Wednesday, December 19, 2018

Apakah Membeli Buku di Toko Online Bisa Dapat Harga Lebih Murah?


Siapa yang suka membeli buku secara online? Pengalaman beli buku online tidak jauh berbeda dengan membeli berbagai kebutuhan lain seperti gadget atau peralatan elektronik, popok, busana, make-up, mainan, benda-benda hobi, hingga perabotan rumah tangga ataupun furniture.

Yup, membeli buku di online shop pun bisa menjadi alternatif terbaik jika ingin berhemat, seperti halnya membeli berbagai kebutuhan sehari-hari yang telah disebutkan di atas. Makanya, tidaklah mengherankan apabila toko online juga menyediakan kategori toko buku.

Karena pada dasarnya, toko online juga menyediakan berbagai macam benda-benda yang berkaitan dengan hobi dan koleksi. Selain buku, toko online biasanya menyediakan mainan seperti action figure hingga mainan remote control (RC), video game, batu cincin seperti batu akik, benda-benda klasik dan kuno, barang antik, alat musik, peralatan berkebun, hingga perlengkapan untuk binatang peliharaan.

Kembali membahas soal belanja buku online, salah satu online shop yang membuat saya terkesan karena mereka menyediakan buku yang sangat lengkap adalah Bukalapak. Selama ini saya berusaha untuk mencari tempat membeli buku online yang tidak hanya lengkap, tapi juga menjual dengan harga murah.

Tentu saja, di luar sana banyak toko buku online yang populer dan mempunyai koleksi lengkap. Tapi sayang, mereka jarang memberikan harga murah berupa diskon maupun cashback seperti yang sering didapatkan di toko online.

Berbicara soal membeli buku online di Bukalapak, seperti yang saya katakan di atas, ini adalah alternatif terbaik jika teman-teman ingin mencari berbagai macam buku. Mulai dari buku-buku impor, buku sejarah, seni dan budaya pendidikan, buku sekolah, teknik, filsafat, kedokteran, kesehatan, parenting, buku anak, majalah, novel, komik, ekonomi dan akuntansi, bahasa, hingga buku agama dan kepercayaan, serta buku-buku import.

Saya sendiri sudah beberapa kali membeli buku secara online di Bukalapak karena empat alasan berikut ini:

1. Bukalapak adalah tempat belanja buku yang lengkap

Seperti yang telah saya saya ulas di paragraf sebelumnya, online shop yang satu ini menyediakan hampir semua buku-buku yang dibutuhkan. Tidak hanya lengkap dari sisi kategori, melainkan di toko online ini teman-teman juga bisa menemukan buku-buku lawas yang mungkin saat ini sudah tidak lagi dicetak. Pasalnya, olshop Bukalapak tidak hanya menjual buku baru melainkan, juga menjual buku bekas yang mungkin selama ini teman-teman cari.

Menurut saya, keberadaan buku-buku bekas jadi kelebihan tersendiri yang jarang dimiliki oleh toko buku online di luar sana. Karena dengan adanya buku bekas, maka peluang untuk menemukan buku-buku langka semakin besar. Selain harganya yang kadang-kadang lumayan murah jika dibandingkan dengan buku baru.

2. Bukalapak banyak menjual buku murah

Saya percaya, beli buku online di Bukalapak sangat menguntungkan karena banyak sekali buku-buku yang didiskon sehingga harganya jauh lebih miring dan terjangkau. Apalagi, jika teman-teman ingin membeli buku dalam jumlah yang banyak, mendapatkan diskon tentu saja akan membuat teman-teman bisa berhemat lebih banyak.

Tidak hanya bisa menemukan buku yang dijual dengan diskon tertentu secara langsung, teman-teman juga bisa memanfaatkan voucher belanja untuk berhemat. Karena toko buku ini berada di 
online shop Bukalapak.

Jadi, tidak jauh berbeda dengan saat berbelanja berbagai kebutuhan seperti smartphone atau baju, teman-teman pun bisa membeli buku dengan harga lebih murah menggunakan voucher diskon, cashback, gratis ongkos kirim, ataupun dengan memanfaatkan fitur Nego yang bisa digunakan untuk menawar harga agar dapat lebih murah.

3. Banyak promo

Ada banyak sekali momen di mana Bukalapak menawarkan promo menarik untuk berbagai kategori produk yang dijual, tidak terkecuali buku. Di antara momen promo yang selalu dinanti-nanti oleh shopaholic jika ingin belanja murah dengan diskon hingga 80% atau lebih biasanya adalah saat
Natal dan Tahun Baru, Black Friday yang biasanya hadir pada hari Jumat di minggu keempat bulan November, setiap tanggal tanggal cantik mulai tanggal 9 bulan 9 hingga tanggal 12 bulan 12 yang lebih kita kenal dengan istilah promo harbolnas, termasuk juga pada saat hari-hari besar nasional seperti Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, dan lain-lain.

4. Mudah dan tidak merepotkan

Setelah saya pikir-pikir, beli buku online di Bukalapak jauh lebih mudah dan lebih menyenangkan serta lebih hemat. Karena dengan mengandalkan aplikasi, sudah bisa membeli buku tanpa harus keluar rumah. Teman-teman juga bisa menjelajah dan mencari buku sepuas hati, update dengan informasi mengenai buku terbaru, tanpa perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk pergi ke toko buku, tidak perlu membayar biaya parkir, dan tidak harus mencari waktu khusus untuk berbelanja.

8 comments :

  1. Emang lebih murah sih klo free ongkir heheh klo sibuk olshop aja kecuali klo sekalian jalan2 hehe

    ReplyDelete
  2. Wah banyak lapak buku juga ya di BL, baru tahuu

    ReplyDelete
  3. sampai sekarang aku belum pernah sih beli buku online, tapi ntar mau coba ah.

    ReplyDelete
  4. Belum berani belu buku online selain di toko buku terkenal itu sih, tapi tadi pnasaran liat ragam buku di bukalapak jadi pnasaran euy, mudah2an ada buku inceran saya disitu :)

    ReplyDelete
  5. Bukalapak langganannya pak suami buat beli buku lho

    ReplyDelete
  6. Aku beli buku cuma kalau lg di pameran buku doang hahahha

    ReplyDelete
  7. Memang saat ini lebih enak membeli barang lewat online marketplace

    ReplyDelete
  8. saya sering beli di toko online atau di marketplace alhamdulillah aman dan barang yang di pesan sesuai.

    ReplyDelete