Thursday, September 10, 2020

Tips Memilih Paket Umroh Terpercaya


Teman-teman sedang mencari paket umroh terpercaya? Yuk, baca tulisan saya.

Sebagai seorang Muslim, menunaikan ibadah haji merupakan impian saya. Rasanya pasti berbeda sekali apabila bisa beribadah di Baitullah dan melihat Kabah secara langsung. 

Namun, dengan semakin banyaknya calon jemaah haji, semakin panjang pula daftar tunggunya. Dulu, orang tua saya hanya perlu menunggu selama tiga tahun. Sekarang, katanya harus menunggu hingga belasan tahun ya.

Untuk menghapus kerinduan mengunjungi Baitullah, umat Muslim bisa melaksanakan umroh terlebih dahulu. Di luar jadwal haji dengan pilihan waktu yang lebih banyak dan fleksibel. 

Tentu saja, saya juga ingin melaksanakan umroh. Bukan hanya berdua suami, tetapi kalau bisa sih lengkap bersama anak-anak juga. Beribadah sambil membawa anak tentunya akan memberikan tantangan tersendiri. Namun saya yakin, manfaatnya juga banyak. Bisa menguatkan rasa cinta anak-anak kepada Allah, Rasululullah, dan Islam.

Tips Memilih Travel Umroh yang Terpercaya

Selain berdoa sambil mengumpulkan biaya paket umroh, ada satu hal lagi yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat umroh. Yup, memilih travel umroh yang terpercaya.

Saya sudah cukup sering mendengar maraknya penipuan yang dialami oleh para calon jemaah umroh, baik dari berita maupun pengalaman orang-orang di sekitar.

Saya saja yang mendengarnya ikut sedih dan kesal, apalagi korban yang uang paket umrohnya digelapkan. Bayangkan, mereka bukan hanya dirugikan dari segi materi, tetapi juga secara moril karena harapan mengunjungi Baitullah yang sudah berada di depan mata tiba-tiba enggak bisa tercapai.

Makanya, kita harus sangat berhati-hati dalam memilih travel umroh. Berikut beberapa tipsnya.

1. Pilih Travel Umrah yang Sudah Resmi Terdaftar
Travel umroh yang terpercaya harus sudah terdaftar dan mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Untuk memastikannya, ada dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, datang langsung ke departemen agama setempat lalu tanyakan kepada petugas di sana daftar PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang resmi. Adapun cara yang kedua, mengeceknya di website resmi Kementerian Agama.

2. Pastikan Mendapatkan Jadwal Keberangkatan yang Jelas
Travel umroh yang terpercaya biasanya sudah menentukan tanggal keberangkatan ibadah umrah dengan pasti. Jadi, apabila ada travel umrah yang menjanjikan keberangkatan dengan menunggu 1 atau 2 tahun, sebaiknya tinggalkan saja.

3. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga yang Jauh Lebih Murah
Dalam memilih barang atau jasa yang akan dibeli, tentu kita akan mempertimbangkan harganya. Enggak salah sih mencari yang paling terjangkau. Namun apabila menemui agen travel yang mengiming-imingi paket umroh dengan harga yang jauh lebih rendah, kita patut waspada. 
Travel umroh yang terpercaya akan menawarkan harga yang rasional. Jangan langsung tergiur, lebih baik bandingkan dulu dengan agen travel sejenis untuk mengetahui harga pasaran. 

4. Ketahui Riwayat Travel Umrah 
Paling mudah, pilih agen travel yang pernah digunakan oleh teman atau saudara, serta sudah terbukti terpercaya dan memuaskan. Namun kita juga bisa mengetahui reputasi travel umrah lainnya dengan beberapa cara. Misalnya mencari testimoni di internet dari para pelanggannya.

Penting untuk diketahui, sudah berapa lama bisnis travel haji dan umrahnya dijalankan. Juga bagaimana latar belakang dan karakter pemilik travel serta pengurusnya, apakah amanah atau enggak.

Paket Umroh Terpercaya dari Madinah Iman Wisata

Salah satu travel yang menyediakan paket umroh terpercaya yaitu Madinah Iman Wisata (MIW) Travel. Berikut beberapa keunggulan dari MIW Travel.

