Monday, October 8, 2018

Serba-Serbi Keluarga Muda Tinggal di Kota Jogja: Dari Rumah sampai Urusan Pekerjaan

Sumber: https://bonvoyagejogja.com

Siapa sih yang enggak tahu dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta? Yup, salah satu provinsi di bagian selatan Pulau Jawa ini sangat terkenal dengan berbagai keistimewaannya. Kota Jogja merupakan primadona yang menjadi salah satu tujuan wisata turis domestik maupun mancanegara. Di sisi lain, Jogja terkenal dengan julukan Kota Pelajar sehingga tak heran jika banyak penduduk dari berbagai daerah di Indonesia yang mengenyam pendidikan di sini.

Mayoritas pendatang Kota Gudeg adalah para mahasiswa. Mereka berlomba-lomba mencari ilmu dan memperluas pergaulan di Jogja. Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pendatang yang meningkat, maka Jogja pun turut tumbuh menjadi salah satu kota metropolitan. Mulai dari hiburan, tempat wisata, mall, hotel, cafe, semuanya bertebaran di seluruh penjuru kota. Meskipun sekarang suasana Jogja tampak hiruk pikuk dan semakin ramai, tapi tetap saja pesonanya mampu menyihir penduduknya. Selain itu, Jogja sendiri juga tak kehilangan jati dirinya untuk tetap mempertahankan berbagai budaya yang sudah menjadi ciri khasnya. 

Tak salah bila Jogja menjadi kota yang tepat untuk merantau. Ingin tahu keistimewaan apa saja yang ada di Jogja? Ini dia ulasannya. 

Serba Serbi Kehidupan Di Jogja 

Apakah teman-teman sedang mencari pekerjaan atau ingin memulai kehidupan baru di tempat yang berbeda? Jika iya, maka sudah sepantasnya teman-teman coba merasakan kehidupan di Jogja. Kenapa harus Jogja? Jawabannya adalah karena keistimewaannya yang membuat orang susah untuk move on. Apalagi jika teman-teman adalah pasangan pengantin baru atau keluarga muda yang ingin mencari suasana baru demi kehidupan yang lebih baik. 

Tentunya banyak dari kita yang sudah mendengar ucapan orang lain mengenai kehidupan di Jogja. Mereka bilang Jogja adalah kota yang tak bisa dilupakan. Bahkan para perantau dari berbagai wilayah di Indonesia pun banyak yang mengatakan ingin kembali ke sana lagi. Mulai dari mahasiswa hingga para pekerja pun sependapat bila Jogja adalah tujuan rantau yang berkesan. 

Lalu seperti apa sih kehidupan di Jogja sehingga membuat banyak orang begitu terlena? Sebelum teman-teman memutuskan untuk menjadi pendatang di Jogja, sebaiknya ketahui dulu serba-serbi kehidupan yang ada di sana. 

1. Biaya Sewa Rumah Atau Kontrakan Lebih Terjangkau 
Bagi pasangan muda yang baru menikah, tinggal di Jogja merupakan sebuah pilihan yang tepat. Biasanya para keluarga muda yang belum mempunyai rumah akan mencari tempat tinggal berupa kontrakan atau kos. Untuk keluarga muda, maka akan lebih pas jika memilih rumah kontrakan, hal ini karena kos hanyalah berupa satu ruangan kamar dengan luas yang terbatas. Sedangkan kontrakan terdiri dari beberapa ruangan yang tentunya jauh lebih efektif untuk keluarga muda. 

Harga sewa rumah atau kontrakan di Jogja sendiri relatif lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya. Tapi harga tersebut tentunya bergantung pada lokasinya. Jika teman-teman ingin menyewa kontrakan di daerah Kota Yogyakarta, maka dapat dipastikan harga sewanya lebih tinggi. Teman-teman bisa mencari di daerah pinggiran kota bila menginginkan harga yang lebih murah. Tak perlu khawatir dengan aksesnya karena rata-rata untuk mengunjungi berbagai tempat di Jogja sangatlah terjangkau. 

Tapi jika teman-teman ingin membeli rumah, maka pastikan dulu dimana lokasi yang diinginkan. Harga rumah di perumahan tentunya lebih mahal dibandingkan dengan daerah non perumahan, lihat di daftar rumah dijual Jogja ini untuk perbandingan. Selanjutnya, pertimbangkan pula aksesnya apakah jauh dengan pusat kota atau tidak. 

