Sunday, October 31, 2021

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami


Ketombe adalah salah satu masalah kulit yang seringkali terjadi pada manusia, yaitu suatu kondisi di mana kulit kepala terkelupas menjadi serpihan kulit kecil berwarna putih atau kekuningan.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan masalah ketombe. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara menghilangkan ketombe secara alami. Silahkan simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya ya.

1. Oleskan dengan Minyak Tea Tree
Cara pertama yang bisa teman-teman coba untuk menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan menggunakan minyak tea tree. Minyak ini memiliki karakteristik anti jamur dan anti peradangan yang bisa membantu menghilangkan ketombe.

Untuk cara penggunaanya, teman-teman bisa mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak kelapa. Jangan langsung mengoleskan minyak tea tree ke kulit kepala ya, karena bisa menyebabkan iritasi bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

2. Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang cukup efektif dalam menangani masalah ketombe. Selain itu, lidah buaya juga mampu mengurangi peradangan serta infeksi yang menjadi penyebab rambut rontok.

Untuk menggunakannya cukup mudah, oleskan saja gel lidah buaya pada seluruh kulit kepala, tetapi pastikan terlebih dulu bahwa lidah buaya tersebut bersih ya, dalam artian tidak terdapat kotoran ataupun hama yang menempel sebelumnya. Setelah dioleskan, tunggu beberapa saat, kemudian basuh rambut dengan air yang mengalir.

3. Kurangi Stres
Tak perlu dipungkiri lagi bahwa stres seringkali menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Walaupun stres tidak secara langsung menyebabkan masalah kulit, tetapi kondisi ini bisa memperparahnya.

Stres bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, detak jantung meningkat, hingga munculnya peradangan, yang mungkin akan mempengaruhi masalah kulit yang sudah ada.

Oleh karena itu, hindarilah stres terlalu berlebihan, sering-sering lah melakukan meditasi atau relaksasi. Selain itu, olahraga secara rutin juga bisa mengatasi stres yang berlebihan.

4. Makan Makanan yang Mengandung Probiotik
Probiotik adalah zat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk membantu melawan infeksi yang terjadi pada kulit kepala, khususnya ketombe. Mengonsumsi probiotik secara rutin selama periode waktu tertentu bisa membantu mengurangi ketombe secara signifikan.

Ada banyak sekali makanan yang mengandung probiotik. Contohnya seperti tempe, tahu, asinan, serta makanan hasil fermentasi lainnya.

5. Gunakan Soda Kue
Cara menghilangkan ketombe secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit kepala, serta mengurangi gatal akibat ketombe. Selain itu, bahan ini juga memiliki kandungan anti jamur yang bisa mencegah masalah ketombe kembali terjadi.

Untuk penggunaannya, oleskan soda kue langsung pada rambut yang sudah dibasahi dengan air. Pijat secara ringan ke seluruh permukaan kulit kepala, kemudian biarkan selama satu hingga dua menit. Setelah itu, bilaslah menggunakan air bersih atau air yang mengalir.

6. Menggunakan Jeruk Nipis
Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sangat kaya dengan vitamin C. Selain itu, ada juga banyak kandungan vitamin lain serta zat-zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kulit.

Vitamin C yang ada pada jeruk nipis mampu mendorong pertumbuhan akar rambut, serta mengatasi masalah ketombe yang ada pada kulit kepala.

Untuk penggunaannya cukup mudah, peras jeruk nipis dan campurkan dengan air secukupnya. Setelah itu, oleskan pada rambut dan kulit kepala dan diamkan beberapa saat, lalu bilaslah menggunakan air bersih.

7. Menggunakan Bawang Putih
Bahan yang terakhir ini tentu saja akan sangat mudah teman-teman temukan di dapur. Selain kegunaannya sebagai rempah dalam memasak, ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe.

Bawang putih memiliki sifat anti mikroba yang mampu menghilangkan bakteri penyebab ketombe. Hancurkan bawang putih, lalu gosokkan secara merata ke seluruh kulit kepala. Setelah beberapa menit, bilaslah menggunakan air.

No comments :

Post a Comment