Wednesday, November 11, 2015

Lebih Dekat dengan Alam di Jendela Alam Bandung


Apa yang akhir pekan ini berencana untuk jalan-jalan ke Bandung? Sudah ada rencana mau ke mana? Bagi teman-teman yang akan mengajak anak atau keponakannya berlibur di Bandung, coba deh datang ke Jendela Alam. 

Obyek wisata yang berada di daerah Bandung Utara (Kabupaten Bandung Barat) ini merupakan tempat wisata keluarga yang memfokuskan kegiatannya pada pendidikan dan lingkungan hidup. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sersan Bajuri. Untuk mencapai lokasi tersebut, teman-temanbisa melalui Terminal Ledeng atau Cihideung, tergantung di mana lokasi hotel tempat teman-teman menginap di Bandung. 

Di area kebun seluas +/- 4 hektare ini, teman-teman dapat menikmati udara pegunungan yang sejuk. Walaupun begitu, sebaiknya teman-teman datang ke sini sepagi mungkin, atau sore sekalian (Jendela Alam buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore). Karena ketika siang, sinar matahari cukup terik. Jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang untuk mengeksplorasi berbagai sudut menarik di tempat ini.

Papan penunjuk

Konsep yang digunakan di Jendela Alam yaitu kebun pertanian terpadu (integrated farming). Berikut saya jabarkan empat kegiatan utama yang bisa teman-teman lakukan di sana. 

1. Kegiatan edukasi 
Salah satu kegiatannya yaitu tour sahabat alam. Merupakan kegiatan berkeliling Jendela Alam untuk melihat dan berinteraksi dengan berbagai tumbuhan dan hewan yang ada di sana. Tumbuhannya lumayan lengkap. Ada kebun konvensional, tanaman obat, greenhousehidroponik, greenhouse tomat cherry, dan rumah jamur tiram. Adapun hewannya, ada rusa totol, kambing etawa, sapi, kuda poni, ayam kampung arab, kelinci, dan beberapa jenis reptil.

Labu raksasa

Selain itu anak atau keponakan teman-teman juga bisa belajar berkebun, berburu harta karun, panen telur ayam arab, panen tomat cherry, membuat yoghurt, membuat cincau, atau membuat telur asin.

Ginseng Korea
 
Kegiatan seru yang tidak boleh dilewatkan yaitu memberi makan hewan. Anak-anak akan dibimbing oleh akang/teteh fasilitator dan diberi sebuah keranjang kosong untuk diisi dengan wortel dan kangkung yang dipanen terlebih dahulu dari kebun konvensional. Setelah hasil panen tersebut dicuci hingga bersih, baru deh diberikan kepada hewan ternak yang ada di Jendela Alam.

Rusa totol

2. Permainan 
Walaupun judulnya ‘permainan’, tetapi anak-anak tidak akan hanya mendapat kesenangan dari kegiatan ini, namun juga bisa mendapatkan pembelajaran. Misalnya melatih motorik kasar, mengatur strategi, dan melatih kesabaran ketika bermain tangkap ikan dan menggiring bebek. Pssst, ikan hasil tangkapannya bisa dibawa pulang loh. Atau melatih keberanian ketika berenang, berkuda, danflying fox dari ketinggian 8 meter dengan lintasan sepanjang 140 meter. 

3. Workshop 
Kalau kegiatan ini sih, cocoknya untuk anak-anak yang sudah agak besar. Ada workshop bedah anatomi hewan untuk belajar membedah dan mempelajari fungsi organ serta sistem dalam tubuh hewan tersebut. Ada juga workshop fase telur, workshop hidroponik, workshopbiogas dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai energi alternatif, serta workshop komposting yang membuat pupuk kompos dari kotoran hewan dan sampah kebun. 

4. Kegiatan seni 
Di sini, kreativitas anak dikembangkan melalui kegiatan menghias layang-layang, menghias tanah liat, atau membuat prakarya dari daun kering. Nanti, hasilnya boleh dibawa pulang juga.

Menghias layang-layang

Lengkap ya. Dengan tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang (hari kerja) atau Rp 15.000 per orang (Sabtu, Minggu, dan tanggal merah), teman-teman dapat dengan leluasa melihat-lihat tumbuhan dan hewan yang ada di Jendela Alam serta bermain di playground. Pulangnya dikasih suvenir pula (bibit tanaman atau telur ayam arab). Namun untuk kegiatan lainnya, dikenakan biaya lagi. Masih terjangkau kok, bervariasi sekitar Rp 15.000 sampai Rp 35.000 per anak. Untuk orang tua yang mendampingi sih gratis. Apabila mau, tersedia juga beberapa alternatif paket yang bisa dipilih. Lebih hemat dan sudah termasuk nasi kotak juga.

Kelebihan lain dari tempat ini, teman-teman tetap dapat menikmati permainan walaupun datangnya tidak beramai-ramai (Jendela Alam sering menerima rombongan field trip baik dari sekolah maupun instansi). Meskipun hanya membawa satu anak, tetap akan dilayani dan didampingi oleh akang/teteh fasilitator yang baik dan ramah.

Bagaimana, tertarik? Jangan lupa, gunakan topi dan siapkan bekal air minum ya ;)

No comments :

Post a Comment