Tuesday, October 12, 2021

Mengatasi Perut Buncit dengan Korset Pasca Melahirkan Nano Bamboo dari Mamaway


"Teteh ngagendutan yah...," begitu komentar ibu mertua suatu hari ketika kami berkunjung ke rumahnya. Saya pun menjawab dengan anggukan sambil nyengir.

Hamil vs Gemuk

Melahirkan dua orang anak, saya enggak pernah bermasalah dengan berat badan. Malah setelah melahirkan anak kedua, berat badan saya turun 1 kg dibandingkan dengan berat badan sebelum hamil. Berat badan sebelum hamil yaitu 48 kg, sedangkan berat badan setelah melahirkan yaitu 47 kg. Tekor, hihihi....

Barulah setelah menyapih Rashya, berat badan saya mulai naik, pipi pun membulat, hehehe.... Masalahnya, ketika saya bertemu orang lain, pasti pertanyaannya, "Lagi hamil lagi ya?" Hampir semua orang berkomentar seperti itu, mulai dari tetangga, teman, sampai saudara. Selama 2 tahun ini, hanya 2 orang yang bilang saya gemuk, sisanya mengira saya hamil, huhu....

Sudah begitu, kadang keukeuh pula. "Ah masa? Bener enggak hamil?" sambil matanya enggak lepas dari perut saya. Membuat saya membatin, ini orang benar-benar polos bertanya, atau sengaja body shaming sih....

Perempuan pada umumnya mungkin, mungkin loh ya, akan baper jika disebut gemuk. Padahal kalau saya malah lebih nyaman dibilang gemuk loh. Tinggal menjawab, "Iya nih," sambil nyengir. Ya memang kenyataannya gemuk, kenapa mesti baper.

Justru saya bapernya kalau dikira hamil. Coba bayangkan saya harus menjawab apa? "Enggak hamil kok, ini mah lemak,” gitu? Sambil mencubit lipatan di perut, mempermalukan diri sendiri? Heuheu....

Yup, perut saya memang buncit, padahal usia Rashya sudah 4 tahun. Sempat curiga mengalami diastasis recti juga, tapi sepertinya bukan deh. Teman-teman tahu diastasis recti?

Diastasis recti yaitu pemisahan otot di perut. Menyebabkan lemahnya core, serta otot yang enggak berfungsi secara maksimal dari pelvic floor sampai core inti atau transverse abs.
(@fitmoms.id)

Hal ini sebenarnya normal terjadi pada perempuan yang baru melahirkan. Namun ada yang bisa pulih sendiri, ada juga yang memerlukan perlakuan khusus.


Kalau saya cek menggunakan jari sendiri sih sepertinya bukan diastatis recti. Apalagi selama ini saya juga enggak mengalami gejala-gejalanya, seperti beser, sembelit, sakit pinggang, dan sakit punggung.

So, kesimpulan sementara, perut buncit saya ini disebabkan karena tingginya massa lemak di perut.

Pencarian Korset untuk Mengatasi Perut Buncit

Saya ini termasuk orang yang cukup rajin olahraga. Minimal 30 menit selama 5 hari per minggu. Tapi ya olahraga senang-senang saja supaya sehat dan happy, seperti lari dan dance fitness. Masih belum konsisten melakukan olahraga yang fokus melatih otot perut.

Dulu sih saya masih santai karena bisa menyembunyikan perut buncit ini di balik badan Rashya yang suka saya gendong. Nah, sekarang Rashya sudah besar enggak mau digendong lagi, perut pun terpampang nyata deh, hihihi....

Makanya, saya ingin mulai konsisten lagi olahraga yang melatih otot perut. Selain itu, mulai mencari korset yang dapat melangsingkan perut juga. Berdasarkan beberapa review yang saya baca, akhirnya saya tertarik untuk mencoba Nano Bamboo korset pasca melahirkan dari Mamaway. Produk ini merupakan satu-satunya korset yang direkomendasikan oleh fisioterapi dan tersertifikasi TGA Australia.


