Sunday, March 17, 2019

Tentang Koperasi Simpan Pinjam


Adakah teman-teman yang menjadi anggota koperasi simpan pinjam? Di lingkungan rumah saya, ada banyak koperasi simpan pinjam. Mulai dari tingkat RT, RW, hingga Majelis Taklim pun ada koperasinya. Tapi saya belum pernah menjadi anggotanya. Padahal koperasi simpan pinjam itu banyak manfaatnya loh.

Dunia perekonomian di Indonesia mengalami kondisi naik dan turun. Ada saatnya kondisi ekonomi di negara kepulauan ini mengalami perkembangan yang cukup baik. Namun, ada pula saat ibu pertiwi harus melalui masa sulit yang membutuhkan banyak pembenahan di sana dan di sini. Di balik semua pasang dan surut yang dialami, bentuk kerja sama yang dilakukan oleh berbagai macam pihak yang bergerak di bagian ekonomi sangat berdampak besar bagi perubahan kondisi ekonomi Indonesia menuju pada level yang lebih baik. Salah satu bagian dalam masyarakat yang juga ikut memberikan kontribusi nyata di bidang ekonomi adalah koperasi simpan pinjam. 

Meski belum terlalu diperhatikan, tapi keberadaan koperasi simpan pinjam sangat berpengaruh di Indonesia. Apalagi bagi pengusaha yang sedang ingin memulai bisnisnya. Kesulitan membuka usaha berupa terbatasnya kondisi finansial mengakibatkan banyak pengusaha, baik yang cakupan regional ataupun nasional, membutuhkan pinjaman dana. Koperasi simpan pinjam memang ada untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Bila teman-teman sudah menjadi anggota dari salah satu koperasi simpan pinjam yang ada, hal tersebut bisa dikatakan menjadi salah satu hal yang patut diapresiasi. Keberadaan bisnis teman-teman akan terbantu karenanya. 

Ada baiknya bagi teman-teman untuk mengetahui lebih lanjut apa saja fungsi yang dimiliki oleh koperasi simpan pinjam. Berikut ini penjelasannya.

1. Menurunkan tingkat kemiskinan suatu negara 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi dari koperasi simpan pinjam adalah untuk memberikan bantuan pinjaman dana bagi anggotanya yang membutuhkan. Pinjaman modal yang diberikan oleh koperasi simpan pinjam akan digunakan oleh anggotanya untuk memulai atau mengembangkan usaha yang dimiliki. Usaha ini tentu saja memiliki tujuan untuk mencari keuntungan. Bila keuntungan yang didapat banyak, maka bisa dikatakan akan ada banyak pihak yang terbantu karenanya. Salah satu dampak yang bisa langsung terlihat adalah kondisi finansial yang akan menjadi lebih baik. Bila anggota koperasi simpan pinjam menggunakannya dengan bijak, impian Indonesia untuk menurunkan tingkat kemiskinan bukanlah hal yang mustahil untuk diraih. 

2. Membantu anggota tanpa mempersulitnya 
Salah satu hal yang identik dengan kegiatan meminjam uang adalah adanya bunga yang harus dibayar selama periode tertentu. Hal tersebut memang berlaku juga di koperasi simpan pinjam. Namun, hal yang perlu teman-teman garis bawahi adalah bunga yang diberikan koperasi simpan pinjam kepada anggotanya enggak terlalu tinggi. Anggota sebisa mungkin tetap enggak mengalami keberatan untuk mengembalikan uang yang telah dipinjam meskipun ada sedikit bunga yang juga harus dibayar. Dengan begini, anggota yang meminjam uang enggak akan terbebani. Terlebih lagi, bunga yang telah dibayar juga akan dibagi kembali di akhir periode tertentu sehingga bisa menambah keuntungan yang didapat. 

3. Pinjaman uang enggak membutuhkan syarat yang terlalu rumit 
Bila berhubungan dengan uang, syarat yang harus dipenuhi biasanya akan sangat banyak dan rumit. Hal tersebut enggak berlaku di koperasi simpan pinjam. Semua orang yang sudah menjadi anggota koperasi simpan pinjam enggak perlu terlalu banyak mengumpulkan berkas yang dibutuhkan, bila ingin meminjam uang di koperasi tersebut. 

Itulah beberapa fungsi yang bisa didapat dari koperasi simpan pinjam. Karena berjalan dengan cara yang demokratis, maka setiap pengambilan keputusan akan melibatkan anggotanya dan enggak akan merugikan pihak manapun. Salah satu koperasi simpan pinjam terbesar yang ada di Indonesia adalah pracico.com. Di sana teman-teman bisa mengetahui banyak informasi terkait layanan dari koperasi simpan pinjam yang dijalankan.

No comments :

Post a Comment