Friday, August 20, 2021

#AyoTunjukTangan Dukung Kemajuan Anak Indonesia

ayotunjuktangan

Halo Om dan Tante teman-temannya Bunda. Namaku Javier. Saat ini aku duduk di kelas 5 SD.

Potret Pendidikan di Indonesia

Selama pandemi ini, kadang aku enggak semangat belajar. Soalnya enggak seru, enggak bisa bertemu dan bermain bersama teman-teman di sekolah. Makanya, aku selalu berdoa semoga pandemi segera berakhir.

Kata Bunda, aku juga harus bersyukur. Karena enggak semua anak di Indonesia bisa belajar secara daring dengan fasilitas yang memadai seperti aku. Ada yang harus menggunakan gawai secara bergantian dengan kakak dan adiknya, ada yang harus meminjam gawai dari tetangga, bahkan ada yang harus berjalan hingga 2 kilometer untuk mendapatkan sinyal internet.

potret pendidikan indonesia

Sedih ya. Aku saja waktu listrik dan wifi di rumah mati sebentar, lumayan kesal. Bagaimana dengan anak-anak yang berada di pelosok Indonesia sana. Jangankan gawai dan internet, fasilitas dasarnya pun masih belum memadai. Sebelum pandemi, ada anak yang harus berjalan beberapa kilometer ke sekolah, ada juga anak yang belajar di sekolah dengan fasilitas terbatas kekurangan ruangan dan kursi.

Kemarin Bunda membaca berita di TribunNews, katanya memang belum semua anak di Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Laporan UNICEF tahun 2020 menyebutkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih kekurangan akses nutrisi dan pendidikan.

Setelah pandemi, semakin parah lagi. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melaporkan bahwa 50 persen anak-anak di luar Jawa enggak bisa belajar secara daring.

Peluncuran Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

Hari Senin tanggal 16 Agustus 2021 kemarin, Bunda menghadiri acara peluncuran gerakan sosial #AyoTunjukTangan. Acara ini diadakan oleh SGM Eksplor dan diselenggarakan secara online. Momennya pas ya dengan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Serta sesuai dengan semangat Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Acara ini dipandu oleh Novita Angie sebagai pembawa acara. Serta mengundang beberapa narasumber, yaitu:
  • Vera Galuh Sugijanto - VP General Secretary Danone Indonesia
  • Seto Mulyadi - Pengamat dan Sahabat Anak Indonesia
  • Astrid Prasetyo - Marketing Manager SGM Eksplor
  • Reza Rahadian - Aktor dan Aktivis Sosial
  • Alyssa Soebandono - Bunda Selebriti


Acara tersebut diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Vera. Ibu Vera menyebutkan bahwa anak merupakan aset bangsa. Untuk menjadi SDM yang unggul, anak-anak tentu memerlukan nutrisi dan pendidikan yang memadai. Jadi ingat kata-kata Bunda nih, di masa pertumbuhan ini, aku harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan belajar dengan rajin. Oleh karena itu, setiap anak seharusnya memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses terhadap nutrisi dan pendidikan.

Selama lebih dari 65 tahun, Sari Husada melalui SGM Eksplor terus berkomitmen untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak Indonesia, agar tercipta generasi maju. Dukungan dari SGM Eksplor bukan hanya dalam bentuk nutrisi saja loh, tetapi juga akses terhadap pendidikan.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Kak Seto. Kata Kak Seto, hak anak itu ada 4. Yaitu:
  • Hak hidup
  • Hak tumbuh kembang
  • Hak perlindungan, dan
  • Hak partisipasi

Dengan adanya fakta bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan, menunjukkan bahwa masih banyak anak yang belum terpenuhi haknya. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara orang tua, guru, sekolah, pemerintah, dan swasta.

Jika dianalogikan dengan bunga, setiap anak adalah bibit unggul. Agar bisa merekah dengan cantik sesuai potensinya, bibit tersebut memerlukan tanah yang subur. Nah, tanah yang subur itu adalah keterlibatan semua pihak.