Loh, itu kan korset untuk ibu yang baru melahirkan? Apakah tetap efektif digunakan oleh ibu yang sudah melahirkan bertahun-tahun? Awalnya saya juga ragu. Namun dari hasil kepo di website-nya Mamaway, saya jadi tahu bahwa korset ini bisa dipakai dan tetap efektif bahkan setelah lebih dari 5 tahun sejak melahirkan.

Jadi semakin semangat nih untuk mencoba. Ya namanya juga usaha. Lebih baik terlambat kan daripada enggak sama sekali.

Mamaway Nano Bamboo Korset Pasca Melahirkan

Korset ini dikemas dalam kotak plastik mika, dengan desain yang simpel serta dominasi warna putih dan oranye. Logo Mamaway terdapat di bagian depan kiri bawah.


Pada kemasannya tersebut tercantum beberapa informasi mengenai korset ini. Mulai dari warna (charcoal grey), ukuran (S-M), manfaat dan keunggulan produk, hingga instruksi pemakaian.

Korset ini memiliki double-effect design. Terdiri dari dua lembar sabuk yang menempel menjadi satu. Lembar pertama lebih lebar, fungsinya untuk menstabilkan perut. Adapun lembar kedua lebarnya lebih kecil, fungsinya untuk menekan dan menahan rahim. Keduanya berwarna abu muda di bagian luar dan abu tua di bagian dalam.


Bahan korset ini terbuat dari 52% Nilon, 34% Poliester (mengandung Arang Bambu), 13% Karet, dan 1% Spandex. Yup, sesuai namanya, korset ini dibuat dari bahan utama black bamboo charcoal, dengan keunggulan:
  • Super elastis dan ultra breathable sehingga nyaman dipakai dan aman untuk kulit bahkan kulit sensitif sekalipun.
  • Bersifat anti-bakteri dan anti-bau
  • Secara alami memancarkan sinar inframerah-jauh untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuang lemak berlebih.

Klaimnya nih, Korset Pasca Melahirkan Nano Bamboo ini bermanfaat untuk:
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Mengencangkan otot perut dan kulit
  • Melangsingkan dalam 3 bulan
  • Meredakan sakit punggung dan tulang belakang
  • Mengurangi rasa sakit pasca Caesar

Review Mamaway Nano Bamboo Korset Pasca Melahirkan

Sudah seminggu saya menggunakan korset ini. Cara menggunakannya mudah sekali, yaitu:
  1. Buka dan bentangkan sabuk pertama dengan posisi bagian yang lebih pendek di atas, bagian yang lebih panjang di bawah, dan instruksi pencucian di sebelah kanan bawah.
  2. Pastikan ujung sabuk bagian bawah berada pada titik terendah tulang panggul, sehingga tekanan berpusat di rahim bukan di pinggang.
  3. Lilitkan dan rekatkan sabuk tersebut menutupi perut dengan keketatan sesuai yang diinginkan.
  4. Lilitkan dan rekatkan sabuk kedua menyilang di depan perut sehingga membentuk garis pinggang.


Praktis banget kan. Bisa digunakan sendiri tanpa bantuan dan hanya membutuhkan waktu enggak sampai 1 menit.

Velcro-nya lebar, mudah dirapatkan di bagian sabuk mana saja, dan mudah dilepaskan kembali. Biasanya saya mengencangkan korsetnya seketat mungkin. Alhamdulillah kuat dan tetap kencang meski dipakai seharian dengan berbagai macam posisi, seperti salat, dan lain-lain. Bagus juga dipakai sambil olahraga, tapi belum pernah saya coba. Maklum korsetnya baru ada 1, kalau basah karena olahraga enggak ada cadangannya, hehehe....

