Sunday, April 21, 2019

Mengenal ZenBook 13/14/15 Lebih Dekat di ZenBook Blogger Gathering Chapter Bandung

(Photo by @susiencuss_)

"Gimana acaranya?"
"Seru banget!"
"Ada bagi-bagi ZenBook?"
"Hehehe, enggak ada lah. Beliin dong...."

Dialog tersebut terjadi pada malam minggu yang lalu di mobil saat suami menjemput saya. Tepatnya hari Sabtu tanggal 13 April 2019. Anak-anak sudah tidur, kecapean bermain di rumah neneknya. Termasuk Rashya. Dia tidur pulas, setelah memecahkan rekor enggak nenen selama 9 jam tanpa rewel. Alhamdulillah....

Siang harinya, saya memang menghadiri sebuah event ASUS yang seru banget. Enggak tanggung-tanggung, acara bertajuk ZenBook Blogger Gathering yang menghadirkan duet kece Katerina dan Anjas Maradita ini dimulai dari pukul 12 siang sampai pukul 7 malam. Agak nekat sih meninggalkan Rashya selama itu. Tapi mumpung weekend, ada ayahnya ini lah, hihihi.... 

Diantar suami dan anak-anak, saya tiba di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann sebagai venue acara hari itu sejak pukul 11 siang. Kepagian, hihihi.... Saya pun duduk-duduk dulu di lobby. Eh, kebetulan Mbak Rien turun untuk check out. Wuih, senang banget akhirnya bisa ketemu lagi sama Mbak Rien setelah saya beberapa kali bolos ikut acara ASUS di Jakarta.

(Photo by @travelerien)

Kemudian saya langsung ikut Mbak Rien ke atas, ke Embassy Room, tempat acara akan dilangsungkan. Niatnya ingin ikut bantu-bantu, tapi ujungnya malah cuma mengobrol soal Bandung yang menjadi kota ketiga dalam roadshow ASUS ZenBook ini, sambil menonton Mbak Rien dan Mas Anjas siap-siap, hehehe.... Salut banget deh sama mereka berdua. Bukan cuma menjadi pembicara, tetapi menyiapkan acara serta merangkap MC, fotografer, operator slide, dan operator musik juga, hihihi....

(Photo by @niaharyanto)

Baru pada pukul 12, ruangan tersebut mulai ramai oleh kehadiran teman-teman blogger Bandung. Setelah puas colek-colek dan foto-foto ZenBook, kami pun menikmati sajian makan siang dari hotel. Uh, lengkap. Pilihan menunya banyak banget. Mulai dari buah, salad, nasi dan lauk pauknya, gado-gado, puding, es campur, dan lain-lain. Saya sampai enggak sempat mencoba semuanya. Menu favorit saya yaitu mi bakso kuah tomyam dan puding. Pantas Mas Anjas sampai dua kali bilang sama saya kalau pudingnya enak, hihihi.... Ternyata memang enak banget.


Setelah makan, saya langsung menunaikan ibadah salat Dzuhur. Musalanya berada di lantai yang sama. Nyaman deh. Luas dan bersih. Tapi tempat wudunya ada di luar. Dan tadaaa... ternyata hujan dong, alhamdulillah.... Namun saya berdoa, semoga nanti sore hujannya sudah berhenti.

Pukul 1, acara pun dimulai. Asyik deh. Formatnya santai banget. Terus, khusus untuk semua blogger Bandung yang datang hari itu, Mbak Rien menyiapkan syal tenun yang cantik. Jadi makin kece deh penampilan kita-kita. Siap banget untuk foto-foto bersama ZenBook, hohoho....


Presentasi siang itu diawali dengan penjelasan dari Mbak Rien dan Mas Anjas tentang ZenCreator. Bahwa mereka berdua adalah ZenCreator yang mewakili ASUS Indonesia dalam roadshow ASUS Zenbook ini. Apa tuh ZenCreator? Yaitu sebutan bagi content creator yang menggunakan ZenBook. Yup, Mbak Rien sebagai travel blogger dan Mas Anjas sebagai Youtuber selalu menggunakan ZenBook untuk menunjang aktivitas mereka menghasilkan konten yang kreatif.