Resmi Terpercaya
MIW Travel jelas sudah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama RI sebagai penyelenggara umroh dan haji khusus sejak tahun 2000 loh. Namun bukan hanya itu, MIW Travel juga tercatat sebagai travel umroh dan haji khusus tersertifikasi, lebih dari sekadar travel berizin.

madinah iman wisata

Tanpa Repot
MIW Travel selalu membantu jemaahnya sejak pra, saat, hingga kepulangan ibadah umroh. Contohnya nih, ketika menunggu boarding di bandara, MIW Travel menyewakan lounge agar para jemaah bisa beristirahat dengan nyaman. MIW Travel juga menyediakan tim untuk membantu jemaah dalam mengurus koper dan perlengkapan lainnya, baik di Saudi. Serta yang paling penting nih, para jemaah selalu didampingi oleh Tour Leader profesional yang tersertifikasi, ramah dan mengayomi. 

Pasti Berangkat
Sebelum paket umroh dijual, MIW Travel sudah membeli tiket pesawat ke maskapai dan kamar hotel di Mekah dan Madinah. Meski berisiko rugi, hal ini dilakukan MIW Travel untuk memastikan keberangkatan jemaahnya. Makanya di MIW Travel enggak pernah ada kejadian gagal berangkat. 100% jemaah pun dapat pulang kembali ke tanah suci dengan tepat waktu.

madinah iman wisata

Inspirasi Sejarah
Selain beribadah, jemaah MIW Travel juga bisa menikmati kisah hikmah dan inspiratif di balik tempat-tempat bersejarah di Mekah dan Madinah. 

madinah iman wisata

Nyaman
Ibadah umroh dapat dilakukan secara lebih khusyuk apabila didukung dengan fasilitas yang nyaman, apalagi jika membawa anak-anak. Nah, dalam hal ini MIW Travel selalu apik dalam memilih hotel dan akomodasi bagi jemaahnya. Sehingga selalu merasa nyaman, serta kembali ke tanah air dalam keadaan segar baik fisik dan ruhaninya.

madinah iman wisata

Pembayaran Fleksibel
Untuk pembayarannya, MIW Travel menawarkan tiga pilihan pembayaran, yaitu tunai, tabungan umroh, serta berangkat dulu cicil. Wuih....

Cakupan Pelayanan Luas
MIW Travel ini kantor pusatnya berada di Bintaro Tangerang Selatan. Namun selain itu, MIW Travel juga memiliki kantor cabang di 34 daerah yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

Umroh di Masa Pandemi

Bulan Februari kemarin, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, Saudi memberikan pernyataan bahwa umroh diberhentikan dahulu untuk sementara. Sedih ya. Ada lebih dari 100 ribu calon jemaah umroh Indonesia yang tertunda keberangkatannya, termasuk beberapa kenalan saya.

Nah, sekarang ada kabar baik nih. Katanya bulan Januari 2021 mendatang, umroh akan dibuka kembali. Namun tentunya umroh di masa pandemi akan berbeda dengan umroh di saat masih normal seperti dulu.

Contohnya, karena aturan social distancing, persentase keterisian pesawat enggak boleh lebih dari 70%. Sebelumnya harus melalui pemeriksaan SWAB terlebih dahulu. Kamar hotel dengan kapasitas 4 orang pun hanya boleh diisi oleh 2 orang.

Pihak Saudi pun mulai menyusun beberapa protap di Masjidil Haram. Di antaranya:
  • Masjidil Haram dibuka satu jam sebelum salat Subuh dan ditutup setelah salat Isya.
  • Pintu masuk dan keluar akan dipisah.
  • Dilalukan cek suhu sebelum masuk
  • Disediakan tempat cuci tangan
  • Jemaah harus mengenakan masker
  • Hanya diperkenankan 40% dari daya tampung Mathaf, dengan dibatasi hanya 3 lajur Tawaf, masing masing hanya 300 orang.

