teh.
    sapinya pake dipijet segala, meuni lucu dan menggemaskan.
    aku jadi ingin mencoba susu KIN XD

    ReplyDelete
  16. Susu KIN ini seliweran di lini masa terus, jadi kabita pengin nyobain, Teh. Manfaatnya juga banyak ya.

    ReplyDelete
  17. wah congrats ya kak udah menang, blog walking donk ke www.chacaatmika.com

    ReplyDelete
  18. Susu yang manfaatnya banyak, Teh. Mesti sedia di rumah :)

    ReplyDelete