Friday, February 8, 2019

Review Botanina Natural Bodycare

botanina

Racun itu bisa datang dari mana saja. Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Racun bisa menyebar melalui blog, media sosial, komunitas, dan lain-lain. Kali ini saya akan membahas racun karena bergabung dengan komunitas Bandung Babywearers. 

Racun apa sih? Racun belanja, hihihi.... Tapi belanja yang bermanfaat kok. Jadi, selain menebar hobi gendong dan belanja gendongan, member di komunitas Bandung Babywearers lah yang memperkenalkan saya pada Botanina.

Mungkin teman-teman sudah tahu ya tentang Botanina. Bagi yang belum tahu, Botanina merupakan produk perawatan tubuh alami berupa racikan yang dibuat dari pure essential oil. Asalnya dari Bandung. Setelah mengenal tentang Botanina ini, saya pun langsung mengubek-ubek situsnya untuk mencari tahu tentang produk-produk Botania secara lebih detail.

Selanjutnya, sudah bisa ditebak kan. Yup, saya langsung belanja beberapa produk Botanina. Alasannya:
  • Pertama, karena terbuat dari bahan yang alami dan menuju 100% organik. Bisa dilihat di kemasannya bahwa produk-produknya No Mineral Oil, No Synthetic Preservatives, No Colorant, No Phalates, No Artificial Fragrances, No Formaldehyde, No Phenol, dan lain-lain tergantung produknya.
  • Kedua, praktis. Sempat penasaran sama essential oil yang dipakai sama mommy-mommy kekinian. Tapi kok tampak ribet ya, ada takarannya, ada carrier oil, diffuser, bla bla bla, hehehe.... Nah, Botanina ini tinggal langsung pakai saja.
  • Ketiga, harganya terjangkau. Awalnya ragu untuk membeli. Oil-oilan begini, organik pula, pasti harganya mahal. Tapi ternyata enggak loh. 
  • Keempat, aman. Formulanya disesuaikan dengan kelompok umur. Contohnya nih, produk untuk anak usia di bawah 10 tahun enggak menggunakan eucalyptus oil, peppermint oil, dan rosemary oil karena bisa memicu refleks yang memperlambat pernapasan.
  • Kelima, informatif. Saya jadi tahu bahwa selama menyusui harus menghindari peppermint oil dan jasmine oil karena dapat mengurangi suplai ASI. Tinggal dicocokkan deh dengan kandungan produk yang akan saya beli. Info mengenai manfaat, kandungan, usia pengguna, cara penggunaan, dan lain-lain bisa dilihat di label pada kemasannya. Labelnya dilaminasi doff. Selain elegan, awet juga meski kena minyak.

Hingga saat ini, saya sudah beberapa kali rephurchase produk-produk Botanina. Dari zaman kemasan dan formula lama, sampai berganti dengan kemasan dan formula baru. Dari mencoba kemasan yang kecil, cocok, habis, lalu beralih ke kemasan yang besar. Kadang beli di situsnya, kadang beli via Whatsapp, kadang beli di toko bahan organik sekalian belanja yang lain. Disesuaikan dengan mood dan kebutuhan, hehe....

Berikut beberapa produk Botanina yang sudah saya coba.

botanina

Comforting Baby Oil
Produk ini berfungsi melembabkan kulit, mendukung sistem imun, mengatasi masalah kulit, meredakan sakit (sakit kepala, masuk angin, sakit perut, gangguan pernapasan), meningkatkan nafsu makan, dan menenangkan. Dapat digunakan untuk bayi usia 6 bulan sampai 2 tahun. Harganya Rp 65.000 (30 ml) atau Rp 115.000 (65 ml).

Buat Rashya nih. Kemasannya berupa botol plastik dengan pump. Wanginya enak. Lembut dan memang terasa menenangkan. Biasanya saya rutin mengoleskan Comforting Baby Oil ini 2 kali sehari, setelah mandi, di dada, perut, punggung, dan telapak kakinya. Produk andalan banget karena selain meningkatkan daya tahan tubuh, bisa meningkatkan nafsu makan juga. Di Rashya sih terasa banget berpengaruh pada nafsu makannya. Pernah saya coba memakainya bergantian dengan minyak telon biasa, ceritanya biar hemat, eh nafsu makannya langsung menurun. Entah kebetulan, sugesti, atau memang begitu adanya, hihihi....

All Purpose Healing Salve Baby
Produk ini memiliki manfaat anti bakteri, anti jamur, antiseptik, anti inflamasi, analgesik, dan regenerasi jaringan kulit. Dapat digunakan untuk bayi usia 6 bulan sampai 2 tahun. 