Apabila teman-teman ingin menjadi jemaah yang pertama kali berangkat umroh setelah aksesnya dibuka kembali, lebih baik daftar dari sekarang. Ingat, pilih paket umroh dari travel yang terpercaya ya.

~~~

Madinah Iman Wisata
Website: miw.co.id
WhatsApp: +62 813-2403-0113 (Nyla)

103 comments :

  1. Terimakasih atas revew dan ulasannya
    Travel umrah yang terpercaya jadinya
    Semoga lain waktu saya bisa ikut mendaftar

    ReplyDelete
  2. Mau nanti ke tanah suci, moga2 segera ada rezekinya

    ReplyDelete
  3. makasih tipsnya teeeh.. Udah nemuin PPIU yang terpercaya dan nyaman mah jadi semakin jelas umrohnya juga

    ReplyDelete
  4. Pengen kesini Ya Allah semoga bisa dimampukan setelah pandemi usai aamiin

    ReplyDelete
  5. Madinah Iman Wisata (MIW) travel sudah terpercaya dan berpengalaman ya. Terbukti dengan sudah membawa puluhan ribu jamaah ke tanah suci.
    Memang bila pergi dengan travel terpercaya akan terasa nyaman beribadah. Sungguh rinduuuuu bisa ibadah lagi ke Baitullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kalau sudah terbukti terpercaya, mau ibadah juga jadi tenang ya, Mbak. Semoga aku, kita bisa ke sana

      Delete
    2. Iya setahu aku MIW sudah lama sekali berdiri dan cabangnya banyak di beberapa kota di ibukota.
      Beberapa temanku atau orang tua temanku juga ada yang pakai travel ini saat haji/ umroh

      Delete
  6. Saya juga ada niatan umroh sama anak-anak..Insya Allah semoga rencana kita dimudahkan ya Mbak. Setuju mesti hati-hati pilih travel umroh yang terpercaya. Kenyamanan, diantaranya yang utama. Ibadah umroh dapat dilakukan secara lebih khusyuk apabila didukung dengan fasilitas yang nyaman, apalagi kalau kita ajak anak. Wah, MIW bisa jadi rujukan dengan layanan yang terpercaya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mudah-mudahan dimudahkan ya Mbak :)
      Jangankan anak-anak ya, orang dewasa pun pasti ingin beribadah dengan nyaman kan...

      Delete
  7. Milih paket haji umroh memang harus terpercaya. Jangan tergiur dengan harga murah. Pas dulu ada kasus agen nakal, asli ikutan nyesek karena banyak yang sudah nabung tapi gak jadi berangkat

    ReplyDelete
  8. Memang kita harus lebih hati-hati dan waspada dalam memilih travel umroh yah Teh, harus yang bener-bener bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  9. Biaya umroh yang normal sudah jelas dan kita bisa melihat berbagai penawaran dari agen travel umroh...Jangan sampai terjebak dengan harga murah tapi perjalanan ibadah malah tidak nyaman...

    Madinah Iman Wisata (MIW) selain sudah terdaftar resmi, juga pengalaman dan reputasinya baik...

    Semoga kita semua dimudahkan perjalanan ibadah ke tanah suci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih, bisa jadi referensi juga ya kak karena sudah terdaftar resmi dan pengalamannya juga terbukti.

      Delete
    2. Iya baca testimoni pelanggan MIW, semuanya merasa puas...

      Delete
  10. Semoga pandemi covid segera mereda sehingga temen-temen yang rindu beribadah umroh bisa segera berangkat.

    ReplyDelete
  11. Sekarang ini memilih paket umrah memang harus sangat hati-hati banget, mengingat belajar dari beberapa kasus. Alhamdulillah sih selama umrah dan dulu mamahku pergi haji travel agentnya gak bermasalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba jika masih rejeki mendapatkan jasa penyedia paket umroh yang amanah. Kesel loh pas baca berita travel agent yang ngebohongin ratusan calon peserta umroh. Ya Allah, itu dana yang disiapkan kan udah ditabung lama yaaaa... Emang harus teliti dalam memilih biro umroh yang terpercaya.

      Delete
    2. Yup, penting banget memilih travel umroh yang terpercaya :)

      Delete
  12. jaman sekarang sejak merebaknya kasus-kasus tour travel yg sering punya permasalahan tipu-tipu jadi harus ketat banget buat milih ya, kalo MIW ini insya Allah amanah ya

    ReplyDelete
  13. Iyess bener banget pastinya pilih paket umroh yang sudah terpercaya yaa. Biar aman..

    ReplyDelete
  14. Zaman sekarang, memilih travel umroh memang kudu teliti dan hati-hati. Banyaknya kasus travel umroh yang bermasalah karena gak amanah, harus jadi pelajaran. Biar kita gak terlunta-lunta seperti mereka. Track record, fasilitas yang dijanjikan, hingga testimony dan pengalaman teman bisa jadi acuan. Semoga ya, kita dimampukan dan bisa dilancarkan berumroh dengan travel umroh yang amanah ini.

