Thursday, November 14, 2019

Pengalaman Menyiapkan Bekal untuk Suami

kantong plastik pp wayang

Siapa yang mempunyai pikiran 'I hate Monday'? Alhamdulillah, kalau saya sih selama ini enggak pernah benci sama hari Senin. Termasuk dulu ketika masih sekolah, kuliah, atau bekerja pun biasa-biasa saja tuh menghadapi hari Senin. Memang kadang ada juga saat-saat ketika masih ingin berleha-leha karena terbawa suasana akhir pekan, hehehe.... Tapi ya enggak sampai harus benci. 

Sayangnya, beberapa bulan terakhir ini, menjelang Minggu sore itu perasaan saya selalu melow. Maklum, soalnya kini saya dan suami resmi menjadi pejuang LDM (long distance marriage). Enggak sampai harus berpisah selama berbulan-bulan sih dan tempatnya juga enggak jauh-jauh amat. Makanya suami masih bisa pulang seminggu sekali. 

Tetapi meski begitu, ya tetap saja sedih. Cerita lengkapnya enggak perlu saya tulis di sini lah ya, khawatir malah bablas curhat terlalu panjang, hihihi.... Tapi ya intinya meski mencoba tetap bersikap positif dan bahagia, di lubuk hati yang paling dalam sih sedih, dan berharap semoga masa-masa ini bisa segera berakhir.

Akhirnya daripada melow, lebih baik saya mendoakan saja semoga suami selalu sehat, serta lancar dalam perjalanan dan pekerjaannya. Selain doa, untuk menjaga kesehatannya, saya juga selalu menyiapkan bekal untuk suami. Setiap minggu bekalnya berbeda-beda, namun yang pasti yaitu buah dan lauk untuk teman nasi. Kadang ditambah madu, racikan jamon (jahe madu lemon), abon, atau apa saja tergantung kebutuhan di tempat kos. 

Biasanya bekal lauknya enggak banyak, hanya untuk satu atau dua kali sarapan saja. Lumayan menghemat. Sisanya biar suami beli sendiri agar lebih fresh dan enggak bosan. Sedangkan untuk makan siang dan makan malam sudah disediakan dari kantor. 

Jenis bekalnya pun tergantung stok bahan makanan yang ada di kulkas. Kadang berupa olahan siap makan seperti semur daging, ikan bumbu kuning, ayam kecap, dan lain-lain yang mudah dihangatkan. Kadang masih berupa olahan setengah matang yang sudah diungkep seperti tempe bacem, ayam goreng, atau ayam bakar yang tinggal digoreng atau dibakar. 

Nah, untuk mengemas bekal lauknya, saya menggunakan kantong plastik. Kenapa? Soalnya lebih praktis. Pertama, praktis karena bentuknya lebih fleksibel, enggak seperti kotak makan yang menghabiskan banyak tempat di tas. Kedua, praktis karena setelah digunakan, tinggal langsung dibuang saja, enggak seperti kotak makan yang harus dicuci. Dengan menggunakan kantong plastik, saya juga enggak khawatir kotak makan rusak, tertukar, atau hilang di tempat kos, hohoho....

Seperti hari Minggu kemarin, saya membuat Ayam Bakar Solo. Setelah diungkep, sebagian besar saya masukkan ke wadah kaca untuk stok di kulkas, dan sebagian lagi (beberapa potong) saya pisahkan ke dalam kantong plastik untuk bekal suami. 

kantong plastik pp wayang

Tapi kantong plastiknya bukan sembarang plastik loh. Harus food grade dan aman digunakan untuk membungkus makanan. Makanya saya menggunakan kantong Plastik PP Wayang. 

Kantong Plastik PP Wayang merupakan produk kantong plastik jenis PP (Polypropylene). Adapun kantong plastik PP adalah jenis kantong plastik yang memiliki karakter warna yang transparan, bening, dan jernih dengan permukaan yang mengkilap. Berikut beberapa keunggulannya dibandingkan kantong plastik merk lain.

Bening dan berkualitas
Kantong plastik PP Wayang menggunakan bahan biji plastik berkualitas grade A yang membuat tampilan plastik menjadi lebih bening dan jernih. Sehingga keaslian warna dan bentuk dari produk yang dikemasnya pun tetap terlihat. Selain itu, karena kualitas bahan yang baik juga mengurangi risiko warna kantong plastik PP Wayang cepat menguning.