Untuk Rashya juga. Sekarang sih sudah enggak ada, berganti nama dan direformulasi menjadi All Purpose Healing Oil Baby. Aromanya hangat. Kemasannya berupa jar dari kaleng. Mungil tapi multifungsi dan ampuh banget. Bisa untuk luka iris, memar, gigitan serangga, luka bakar, dan lain-lain. Jadi cepat sembuh dan enggak berbekas. Saya dan Jav juga suka ikut pakai. Tapi ya itu, karena bentuknya balsam yang dicolek-colek, rasanya jadi kurang higienis. Makanya, senang banget waktu tahu kalau sekarang bentuknya sudah ganti jadi oil yang dioles. 

Comforting Kid Oil
Produk ini berfungsi melembabkan kulit, mendukung sistem imun, mengatasi masalah kulit, meredakan sakit (sakit kepala, masuk angin, sakit perut, gangguan pernapasan), meningkatkan nafsu makan, dan menenangkan. Dapat digunakan untuk anak-anak usia lebih dari 2 tahun. Harganya Rp 65.000 (30 ml) atau Rp 115.000 (65 ml).

Yang ini untuk Jav. Wanginya lebih segar. Kemasannya berupa botol plastik dengan pump. Sebenarnya kalau sehari-hari dia jarang pakai ini, suka lupa. Harus diingetin terus. Makanya di saat-saat tertentu, seperti musim sakit atau mau pergi ke luar kota, saya yang olesin di dada, perut, punggung, dan telapak kakinya.

Jaga Sukma Massage Oil
Produk ini berfungsi melembabkan kulit, mendukung sistem imun, mengatasi masalah kulit, meredakan sakit, meningkatkan nafsu makan, dan menenangkan. Dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak mulai usia 10 tahun. Harganya Rp 65.000 (30 ml) atau Rp 125.000 (65 ml).

Mirip Comforting Oil, tapi versi dewasanya. Kemasannya berupa botol plastik dengan pump. Wanginya tuh herbal banget, tapi lembut. Saya pakai sekali-kali saja, misalnya kalau terasa pegal habis ngepel atau masuk angin habis jalan-jalan. Lumayan terbantu setelah pakai ini.

Love Spell Aromatherapy
Afrodisiak. Menciptakan suasana romantis/sensual. Membantu membersihkan udara. Produk ini juga memiliki manfaat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus, sehingga dapat membantu membersihkan lingkungan. Dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak mulai usia 10 tahun. Harganya Rp 65.000 (30 ml) atau Rp 110.000 (65 ml).

Kemasannya berupa botol plastik dengan spray. Sengaja beli ini karena sejak melahirkan Rashya per vaginam, saya suka tegang gitu kalau mau ehem ehem sama suami. Padahal sudah panas loh. Tapi pas mau mulai, selalu tegang lagi. Entah kenapa, takut jahitannya sobek kali yah, hihihi.... Selain latihan mengontrol pikiran, dengan menyemprotkan Love Spell Aromatherapy ini, akhirnya bisa jadi lebih rileks deh, hohoho.... Wangi permen atau apa ya, aromanya manis gitu. Disemprot ke bantal dan sprei.

botanina

Cold and Flu Baby and Kid Aromatherapy Spray
Kandungan essential oil dalam produk ini telah lama dikenal akan khasiatnya untuk membersihkan virus/bakteri dan melegakan saluran pernafasan. Produk ini juga memiliki manfaat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus, sehingga dapat membantu membersihkan lingkungan. Dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak mulai usia 6 bulan. Harganya Rp 65.000 (30 ml) atau Rp 110.000 (65 ml).

Produk favorit nih. Kemasannya berupa botol plastik dengan spray. Jadi kalau lagi pilek, enggak usah minum obat. Virus kan tinggal tunggu sembuh sendiri. Cukup berjemur dan semprot Cold and Flu Aromatherapy Spray ke baju, atau ke bantal kalau lagi tidur. Wanginya enak banget, segar seperti lemon. Jadi meski sedang pilek, Rashya jarang rewel, tidurnya juga tetap nyenyak. Kalau alergi dinginnya kambuh, saya juga suka pakai. Lumayan banget membantu meringankan hidung yang meler. 

botanina

Bugs Repellent Baby Spray
Kandungan essential oil dalam produk ini telah dikenal lama sebagai pengusir serangga yang alami dan efektif. Gunakan untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk, kutu, dan serangga lainnya. Dapat digunakan untuk anak-anak usia 6 bulan sampai 2 tahun. Harganya Rp 45.000 (30 ml) atau Rp 75.000 (65 ml).