    ReplyDelete
  15. Travel yang terpercaya adalah salah satu pilihan kita buat umroh, apalagi jelas ada paket2nya. JAngan tergoda sama yang murah2 yaaa..
    Semoga yang umroh di masa new normal ini tetep diberikan kesehatan dan tetep mematuhi protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  16. Salah satu yang harus diperhatikan saat mau daftar umroh adalah cari agen travel yang resmi dan terdaftar. Jangan sampai tergiur dengan harga murah.
    Semoga kita dimampukan untuk berangkat ke tanah suci, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget..
      Ini yang utama, jangan tergodaa harga murah

      Delete
    2. Yup, cari yang harganya bersaing boleh banget, tapi kalau terlalu murah harus waspada...

      Delete
  17. Sekarang makin banyak agen tour umroh, tapi justru kudu makin teliti karena banyak juga yang bermasalah. Harus bener-bener liat track record-nya biar gak kena tipu seperti kasus-kasus yang lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah ya semakin banyak pilihan, tapi tetap harus hati-hati...

      Delete
  18. Mencari agen travel umroh itu memang kudu hati2 bangeeettt ya, Mbak. Kalau dengar2 penepuan dg mengatasnamakan umroh, rasanya sedih sekali.

    ReplyDelete
  19. Wah, januari umroh dibuka ya.. Senang denger kabarnya. Semoga beneran ya.

    Bener nih soal pentingnya mencari agen travel resmi n terdaftar. Suka ikut kesel sm yg mcm2.

    ReplyDelete
  20. Semoga saja beneran ya pemerintah Arab Saudi segera membuka pintu akses umroh kepada para jamaah di seluruh dunia. Sudah banyak yang rindu untuk bisa datang beribadah ke baitullah.

    ReplyDelete
  21. Bismillah mudahkanlah ya Rabb, orang-orang yang ingin bertamu ke rumahmu.
    Kalau nemu yang amanah gini pasti lega dan bahagianya ya mba

    ReplyDelete
  22. Iya nih banyak yang tergiur harga murah pdhl gak mungkin lha rasanya semurah itu gtu ya :(
    Apalagi ini masa pandemi kyknya jg ada bbrp biaya naik krn pesawat dan hotel kan gk bisa fullbooked.
    Semoga kita semua dimudahkan ke tanah suci ya mbak aamiin

    ReplyDelete
  23. gak bs berlama2 di masjidil haram lagi ya. tapi ini demi kebaikan bersama. kudu tetap perhatikan protokol kesehatan juga ya. makanya perlu pilih travel umroh yg paham soal ini

    ReplyDelete
  24. Dengan tepat memilih travel umroh, ibadah akan lebih mudah dan lancar.
    Alhamdulillah,
    Semoga banyak jamaah yang dipertemukan dengan tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga semakin banyak calon jemaah yang lebih teliti dalam memilih travel umroh...

      Delete
  25. Zaman sekarang memang harus hati-hati dalam memilih paket umroh ya. Cari yang terdaftar dan pastinya memperhatikan protokol kesehatan

    ReplyDelete
  26. suka sedih lihat cerita mereka yang batal berangkat karena salah pilih jasa travel umrah. memang perlu hati dan milih yang udah jelas track recordnya. dapat cerita dari teman yang udaah berangkat pake MIW ini katanya emang super duper nyaman ya mba...

    ReplyDelete
  27. Kalau travel Umrohnya melayani dengan baik ibadah kita juga jadi nyaman ya mbak

    ReplyDelete
  28. Momen umroh di saat ini malah sepertinya momen paling indah ya. Karena semua diatur dan menggunakan protokol kesehatan, termasuk tidak begitu padat. Memang enggak boleh lama-lama di masjidil haram, tapi ya, gpp, yang penting bisa ibadah umroh.

    Dan pilihan bironya juga harus tepat ya. Madinah Iman Wisata ini kayaknya pilihan cocok banget. Sudah jelas dan terpercaya juga.

    ReplyDelete
  29. Jam terbang dari Madinah Iman Wisata ini juga sudah lama ya. Sejak tahun 2000, sudah 20 tahun dong. Benar-benar konsisten dan terpercaya nih karena bisa bertahan lama. Dan track recordnya bagus. Jadi semakin ingin berangkat untuk Umroh. Semoga dimudahkan untuk berangkat ke tanah suci. aamiin..

    Dan ya, betulll, semoga pandemi segera berakhir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga pandemi segera berakhir dan ada rezeki untuk umroh... Aamiin...

      Delete
