Tuesday, December 4, 2018

Yuk, Mengenal Proses Pembuatan Tas


Dulu, waktu Jav masih bayi, saya sempat memiliki keinginan untuk mempunyai bisnis diaper bag. Bukan tas bayi yang lucu-lucu itu loh. Tapi tas yang chic supaya mama-mama bisa tetap tampil stylish saat sedang membawanya.

Tapi ternyata hal tersebut hanya keinginan sesaat saja. Karena saya belum melakukan usaha apapun untuk mewujudkannya. Adakah teman-teman yang memiliki keinginan yang sama dengan saya untuk mempunyai bisnis tas?

Mengetahui dan mengenal proses pembuatan tas merupakan tahap yang sangat penting jika teman-teman ingin menjalankan bisnis ini. Tanpa pengetahuan yang memadai, bisa-bisa teman-teman akan mendapatkan tas yang berkualitas rendah atau malah tertipu dengan brand nama palsu.

Mengetahui cara pembuatan tas juga sangat penting bagi teman-teman yang ingin membeli tas branded ataupun tas yang berkualitas. Tas-tas wanita yang mengusung nama brand ternama tentunya dibuat dengan kualitas yang sangat baik. Bukan saja pada jenis bahan yang digunakan namun juga detail pengerjaannya yang rapi dan kuat.

Bandung merupakan salah satu sentra konveksi tas yang sangat penting di Indonesia. Di kota inilah lahir beragam model dan desain baru yang kerap menjadi buruan para pecinta tas. Tak sedikit juga pedagang ataupun pemilik toko online yang menjadi reseller ataupun grosir dari perusahaan konveksi tersebut.

Tahapan Cara Membuat Tas

Penasaran ingin tahu bagaimana tahapan cara membuat tas yang berkualitas? Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Membuat Pola
Tahap pertama yang mesti dilakukan dalam pembuatan tas adalah membuat pola. Menggambar pola tas sebenarnya cukup mudah dibandingkan pola baju atau busana. Namun karena pola menjadi acuan dalam proses pembuatan tas nantinya, maka detail pola harus jelas, terutama pada ukurannya.

2. Memotong Bahan
Setelah pola dibuat langkah selanjutnya adalah memotong bahan sesuai dengan ukuran dan bentuk pola. Pemotongan bisa dilakukan dengan menggunakan gunting ataupun mesin pemotong khusus agar lebih rapi dan cepat.

3. Proses Menjahit
Setelah setiap bagian tas dipotong-potong, langkah selanjutnya adalah memadukan dan merekatkannya. Proses ini bisa dilakukan dengan menjahit, mengelem, ataupun gabungan keduanya. Perusahaan konveksi yang berpengalaman umumnya memiliki tenaga penjahit tas yang ahli dengan hasil jahitan yang rapi dan berkualitas.

Bagi teman-teman yang ingin menjalankan usaha tas, tahap ini bisa dilakukan dengan sistem makloon atau "titip jahit”. Banyak perusahaan konveksi tas di Bandung yang menyediakan layanan semacam ini. Selain tidak perlu merekrut tenaga penjahit ataupun membeli mesin jahit yang tidak murah, teknik ini juga efektif untuk menekan modal dan menekan risiko bisnis.

4. Menambahkan Asesoris
Untuk beberapa jenis tas, asesoris merupakan bagian terakhir yang cukup penting. Dengan memberikan sentuhan dengan asesoris akan membuat tas terlihat elegan dan mewah.

proses pembuatan tas

Itulah beberapa tahapan yang umumnya dilakukan untuk pembuatan sebuah tas. Sebenarnya masih ada satu lagi tahap yang biasanya dilakukan untuk memenuhi pesanan, yaitu tahap packing. Tahap ini umumnya memang sering dilakukan tapi tidak selalu karena menyesuaikan dengan pesanan. Namun packing yang baik dilakukan dengan membungkus tas dalam plastik sebelum dibungkus kardus.

Demikian informasi tentang proses pembuatan tas yang sebaiknya teman-teman tahu, baik untuk teman-teman yang ingin membeli, terlebih lagi bagi teman-teman yang ingin menjalankan bisnis tas yang sangat prospektif.

4 comments :