2. Biaya Hidup Di Jogja Lebih Murah 
Ini dia salah satu pertimbangan yang membuat banyak masyarakat tertarik untuk merasakan hidup di Jogja, yaitu biaya hidup yang murah. Teman-teman tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa hidup di Jogja. Sangat cocok bagi para pekerja dan juga keluarga muda. Untuk masalah kebutuhan pokok pun teman-teman tak perlu khawatir, karena Jogja terdapat banyak pasar tradisional yang harganya tak membuat kantong kering. 

Selain itu, jika teman-teman sedang tidak ingin masak di rumah, maka Jogja adalah surganya wisata kuliner. Teman-teman bisa menemukan berbagai macam makanan dari berbagai macam tempat, mulai dari kedai seperti angkringan sampai dengan restoran. Apalagi jika teman-teman tinggal di daerah yang dekat dengan kampus. Di wilayah tersebut pasti banyak rumah makan yang harganya terjangkau di kantong mahasiswa. 

Untuk kebutuhan lainnya, teman-teman pun bisa membelinya di minimarket yang juga banyak tersebar di wilayah Jogja. Minimarket tersebut umumnya menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang tentunya relatif lebih murah. Hal inilah yang membuat teman-teman merasa beruntung bisa tinggal di Jogja dengan segala kemurahannya. Teman-teman bisa menghemat uang yang nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya atau ditabung. 

3. Berbagai Tempat Dengan Jarak Dekat Dan Mudah Dijangkau 
Jogja memang memiliki sejuta pesona dan berbagai tempat spesial. Kota ini mempunyai semuanya. Dapat dikatakan bahwa teman-teman bisa menemukan berbagai tempat menarik di Jogja yang tentunya juga mudah dijangkau. Rata-rata akses dalam kota pun mudah. Apalagi Jogja juga punya banyak jalan alternatif atau jalan tikus sehingga teman-teman bisa sampai ke tempat yang dituju dengan cepat. 

Tapi beda lagi ceritanya jika teman-teman memilih tinggal di luar Kota Jogja, misalnya daerah Bantul atau Gunungkidul. Untuk bisa sampai ke pusat Kota tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 15-30 menit lamanya. Oleh karena itulah sangat penting bagi teman-teman untuk memilih lokasi rumah yang dekat dengan pusat kota. Karena akan memudahkan teman-teman untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Jogja. 

4. Jalanan Jogja Juga Mengalami Kemacetan 
Tak hanya di ibukota negara yang sudah terkenal dengan macetnya, bahkan Jogja pun juga demikian. Hal ini tak mengherankan karena semakin bertambahnya penduduk, baik itu dari pendatang maupun bukan. Hal ini juga mempengaruhi jumlah alat transportasi yang ada di jalan raya. Bahkan jalan lingkar yang disebut dengan ringroad di Jogja juga menjadi salah satu jalan termacet. 

Tapi hal ini tidak menghalangi para pendatang untuk tetap ingin merasakan suasana Jogja. Macet kini sudah menjadi hal yang wajar. Jalanan Jogja menjadi sangat ramai. Teman-teman bisa merasakan suasana keramaiannya bahkan sampai dini hari. Kota Gudeg tersebut seakan menjadi kota yang tak pernah mati. Semua fakta tersebut tak membuat pesona Jogja menghilang, justru semakin banyak orang yang tertarik dan ingin kembali ke sana untuk sekedar merasakan hiruk pikuk Jogja. 

5. Karakteristik Orang Jogja Yang Ramah 
Hal inilah yang juga menjadi salah satu faktor pendorong bagi para pendatang untuk terus mengunjungi Jogja. Masyarakat Jogja dikenal memiliki sifat yang ramah dan halus. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Jogja pun teman-teman akan langsung merasakannya. Keramahan masyarakatnya inilah yang dijamin akan membuat teman-teman merasa nyaman dan tak ingin pindah ke tempat lain. 

Di samping itu, untuk bisa mendapatkan teman di Jogja juga bisa dibilang mudah. Banyak sekali komunitas yang ada di Kota ini. Bisa disesuaikan dengan minat dan ketertarikan teman-teman. Bagi teman-teman yang berstatus keluarga muda pun pasti tak ketinggalan untuk diajak ke berbagai acara yang diadakan para tetangga. Memiliki tetangga yang ramah pun menjadi impian dari setiap orang. Jika teman-teman membutuhkan apapun, mereka pasti tak segan untuk membantu. Tak seperti ibukota negara yang terkenal dengan kehidupan yang keras dan tak kenal ampun. 

