Tuesday, June 13, 2017

ASUS X540Y: Notebook Terjangkau untuk Pelajar dan Mahasiswa

ASUS X540Y
Zaman saya kuliah dulu, teman-teman yang memiliki notebook masih bisa dihitung dengan jari. Kini belasan tahun sudah berlalu, kondisinya pasti sudah berbeda. Notebook tentu menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi para pelajar dan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan belajarnya sehari-hari.

Namun enggak semua pelajar dan mahasiswa bisa memiliki notebook mewah. Untungnya nih, ASUS baru saja merilis sebuah notebook terbaru berbasis AMD dengan harga yang sangat terjangkau. Yaitu ASUS VivoBook X540Y

Harga Terjangkau
Di Indonesia, salah satu varian notebook yang cukup banyak diminati adalah model yang menggunakan prosesor seri AMD karena harganya yang relatif terjangkau dan memiliki performa memadai untuk berbagai aktivitas.

Menunjang Keperluan Multimedia
Pelajar dan mahasiswa biasanya memiliki kebutuhan bermultimedia yang tinggi. Nah, ASUS VivoBook X540Y ini bukanlah sebuah notebook biasa karena sudah dilengkapi dengan prosesor AMD APU E1-7010 Dual Core. 

Dari sisi grafis, notebook tersebut menggunakan Radeon R2 yang mengusung arsitektur Graphics Core Next (GCN) dengan 128 shader berkecepatan 350MHz. Grafis ini sendiri sudah memiliki performa yang cukup untuk memenuhi kebutuhan aplikasi sehari-hari.

Sementara pada prosesornya, AMD secara resmi telah meluncurkan Processor Carrizo - L di pasar Indonesia. Mikroprosesor tersebut merupakan prosesor up to quad-core dengan grafis Radeon terintegrasi yang lebih mutakhir. Tidak seperti sebelumnya, CPU dari AMD yang satu ini adalah sistem yang berjalan pada sebuah chip (SoC), dengan bagian I/O terintegrasi dan chipset pendukung. 

Chip ini, atau biasa disebut sebagai AMD APU adalah merupakan gabungan chip kompleks yang disederhanakan hanya menjadi single die atau dalam satu chip tunggal. Dengan demikian, AMD Carrizo - L membuat notebook dapat beroperasi secara maksimal hanya dengan daya sebesar 15 watt saja.

Selain memperpanjang masa aktif baterai, penggunaan daya yang hanya 15 watt membuat panas yang dihasilkan oleh seluruh komponen pendukung, mulai dari CPU atau prosesor, GPU atau grafis dan juga chip-chip lainnya menjadi lebih rendah. Dengan demikian, teman-teman pelajar dan mahasiswa dapat bekerja lebih lama menggunakan notebook ini tanpa perlu khawatir mengalami overheat atau panas berlebih.

Selain memiliki keunggulan di sisi prosesor dan grafis, ASUS X540Y juga dilengkapi dengan SonicMaster, fitur yang audio mumpuni. SonicMaster adalah sebuah teknologi audio yang khusus diciptakan oleh ASUS untuk mengendalikan segala hal yang berhubungan dengan audio di notebook ASUS. Tak hanya dari sisi hardware, ASUS juga sudah menyediakan software untuk memudahkan teman-teman pelajar dan mahasiswa saat akan melakukan kustomisasi kualitas audio keluaran notebook ini lewat equalizer atau memilih preset terbaik untuk kondisi tertentu.

Kapasitas Simpan Lega 
Untuk mendukung aktivitas pekerjaan sehari-hari teman-teman pelajar dan mahasiswa, ASUS menyediakan kapasitas simpan sebesar 500GB pada notebook ini. Dari sisi kapasitas, kapasitas ini sebenarnya sudah lebih dari cukup. Misalnya untuk menyimpan dokumen-dokumen tugas ataupun menyimpan sejumlah foto dan video. 

Namun jika teman-teman pelajar dan mahasiswa masih belum puas dengan kapasitas penyimpanan 500GB, ASUS juga menyediakan cloud storage sebesar 5GB khusus untuk pengguna ASUS yaitu dengan ASUS WebStorage. Sebagai gambaran, media penyimpanan berbasis cloud saat ini sudah menjadi hal yang penting, khususnya bagi teman-teman pelajar dan mahasiswa yang perlu menyimpan backup, ataupun pengguna yang punya mobilitas tinggi dan mengakses data dari berbagai perangkat yang berbeda.

Dan jika belum mencukupi pula, masih tersedia slot card reader untuk ekspansi penyimpanan.

Dilengkapi Windows 10
Hal menarik lainnya adalah notebook ini telah dibundling bersama dengan sistem operasi Windows 10. Sehingga ketika membeli perangkat bisa langsung digunakan. Teman-teman pelajar dan mahasiswa tidak perlu melakukan ritual instalasi ulang yang merepotkan.

ASUS X540Y

8 comments :