Monday, March 4, 2019

Cara Asyik Berinvestasi Melalui KoinWorks


Teman-teman pasti sudah mengerti ya bagaimana pentingnya investasi. Makanya, dalam perencanaan keuangan, wajib banget hukumnya menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi. Terutama bagi keluarga muda dengan dua orang anak seperti saya. Biaya pendidikan dan inflasinya bagaikan teror yang terus menghantui, hihihi.... Makanya, selain berdoa agar nanti Jav dan Rashya bisa mendapatkan beasiswa, tentu saja saya juga harus melakukan tindakan nyata untuk mempersiapkan dana pendidikannya. Ya dengan investasi.

Terdapat beragam cara untuk berinvestasi. Di antaranya melalui saham, properti, dan reksadana. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal dipilih sesuai dengan karakter dan profil risiko masing-masing. 

Sebenarnya, investasi di bisnis UKM juga oke loh. Banyak yang mengatakan bahwa salah satu investasi yang paling menguntungkan adalah dengan menanamkan modal pada sektor riil seperti UKM. Selain bisa mendapat keuntungan, asyik juga kan kalau bisa membantu dan memajukan UKM di Indonesia. Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui, hohoho... Tapi bagaimana caranya ya mencari UKM yang prospektif dan terpercaya? Melalui KoinWorks saja.

Teman-teman tahu KoinWorks enggak? KoinWorks merupakan pionir Peer-to-Peer (P2P) Lending di Indonesia. Apa tuh P2P Lending?

Tentang P2P Lending

Saya sendiri baru tahu sekarang sih tentang P2P Lending. Prinsip utama P2P Lending itu sumber dananya berasal dari masyarakat, bukan dari perusahaan penyedia layanan. Jadi, perusahaan penyedia layanan hanya berperan sebagai penghubung antara masyarakat yang membutuhkan pinjaman dengan masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan.

Prosesnya pun sangat praktis karena terjadi secara online, sehingga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Hal ini bisa menghemat banyak waktu, energi, dan biaya loh. 

Selain itu P2P Lending juga menyalurkan pinjaman dana untuk kebutuhan konstruktif seperti pinjaman bisnis, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Bukan untuk kebutuhan konsumtif yang akan habis sia-sia.

Tentang KoinWorks

Sebagai pionir di Indonesia, KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani pendanaan P2P Lending dengan machine learning yang inovatif.


Di zaman yang serba digital ini, KoinWorks menyediakan sebuah platform agar seluruh kegiatan pinjam-meminjamkan uang dapat terjadi sepenuhnya secara online dan mudah dijangkau oleh siapa saja.

Dengan KoinWorks, peminjam dan pendana akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Bagi peminjam, KoinWorks memungkinkan peminjam untuk mendapatkan modal usaha, pinjaman pendidikan, atau pinjaman kesehatan secara online dengan bunga rendah. Sedangkan bagi pendana, KoinWorks bisa menjadi menjadi alternatif investasi online bagi masyarakat yang memiliki dana dan berpotensi menjadi sumber pendapatan dalam jangka panjang.

Jenis Pinjaman di KoinWorks

Terdapat 3 jenis pinjaman di KoinWorks. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis pinjaman tersebut bersifat konstruktif, yaitu:

Pinjaman Bisnis (KoinBisnis)
KoinWorks bermitra dengan online marketplace besar di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, BukaLapak, Bhinneka, BerryBenka, DOKU, Sirclo dan sebagainya. Peminjam bisnis di KoinWorks adalah merchant di online marketplace tersebut. Dengan begitu, maka:
  • Peminjam bisnis adalah UKM online yang prospektif untuk terus maju
  • Bisnisnya memiliki prospek yang baik
  • Terpercaya dan bereputasi di platform masing-masing
  • Lulus standar 4C (Character, Capacity, Capital, Condition) yang juga menjadi standar perbankan
  • Lulus dari penilaian kelayakan kredit yang ketat dari teknologi tingkat tinggi KoinWorks dan tim ahli yang berpengalaman di KoinWorks
  • Memiliki tujuan peminjaman yang jelas untuk mengembangkan bisnis
  • KoinWorks menjamin bahwa Peminjam Bisnis memiliki penjualan dan performa bisnis yang baik sehingga mampu membayar cicilan bulanannya. Pokoknya aman deh bagi pendana.