Selanjutnya Ibu Astrid menjelaskan mengenai gerakan sosial #AyoTunjukTangan. Sejak tahun 1954, SGM Eksplor percaya bahwa anak Indonesia berhak untuk maju. Hal tersebut dibuktikan dengan menyediakan:
  • Nutrisi. Dalam upaya pemenuhan akses nutrisi, SGM Eksplor telah menghadirkan inovasi produk susu pertumbuhan di awal tahun 2021 yang mampu mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya. 
  • Akses edukasi. SGM Eksplor juga telah melakukan berbagai inisiatif bantuan pendidikan melalui program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju, Edukasi Gizi Seimbang Isi Piringku, dan lain-lain.
  • Fasilitas pendidikan seperti internet gratis, smartphone, renovasi PAUD, dan lain-lain.

Menanggapi kondisi pendidikan di Indonesia, tahun 2021 ini SGM Eksplor meluncurkan gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia. Tujuan dari gerakan ini yaitu mengumpulkan donasi untuk mendukung kemajuan anak Indonesia. Yaitu:
  • Bantu 75.000 anak mendapatkan dukungan nutrisi untuk anak di atas usia 1 tahun
  • Bantu 1.500 anak mendapatkan beasiswa pendidikan online
  • Bantu renovasi fasilitas sekolah

Gerakan ini didukung oleh Telkomsel (perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia), CAKAP (platform pembelajaran online dengan interaksi dua arah yang mempertemukan murid dengan pengajar profesional melalui video call dan percakapan teks yang memiliki sistem penjadwalan fleksibel), serta mitra lain dari kalangan retailer dan e-commerce. 


Kemudian Kak Reza menyampaikan pendapatnya. Kata Bunda, Kak Reza ini pemain film terkenal. Bukan hanya ganteng, aktingnya juga keren dan ternyata sangat peduli dengan pendidikan anak-anak di Indonesia.

Sebagai seorang aktivis, Kak Reza sering berkunjung ke Indonesia Timur. Katanya kondisi di sana sangat menyedihkan. Tubuh anak-anaknya kurus-kurus, kekurangan makanan sehat, enggak pernah minum susu. Jangankan fasilitas sekolah yang memadai, mendapatkan air bersih untuk kebutuhan dasar pun sulit.

Tapi yang membuat aku takjub nih, di tengah kondisi yang serba minim tersebut, anak-anak di sana memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Duh, aku jadi malu. Harus semakin semangat nih belajarnya.

Kak Reza berharap gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini bisa membantu semua anak di Indonesia. Agar mereka bisa berprestasi dan mencapai cita-cita yang diinginkan. Karena kemajuan pendidikan anak-anak di Indonesia bukan hanya tanggung jawab orang tua, tetapi semua generasi muda.


Terakhir, ada Kak Icha. Sebagai seorang ibu, Kak Icha selalu berusaha secara maksimal untuk memberikan nutrisi dan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya, karena nutrisi dan pendidikan yang baik merupakan hak setiap anak.

Kak Icha juga yakin bahwa setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Sayangnya, enggak semua orang tua mampu. Makanya Kak Icha mengajak semua Bunda yang mampu dan mempunyai akses, untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan sosial ini. Saling membantu dan mendukung agar potensi anak Indonesia bisa maksimal sehingga dapat menciptakan SDM unggul.


Yuk, Berpartisipasi dalam Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

Awalnya aku enggak terlalu mengerti dengan gerakan sosial ini. Apakah Bunda cukup mengangkat tangan seperti ketika aku hendak menjawab pertanyaan dari guru di sekolah? Atau apakah Bunda harus memberi donasi dan mentransfer uangnya?

