Thursday, October 8, 2015

14 Years My Life with XL


Awalnya...
14 November 2001, ulang tahun saya yang ke-17 merupakan hari pertama saya menggunakan nomor XL. 08182277xx, 10 angka dan mudah dihafal, cantik deh :D Waktu itu, orang tua saya memberi pilihan, mau pesta ulang tahun atau ponsel. Saya memilih ponsel dong, hadiah yang bisa digunakan untuk jangka panjang, hehehe....

Ponselnya baru, sedangkan nomornya sih bukan baru, nomor bekas ayah saya. Tapi walaupun bekas, saya tetap setia menggunakannya sampai sekarang loh. Yup! Hingga detik ini. Berarti hampir 14 tahun. Setia banget kan saya ;)

Pernah hilang...
Selama 14 tahun, saya belum pernah merasakan pengalaman buruk ketika menggunakan nomor XL. Oleh karena itu, meskipun sempat hilang karena ponselnya pernah dicuri di musala kampus, saya langsung mengurusnya supaya bisa tetap menggunakan nomor yang sama.

Makanya, saya suka heran sama orang yang sering gonta-ganti nomor ponsel. Karena bagi saya, nomor ponsel termasuk identitas penting yang enggak harus diganti kalau enggak perlu-perlu amat. Selain itu kalau saya gonta-ganti nomor kontak, kasihan dong ketika ada mantan (ups), teman, atau kenalan yang mau meminta tolong atau malah mau memberi pekerjaan :p Lagipula, untuk apa mengganti nomor kalau saya merasa sangat nyaman dengan nomor XL ini.

Kesan-kesannya...
  • Setia menjadi saksi bisu perjalanan hidup saya. Bayangkan hal-hal apa saja yang terjadi sejak 14 tahun lalu. Sejak saya masih pacaran ala-ala cinta monyet hingga sekarang sudah menikah dan mempunyai seorang anak. Sejak saya masih SMA hingga sekarang sudah menjadi emak blogger kece. Sejak saya menggunakan ponsel berbasis Java hingga sekarang menggunakan smartphone berbasis Android. Sejak jaringan internetnya masih GPRS hingga sekarang sudah 4G LTE. Sejak komunikasi hanya melalui telepon atau SMS hingga sekarang sudah ada Whatsapp dan kawan-kawannya. Seandainya semua percakapan baik melalui telepon, SMS, atau Whatsapp melalui nomor XL ini bisa disimpan dan didengarkan/dilihat kembali, tentu akan menjadi album kenangan yang sangat berharga. Ada cerita suka, duka, kebahagiaan, kekecewaan, kesuksesan, kegagalan, tugas kuliah, pekerjaan, hobi, cinta yang berbalas, juga cinta yang enggak berbalas, hihihi.... Lengkap deh.
  • Provider yang bisa diandalkan. Sinyal XL enggak pernah mengecewakan. Bukan hanya di kota besar tapi juga di kota kecil. Waktu masih kuliah dan bekerja dulu, saya sering melakukan survei ke daerah-daerah. Mulai dari yang terdekat, Kabupaten Garut dan Kabupaten Gunungkidul, hingga yang berada di luar Pulau Jawa seperti Kabupaten Limapuluh Koto di Sumatera atau Kabupaten Buol di Sulawesi. Alhamdulillah masih bisa berkomunikasi dengan keluarga di rumah.
  • Jaringan internet yang selalu lancar. Sejak ponselnya masih jadul, yang keypad-nya bukan 'qwerty', saya sudah menyenangi mobile blogging. Menulis draft di aplikasi Memo, lalu mempublikasikannya melalui browser. Apalagi sekarang, setelah menggunakan smartphone. Segala macam aplikasi untuk mobile blogging dan social media mudah untuk dipasang di ponsel. Namun apalah artinya ponsel canggih tanpa jaringan internet yang lancar? Untungnya, selama menggunakan paket HotRod Bulanan, akses saya terhadap internet selalu mulus. Bahkan bisa menjadi salah satu pemenang ketika mengikuti lomba live tweet di Makassar dulu.
  • Isi ulang pulsa yang sangat mudah. Awalnya sih saya mengisi ulang pulsa kartu prabayar XL ini menggunakan voucher pulsa. Tapi setelah bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri, saya membuka tabungan di BCA, sekaligus memanfaatkan fasilitas M-Banking-nya juga. Sejak saat itu, mengisi pulsa menjadi sangat mudah. Cukup SMS ke 8889 serta menuliskan 4 digit PIN dan jumlah pulsa yang diinginkan, maka pulsa pun langsung dikirim ke nomor saya dan biayanya dipotong dari saldo rekening di Bank BCA. Praktis sekali. Enggak perlu ke konter pulsa dan enggak perlu mengeluarkan biaya SMS, gratis.
  • Pelayanan customer service yang menyenangkan. Karena jarang bermasalah, saya baru dua kali berhubungan dengan customer service XL. Pertama kali ketika ponsel saya hilang dan saya meminta untuk tetap menggunakan nomor yang sama. Yang kedua ketika tanpa sengaja saya mengunci nomor PIN atau PUK ya, lupa hehehe.... Petugasnya melayani dengan sangat efektif, namun tetap ramah.