Kemudian Mbak Rien pun memulai sharingnya sebagai travel blogger. Teman-teman pasti sudah enggak asing ya dengan blognya, travelerien.com. Jadi, Mbak Rien itu sudah mulai menulis blog sejak tahun 2008. Baru pada tahun 2012, sesuai dengan passionnya, Mbak Rien fokus di niche travel. Sebagai travel blogger, tentunya Mbak Rien memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi. Tapi hal tersebut enggak memengaruhi produktivitasnya. Dengan ZenBook yang ringan dan tangguh, Mbak Rien bisa menulis di mana saja dan kapan saja. 

Oiya, Mbak Rien juga menyemangati kami agar enggak hanya fokus menulis di blog saja. Sebagai contoh, Mbak Rien sih mengirimkan tulisannya ke media cetak juga. Kini tulisannya sudah dimuat dan tersebar di berbagai media mulai dari koran, majalah, hingga inflight magazine. Pendapatan dari menulis tersebut bisa dipakai untuk jalan-jalan lagi, dan setelah jalan-jalan ada bahan untuk menulis lagi, begitu terus. Menginspirasi sekali ya.

Selanjutnya, Mas Anjas, pemilik channel Youtube Daunnet Films, melanjutkan presentasi tentang ZenBook. Yup, ASUS kan baru saja menghadirkan tipe ZenBook tipis dan paling ringkas di kelasnya, baik untuk segmen 13 inci, 14 inci, dan 15 inci yang sudah diperkuat prosesor terbaru Intel Core generasi ke-8, baik Core i5 ataupun Core i7. Mas Anjas pun menuturkan fitur-fitur unggulan apa saja yang terdapat pada seri ZenBook terbaru tersebut. 

Sama seperti di tutorial-tutorial video editing di channel Youtubenya, Mas Anjas menjelaskan fitur-fitur unggulan tersebut dengan jelas dan asyik. Saya yang melihat tampilan luar ZenBook saja sudah ngiler, jadi semakin mupeng setelah mendengarkan penjelasan dari Mas Anjas. Bukan hanya ringkas dan tangguh, tetapi ditanamkan juga berbagai teknologi canggih dan mahal. Mauuu....

Kemudian, acara dilanjutkan dengan kuis. Secara bergantian, Mbak Rien dan Mas Anjas memberikan pertanyaan seputar travel blogger dan ZenBook. Seru banget. Teman-teman pun saling berebut mengangkat tangan dengan cepat dan menjawab dengan benar. Heboh deh.

(Photo by @travelerien)

"2019, pakai ZenBook!"

Akhirnya yel yel itu menutup kegiatan kami di Embassy Room. Sudah begitu doang? Enggak dong. Masih ada kegiatan seru lain di hari itu, yaitu city tour. Makanya tadi saya berdoa semoga sore hujannya berhenti, karena kami akan jalan-jalan dan foto-foto di beberapa landmark Kota Bandung. Untungnya, hujannya memang berhenti. Pas banget.

City tour tersebut dimulai dari Titik Nol Km, Jalan Braga, Gedung Merdeka, hingga Alun-Alun. Sambil bergantian membuat foto skenario bersama ZenBook sang primadona untuk lomba Instagram, kami mendengarkan sejarah dan fakta-fakta menarik dari penjelasan yang dipaparkan oleh Bang Aswi.


Menambah wawasan banget. Contohnya, bahwa rute Anyer-Panarukan itu bukan lewat Pantura loh, tapi melalui Kota Bandung. Mungkin ada kali ya di pelajaran Sejarah waktu sekolah, tapi saya sudah lupa, huhuhu.... Setelah menunaikan ibadah salat Ashar di Masjid Raya Bandung, kami pun kembali ke hotel dan bersiap untuk makan malam. 

Tempat makan malam kami berada di Garden Restaurant. Nah, untuk menunaikan salat Magrib, ternyata di lantai tersebut ada musala juga. Makanya enggak perlu naik ke atas. Memang asyik menghadiri acara di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann ini. Musalanya banyak dan mudah diakses.