Ternyata, kata Bunda, bukan begitu caranya, hihihi.... Begini nih:
  1. Klik http://www.generasimaju.co.id/ayo-tunjuk-tangan
  2. Pilih dan klik dukungan Bunda
  3. Isi data diri dan wujudkan dukungan Bunda
  4. Bunda akan mendapatkan pesan konfirmasi maksimal 1×24 jam

Sudah deh. Mudah sekali kan....


Dengan menunjukkan dukungan dalam gerakan sosial ini, berarti telah ikut berpartisipasi membantu anak-anak Indonesia untuk maju.

Yuk, dukung teman-temanku (anak-anak Indonesia) bersama Bundaku dan 2 juta Bunda lainnya. Supaya lebih banyak yang mendukung gerakan ini, ajak Bunda lainnya melalui Whatsapp dan Facebook ya.


#AyoTunjukTangan #Generasi Maju #SGMEksplor

47 comments :

  1. Wah program ini kece banget ada Reza Rahardian hemm, penting nih untuk menyediakan akses pendidikan dan nutrisi untuk anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena nutrisi dan pendidikan merupakan hak dasar anak

      Delete
  2. Webinarnya berisi banget mbak, kadang sedih sekaligus kasian juga sih dengan anak2 terutama di daerah pedalaman (termasuk di tempatku juga ada Kalimantan), setidaknya yang masih bisa belajar walaupun online harus tetap semangat dan bersyukur.

    Semoga pendidikan dan generasi penerus Indonesia semakin baik.

    ReplyDelete
  3. banyak tantangannya ya belajar online itu, apalagi buat orang tua yang belum melek gadget atau bahkan di daerah2 pelosok yang masih awam sama gadget dan internet, semua nya harus gotong royong saling bantu nih. Setuju asupan nutrisi anak tuh bener-bener harus tercukupi seimbang ya biar tumbung kembang nya juga sempurna

    ReplyDelete
  4. Sama kayak anak - anakku kadang ya bosan, ga semangat. Tapi terus kumotivasi.gerakan ayo tunjuk tangan ini bagus banget ya mbak. Bisa mendukung anak2 Indonesia yang membutuhkan

    ReplyDelete
  5. Wah, program ini keren ya kak. Selaras dengan visi pemerintah menciptakan generasi maju dan tangguh.

    ReplyDelete
  6. Masih banyak memang daerah di Indonesia yang jangkauan dan fasilitas pendidikannya kurang memadai. Maka memang perlu dukungan dari banyak pihak salah satunya seperti yang dilakukan SGM ^^.

    ReplyDelete
  7. Ikut tunjuk tangaaaann. Suka banget dengan kegiatan sosial kayak gini. Apalagi untuk pendidikan indonesia. Keren banget SGM

    ReplyDelete
  8. Gerakan yang postif ini
    Semoga langkah dari SGM ini benar benar bisa memberikan kemudahan dan bantuan untuk mewujudkan apa yang sudah diharapkan akan program ini

    ReplyDelete
  9. Wah seru sekali ya mba acaranya.. Ada reza rahadian, wow! Aktor favoritku. Hehe.. Anw semoga melalui gerakan ini dapat terbentuk generasi indonesia yang unggul ya..

    ReplyDelete
  10. Program-programnya SGM memang selalu keren dan menarik. Salut buat SGM yg selalu peduli dengan nutrisi dan pendidikan anak bangsa.Semoga kedepannya pendidikan di Indonesia bisa lebih merata.