Teman-teman bisa merasakan hidup dengan damai dan tenang di Jogja. Selagi teman-teman juga bisa menunjukkan sikap yang baik, maka orang-orang di sekitar teman-teman pun pasti juga akan menyambut dengan hangat. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk bisa membentuk keluarga baru di Jogja. 

6. Kaya Akan Destinasi Wisata 
Satu lagi keistimewaan Jogja yang jarang dimiliki wilayah lain adalah potensi wisatanya yang besar. Selain Bali, Jogja juga terkenal dengan tempat-tempat wisata keren dan sayang untuk dilewatkan. Bahkan turis mancanegara juga sudah banyak yang melirik kota ini. Ketika bepergian ke kawasan Malioboro, pasti teman-teman akan melihat banyak sekali turis mancanegara yang sedang berjalan-jalan. Hal ini karena wilayah Malioboro merupakan salah satu kawasan terkenal di Jogja yang khusus menjual berbagai macam suvenir. 

Selain itu, teman-teman juga bisa menjumpai tempat-tempat wisata mulai dari tempat wisata bersejarah hingga wisata alam. Tempat wisata yang berbau sejarah dan menjadi salah satu destinasi wajib di Jogja adalah Candi Prambanan. Sedangkan wisata alam bisa teman-teman kunjungi mulai dari ujung utara Jogja yaitu Gunung Merapi hingga ujung selatan Jogja yang menyajikan pemandangan indah Pantai Selatan. 

Belum lagi teman-teman akan dimanjakan dengan berbagai event yang terselenggara di Jogja. Mulai dari event lokal yang bertemakan tentang budaya Jogja hingga konser yang banyak digandrungi oleh pemuda. Banyak sekali kisah yang bisa teman-teman rasakan ketika hidup di Jogja. 

7. Kota Terpelajar Yang Menghasilkan Manusia-Manusia Berkualitas 
Sesuai dengan julukannya, Jogja menjadi Kota Pelajar dengan berbagai jenjang pendidikan di dalamnya. Mulai dari jenjang pendidikan terkecil hingga Universitas-Universitas ternama dengan predikat tertinggi di Indonesia. Teman-teman pasti tahu kan beberapa kampus terkenal seperti UGM, UNY, UPN Veteran, dan UII? Universitas-universitas tersebut hanyalah segelintir fasilitas pendidikan unggulan di Jogja. 

Bahkan sekelas sekolah biasa pun Jogja juga menjadi unggulan. Maka teman-teman jangan takut untuk memulai kehidupan keluarga di Jogja. Karena dengan hidup disini pendidikan anak-anak nantinya sudah terjamin. Tak perlu lagi harus ke luar kota untuk mengenyam pendidikan, cukup di Jogja saja sudah mendapatkan semuanya. 

Itulah serba-serbi kehidupan yang ada di Jogja. Memang sesuai dengan namanya, Jogja begitu istimewa dan meninggalkan kesan-kesan tersendiri bagi para penduduk hingga alumninya. Teman-teman akan merasakannya sendiri setelah hidup disana. Semoga ulasan ini bermanfaat.

18 comments :

  1. Aku jadi kangen pengen ke Jogja lagi. Iya nih, mereka itu ramah-ramah. Itu yang paling bikin kangen

    ReplyDelete
  2. Waktu itu pernah praktikum kuliah di Jogja, indah banget. Masyarakatnya ramah, daerahnya penuh dengan sejarah, pun kulinernya juga enak-enak hehe. Bikin kerasan siapa saja yang pernah singgah di sana

    ReplyDelete
  3. jogja banyak seniman kreatif orang-orang juga ramah

    ReplyDelete
  4. biaya hidup di kota besar lebih mahal ketimbang di daerah pedesaan. Tapi di kota besar lebih mudah mencari uang ketimbang di desa
    Tapi semua kembali lagi tergantung pada orang yang menjalaninya. Saya lebih suka di daerah pedesaan ketimbang di kota besar

    ReplyDelete
  5. yang penting ada uang...

    ada uang semuanya bisa sahaja tu

    ReplyDelete
  6. Seriusan loh, aku pernah mikir mo pindah ke Yogya dan tinggal di sana. Toh kerjaanku remote, serba online. Tapi cuma sebatas mikir. :D Udah betah di Bandung. :)

    ReplyDelete
  7. kangen ke Yogya iya teh jajanannya murah hahaha jadi mau kesana lagi deh

    ReplyDelete
  8. walaupun dari lahir dan sampe setua ini di Jakarta, kamoung halaman di Sumatera sana, tapi kok cinta Yogya ya he he he he, happy sekali kalau ke sana.

    ReplyDelete