Pinjaman Pendidikan (KoinPintar)
KoinWorks bermitra dengan berbagai institusi pendidikan bereputasi di Indonesia. KoinWorks juga memberikan akses pembiayaan pendidikan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah/perguruan tinggi pilihannya. Dengan begitu, maka:
  • KoinWorks membantu meningkatkan jumlah populasi masyarakat terdidik baik formal maupun non-formal
  • Mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi persaingan global lewat akses pembiayaan pendidikan yang terjangkau hingga terwujudnya Indonesia Pintar.
  • Dukungan pendanaan bagi mereka yang membutuhkan akan membantu menciptakan generasi yang kompeten dalam persaingan global sekaligus menggerakkan potensi ekonomi nasional.

Pinjaman Kesehatan (KoinSehat)
KoinWorks bermitra dengan Klinik Mata Nusantara dan Rumah Sakit Premier Bintaro untuk menyediakan akses pembiayaan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau khusus untuk penyakit non-kronis.

Cara Kerja KoinWorks

Lalu bagaimana cara kerjanya? Sebenarnya simpel kok. Namun agar lebih terbayang, teman-teman bisa melihat cara kerja KoinWorks sebagai berikut.
  1. Peminjam mengajukan pinjaman secara online.
  2. Lalu, KoinWorks menganalisa seluruh data dan memberikan skor kredit. 
  3. Selanjutnya pinjaman diterbitkan ke dalam platform.
  4. Kemudian para pendana bahu-membahu memenuhinya.
  5. Pinjaman dicairkan.
  6. Peminjam memanfaatkannya dan membayar cicilan bulanan.
  7. Sistem KoinWorks secara otomatis menyalurkan pengembalian ke pendana berdasarkan porsi pendanaan masing-masing pendana.


Bagi pendana, skor kredit ini sangat penting loh, karena menjadi indikator tingkat risiko dan suku bunga suatu pinjaman. 

Di KoinWorks, ada 5 skor kredit utama (A, B, C, D, E) dan setiap skor terdiri dari 5 tingkatan turunan (A1 - E5), sehingga total ada 25 tingkatan. Semakin mendekati skor A1, maka semakin rendah risikonya, tetapi semakin rendah pula tingkat suku bunganya (low risk, low return). Sebaliknya, semakin mendekati skor E5, maka semakin tinggi risiko dan tingkat suku bunganya (high risk, high return).


Serba-Serbi Berinvestasi di KoinWorks

Terdapat banyak kelebihan apabila teman-teman berinvestasi di KoinWorks. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Terjangkau. Investasi mulai dari Rp100ribu, sehingga siapa pun bisa mulai mendanai/investasi.
  • Bunga tinggi. Mulai dari 21,32% bunga efektif per tahun.
  • Aman dan terpercaya. Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa  Keuangan, Fintech Paling Inovatif versi BIFA, didukung oleh Mandiri Capital, Quona, Gunung Sewu dan sebagainya serta berkolaborasi dengan mitra bereputasi seperti Lazada, Tokopedia, BukaLapak, English First, BINUS, Bhinneka, Berrybenka, dan banyak lagi.
  • Dilindungi Dana Proteksi. Ya namanya juga meminjamkan uang, ada saja risikonya. Seandainya peminjam pailit/gagal bayar, dana yang dipinjamkan akan diganti hingga 100%. 
  • Mudah, cepat, dan sangat fleksibel. Terdapat fitur RoboLending dan Auto Purchase, yaitu untuk berinvestasi secara otomatis.


Selain itu, apabila menjadi pendana di KoinWorks, teman-teman berhak untuk:
  • Menentukan sendiri kepada siapa hendak mengalokasikan dananya.
  • Memiliki kendali penuh dalam mengalokasikan dananya ke produk mana pun tanpa intervensi siapapun mulai dari Rp100.000 dan kelipatannya. 
  • Menganalisa factsheet peminjam yang telah disediakan.
  • Memilih pinjaman berdasarkan Grade/tingkat keuntungan dan risiko, tenor, tujuan peminjaman, dan metode pengembalian pinjaman (bulanan / lump sum). 
  • Selain memilih sendiri pengalokasian dana secara manual, juga bisa memanfaatkan fitur Auto Purchase dan RoboLending, di mana setiap prosesnya berjalan secara otomatis. 
  • Pada produk tertentu, menyimulasikan pendanaannya dengan kalkulator simulasi. 
  • Mendanai semudah berbelanja online. Wuih, mantap, hohoho....