Makan malamnya spesial loh. Karena setiap malam minggu, hotel bintang 4 ini selalu mengadakan Barbeque Night. Jadi, selain berbagai pilihan menu makanan yang lezat dan menggoda, masih ada lagi menu khusus barbeque yang dimasak secara langsung di depan pengunjung. Kali ini, menu favorit saya yaitu bebek panggang, cumi bakar, dan bruschetta. Yummy....


Sambil menikmati makan malam, kuisnya dilanjut lagi. Tapi berhubung ada live music, suara Mbak Rien dan Mas Anjas jadi enggak terdengar. Namun mereka enggak kehilangan akal dong, kuis pun dialihkan ke WAG. Enggak kalah seru, malah lebih heboh dan kocak membaca jawaban-jawaban ngawur dan menghibur dari peserta, hihihi.... Kali ini saya beruntung karena berhasil menjawab salah satu pertanyaan dengan benar dan cepat. Yeay...!

Pemenang kuis (Photo by @travelerien)

Acara gathering tersebut kemudian ditutup dengan hal yang paling ditunggu-tunggu. Yup, pengumuman pemenang lomba Instagram. Selamat ya buat teman-teman yang menang. Fotonya memang keren-keren. Ada yang foto sama Valak segala, hihihi....

Pemenang lomba Instagram (Photo by @travelerien)

Setelah acara ditutup, meski masih betah, terpaksa saya langsung pamit pulang, soalnya sudah dijemput. Alhamdulillah, hari itu menyenangkan sekali. Bisa bertemu dan mendengarkan sharing dari Mbak Rien dan Mas Anjas, bisa mengenal ZenBook 13/14/15 dengan lebih dekat, bisa bersilaturahmi sama teman-teman blogger Bandung, bisa jalan-jalan, bisa makan enak, bisa foto-foto. Anak-anak anteng pula. Ah... happy deh. Terima kasih ya ASUS Indonesia, Mbak Rien dan Mas Anjas atas undangannya.

(Photo by @travelerien)

"Kamu kan pakai laptop cuma buat ngetik, ngapain butuh ZenBook segala?"

Eaaa, begitu jawaban suami saat saya minta dibelikan ZenBook, hihihi.... Saya mah gitu, sudah pergi lama, minta ZenBook pula, melunjak, hahaha.... Membahas soal jawabannya tadi, begini deh kalau suami terlalu sibuk bekerja. Jadi kurang ngeuh sama kegiatan sehari-hari saya sebagai blogger, huhuhu.... Padahal, blogger itu termasuk content creator yang kerjanya bukan cuma menulis loh.

Selain menulis, saya juga harus riset dulu, membuat foto dan mengeditnya, membuat infografis, membuat video dan mengeditnya, pokoknya banyak deh, termasuk aktif di media sosial juga. Selama ini saya melakukan semuanya di ponsel. Tapi ya hasilnya begitu-begitu saja, hihihi.... Kalau ingin lebih maju dan profesional, tentunya saya membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang lebih canggih, seperti ZenBook 13/14/15.

Tangguh
Hal pertama yang membuat saya tertarik pada ZenBook 13/14/15 adalah ketangguhannya. Seri ZenBook terbaru ini sudah mengantongi sertifikasi Military Grade MIL-STD-810G. Lolos berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji ketinggian, uji suhu dan kelembapan, hingga uji banting dan getaran.

Iya sih, saya memang bukan travel blogger seperti Mbak Rien. Tapi tingkat mobilitas saya sebagai mom blogger juga lumayan tinggi. Ke sana, ke mari. Makanya membutuhkan laptop agar bisa tetap produktif di mana saja. Tentunya laptop yang tahan banting ya. Nah, ZenBook 13/14/15 ini dilindas motor aja kuat loh.

