Thursday, January 31, 2019

Beragam Kegiatan Tradisi Khas Imlek


Imlek merupakan perayaan momen tahun barunya orang Tiongkok atau tahun baru Cina. Tentunya pada saat momen tahun baru Imlek tersebut, terdapat berbagai ciri khas kegiatan tradisi yang hanya dilakukan pada momen tahun baru Imlek. Setiap perayaan tahun baru kultural, wilayah, etnis, internasional, agama dan lain-lain tentunya akan terdapat tradisi tertentu dimana tradisi tersebut menandakan adanya momen tertentu seperti momen tahun baru Imlek. Ada banyak orang yang ingin tahu apa saja ciri khas tradisi unik momen sejarah imlek. Untuk teman-teman yang mau tahu atau penasaran apa saja ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek, teman-teman bisa langsung simak info berikut ini. Info mengenai ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek itu sendiri dirasa cukup penting mengingat bahwa masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek. 

Sebenarnya ada banyak sekali tradisi unik dan khas pada saat tahun baru imlek seperti berbagai perayaan lainnya. Salah satu tradisi khas tahun baru imlek yang umum dilakukan yaitu mengunjungi keluarga dan sanak saudara. Tentunya tak hanya pada saat momen lebaran atau hari raya Idul Fitri saja, saat tahun baru imlek juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk keliling mengunjungi saudara dan keluarga. Momen tahun baru imlek satu ini tentunya dimanfaatkan oleh masyarakat Tionghoa supaya bisa semakin mempererat tali silaturahmi dan tali persaudaraan. Maka tak mengherankan kalau pada saat momen menjelang tahun baru imlek, ada banyak orang Tionghoa pulang menuju kampung halaman untuk merayakan tahun baru imlek bersama dengan keluarga dan saudara mereka. 

Mempererat tali silaturahmi antar saudara dan keluarga tentunya sangat penting mengingat merekalah orang yang dekat dengan kita dan masih terdapat ikatan. Esensi dari tahun baru imlek akan terasa lebih khidmat dengan perayaan bersama-sama orang terdekat. Biasanya tradisi ini diselingi juga dengan pemberian angpao. Memang disamping dari ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek tersebut, masih ada berbagai ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek lainnya. Tentunya dengan teman-teman memerhatikan ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek ini, maka teman-teman bisa paham dengan jelas apa saja tradisi imlek pada umumnya. 

Selain kunjung saudara, ada juga tradisi khas tahun baru imlek lainnya yaitu Yu Sheng. Bagi mereka yang bukan merupakan orang Tionghoa, mungkin tradisi makan khas tahun baru imlek yaitu Yu Sheng ini terdengar asing. Tradisi ini sebenarnya telah menjadi tren masyarakat Indonesia yang merupakan keturunan dari Tionghoa. Tradisi Yu Sheng tersebut dibawa oleh nelayan-nelayan dari daratan China Selatan dimana mereka hijrah menuju Semenanjung Malaysia saat abad dahulu ke 19. Yu Sheng ini merupakan tradisi yang dilaksanakan dalam rangka menyambut momen tahun baru Cina yang hubungannya dengan santapan/ hidangan khusus untuk pergantian tahun. Menu ini sesuai adatnya wajib dihadirkan serta disantap dengan berbagai iringan do’a bersyukur atas segala rezeki yang sudah diberikan. Untuk do’a pengiring tradisi Yu Sheng itu sendiri bertujuan supaya keluarga serta saudara yang menyantap bisa mendapatkan rezeki yang semakin baik untuk tahun baru nanti. 
Pada tradisi khas tahun baru imlek satu ini, hidangan makanan disajikan pada 1 piring. Piring ini khas sehingga dinamakan piring Yu Sheng. Pada piring tersebut terdapat beberapa macam makanan dingin yaitu misalnya seperti salad, wortel, irisan ikan seperti ikan salmon, dan sebagainya. Lalu hidangan tersebut diberi saus wijen, diberi buah plum, serta toping lain sebagainya. Untuk para anggota keluarga yang duduk akan mengaduk berbagai hidangan makanan tersebut secara bersama lalu mengangkatnya dengan memakai sumpit setinggi-tingginya sembari mengucapkan kalimat "Lao Qi" ataupun "Lao Hei". Dengan adanya ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek ini, teman-teman bisa ikut memeriahkan momen suasana tahun baru Cina atau imlek. Tentunya ada banyak keperluan yang harus terpenuhi saat meramaikan tahun baru Imlek. 

Memakai layanan internet atau akses online saat teman-teman berbelanja barang seperti barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina tentunya akan memberikan berbagai keuntungan. Dengan memilih belanja barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina melalui akses layanan online, maka akan sangat praktis dan pastinya mudah. Oleh karena itu, sudah banyak sekali toko online atau mall online yang bisa dimanfaatkan untuk dapat memenuhi barang kebutuhan seperti barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina tersebut. Teman-teman bisa mendapatkan berbagai barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina yang asli dan berkualitas serta dengan harga yang murah. Bagi teman-teman yang berencana ingin membeli berbagai macam produk barang belanjaan seperti barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina melalui akses layanan online, teman-teman bisa membeli produk tersebut pada situs mall online populer dan juga sudah terpercaya. 

Pilihlah yang menjual banyak barang belanjaan kebutuhan termasuk barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina. Website iLOTTE.com contohnya yang merupakan situs toko mall online yang sudah sangat terkenal dan juga banyak dimanfaatkan sebagai pusat belanja barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina secara online khususnya di Indonesia. Di web toko mall online iLotte tersebut, sudah terdapat berbagai macam varian atau pilihan produk barang belanjaan kebutuhan seperti barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina. Tak hanya terdapat begitu banyak produk barang belanjaan kebutuhan saja, tapi pada situs situs toko mall online iLotte juga lengkap tertera informasi atau deskripsi mengenai berbagai barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina tersebut. iLOTTE.com ini merupakan salah satu situs berbelanja barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina secara online yang terpercaya. Banyak sekali beragam produk barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina dengan beragam pilihan serta koleksinya lengkap. 


Terdapat juga berbagai macam produk lainnya yang sangat lengkap selain tersedia barang dekorasi hiasan imlek. Setiap produk barang belanjaan seperti barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina sudah lengkap tertera informasi mengenai kisaran harga serta promo dan diskon barang belanjaan kebutuhan tersebut. Pastinya dengan adanya promo dan diskon harga barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina, maka teman-teman dapat membeli produk tersebut pada kisaran harga yang lebih murah. 

Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mengetahui mengenai ciri khas tradisi unik momen tahun baru imlek dan tips belanja berbagai kebutuhan atau keperluan seperti barang dekorasi hiasan momen tahun baru cina melalui toko mall online. Dengan mengetahui ciri khas tradisi unik momen sejarah imlek, maka nantinya teman-teman bisa semakin tahu esensi dalam memeriahkan momen perayaan tahun baru cina.

12 comments :