Wednesday, August 4, 2021

Bergerak Lebih dan Jadi Atlet di Rumah Yuk!

jadi atlet di rumah

Seandainya ditakdirkan berumur panjang, saya ingin menghabiskan sisa usia dalam kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Supaya bisa menikmati masa tua bersama suami, mendampingi setiap pencapaian hidup anak-anak, dan menjadi nenek yang asyik dan lincah.

Makanya, saya selalu berdoa agar selalu diberi kesehatan, takut menyusahkan keluarga. Salah satu usahanya yaitu berolahraga. Dengan begitu, kesehatan fisik dan mental selalu terjaga. Terutama di masa pandemi ini, menjaga kesehatan baik fisik maupun mental merupakan bentuk self-care yang paling penting dan mendasar.

Memang di masa pandemi ini rasanya susah deh mau olahraga. Khawatir berpapasan dengan orang lain dan wajib memakai masker. Apalagi sedang PPKM begini, ada kemungkinan juga ditangkap Satpol PP, hihihi....

Eits, olahraga enggak harus ke luar rumah kok. Di dalam rumah juga bisa. Kalau saya nih pandemi atau enggak pandemi, selama ini olahraga rutinnya memang di rumah saja. Maklum, masih ada balita yang selalu membuntuti, hehehe....

Banyak kok olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Tapi favorit saya sih dance workout. Bergerak diiring musik, selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, juga bikin perasaan lebih happy. Kadang diselingi strength training dan yoga juga.

So, mobilitas kita memang dibatasi. Meski begitu, harus tetap semangat bergerak aktif dong. Walau di rumah saja dan enggak bisa ke mana-mana, jangan dijadikan alasan untuk mager ya.

Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Hari Minggu tanggal 1 Agustus 2021 kemarin saya mendapat undangan dari Ibu-Ibu Doyan Nulis untuk mengikuti Community Webinar: Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Acara tersebut menghadirkan Rhesya Agustine (Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia), Haryadi Raharjo (Scientific and Nutrition Manager, PT Fonterra Brand Indonesia), dan Liliyana Natsir (Peraih Medali Emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016) sebagai narasumber, serta Tommy Prabowo sebagai moderator.


Pukul 7 pagi, saya sudah siap di depan laptop dengan menggunakan pakaian olahraga. Yup, karena ada sesi yoganya. Asyik banget kan. Jav sama Rashya biar sama ayahnya dulu, sementara bundanya me time: yoga sambil menambah wawasan mengenai kesehatan tulang, otot, dan sendi.

Yoga Bersama

Pagi itu, ada dua sesi yoga yang dipandu oleh Amanda Tasning, Instruktur Yoga Bersertifikat. Sesi pertama yaitu gentle yoga di awal acara, cocok untuk lansia. Adapun sesi kedua yaitu yoga conditioning di akhir acara, cocok untuk ibu-ibu muda.


Menurut Mbak Amanda, kunci latihan yoga itu ada dua. Pertama, listen to your body. Dengarkan apa yang diinginkan oleh tubuh. Jangan memaksakan diri, lakukan sesuai kemampuan masing-masing. Dan yang kedua, bernapas. Gerakan apapun yang dilakukan harus selalu fokus pada napas.

Dalam satu gerakan, Mbak Amanda memberi pilihan variasi untuk disesuaikan dengan kemampuan. Bagi pemula bisa memilih gerakan basic. Sedangkan bagi yang sudah terlatih bisa memilih gerakan yang lebih menantang.


Seru banget deh. Melalui gerakan yoga ini, kita melatih kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh. Jangan kalah dong sama opa-opa dan oma-oma dari Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) yang hadir juga dalam acara ini. Meski ketika sedang melakukan pose kobra, punggung saya sempat dijadikan kuda-kudaan sama Rashya, hihihi....

Tentang Anlene

Berdasarkan hasil survei, orang Indonesia itu paling malas bergerak. Bayangkan, ada 30% orang Indonesia yang selama 6 jam dalam sehari enggak ngapa-ngapain. Duh, enggak baik loh untuk kesehatan alat gerak.