    ReplyDelete
  11. Nutrisi dan fasilitas pendidikan yang menunjang memang diperlukan untuk kemajuan anak-anak. Terutama masa sekarang. Pandemi harus belajar online. Salut sama SGM yang bikin program untuk dukung anak Indonesia. Sehingga banyak yang terbantu :))

    ReplyDelete
  12. Bagus ini gerakannya. Jangankan di pelosok ya, di kota besar seperti Bandung aja banyak anak yang nutrisinya tak tercukupi dan bingung gimana bisa PJJ. Kebetulan pernah ngobrol sama dua pemulung kecil yang kebetulan ketemu di jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya betul, di kota besar pun belum semua anak mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan yang layak

      Delete
  13. Nutrisi dan akses pendidikan menjadi masalah yang harus terus dicarikan solusinya oleh pemerintah. Tidak semua masyarakat bisa dengan mudah dan murah untuk mencukupinya. Bahkan harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya. Salut buat SGM yang berani memberikan inspirasi buat keluarga agar selalu menjaga anak2nya dengan nutrisi dan pendidikan yang cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, salut dengan SGM Eksplor yang menginisiasi gerakan ini

      Delete
  14. dimanapun kak seto, selalu bikin salah fokus dehhh gaya rambutnya yang bikin awet muda itu loh hehe. btw aku setuju yaa bahwa buat pendidikan anak ini memang perlu sentuhan dan kolaborasi banyak pihak

    ReplyDelete
  15. Wah seruu ya mba, ada kak seto sama alyssa jugaa <3 artis favoritku wkkwkw
    Alhamdulillah makin banyak yg aware soal nutrisi anakk. Pemerintah perlu dibantu untuk mengedukasi masyarakat kayak gini memang ya

    ReplyDelete
  16. Keren banget ini program yang ngebantu pendidikan di Indonesia, aku ngedukung banget sih program-program semacam ini. Anak-anak adalah calon generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan perkembangannya ke depannya, jadi ini penting banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, jangan lupa dukung dengan klik link di atas ya, hohoho...

      Delete
  17. memang masih memprihatinkan indonesia ini, pendidikan dan sarana prasarana yang belu merata di seluruh Indonesia. Meski begitu setiap anak memiliki hak pendidikan dan juga nutrisi, sebagi ornagtua, kitalah yang paling bertanggung jawab. Pun anak-anak adalah generasi masa depan bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih banyak anak-anak dari keluarga kurang mampu yang perlu dukungan kita semua

      Delete
  18. Penuh semangat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia tercinta ini

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah aku udah ikutan juga tunjuk tangan, pilih donasi yang paling dibutuhkan. Semoga donasinya sampai

    ReplyDelete
  20. Salut ya dengan SGM yang programnya keren-keren dalam menciptakan generasi maju. Mengajak para Bunda dan masyarakat untuk mendukung akses nutrisi dan edukasi demi kemajuan generasi bangsa. Seru juga ya webinarnya, apalagi ada Alysa yang saya lihat sering muncul di acara parenting juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, salut dengan gerakn ini, semoga banyak yang mendukung...

      Delete
  21. senang banget kemarin bisa turut hadir dalam peluncuran gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini, jadi bisa ketemu dengan Kak Seto, Aa Reza juga Bunda Alyssa yang memang mereka sangat peduli dengan dunia anak.
    semoga dengan adanya gerakan #AyoTunjukTangan ini, bisa bantu mengatasi permasalahan kekurangan akses nutrisi dan pendidikan di Indonesia agar anak Indonesia menjadi generasi maju :)

    ReplyDelete
  22. Keren SGM explore membuat program ini. Semoga anak-anak dan sekolah banyak terbantu dan mengurangi beban ya

    ReplyDelete
  23. saya juga dukung banget nih gerakan tunjuk tangan untuk kemajuan anak indonesia, btw webinar seru banget ada mas reza rahadian dan beberapa artis lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seneng banget ada reza, makin kagum karena saya baru tau kalau dia aktivis juga...

      Delete
  24. Sedih ya masih banyak banget anak2 Indonesia yg kekurangan akses nutrisi & pendidikan. Iya belajar daring jg gak semua punya fasilitas yg dibutuhkan. Bagus nih programnya SGM. Semoga mendapatkan banyak dukungan. berharap juga bisa kolaborasi dengan lebih banyak pihak

    ReplyDelete