(Photo by @efi_thea)

Paling Ringkas
Laptop tangguh begitu, bukan berarti memiliki bentuk yang besar dan berat. No.... Setelah ketangguhannya, saya jatuh hati pada bentuknya yang ringkas. Laptop tipis mungkin banyak, tapi konsekuensinya biasanya menjadi lebih lebar. Nah, ZenBook ini bukan hanya tipis dan ringan, tetapi ringkas juga. Jadi enggak perlu memakai tas besar lagi apabila bepergian sambil membawa ZenBook, soalnya bisa masuk di tas bahu kesayangan.

(Photo by @putracikeusik)

Berkat teknologi NanoEdge Display, seri ZenBook terbaru ini memiliki desain frameless dengan bezel sangat tipis di keempat sisi layarnya. Hasilnya, bukan sulap bukan sihir, layar berukuran 15 inci pun muat dalam laptop berukuran 14 inci dan layar berukuran 14 inci muat dalam laptop berukuran 13 inci.

Selain itu, khusus ZenBook 13 dan ZenBook 14, hadir dengan ASUS NumberPad. Fitur ini merupakan pengganti tombol numpad fisik yang enggak ada di laptop berukuran kecil. Hanya dengan menekan ikon di ujung touchpad, NumberPad akan muncul lewat lampu LED yang sudah terintegrasi dengan touchpad. Keren ya. Pantas saja bentuknya bisa ringkas. 


Spesifikasi Premium
Lalu dengan bentuk ringkas begitu, bagaimana tuh performanya. Duh, soal performa sih enggak perlu diragukan lagi. ZenBook gitu loh. Lini laptop terbaru ASUS ini ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 serta didukung oleh GPU NVIDIA GeForce untuk performa komputasi dan grafis terbaik di kelasnya. Opsi GPU NVIDIA GeForce MX150 tersedia untuk ZenBook 13 dan ZenBook 14. Sedangkan ZenBook 15 ditenagai oleh GPU yang lebih kencang yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q.

Semua model ZenBook terbaru kali ini juga sudah menggunakan NVMe PCIe SSD berperforma tinggi dengan kapasitas hingga 512GB. Saat mulai dinyalakan, hanya butuh waktu beberapa detik untuk loading. Dan dengan SSD ini, enggak bakal ada lagi cerita harddisk rusak.

Dilengkapi dengan RAM hingga 16GB, mantap banget dipakai menulis blog, mengedit foto, mengedit video, dan lain-lain termasuk menikmati hiburan dan bermain games. Ketahanan baterainya pun tinggi. Yaitu 14 jam untuk seri ZenBook 13 dan ZenBook 14, serta 16 jam untuk seri ZenBook 15. Enggak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang jauh dari sumber listrik.

Ergonomis
Bukan hanya tangguh, ringkas, dan canggih, seri ZenBook terbaru juga sangat ergonomis. Faktor kenyamanan tentunya sangat penting bagi content creator yang enggak bisa bekerja dengan laptop hanya beberapa menit saja, pasti berjam-jam.

Dengan fitur ErgoLift Design, dapat mengangkat bodi laptop dan membentuk sudut 3 derajat ketika digunakan. Sudut tersebut dapat meningkatkan kenyamanan saat mengetik sekaligus meningkatkan performa audio serta pendinginan. 


Akses Singkat
Fitur keamanan memang sangat penting. Tapi kadang saya merasa kesal juga apabila sedang terburu-buru harus memasukkan password terlebih dahulu, terus malah salah ketik pula, hihihi....

Nah, semua model seri ZenBook terbaru kali ini hadir dengan 3D infrared (IR) camera yang memiliki kemampuan untuk memindai wajah untuk login menggunakan Windows Hello dengan sangat cepat. Berbeda dengan laptop lain, dengan 3D infrared (IR) camera, proses pemindaian wajah bisa dilakukan meski dalam kondisi gelap. Memakai topi atau kacamata pun enggak masalah. Canggih kan.

Desain Elegan
Terakhir, tetapi enggak kalah penting, seri ZenBook terbaru ini memiliki desain yang mewah. Ciri khasnya yaitu menggunakan konsep Zen berupa spun-metal finish di bagian belakang layarnya. Ada dua pilihan warna, yaitu Royal Blue yang memberikan kesan mewah dan premium. Serta Icicle Silver dengan nuansa unik dan elegan. Pilihan warna Burgundy Red juga akan hadir pada ZenBook 13. Lengkap sudah ZenBook 13/14/15 ini menjadi laptop idaman saya.