Makanya, Ibu Rhesya bercerita bahwa selama 2 dekade hadir di Indonesia, Anlene terus berkomitmen menciptakan inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang mendukung kebebasan bergerak. Serta mengembangkan platform yang dapat memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk tetap aktif bergerak.


Yup, Anlene pertama kali meluncurkan susu berkalsium tinggi pertamanya pada tahun 1991. Sejak saat itu, selama 20 tahun Anlene terus berinovasi menciptakan formula baru. Hingga tahun ini memperkenalkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

Selain itu Anlene juga terus mengembangkan platform yang dapat memfasilitasi masyarakat untuk terus bergerak. Sejak tahun 2002, Anlene berkeliling Indonesia untuk mengajak masyarakat agar terus bergerak. Ada 20 ribu orang yang berpartisipasi di setiap kota loh.

Nah, meski sekarang pandemi, enggak menyurutkan semangat Anlene. Olahraga memang penting, tetapi menjaga keselamatan diri dan keluarga juga enggak boleh diabaikan. Oleh karena itu, kali ini Anlene mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi atlet di rumah saja. Demi kebebasan bergerak hari ini dan nanti.

Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Harus diingat juga nih, kebebasan bergerak perlu didukung dengan mencukupi asupan nutrisi yang dapat memperkuat tulang, menjaga kelenturan sendi dan energi otot. Sehingga dapat mendukung kegiatan sehari-hari serta aktivitas fisik dan olahraga secara optimal.


Bergerak dan pemenuhan nutrisi sama pentingnya. Kalau kata Pak Adi, apabila kesehatan dianalogikan sebagai rumah, nutrisi adalah materialnya dan bergerak adalah kegiatan membangun rumahnya. Kalau salah satu enggak ada, rumahnya enggak akan jadi. Begitu juga dengan kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, Pak Adi memperkenalkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X #LebihDariSusu. Merupakan rangkaian produk susu berkalsium tinggi yang dapat memberi manfaat nutrisi unggul untuk memberikan kekuatan, fleksibilitas, dan energi lebih.


Keduanya dapat dikonsumsi oleh usia dewasa.
  • Anlene Actifit 3X mengandung nutrisi lengkap dengan 3 nutrisi utama yaitu kalsium tinggi untuk tulang yang kuat, kolagen dan vitamin C untuk kelenturan sendi, serta protein dari susu berkualitas tinggi dan vitamin B6 untuk energi otot yang berkelanjutan.
  • Anlene Gold 5X mengandung nutrisi superior yaitu 3 nutrisi utama, namun rendah kolesterol, dilengkapi sumber kalium dan vitamin B9 untuk risiko kesehatan terkait usia, serta tanpa tambahan gula.


Awalnya saya kira memilih produk Anlene yang akan dikonsumsi itu berdasarkan usia. Ternyata enggak loh. Kata Pak Adi, #PilihYangLebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya. Jika memiliki masalah kolesterol tinggi, darah tinggi, atau diabetes, berapa pun usianya bisa memilih Anlene Gold 5X.

Anlene ini terdiri dari 3 varian rasa, yaitu original, vanila, dan cokelat. Katanya rasanya enak loh, seperti es krim. Bagi yang mau membeli, produk ini sudah bisa didapatkan di Tokopedia dan toko kesayangan teman-teman.

Jadi Atlet di Rumah

Selanjutnya, Liliyana Natsir yang kerap dipanggil Ci Butet menegaskan lagi mengenai pentingnya bergerak untuk menjaga kekuatan tulang dan kelenturan sendi. Adapun untuk memenuhi kebutuhan nutrisnya, Ci Butet sudah mengkonsumsi susu sejak mulai aktif olahraga bulutangkis. Kedua hal ini merupakan investasi yang penting di masa muda.


Di masa pandemi ini, Ci Butet juga mengajak kita untuk mengikuti kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah yang diselenggarakan oleh Anlene. Gerakannya yaitu berlari, berjalan, dan melompat di rumah. Pastinya di rumah sendiri ya, jangan di rumah tetangga, apalagi di rumah mantan, hihihi.... Ikutan yuk! Seru-seruan sambil mendukung atlet Indonesia yang sedang berlaga di Tokyo, plus ada kesempatan mendapatkan hadiah menarik juga.

