Monday, November 26, 2018

Toyota Calya, Mobil Keluarga yang Nyaman

toyota calya

Memasuki musim hujan, saya jadi sering deg-degan. Kadang-kadang hujan besar sudah turun sejak pukul 12 siang. Hasilnya air menggenang di mana-mana. Padahal saya harus menjemput Jav dari sekolahnya pukul 1 atau 2 siang. Padahal kendaraan yang saya kendarai memiliki ground clearence yang cukup rendah. Berhubung kemampuan menyetir saya pas-pasan, takut banget mobilnya mogok saat sedang menerjang banjir. Makanya, kepingin deh bisa mengganti kendaraan dengan mobil yang memiliki ground clearance lebih tinggi dari mobil saya saat ini, seperti Toyota Calya.

Toyota Calya hadir dengan tampilan dan gaya elegan namun tetap sederhana. Jika dilihat dari tampilan depannya, terdapat sedikit perbedaan dari Agya yang bisa dibilang merupakan saudaranya. Di sektor wajah terdapat konsep keen look seperti halnya keluarga Toyota lainnya. Lampu depan dirancang dalam sudut tajam yang mirip Avanza. Sementara sektor tengah dilengkapi grille tanpa aksen chrome berlogo Burung Garuda yang menyambung di bagian bawah dengan lubang udara berbentuk trapesium. Dari bagian samping, body Calya tampak lebih menonjol berkat tampilan yang lebih bongsor dan tambahan ruang di bagian belakang. Spesifikasi Toyota Calya selengkapnya ada di bawah ini.

Spesifikasi Toyota Calya Interior, Mesin dan Dimensinya

Interior Calya didesain secara mengagumkan. Dashboard memiliki tampilan sederhana dan mengadopsi sistem tertentu yaitu multi layer dashboard. Di bawah audi terdapat switch AC, tepat di samping dari tuas transmisi. Pada bagian depan kursi penumpang juga terdapat ruang penyimpanan barang. Sementara bagian atasnya ada airbag di balik dashboard Calya. Kabin Calya juga lebih luas karena bisa menampung hingga 7 orang penumpang. Spesifikasi Toyota Calya juga meliputi konsep desain bubble head lining di mana bentuk atap pilar nya membentuk huruf C menggembung sehingga memberi kenyamanan pada penumpang. Apabila dilihat dari samping, warnanya sedikit mirip model Toyota Avanza.

Spesifikasi Toyota Calya berikutnya adalah dari segi dimensi yang luas serta sokongan suspensi kokoh. Dimensi panjangnya adalah 4070 mm, lebar 1655 mm serta tinggi 1600 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2525 mm dan ground clearance 180 mm. Tidak heran jika MPV LCGC ini mudah dikendarai bahkan di medan yang kurang rata. Kenyamanan bertambah dengan suspensi depan MacPherson dan suspensi belakang Semi Independent Torsion Beam. Rem depannya sudah menggunakan ventilated disc sementara rem belakangnya menggunakan drum. Velg yang dipakai adalah velg alloy 14 inchi. Dengan semua spesifikasi terkait dimensi di atas, Calya bisa dikatakan sebagai mobil tangguh dan tetap gaya saat dikendarai.

Berlanjut ke segi mesin, spesifikasi Toyota Calya mencakup mesin 3NR yang akan menghasilkan performa maksimal. Kapasitasnya adalah 1197 cc serta dilengkapi 4 silinder dan teknologi Dual VVT-i. Semburan tenaga maksimalnya adalah 88 Ps di putaran 6000 rpm serta torsi maksimal 11 kgm di putaran 4200 rpm. Mobil turut didukung transmisi manual lima percepatan atau otomatis 4 percepatan. Konsumsi BBM Calya terbilang irit karena termasuk mobil LCGC atau Low Car Green Car, di mana satu liter BBM dapat menempuh jarak 20 km.

Kita harus tahu spesifikasi ini sebelum membelinya agar bisa memastikan mobilnya sesuai kebutuhan. Untuk spesifikasi yang lebih lengkap bisa dilihat di website auto2000.co.id. Untuk Spesifikasi lebih detail tentang mobil Toyota Calya bisa langsung cek disini.


No comments :

Post a Comment