(Photo by @alimuakhir)

Doakan ya, semoga di tahun 2019 ini saya bisa pakai ZenBook, hohoho....


71 comments :

  1. Widiiih spec-nya kewreen... Asus memang okeh bangeet, laptopku juga Asus, dan walaupun spesifikasinya belum secanggih ini, tapi awet sampe sekarang :)

    ReplyDelete
  2. yang menang wajahnya berseri semuaa :)

    ReplyDelete
  3. Ku juga pakai ASUS, pengennya 2019 pakai Zenbook. Acaranya seru banget, ada lomba on the spot nya juga.. btw corak kain tenun nya bagus mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik ya kain tenunnya dan memang seru banget acaranya :)

      Delete
  4. Speknya Asus Zenbook ini menggodah sekali yah. Semoga segera dapat ya, Teh :)

    ReplyDelete
  5. Keren banget emang Zen Book udah ada IR Cam nya pula, nggak perlu rempong masukin password lagi yaa tinggal pindai wajah aja langsung log in deh

    ReplyDelete
  6. Ikut mengaamiinkan yel terakhir, 2019 pakai zenbook. Biar mendukung proses kreatif... Hihi..
    Acaranya seru banget mb, ada city tournya juga. Kira2 acara serupa bakal dilaksanakan di Jogja tidak ya? (ngareo.com)

    ReplyDelete
  7. Wah Mba, aku itu penggemar asus lho dari dulu. Soalnya barangnya awet ya nggak gampang rusak. Hp aku juga merek ASUs hahaha. Tahun ini aku punya target mu beli laptop juga. Semoga bisa nabung buat beli laptop asus zenbook ini ya bun. Doakan

    ReplyDelete
  8. Wow acaranya bertabur hadiah yaa.. seneng deh kumpul blogger sebandung dan cobain ringkesnya produk ASUS. Di rumah juga saya pakenya ASUS dan kebukti awetnya. 😁

    ReplyDelete
  9. Waw spesifikasinya keren banget, jadi pingin juga soalnya yang lama udah tuwir jadi agak lemot dan kadang suka hang kalau kebanyakkan di bawa-bawa, ngak tahu kenapa. Next mau incar produk Asus lah, banyak review positif soalnya.

    ReplyDelete
  10. Aamiin semoga kita bisa ganti ZenBook ya teh, ku juga sangat ingin heheh

    ReplyDelete
  11. Uww acaranya keren, laptopnya bikin mupeng teh. Spesifikasinya itu lho bikin merinding, semoga ada rejekinya teh punya ASUS ZENBook juga, warna burgundy red bagus sepertinya hihi

    ReplyDelete
  12. aamiin mba buat harapannya 2019 ganti laptop hehe, mau juga ganti dengan Zenbook yang ringkas dan tangguh

    ReplyDelete
  13. Seru banget sih mbak acaranya inspiring di tambah lagi city tour. Bagi2 hadiah pula. Semoga cepet punya zenbook ya

    ReplyDelete
  14. Nah inii laptop yang ditunggu-tunggu udah hadir. Spesifikasinya bikin mupeng pengen memiliki. Tinggal ngerayu suami biar dibeliin Zenbook baru nih, hehehe.

    ReplyDelete
  15. Asyik ya kalau pematerinya travel blogger. Nggak cuma kasih teori, tapi diajak travelling beneran. Yah, walau city tour tapi kan tetep ya travelling walau dalam kota sendiri

    ReplyDelete
  16. Semoga doanya diijabah ya mbaaa... bisa punya ZenBook. Yuk kita saling mendoakan ;) Emang kece banget ya laptop yang satu ini, mungil tapi handal.

    Jadi pengin juga nih Semarang dikunjungi mba kece Travelerien dan youtuber Anjas Maradita. Biar makin deket jodohnya ke ZenBook hehehe...