Food grade
Kantong plastik PP Wayang menggunakan biji plastik murni (enggak mengandung bahan biji plastik daur ulang). Sehingga sangat aman apabila digunakan untuk mengemas makanan.

kantong plastik pp wayang

Kuat
Kantong plastik PP Wayang menggunakan seal yang dibuat 2 lapis untuk benar-benar memastikan kekuatan yang selalu prima dan terjaga. Sehingga enggak mudah jebol.

Halal
Penting nih bagi umat Muslim, kantong plastik PP Wayang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Selain itu, kantong plastik PP Wayang juga sudah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 (sertifikasi dalam hal manajemen produksi dan penjaminan mutu produk) serta Indonesia Best Brand Award 2011 – 2018 (penghargaan untuk produk pilihan masyarakat). Wuih, keren ya.

Banyak pilihan
Kantong plastik PP Wayang memiliki beragam pilihan ukuran dan ketebalan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Multifungsi
Kantong plastik PP Wayang dapat digunakan untuk apa saja. Selain digunakan sebagai pembungkus lauk untuk bekal suami, kantong plastik PP Wayang juga dapat digunakan untuk membungkus jenis makanan lain seperti kue jajanan pasar, keripik, atau bumbu masakan, membungkus perhiasan dan aksesori, hingga membungkus pakaian hasil laundry. 

Terjangkau
Bagi teman-teman yang tertarik, kantong plastik PP Wayang dapat dengan mudah ditemukan di toko plastik tradisional baik di pasar maupun di sekitar tempat tinggal.

kantong plastik pp wayang

Oh iya, kantong plastik PP Wayang baru saja mengubah tampilan kemasannya loh. Sebelumnya, merk dan logonya hanya berupa kertas yang disisipkan di dalam kemasan. Sekarang lebih rapi karena merk dan logonya sudah tercetak di kemasannya. Selain itu, logonya juga berbeda. Sebelumnya, logonya adalah wayang kulit dengan latar berbentuk kotak warna merah. Sekarang, latarnya masih warna merah, namun berbentuk gunungan dengan tambahan motif ukiran warna emas di sampingnya. Pokoknya jadi lebih elegan deh. Serta lebih informatif juga dengan adanya pencantuman logo halal MUI, food grade, dan lain-lain yang lebih jelas di bagian bawahnya. 

Meski sudah menemukan kantong plastik yang bagus, tetap saja harus bijak ya agar penggunaannya seminimal mungkin. Selain itu kalau saya, apabila plastiknya sudah selesai dipakai, dikumpulkan dengan sampah plastik lain untuk kemudian disetorkan ke bank sampah. Tinggal pilih, mau disetor ke bank sampah di komplek atau bank sampah di sekolah anak. Bagi-bagi deh, biar adil, hehehe....

24 comments :

  1. Pejuang LDM, mana suaranyaaaaa?? Seru seru gimanaaaa gitu ya Mba, kalo LDM ama suamik. yang jelas, pilihan mba Nath untuk pakai plastik Wayang ini patut diacungi jempol. karena concern dgn kualitas, halal, dllnya ya mba

    ReplyDelete
  2. aku suka hari senen karena bisa napas stl wiken yg riweuh wkwkkw.
    semangat terus yaa untuk bawain bekal buat suami.
    aku jg pengguna kantung plastik makanan buat bungkus masakan yg dibagi ke art yg bantu di rumah. belum nyoba pakai plastik wayang nih. nanti mau cari ah

    ReplyDelete
  3. Aku biasanya bawain bekal buat anak juga pakai kantong plastik untuk lauknya. Kebetulan nih stok plastik di rumah tinggal dikit, ntar aku mau beli yang plastik wayang ini aja krn food grade, aman buat makanan.

    ReplyDelete
  4. Kalau tempat makannya tepercaya seperti ini, masak-masaknya jadi lebih semangat ya, Mak 😘

    ReplyDelete
  5. Aku suka dengan kemasan Wayang yang baru. Lebih kliatan mewah gitu mba dan pastinya sudah terjamin kualitasnya. Aku pakai ini buat nyiapin baju, mba :)

    ReplyDelete
  6. Sama dong kami juga pejuang LDM. Tiap senin pagi adalah waktunya suami nyebrang provinsi buat kerja. Senangnya masih bisa nyiapin bekal,ya

    ReplyDelete
  7. Plastik Wayang ini kualitasnya terjanin ya mbak, pasti ga gampang sobek juga. Aku tuh pengen beli soalnya besok mau pertemuan bapak2 di perumahan kan harus bungkusin snack pake plastik wayang. Hehe

    ReplyDelete
  8. wah di sekolah anak ada bank sampah? bagus buat pembelajaran supaya lebih bijak berplastik.
    btw, plastik Wayang ini ada kemasan yang lebih besar? bukan yang ukuran plastik sekilo.