Hari ini....
8 Oktober 2015, XL sudah berusia 19 tahun loh. Wah, sudah semakin dewasa. Selamat ulang tahun ya! Semoga sukses selalu.... Semoga tetap setia dan selalu bisa diandalkan untuk menemani perjalanan hidup konsumen-konsumennya :)


29 comments :

  1. Wah semoga aja makin sukses, saya pernah menggunakan xl sebentar.

    Lebihnya saya jadi pengguna setia 3.

    Semoga aja pembaca jadi minat buat beralih operator. Makasih juga bu buat ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah ga niat ajak2 sih... cmn cerita pengalaman aja... ga dibayar jg sama xl-nya hihihi...

      Delete
  2. Sama, Mbak. Aku juga setia sama XL. Dan masih setia dengan nomor lama. Meski memang pernah ganti nomor karena tarifnya pernah agak aneh, dan sempat ada yang trouble. Aku pakai XL dari 2007. Udah 8 tahun ya. Lebih duluan Mbak Lia. :D

    ReplyDelete
  3. wah keren bangetttt, nomernya selalu sama hehe. aku pernah ganti nomer, tapi cuma sekali sih, karena waktu itu ga ada alternative untuk tetep make yang lama. alasan teknis (lupa apaan haha), daripada ribet ya udah ganti nomer yg ini sampe sekarang (baru 6 tahun sih belum 14 haha). kalo bisa dipiara juga lah, jadi terinspirasi :-)

    ReplyDelete
  4. wah,berarti udah lama banget ya mbak pakeknya...saya ganti,soalnya signal kurang greget ditempat tinggal

    ReplyDelete
  5. tahun 2001 belum pegang HP, paling banter HT :)
    sudah lama banget, termasuk generasi awal

    ReplyDelete
  6. waw...sangat lama menggunakan nomer cantik XL sudah sepatutnya mendapatkan bingkisan cantik dari perusahaan XL, minimal sekeranjang Ubi Cilembu lah gituh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya ga pernah tuh, promo2 pasti dikasih utk pelanggan baru, pelanggan lama mah dicuekin :(

      Delete
  7. Wah setia sekali sm XL, gutlak ya mak :)

    ReplyDelete
  8. toss mbaaa, aku jg udah 13 tahun nihh :))

    ReplyDelete
  9. wah setia banget mbak... Aku termasuk tidak setia nih bahkan sama provider langgananku (sensor)...

    ReplyDelete
  10. wah udah cukup lama ya mba pake XL, kalo aku pake Xl paling sekitar 5 tahunan, tapi allhamdulilah semua keluarga juga pake XL soalnya jaringan nya bagus

    ReplyDelete
  11. Cieee...pelanggan setiaaa XL nih ya, Mbak. Di sini signal XL ckup bagus. Utk inetan juga.

    ReplyDelete
  12. semoga semakin sukses terus..
    dulu pernah make tapi skrang udah ganti wkkwkw, gak ada signal didesa...

    ReplyDelete