    ReplyDelete
  17. Memang cocok beud sama teteh...
    Langsing, stylish dan yang paling penting, sangat mendukung produktifitas mamah bloher.

    Semoga rejeki Zenbook.
    Aamiin~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bener-bener kudet sama dunia bloher...
      Rasanya gak afdol kalo gak main ke blognya kak Rien ya...
      Cuus~
      Belajar lagi dari blogger heiits..

      Delete
  18. Laptopnya cocok banget buat dibawa kemana aja ya teh... udah gitu body nya juga elegan banget, mantap jiwa pokoknya mah πŸ˜€

    ReplyDelete
  19. Wiihh asik yaa mba.. seru sepwrtinya gathring seperti ini..jadi kepengen jugaa merasakan keseruannya 😍.
    Btw emang aku mupeng loh sama Zenbook ini, apalagi laptopku lagi sakit mba.. tambaj deh mupengnya.. hhii

    ReplyDelete
  20. Wih cakepnya laptop ASUS ini udah tipis, ringan dan muat pula di kantong tasnya ibu ibu, jadi mupeng deh pengen punya satu hihi

    ReplyDelete
  21. Seru ya acaranya, nambah ilmu, dan bisa ngumpul2 bareng temen2 blogger sebandung raya yg heits!

    ReplyDelete
  22. Acaranya seru. Ada sesi jalan-jalan keliling Bandung segala.

    ASUS emang juara. Inovasi produknya selalu terdepan. Tipis ringan dan kuat untuk yang seri military grade. Pernah lihat diinjak orang dewasa dalam kondisi hidup masih tetap hidup dan bisa digunakan lagi secara normal. NGiler pengen punya.

    ReplyDelete
  23. Laptop asus emang keren dan kece banget slimnya itu loh bisa di tenteng sama tas perempuan...

    ReplyDelete
  24. acaranya seruu, semoga kesampaian ganti zenbook.. aamiiiin

    ReplyDelete
  25. Acaranya seru, terpenting dapat pengetahuan tentang tips menulis dari Mba Rien, ya. Ditambah laptop Asus sepinya bikin mata berbinar2, deh. Pengen ganti juga jadinya.

    ReplyDelete
  26. waaahh ... asyik banget bisa ikut ke acara itu. Sementara aku cuma menikmati foto teman2 yang sliweran di IG. Naksir deh sama warna warni zenbook.

    ReplyDelete
  27. Aamiin ya Allah semoga terkabul 2019 pakai zenbook. Ini jadinya syalnya satu2 dikasih pas acara zenbook itu. Kece mb rien yaaa

    Tapi tipis gampang dibawa kayak gini cocok loh sebenarnya buat kita

    ReplyDelete
  28. Pengen ganti laptop jadinya , laptop sy sekarang agak lemot klo internetan. Asus mantap ya...

    ReplyDelete
  29. Keren acaranya, zenbooknya keren pisaaan. Aamiin ya teh semoga bisa ganti zenbook taun ini

    ReplyDelete
  30. Great laptop you have year. So I guess it’s time to buy a new one and this will be a perfect gadget for all bloggers. I heard about the good performance of this one as well

    ReplyDelete
  31. Kalau aku punya zenbook, gak ada alasan buat bolong menulis 😁😁 but i wish to get it someday. Acaranya seru banget yah. Sukses selalu buat Asus 😘

    ReplyDelete
  32. wah jadi ngiler nich gegara lihat zenbook

    ReplyDelete
  33. Mbak Nat, aku happy banget ke Bandung ketemu dirimu. Pupus rindu ga ketemu2 di acara2 ASUS di Jakarta ya :D

    Makasih banyak mbak, sampai jumpa lagi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, alhamdulillah seneng banget disamperin asus & mbak rien ke bandung... Makasih ya... Sampai ketemu lagi :)

      Delete
  34. Aku lagi stuck nulis di blog, nih Li. Mungkin nulis di media bisa jadi booster ya karena tantanannya beda. Apalagi kalau lappyna Asus Zenbook. Wih mupeng lah aku

    ReplyDelete