Friday, March 20, 2020

Tips Memilih Warna Cat Rumah


Sekitar sebulan yang lalu, suami memutuskan untuk melakukan perawatan dinding rumah. Sudah lama enggak dicat ulang, terakhir itu sekitar tujuh tahun yang lalu, hehehe.... Sekalian mengganti suasana.

Meski tampak sepele, namun memilih warna cat enggak bisa sembarangan. Karena dalam proses inilah warna yang dipilih untuk pewarnaan dinding rumah akan mendukung proyeksi dekorasi, memberikan nuansa atau kesan, bahkan dapat merepresentasikan karaktersitik pemilik rumah. Seorang tamu akan mudah menilai karakteristik pemilik rumah hanya dari pemilihan warna tersebut. Selain itu, pemilihan warna juga dapat berpengaruh pada mood penghuninya juga lho! Ternyata, enggak sesederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari bukan? 

Nah, berikut 4 tips dalam memilih warna cat rumah, baik pada proses pembangunan rumah maupun renovasi rumah.  

1. Kenali dan pahami model rumah 
Ini adalah hal utama yang perlu dipahami dan dilakukan bagi teman-teman yang sedang merencanakan untuk membangun rumah. Enggak mungkin kan jika membangun rumah tanpa konsep dasar model yang diinginkan? Nah, sebelum memilih warna cat dinding, kenali dan pahami terlebih dahulu seperti apa model rumah yang diinginkan. Model klasik? Model modern? Atau model minimalis?

Selain model rumah, sesuaikan juga perabotan yang digunakan untuk mengisi rumah. Begitu pun dengan penempatan dan cara penataannya. Jangan sampai mengisi rumah dnegan perabotan yang useless dan justru mengurangi keindahan rumah. 

2. Ketahui keinginan kesan di setiap ruangan 
Hal terpenting kedua untuk menentukan warna cat rumah ialah mengetahui keinginan kesan di setiap ruangan. Mengapa demikian? Hal ini perlu dilakukan karena setiap ruangan di dalam rumah memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi, bahkan ruang tidur. Nah, di setiap ruangan ini perlu adanya kesepakatan seluruh keluarga untuk memilih warna yang diinginkan sehingga membangun kesan yang diinginkan. Kesan ceriakah yang ingin dibangun? Untuk membangun kesan ini dapat memilih warna kuning, merah muda, dan biru. Atau kesan klasik? Dapat memilih warna cokelat dan ungu. Sebagai contoh, anak perempuan kemungkinan besar menyukai warna merah muda untuk kamar tidurnya.

3. Sesuaikan pencahayaan 
Selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni perihal pencahayaan. Hal ini penting untuk memberikan kesan yang akan ditimbulkan di ruangan tersebut. Penggunaan pencahayaan yang redup dengan cat rumah yang gelap tentu enggak cocok kan? Justru akan menimbulkan kesan suram. Atau ruangan dengan cahaya yang terang dan pemilihan warna cat yang terang juga harus diimbangi dengan pencahayaan yang cukup agar enggak menyilaukan. Selain berpengaruh terhadap kesan ruangan, pencahayaan juga dapat menunjang estetika ruangan. 

4. Penempatan pernak-pernik 
Penggunaan pernak-pernik untuk rumah tentu akan memberikan nilai estetika sekaligus mencegah timbulnya kesan monoton. Akan tetapi, sangat perlu diperhatikan untuk penempatannya agar terkesan lebih cantik, rapi, sekaligus sesuai dengan konsep atau model rumah yang diinginkan. Ingat juga untuk enggak menggunakan pernak-pernik rumah yang berlebihan. Hal tersebut justru membuat rumah terkesan terlalu ramai, penuh sesak. 

Demikian 4 tips yang dapat dilakukan sebelum memilih warna cat rumah agar sesuai idaman. Terkait dengan pemilihan warna cat rumah, Asian Paints menyediakan ribuan pilihan warna cat rumah yang diinginkan lho. 

5 comments :

  1. Membaca artikel ini jadi keingetan pas aku pilah pilih warna cat di katalog produk 😁.
    Kemudian aku ingat kalau penentuan warna untuk ruangan yang tak terlalu luas sebaiknya diaplikasikan warna dominan soft seperti abu-abu pucat ..., dan ternyata memang benar ruanganku jadi terkesan lebih luas dan jadi terkesan tampil bersih.

    Semoga artikel ini dapat jadi panduan pembaca dalam memilih warna cat yang tepat, ngga kebingungan lagi.

    ReplyDelete
  2. iyap, kemarin harus pindahan rumah dan ada yang harus dicat juga akhirnya pilah-pilih warna cat. Pilihan jatuh ke warna soft sih untuk kamar dan beberapa ruangan dicat warna putih agar ada kesan luas

    ReplyDelete
  3. duh kapan jg rumahku jadi euy *malah curhad* hehe

    ReplyDelete
  4. Aku sendiri juga gitu, Teh. Selain memilih cat memperhatikan juga untuk penempatan hiasan dinding atau pernak pernik gitu. Jadi begitu sudah selesai di cat tinggal pasang pernah pernik deh ..he

    ReplyDelete
  5. Saya setuju mbak Nathalia. Saya sering debat dengan istri saya dalam pemilihan cat rumah, kalau saya suka yang cat cerah, kalau istri saya suka yang agak redup, biar adem kesannya. Kalau saya setting di pencahayaannya biar agak redup

    ReplyDelete