Tingkat Keuntungan, Risiko, dan Dana Proteksi

Dalam investasi, enggak bisa hanya melihat keuntungan saja ya, tetapi juga tingkat risikonya. Grade yang disematkan pada setiap pinjaman menentukan tingkat risiko pinjamannya beserta keuntungan potensial darinya. Grade A memiliki tingkat risiko yang paling aman dan menurun pada Grade B, C, hingga E yang menjadi grade dengan tingkat risiko tertinggi. Grade juga menggambarkan persentase perlindungan Dana Proteksi. Grade A dilindungi Dana Proteksi sebesar 100%, B 80%, C 60%, D40% dan E 20%. 


Meskipun KoinWorks menggunakan penilaian yang sangat ketat terhadap setiap pinjaman yang diajukan, aktivitas peminjaman memiliki tingkat risiko yang beraneka ragam dan risiko gagal bayar tetap mungkin terjadi. Bagaimana apabila peminjam mengalami gagal bayar (Setelah 90 hari enggak membayar cicilannya)? Rugi dong.... Tenang, kan ada Dana Proteksi.

Ilustrasinya seperti ini:

  • Ilustrasi I: Teman-teman mendanai pinjaman Grade A sebesar Rp10 juta dengan tenor 12 bulan. Di bulan I dan II Peminjam berhasil membayar cicilannya sebesar Rp1 juta setiap bulannya dan kemudian terjadi gagal bayar, maka sisa dana yakni Rp8 juta akan dikembalikan 100% lewat Dana Proteksi. 
  • Ilustrasi II: Teman-teman mendanai pinjaman Grade E sebesar Rp10 juta dengan tenor 12 bulan. Di bulan I dan II dana Anda sudah terbayar sebesar Rp2 juta dan menyisakan Rp8 juta. Namun, Peminjam gagal bayar. Dana Proteksi akan mengembalikan dana sebesar 20% x Rp8 juta = Rp1.600.000. 

Yuk, Berinvestasi di KoinWorks

Sudah cukup jelaskah penjelasan saya mengenai KoinWorks? Sekarang, saatnya untuk mulai berinvestasi. Cara pendaftarannya mudah sekali. Hanya perlu mengisi data pribadi seperti email, nomor telepon, alamat, dan lain-lain.


Kalau memang tertarik, teman-teman bisa mulai berinvestasi di KoinWorks menggunakan kode promo KOINWORKS150 di link ini https://koinworks.com/lenders/new?referal_code=KOINWORKS150 ya. Dengan begitu, teman-teman akan mendapatkan modal awal untuk mendanai sebesar 150.000 KOIN. Wuih, asyik kan. Selamat berinvestasi ;)


54 comments :

  1. Aku baru mulai nih.
    Sementara ini berani minjemin baru ke yang Grade A dan B.

    Mungkin nanti, setelah ngerti dan berani baru bisa meluncur ke grade lainnya.

    ReplyDelete
  2. Awalnya buat akun di KoinWorks, kaget juga. Platformnya gitu amat, ya. Gak ada bedanya sama marketplace. Wah, betapa mudahnya sekarang melakukan investasi. Dan baru mengerti konsep seperti itu namanya Peer 2 Peer Lending­čśé

    Saya baru mulai coba nih, mbak. Tapi belum berani banyak, berjenjang lah mulainya pelan-pelan hehe

    ReplyDelete
  3. Keren ya jadi setiap peminjam diperiksa dulu latar belakangnya dan tujuannya meminjam dana jadi jelas peruntukannya,bahkan untuk dana pendidikan

    ReplyDelete
  4. Jaman sekarang pilihan investasi makin banyak. Jadi diingetin biar nggak belanja mulu, tapi harus investasi demi masa depan ^_^

    ReplyDelete
  5. Aku pertama kali membaca tentang koinworks di sini, Mbak. Tentang pinjam meminjam dana. Semoga membantu para usaha kecil. Soalnya pinjaman dari bank pasti ada jaminan.

    ReplyDelete
  6. Ooh baru tau, ada 3 jenis pinjaman di KoinWorks ya, bisnis, pendidikan dan kesehatan.
    Pengin juga berinvestasi di KoinWorks karena terjangkau dan pendaftarannya juga mudah ternyata.

    ReplyDelete
  7. Dimana-mana diingetin untuk investasi hehe emang sih ya dapetin pemasukan paling aman lewat investasi (dengan catatan bukan investasi bodong). Jadi pengen nyoba koinwork ini

    ReplyDelete
  8. pilihan untuk berinvestasi makin banyak dan kreatif aja yaa.. tinggal kitanya harus pinter2 milih sesuai kebutuhan dan budget :)

    ReplyDelete
  9. jadi penasaran...tapi aman gak, mba? kalau boleh tahu yang punya siapa ya? grupnya siapa gitu...