  30. Penting banget memilih biro perjalanan umroh terpercaya supaya kita ibadahnya khusyuk & nyaman. Biasanya melalui rekomendasi teman bagus juga nih. Oaket unrog madinah iman wisata juga bia dipercaya Insya Allah

    ReplyDelete
  31. Semoga beberapa tahun ke depan bisa juga umroh bersama keluarga. Kalau pun belum, minimal untuk mengumrohkan orang tua dulu.
    Btw, terima kasih ya sudah memberikan referensi paket umroh di Madinah Imam Wisata

    ReplyDelete
  32. dulu sewaktu aku kerja di travel sering banget tamu kantor cerita kejadian penipuan travel umroh, miris banget dengarnya semog pengguna jasa travel juga jeli dan teliti lagi memilih travel umroh yang terpercaya setidaknya lihat track recordnya dulu yaa

    ReplyDelete
  33. Di berita dulu sempat marak yah Teh tentang travel umroh yang bermasalah, semoga kita semua dilindungi dari hal-hal seperti itu yah. Sebaiknya pilih travel umroh yang amanah seperti Madinah Iman Wisata

    ReplyDelete
  34. Paket pembayarannya menarik nih, berangkat dulu dan bayarnya bisa dicicil.
    Semoga keinginan mbak untuk umroh bersama keluarga segera terkabul ya mbak. Saya pun ingin juga bisa umroh bersama suami dan anak-anak

    ReplyDelete
  35. Emang semenjak kasus2 yang ituuuuu jadi khawatir juga pilih jasa travel umrah ya, Nat. Secara yang onoh, itu beberapa kerabat termasuk korban yg gagal berangkat, dan aku juga nyaris aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun mbak, alhamdulillah ya, jangan sampai jadi korban juga...

      Delete
  36. Setelah ada kasus first travel dulu aku jadi parno banget kalo liat2 travel umroh. Alhamdulillah masoh banyak travel umroh lain yg amanah ya. Apalagi katanya ini semuanya berangkat dan pulang dengan lancar ya. Semoga indonesia bs segera umroh lagi

    ReplyDelete
  37. Kepingin banget mba umroh atau haji dlm waktu dekat apalg bareng keluarga mudah2an bisa pakai Madinah Iman Wisata ravel sudah terpercaya dan berpengalaman ya

    ReplyDelete
  38. Dengan tepat memilih travel umroh, ibadah akan lebih mudah dan lancar ya...
    Alhamdulillah,
    Semoga kita semua segera dipermudah menjamin tamu Allah

    ReplyDelete
  39. Wah. Noted nih. Semoga suatu hari bs berangkat umroh jg. Baru tau ttg MIW jg nih tyt bagus n terpercaya ya

    ReplyDelete
  40. Yang pasti jangan tergiur harga murah ya mb, harus dicari dulu bagaimana reputasinya. Mksh sudah berbagi info...

    ReplyDelete
  41. Meski layanan umroh belum dibuka, gak ada salahnya untuk mendaftarkan diri sejak sekarang yaa mbak. Biar kebagian kuota~

    ReplyDelete
  42. Ya Allah pengen banget umrah semoga dimudahkan jalannya..harus cari info biro terpercaya ya biar ngga kecewa..

    ReplyDelete
  43. Memiilih biro yang terpercaya penting sekali ya mbak. Tiga tetangga saya uangnya hilang dan nggak jadi berangkat umroh gara gara salah pilih biro umroh

    ReplyDelete
  44. Bener banget Mba, mau umroh harus pakai jasa travel yang kredibel. SUamiku ngerasain banget soalnya, kalo travelnya aman, ibadah nyaman dan ga was2

    ReplyDelete
  45. Terima kasih mbak, membaca ini semakin membuat saya rindu beribadah ke tanah suci. Semoga pandemi segera usai yaa dan kita bisa dengan tenang beribadah

    ReplyDelete
  46. Ih bener banget pilih biro travel umroh emang harus teliti ya...jangan tergiur harga murah...Semoga bisa segera umroh lagi...

    ReplyDelete
  47. Semoga pandemi segera berakhir yah dan yang berniat umroh pun disegerakan, aamiin.

    ReplyDelete
  48. Salut sama usaha MIW Travel.
    Demi menjaga kepercayaan pelanggan MIW Travel sudah memesan tiket pesawat dan hotel sebelumnya, padahal bisa berpotensi rugi.
    Ngga kebayang jamaah yang rencananya berangkat tahun ini tapi harus dipending dulu, mungkin bisa direschedule ya

    ReplyDelete
  49. Wah langka sih yang terpecaya kayak gini Mak. Setelah beberapa kejadian terkait gagal umroh, aku jadi ada trust issue sama agen. Cuma ya balik lagi, kalo reviewnya memang bagus banget dan beneran amanah, InsyaAllah mau coba. Toh bisa mempermudah urusan kita saat beribadah di sana.

    ReplyDelete
  50. ngomongin tentang paket umroh, aku jadi pingin umroh jugaa. semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa menunuaikan ibadah ke tanah suci ya mba

    ReplyDelete