Ini juga wanginya enak, segar. Kemasannya berupa botol plastik dengan spray. Sebenarnya saya jarang memakaikan ini ke Rashya. Biasanya karena lupa atau malas, hehe.... Tapi sedang musim DBD begini, enggak boleh malas. Jadi saya semprot dan ratakan Bugs Repellent Spray ini ke tangan, kaki, dan kepala Rashya. Alhamdulillah, nyamuk enggak berani dekat-dekat Rashya, insya Allah.

Kesimpulannya, saya sih suka banget sama produk Botanina ini. Andalan banget. Next, kepingin coba Hair Mask, Hand Gel, dan Toilet Sanitizer-nya, hohoho....

~~~

Botanina
Website: botanina.com
Instagram: @botanina_id

22 comments :

  1. Produk dari Botania bagus-bagus ya mbak. Aku jadi penasaran nih mau beli hehe

    ReplyDelete
  2. Keren-keren bnaget produknya mbak. Itu bentuknya cair atau gel sih mbak

    ReplyDelete
  3. Wah cocok untuk anak kecil juga ya itu. Pati kalau adikku yang kecil aku beri itu akan lebih aman dari serangan penyakit ya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya tentang produk dari botanina, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Produk dari botanina ini banyak yah ternyata dan aman buat anak-anak juga

    ReplyDelete
  6. Eh baru denger brand ini... Jd pengen nyoba jg.. Tp beneran nggak mahal kan?

    ReplyDelete
  7. Botanina ini produknya kece emang, saya pakai juga ini buat gatal2 nya.

    ReplyDelete
  8. Sering lihat Botanina di instagram, aku kira semacam baby oil aja, ternyata ada aroma terapinya juga ya. Pingin beli Love spell atomatherapy jadinya hihi

    ReplyDelete
  9. Aku pernah dapat dari teman Botanina untuk disemprotkan ke bantal gitu buat ngurangi rasa enggak enak saat flu. Lupa deh namany, karena udah habis. Dan itu ada harum aromaterapi yang enak bangeet. Dan anakku suka
    Dan baca ini aku jadi teracuni pengin coba varian lainnya.:D

    ReplyDelete
  10. senangnyaaa ada produk untuk anak2 yang organik begini.. aku coba cari2 ah produknya

    ReplyDelete
  11. Jujur aja nih aku belum tertarik sama oil aromatherapy gini mbak. Tapi pas aku baca tentang Botanina ini aku kok jadi pengen nyobain yah..

    ReplyDelete
  12. Karena anakku umurnya 4 tahun kayaknya mau coba yang Comforting kid oil, nih. Soalnya sudah mulai musim hujan, biar terhindar dari masuk angin. Makasih reviewnya, Mbakku...

    ReplyDelete
  13. waah...beneran ini racun mbak. kayaknya jadi keracunan juga nih..pengen coba hahaha

    ReplyDelete
  14. Saya malah baru tahu Mbak. Thanks infonya. Jadi punya banyak referensi belanja online nih.

    ReplyDelete
  15. Namanya lucu "Botanina" mirip botania :D
    Jd produk2nya cocok buat semua umur ya mbak. Apalagi buat anak2 ya, bisa nih dipakai, khususnya yang Comforting Baby Oil-nya :D

    ReplyDelete
  16. Itu beli udah lengkap satu paket gitu Mbak? Ada di Alfamart juga kah?

    ReplyDelete
  17. Iyaah...mau juga di review sama harganya, bolehkah?
    ((nodong, hahhaaa))

    Butuh yaa...kalau buat keluarga, inginnya yang nature. Alami.
    Jadi nyaman...

    ReplyDelete
  18. Sejak dulu pengen coba Botanina, belum kesampean hihi tfs ya teh jadi tau nih

    ReplyDelete
  19. Mba, aku pengen punya yang bugs buat melindungi anak dari gigitan nyamuk nih mba. Soalnya kayaknya bagus nih buat perlindungan anak

    ReplyDelete
  20. Wah jadi penasaran pengin pakai essential oil ini. Kulitku suka bermasalah soalnya..

    ReplyDelete
  21. Baru tau ada merek Botanina, semacam essential oil gitu kan? Saya suka nih soalnya obat alami juga buat anak

    ReplyDelete
  22. Aku baru tahu soal botanina ini hlo mbk, katrok yah... Hehehe
    Tfs ya mbk, kebetulan punya ponakan baru nih... Ntar mau rekomenin botanina ke emaknya..hehe

    ReplyDelete