Saturday, November 14, 2015

Taman Wisata Matahari

Beberapa bulan yang lalu, saya dan keluarga melakukan perjalanan pulang Jakarta - Bandung melalui jalur Puncak. Mumpung hari kerja, mengenang perjalanan dulu-dulu sebelum dibangun jalan tol Cipularang.

Kebetulan waktu itu hari Jumat, jadi suami dan ayah saya harus shalat Jumat dulu. Kami pun kemudian mencari tempat istirahat di mana bapak-bapak bisa shalat Jumat, saya dan ibu saya bisa makan, sedangkan Jav bisa makan dan main.

Akhirnya kami mampir ke sebuah taman bermain, Taman Wisata Matahari. Letaknya berada di Jalan Raya Puncak KM 77. Harga tiketnya sebesar Rp 20.000 per orang. Dengan tiket tersebut, kami bisa menikmati beberapa wahana permainan secara gratis. Di antaranya Menara Pandang Matahari, Sepeda Air, Perahu Karet, Kayak, dan Sepeda Wisata.


Pertama, kami mencoba Perahu Karet, karena posisinya yang berada paling dekat dari pintu masuk. Ketakutan saya pada air saat itu sedang kambuh, jadi saya memilih untuk menjadi seksi dokumentasi saja. Kata suami saya, ternyata capek dan panas. Untung semuanya pakai topi, kecuali ibu saya yang pakai kerudung.

Kemudian kami terus berjalan ke dalam dan sampai di sebuah jembatan. Di dekat jembatan tersebut terdapat Menara Pandang Matahari. Hmmm, asyik juga sepertinya melihat suasana Taman Wisata Matahari dari ketinggian empat atau lima lantai ya, lupa. Untuk menuju puncak, kami harus menaiki tangga, enggak ada lift, hihihi.... Tangganya terbuat dari besi. Dan lumayan tinggi-tinggi jaraknya.


Fiuh, capek juga ternyata. Dipikir-pikir wahana yang gratis di taman wisata ini hanya wahana yang menggunakan tenaga kita sendiri, heuheu.... Perahu Karet, harus didayung sendiri. Menara Pandang, naik sendiri juga, hihihi... Untung pemandangannya lumayan asyik di atas menara. Ada bangku juga untuk istirahat sambil menikmati udara Puncak yang bertiup sepoi-sepoi.


Setelah itu, kami memutuskan untuk enggak mencoba wahana gratis lainnya. Capek :D Sambil menunggu waktu shalat Jumat, ibu saya mengajak Jav berkeliling area taman menggunakan delman. Biayanya berapa ya, lupa. Lumayan luas juga tempatnya. Sayang, kusir delmannya kurang aktif. Diam saja, enggak menjelaskan wahana-wahana menarik yang ada di sana.


Akhirnya waktu shalat Jumat sudah tiba. Dari tempat parkir, ada jalan kecil menuju perkampungan penduduk. Ayah dan suami saya pun ikut shalat di sana bersama pegawai Taman Wisata Matahari lainnya.

Nah, tempat makan yang paling dekat dengan tempat parkir ya food court. Maka kami pun makan di sana saja. Padahal saya ingin mencoba makan di Balkony Cafe, huhuhu.... Tapi enggak mengecewakan juga sih makan di sana. Waktu itu saya memesan Soto Betawi. Isinya daging semua, tanpa lemak. Besar-besar pula. Kuahnya juga mantap. Kenyang dan puas deh.

Selesai shalat dan makan, kami pun langsung pulang. Melanjutkan kembali perjalanan ke Bandung. Memang sih masih banyak sekali wahana permainan yang belum sempat dicoba. Tapi karena sepi, jadi enggak semangat. Serba salah ya, hari libur, malas karena penuh. Hari kerja, malas juga karena sepi, hehehe....



24 comments :

  1. wah .... seru nih ,,, buat mnghbiskn weekend brsama tmen2..hhe

    ReplyDelete
  2. banyak juga fasilitasnya, asyik neh kalo bawa seluruh keluarga

    ReplyDelete
  3. Wah.... baru tahu ada Taman Matahari. Mungkin karena udah jarang banget jalan Puncak kalo ke Jakarta. Lebih sering lewat Cipularang. Kali-kali kayaknya kudu lewat Puncak nih...

    ReplyDelete
  4. asik ya tamannya,lumayan murah 20ribu ya mbak...

    ReplyDelete
  5. Wah seru banget kayaknya mbak :D
    kapan kapa ane susul kesana ya.. Hahaha

    ReplyDelete
  6. wah sepi juga ternyata engga enak ya mba....kita belum pernah Taman Wisata Matahari nih..

    ReplyDelete
  7. Saya sll nengok pas lewat tmpt ini, klo gak salah dari arah puncak ke Bandung, ada di sblh kiri yah ? :) Belum sempat mampir ..

    Melihat tayangan mba d sini, jadi pengin ke sana, insya Allah.
    Tmptnya bagus, luas, wahana bermain beragam. Cocok nih utk keluarga.
    Terimakasih mba share nya, ...

    ReplyDelete
  8. dengan harga segitu dan mainannya beraga, oke banget

    ReplyDelete
  9. Dengan harga Rp.20.000,- bisa coba 4 wahana gratis. Terjangkau banget. TOP

    ReplyDelete
  10. belum pernah ke taman wisata matahari, tiket masuknya murah juga ya mbak

    ReplyDelete
  11. seru juga ya...
    kalo main main ke bandung dan sekitarnya, patut disamperin tuh

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mbak. Terimakasih atas ulasannya, mohon ijin mengutip postingan ini (bukan copas) untuk kami tayangkan di website tamanwisatamatahari.net

    ReplyDelete