Kompetisinya berlangsung mulai tanggal 23 Juli 2021 sampai 8 Agustus 2021. Cek informasi lengkapnya di akun Instagram @anlene_indonesia ya.


Terakhir, ada tips olahraga dari Ci Butet nih. Pertama, jangan lupa pemanasan terlebih dahulu, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Lalu kedua, jangan terlalu memikirkan durasi, yang penting konsisten. Serta ketiga, lakukan secara bertahap, jangan terlalu menggebu-gebu. Jangan sampai sakit badan dan jadi kapok enggak mau olahraga lagi, hehehe....

Cek Status Kesehatan Gratis

Oh iya, Anlene juga menyediakan pemeriksaan gratis loh di http://anlenemovecheck.com/. Di dalamnya ada kuis untuk mengetahui usia jantung, usia tubuh, serta tentu saja kondisi tulang, sendi, dan otot. Cobain deh.

94 comments :

  1. Self care dan investasi kesehatan jiwa raga penting banget utk dilakukan secara konsisten.
    Salah satu caranya, dgn rutin gerak.
    Juga jangan lupa, nutrisi berkualitas kudu rutin dikonsumsi.
    Sehat sehaaattt ya kita semua, aamiiin

    ReplyDelete
  2. Aahh aku pun begitu sudah menanamkan dalam pikiran pengen menikmati masa tua menjadi NELI Nenek Lincah yang masih bisa hiking, toring, sambil ngajak main cucu haseeek kan Liaaaa, makanya tetep menjaga kesehatan danbergerak terus tuh penting bangt utk sekarang dan nanti.

    Ayo ikutan kompetisi Jadi Atlet Di Rumaah, dengan berjalan, berlari dan melompat bisa menjadi semangat saat di rumah aja, dan jangan lupa penuhi nutrisnya dengan Anlene dengan kandungan yang Unggul dan Superior!!
    Kemon bergerak!

    ReplyDelete
  3. Ikut mengaminkan dan juga berdoa, semoga saat kita tua nanti tetap sehat dan tidak menyusahkan keluarga kita. Tetapi tetanggaku a Mbak, ada yang kakek-kakek (dulu guru yoga nya ibu), sampai sekarang masih aktif karena rajin olahraga yoga.

    ReplyDelete
  4. Menjadi nenek yang lincah... haha iya banget, toss, aku juga pengen begitu nanti, semoga kita umur panjang ya Nat. Nanti kita ketemu pas udah nenek-nenek, hadir bareng di event ASUS, trus campaign bareng wkwk

    Info produk Anlene terbaru ini berguna banget di aku, jadi tergerak untuk bener2 komit minum nutrisi baik untuk tulang secara rutin dan ga bolong-bolong lagi. Biar apa? Biar bisa tetep menarik di berapa pun usia. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Semoga bisa ketemu terus di event asus sampai tua ya mbak :)

      Delete
  5. Mbak, kalau mau lihat video yoga yang kayak di webinar itu harus kemana ya? Pengen juga nih nyobain. Aku udah lama nggak olahraga jadi pengen mulai lagi mau cari olahraga yang gerakannya agak santai aja biar badan nggak kaget

    ReplyDelete
  6. Jadi mau ikutan deh kompetisinya. kudu ceki ceki nih info di ignya anlene. Pas banget mama mertua konsumsi anlene di rumah. Kalau menang kan lumayan yaa bisa belanja anlene lagi

    ReplyDelete
  7. Meluncur nih mbak ke website Anline buat cek kesehatanku. Pengen tahu, apakah aku sehat atau ngga, terutama tulangku..