    ReplyDelete
  10. Investasi juga bisa to dimasukkan ke koinworks? Wah lumayan juga ya, apalagi ada dana proteksinya. Tapi di ilustrasi ke-2 itu berarti dana yang dikembalikan cuma 1,6 juta dari 8 juta ya Mbak? Berarti yang 6.4juta dianggap hilang begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan kalau yg minjam di grade e gagal bayar... Kalau dana proteksinya ingin kembali 100%, investnya ke grade a, tp ya keuntungannya ga sebesar yg grade e :)

      Delete
  11. Wah sekarang banyak ya fintech pinjaman online ini. Para nasabahnya harus bener2 mempelajari banget nih. Soalnya berkaitan dengan pinjaman online

    ReplyDelete
  12. Ini kayaknya dibikin sesi tatap muka khusus buat bahas investasi p2p khususnya konworks ya. Biar makin yaqeen dan bisa tanya-tanya langsung sekaligus langsung buka rekening. overall, tertarik buat coba.

    ReplyDelete
  13. investasi sekarang jadi lebih mudah, cepat dan nyaman ya.. menguntungkan pulak

    ReplyDelete
  14. baru tau koinworks, nanti mau ke web nya, pelajari sejenak.
    Sekarang fintech pinjaman bertambah ya, kudu dipahami keamanannya. Semoga aman

    ReplyDelete
  15. Sekarang semakin banyak cara untuk berinvestasi ya, salah satunya dengan Koin Works ini. Jadi penasaran deh dengan sistemnya.

    ReplyDelete
  16. Mudah ya cara pinjamqn dana untuk modal bisnis yang diberikan KoinWorks untuk para ukm bisa lewat online juga. Investasi perlu dilakukan dr sekarang untuk masa depan keluarga

    ReplyDelete
  17. Mudah banget ya cara berinvestasinya, jadi pengin nyobain juga nih koinworks. Semoga beneran aman ya dana kita bisa kembali meskipun terjadi gagal bayar dari peminjam.

    ReplyDelete
  18. Wah jd ini pinjaman terbagi tiga buat kesehatan, pendidikan, dan usaha ya mbak? Bagus kalau gtu bisa menghindari utang konsumtif. Dulu emang pernah ketemu bapak2 OJK, beliau bilang asal mula P2P lending tu emang buat usaha bukan buat kebutuhan hidup.
    Enaknya kalau koinworks kita jg bisa inves ya mbak TFS infonya

    ReplyDelete
  19. Kalau sistem ini berhasil, apakah masih akan ada lagi bank di dunia ya? haha. Kalau P2P ini berhasil tentu orang malas kan ya meminjam uang di bank yang bunganya mencekik. Penasaran jadi pengen mencoba.

    ReplyDelete
  20. Iyaya...asik kalo investasinya bisa mudah begini.
    Kalau mendadak di tengah jalan ada masalah, adakah konsultan atau CS yang bisa diajak berdiskusi?

    ReplyDelete
  21. investasi emang ga bisa sembarangan ya mbak. aku pernah ngalamin dulu, ditipu, uang investasiku malah dibawa kabur. tapi kalau udah dijamin OJK seperti koinwork ini pastinya lebih tenang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, sedih ya kalau uang hasil ngumpul2 malah dibawa kabur :(

      Delete
  22. Ingin juga punya investasi di media online, tetapi tetap harus memperhatikan fintech-nya ya... harus yang diyakinin aman dan ada dalam pengawasan OJK

    ReplyDelete
  23. Ku baru tahu koinworks ini, dan langsung ke webnya buat baca-baca, walau di blogpost ini sudah detail menuliskannya.
    Beruntung nih UMKM yang baru ikutan ini.

    ReplyDelete
  24. wahh bagus juga yaa sistemnya karena ada dana proteksi. sebagai calon investor kita memang harus pintar2 milih investasi yg mau kita pakai biar uangnya tidak ilang

    ReplyDelete
  25. Investasi ini emang jadi salah satu cara mengatasi inflasi yang sudah pasti ada dari masa ke masa yak. Semoga investasiku menghasilkan sesuai harapan dan bisa mengatasi yang namanya inflasi ini.

    ReplyDelete
  26. Asyik banget ya mba investasi di KoinWorks, bisa dimulai dari 100 ribu juga

    ReplyDelete
  27. udah lebih 1 tahun gabung di Koinworks, dan sangat puas, jadi pilihan alternatif disamping investasi reksadana dan logam mulia,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, udah berpengalaman banget ya investasi di koinworks :)

      Delete