    ReplyDelete
  9. Menyiapkan bekal suami ini emang mengasyikkan ya mbak. Akupun dulu begitu waktu suami kerja di lokasi yanh lama. Tapi, sekarang udah kerja di lokasi baru dan ada catering, jadi udah ngga pernah samsek nyiapin bekal.

    ReplyDelete
  10. Saya juga kalau plastikin sayur suka pakai plastik PP Wayang ini hehe, kualitas terjamin nih soalnya.

    ReplyDelete
  11. Plastik Wayang, kualitasnya nggakusah diragukan lagi yaa. Aman buat bungkus2 bekal buat suami tersayang. Semangat mbak, semoga LDM nya nggak lama-lama ya.

    ReplyDelete
  12. Kalau saya tiap Senin pasti hhhh...

    Bawa bekal ke tempat kerja apalagi yg ldm itu perlu banget, selain hemat juga bisa lebih sehat.

    Nah ya, praktis bawa makanan itu taruh di plastik. Dan setuju banget, setelah digunakan, kita mesti bijak memisahkan sampah plastik dan dikumpulkannya untuk kemudian diserahkan ke bank sampah.

    ReplyDelete
  13. Plastiknya tahan panas dan aman ya merek wayang, Kadang gak mau pakai plastik tapi kalau pas bawain bekal makanan berkuah mau gak mau aku pakein plasik juga supaya gak tumpah

    ReplyDelete
  14. Bawain bekel buat suami emang nyenengin yaaa, apalagi kalau yg dibawain seneng :D
    Wah jadi ini plastiknya udah foodgrade ya mbak trus halal pula. Seandainya pedagang gorengan pakai ini pasti seneng sekali soalnya gak khawatir soal plastik yg dipakainya hehe

    ReplyDelete
  15. Halal dan aman untuk makanan, dua syarat penting untuk memilih produk yang akan kita gunakan untuk keluarga ya ...

    ReplyDelete
  16. I don't hate Monday, but I love Saturday like no other day hahahaha. Semangat ya Mbak yang lagi LDM. Btw, Mbak, plastik wayang ada yang model klip gitu gak, ya? Biar gampang pas mengemas makanannya.

    ReplyDelete
  17. Bekal makanannya enak bangeet mba.. dan suami pasti sangat hargai

    ReplyDelete
  18. Udah lama Banget aku gak nyiapin bekal buat orang rumah, rasanya pingin lagi deh

    ReplyDelete
  19. Oh...plastik PP Wayang bisa juga ditabung di Bank Sampah yaa...?
    Aku juga pakai plastik ini kalau bekelin suami dan anak-anak setiap hari.
    Alhamdulillah,
    Kadang aku suka bilang ke anak-anak kalo plastiknya masih bersih, bisa dipakai lagi yaa..hehehe~

    ReplyDelete
  20. Iya saya juga lebih praktis pakai plastik kiloan kalau buat bekal. Padahal harus ngurangi sampah plastik ya.. huhuhu.. gimana dong butuh banget.

    ReplyDelete
  21. Tetanggaku yg punya usaha fotokopi dan ATK sudah pakai kantong plastik ini. Aku salut lho, padahal bukan usaha makanan. Tapi dia segitunya mikirin kemasan. Dia juga kaget aku tahu kantong merk ini, karena kata dia masih jarang.

    ReplyDelete
  22. Aku klo bawa bekal ke kantor selalu pake plastik kiloan merk wayang ini mba. Lebih praktis karena gak harus nyuci tempat makan

    ReplyDelete
  23. Tetap semangatttt ngumpulin di bank sampah yuk mak. Aku seneng kalau ada plastik bagus, kepake trus pas mau di buang juga bisa kepake di bank sampah

    ReplyDelete
  24. Baru tahu ada plastik merk Wayang gini
    Jadi pengen coba untuk bekal anak kalau outbond acara sekolaj

    ReplyDelete