    ReplyDelete
  8. Huaa jangan2 aku termasuk yang dalam 6 jam enggak ngapa2in nih mbak. Wah harus berubah dan mulai berolahraga rutin walaupun dari rumah saja. Tentu saja minum Anlene juga agar nutrisi ku terpenuhi

    ReplyDelete
  9. Sama mabk, aku juga termasuk yang takut olahraga diluar. Jadi sejak PPKM ini aku mulai rajin olahraga di rumah. Seperti lari di tempat gitu. Ini acaranya bagus banget, alhamdulillah apet ilmu yoga

    ReplyDelete
  10. Listen to your body. Ini yang bikin yoga menjadi olahraga yang digemari para ibu. Gerakannya ga banyak tapi nyata hasinya. Ada panaspanasnya di bagian yang memang jadi tujuan.

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen ikutan yoga lagi deh. Geraknya tuh pelaaaan tapi beneran work di tubuh. Ngos²annya nggak bikin lelah banget menurutku.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah aku juga kemarin ikutan webinar Anlene bareng komunitas ini. Dan kayak diingatkan gitu saat sesi Gentle Yoga agar lebih konsisten bergerak. Karena sejak PPKM emang jadi enggak pernah keluar rumah untuk jalan pagi, takut terpapar virus. Ternyata kalo mau bergerak di rumah juga bisa ya

    ReplyDelete
  13. Betul mba, aku juga pengen sehat bugar sampai tua nanti biar ngga ngerepotin anak-anak dan keluarga.

    Mulai pilih olahraga yang gampang aja seperti dicontohin Ci Butet.
    Jalan, lari-lari, lompat-lompat 5 menit aja tiap hari udah bikin badan seger ngga males-malesan.
    Sekalian ikut kompetisi JadiAtletdiRumah, lumayan sehat dapet bonus hadiah. Asikk
    Emang kalau kurang gerak bawaannya itu lemes, males ngapa-ngapain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap... Sehat, plus mudah-mudahan dapat bonus hadiah juga...

      Delete
  14. Ya ampuuun mbaaaak dikau cantik bangeeet pake baju olahraga dan udah ready juga di karpet dengan backgound yang ga bikin sakit mata (eh kok jadi malah bahas estetik foto hahhhahaa)

    Iya nih aku ketabok keras buat mulai gerak badan lagi!

    ReplyDelete
  15. campaign dan program dari Anlene selalu mengajak masyarakat untuk aktif bergerak. Selain itu Anlene juga terus mengembangkan platform yang dapat memfasilitasi masyarakat untuk terus bergerak. Sejak tahun 2002, Anlene berkeliling Indonesia untuk mengajak masyarakat agar terus bergerak. Ada 20 ribu orang yang berpartisipasi di setiap kota loh.

    ReplyDelete
  16. Aku kok galfok sama fotomu lho mba, cantik bangeeet itu pake baju senamnya. Hitam dan pink gitu, mana gerakannya oke banget bisa yang sambil mengangkat lutut. Aku yang pas gerakan itu langsung kejengkang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, makasih mbak...
      Itupun saya udah mentok, yang kakinya lurus ke atas engga kuat :D

      Delete
  17. memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang ya mbak
    biar kita bisa tetap aktif bergerak sampai tua
    pastinya selain makan nutrisi bergizi, juga harus rajin olahraga ya mbak

    ReplyDelete
  18. Yok terus bergerak aktif biar tua nanti tetap kuat ya. Ini lumayan jadi PR apalagi pandemi gini hawanya pengen goleran aja. Kudu dipaksa dan jangan lupa tambahan nutrisinya

    ReplyDelete
  19. Seger banget, Mbak. Sayaa naksir baju senamnya. Boleh dong dibisikin beli di mana, Mbak hehehe. Abis ikut webinar Anlene ini jadi makin termotivasi untuk olahraga di rumah. Apalagi abis nyoba Anlene Move Check tuh hasilny kekuatan otot kurang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya di sini mbak https://instagram.com/bqs.sisjastip ada WAGnya :D

      Delete
  20. Otw nyoba cek status kesehatan nih.

    Duh, rame banget ya acaranya kemarin. Pengen ikutt. Hehe. Mmg bnr ya gerak aktif dg olah raga tuh penting bangett. Kebanyakan rebahan bahaya jg. Kudu belajar yoga jg nih aku

    ReplyDelete
  21. Wah jadi kepngen ikutan kompetisinya, siapa tahu beruntung kan :D
    Inovasi Anlene sebagai produk yang memang bertahun2 terkenal sebagai susu yang peduli pada kesehatan tulang masyarakat Indonesia bagus juga ya mbak. Selalu mendorong masyarakat utk gerak dan gerak supaya sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, salut sama konsistensi Anlene untuk terus berinovasi...

      Delete
  22. Sekarang itu zaman udah modern, bisa olahraga dari rumah, pengen senam nyari tutorial di youtube juga banyak, tp kadang kok males. Padahal olahraga itu kan penting bgt

    ReplyDelete
  23. Bener nih, harus terus aktif bergerak supaya kondisi tubuh tetap bugar saat lanjut usia ya, Teh.

    ReplyDelete
  24. Aku ikut juga kegiatan ini..bersukur bisa ikut webinar..jadi terpacu buat olahraga.. nutrisi disempurnain dwngan anlene..pastinya..

    Makasih anlene

    ReplyDelete
  25. Duh cukup merasa tersentil nih dengan tulisan ini. Jujur pandemi ini saya jarang gerak. Ya ampun. Mana kerjaan harus on depan komputer terus. Duh yuk mulai bergerak yuk.

    ReplyDelete
  26. Salam olahraga!! Saya pun baru pandemi ini akhirnya mulai merutinkan olahraga (itu pun karena dipaksa suami hahaha).. Bersyukur skrg di youtube pun sudah banyak yaa pilihan channel untuk bisa menemani olahraga di rumah.. Sudah banyak juga kelas olahraga yg dibuka secara online, sungguh memudahkan.

    ReplyDelete
  27. Peer banget nih buat saya rutin olahraga huhuhuu. Tapi sekarang mulai coba-coba ikutin Youtube Walk with leslie hehe semoga bisa konsisten. Nuhun aharingnya ya tehhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2...
      Kalau walking workout saya senengnya ya reps to the rhythm...

      Delete
  28. Waaaah... bener ini Peer banget. Mamaku dua bulan ini kesakitan punggungnya ternyata sudah sangat rapuh karena osteoporosis. Penyebabnya adalah gak olahraga dan gak minum susu dari muda... makasih teh ilmunya, penting banget nih!

    ReplyDelete
  29. aku minum susu sih rutin, tapi... dicampur ke kopi, hehehe, itu dihitung ga ya? wkwkkw. Eh tapi, olahraga masih pr buatku, aku termasuk orang indonesia yang mager alias males gerak...

    ReplyDelete
  30. Akuu....ngacung, masuk 30% orang Indonesia yang selama 6 jam dalam sehari enggak ngapa-ngapain. Baiklah...nanti mulai coba ngetik sambil joget2 deh...hihihi

    ReplyDelete
  31. Aku ikut juga teh dan senang sih ikut yg bagian yoga pertama. Yang kedua udah sibuk sama bocil. Aku bener pengen minum anlene habis itu, hihi

    ReplyDelete
  32. langsung tersentil, aku 30% orang Indonesia yang mager huhu. kasih bocoran dong Teh dance workoutnya kaya gimana hehe. Menarik banget juga ini produknya anlene, dulu suka mikir buat orang tua aja deh kayanya susunya. Tapi ngeliat kakak, mamah sama nenekku masalahnya di tulang dan persendian jadi agak khawatir juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Workout dancenya cari di youtube teh...
      Oh, udah ada banyak pengalaman ya dalam masalah tulang dan sendi...

      Delete
  33. wah toss sama teman2 di atas, si sayah termasuk 30% orang Indonesia yang mager, padahal tinggal di wilayah yang sangat mendukung untuk gerak. Ada taman kota yang luas di depan rumah, udara yang segar, jogging track. Tapi, tapi.. sering banyak anjing-anjing lucu yang pengen ikutan jogging bareng saya, yang mana saya rada takut, apalagi yang dilepas dan ukurannya gede. Jadi aja alesan geraknya di rumah aja, kecuali ditemenin pengawal. Tapi tetep mau niat lebih banyak gerak lagi ah tahun ini, mungkin kalau ngga lari, yoga dengan teratur. Makasih postingannya ya Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah senangnya... Tapi saya juga takut sih kalau banyak anjing mah, hihi...

      Delete
  34. Walau masih pandemi dan terus diterapkan PPKM< tapi harus terus bergerak ya, Mbak. Apalagi olahraga bisa dilakukan di rumah. Yang pasti, terus terapkan pola hidup sehat dan asupan nutrisi seimbang.

    ReplyDelete
  35. Mengikuti event Anlene kemarin jadi makin sadar kalau aku selama ini makin jarang bergerak. Yuk semangat yuk pengen rajin lagi seperti dulu...

    ReplyDelete
  36. Idenya bagus nih anlene, mengingat banyak orang di rumah selama pandemi biar gak sekedar rebahan tapi diajakin juga buat yoga dan melakukan aktifitas olahraga ringan dirumah biar badan tetep fit dan lemaknya gak makin menebal ya mbak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, jangan sampai ppkm (pelan-pelan kamu melar), hehehe...

      Delete
  37. Seru banget ya bisa ikutan yoga begitu, sayang banget kemarin ga dapet undangan dari anlene. Kegiatann begini nih yg bisa nambah motivasi buat olahraga sendirian di rumah selama ppkm.

    ReplyDelete
  38. Rutin bergerak ini jadi PR banget, Kak. Selama di rumah kadang tergoda untuk malasa-malasan aja, padahal aktif bergerak demi kesehatan tubuh juga. Menjelang 40 tahun aku keknya butuh Actifit 3x biar dapat manfaat kalsium dan vitamin C yang penting. Ibuku pun minum Anlene, alhamdulillah senang dan puas beliau. Makaish atas ajakannnya utk bergerak :)

    ReplyDelete
  39. Wiiih asyik juga ya olahraga dirumah bersama Anlene

    ReplyDelete
  40. Yeay seneng banget kalo bisa ikutan acara ini..karena emang banyak manfaatnya ya.. Mulai dari informasi dan pengetahuan..sampai pengalaman Yoga yang menyenangkan juga

    ReplyDelete
  41. Yoga jadi salah satu aktivitas yang bikin kita bergerak aktif meski di rumah ya. Yuk ah konsisten menerapkannya

    ReplyDelete
  42. Aku ada cerita seru waktu ikutan yoga saat kuliah kak. Baru latihan sekali doank, besoknya pegal2 wkkwkkwkw norak sekali diriku ini. Padahal mah klo awal2 wajar yess pegal2 hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus jadi kapok enggak mau yoga lagi? Hihihi...
      Yuk mulai lagi...

      Delete
  43. Keren ya webinarnya apalagi sambil diajak yoga bareng. Malah tambah semangat nih. Pingin dong ikutan yoga

    ReplyDelete
  44. Wiwin | pratiwanggini.netThursday, August 19, 2021 7:39:00 PM

    Dulu saya takut buat olahraga yoga. Pas ikut webinar ini saya baru tahu kalo ada gerakan yang mudah. Gentle yoga. Lumayan bikin lemas otot-otot yang selama ini tegang.

    ReplyDelete
  45. Wah yoga bersama. Rasnayakalau yoga memang olahraga yang nggak perlu kemana mana juga sih kitanya ya Mba.

    Anlene emang konsisten nih sebagai brand yang mengajak konsumennya untuk selalu bergerak aktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selain yoga masih banyak juga olahraga yang bisa dilakukan di rumah...

      Delete
  46. Seru banget bisa olahraga dirumah bersama pakar profesional, btwe saya salfok nih sama baju yoga nya mbak natalia, itu bisa jadi baju renang bukan sih?

    ReplyDelete
  47. Aku kalau weekend bisa seharian mager di kamer. Gerak itu emang penting. Kadang-kadang aku suka yoga sendiri di rumah, karena belum terbiasa. Badan kaku banget, jadi aku yoganya sesuai kemampuan.

    ReplyDelete