Bahan korsetnya juga lembut. Terasa nyaman dan sedikit agak hangat di kulit, mungkin efek dari inframerah-jauh ya.

Jahitan benangnya super rapi dan rapat, sehingga enggak membuat kulit gatal juga. Cuma apabila berkeringat, misal habis memasak, memang suka agak gatal. Kalau begitu, saya lepas dan angin-anginkan dahulu korsetnya. Setelah 15 menit, dipasang lagi, sudah enggak gatal lagi deh.


Korset ini terdiri dari 2 macam ukuran. Yaitu S-M dengan panjang 100 cm dan L-XL dengan panjang 115 cm. Yang saya miliki yaitu ukuran S-M. Sempat khawatir karena lingkar pinggang saya lumayan besar, hihihi.... Tapi ternyata cukup loh. Korset bisa dikencangkan sampai pinggir. Mantap banget deh elastisitasnya.

Selama 1 minggu ini, saya menggunakan korset ini setiap hari minimal 8 jam per hari, kecuali saat mandi dan tidur. Eh, sempat bolos 2 hari enggak pakai karena pergi staycation dan korsetnya ketinggalan, huhuhu....

Lalu tadi saya iseng mengukur lingkar pinggang. Jadi saya tuh mengukurnya di pagi hari setelah BAB dan ketika perut masih kosong belum diisi apa-apa. Pola makan masih sama, yaitu makanan bergizi seimbang tapi belum bisa berpisah dari gorengan dan mi instan. Rutinitas olahraga juga masih sama, seminggu 5 hari minimal 30 menit, kombinasi lari, sepeda, strength training, dan dance fitness, belum fokus melatih otot perut.

Saya mengukurnya dengan posisi meteran berada di antara tulang pinggul dan tulang rusuk. Perutnya enggak ditahan dong ya, hihihi.... Justru lingkar pinggang diukur setelah membuang napas.

Eh, hasilnya berkurang 5 cm!

Jadi semakin semangat nih, semoga bisa terus konsisten memakai korset ini sampai 3 bulan ke depan. Perjalanan masih panjang, ada belasan cm lemak yang harus dikurangi, hihihi.... Oh iya, katanya, untuk yang sudah lama melahirkan, korset ini juga bisa mengurangi nyeri punggung ketika haid loh. Saya belum membuktikannya sendiri, karena belum masuk masa haid.

Perawatannya pun enggak kalah mudah. Untuk membersihkannya, cukup dicuci dengan tangan menggunakan air dingin. Jangan direndam, jangan menggunakan mesin cuci, dan jangan menggunakan deterjen. Adapun untuk mengeringkannya, cukup disimpan di tempat sejuk, enggak perlu dijemur di bawah sinar matahari, karena bahannya kan sudah anti-bakteri.

Teman-teman tertarik juga untuk mencobanya? Korset ini harganya IDR 1.200.000, tapi sedang diskon menjadi IDR 999.000 loh. Worth it, karena korset ini bisa digunakan untuk lahiran normal maupun Caesar, serta bagi yang  baru melahirkan ataupun yang telah lama melahirkan,  

~~~

Mamaway Nano Bamboo Korset Pasca Melahirkan

23 comments :

  1. Mantap nih beneran berkurang ya lingkar perutnya. Jadi pingin coba deh saya

    ReplyDelete
  2. Wah, masa sih dirimu gendut Teeeeh?
    Kayaknya aku terakhir ketemu dirimu pas masih hamil deh, asa udah lama pisan hahaha.

    Tapi biasanya dirimu teh asa meuni langsing pisaaan haha
    Gak apa2 atuh gendut sedikit mah yang penting sehat yaaah
    Untung sekarang bisa pake Mamaway Korset yaaaah
    Mudah2an pandemi cepet kelar biar bisa ketemuan lagi di acara blog yaaah huhu

    ReplyDelete
  3. Wajib banget nih korset untuk wanita pasca melahirkan
    Ngebantu banget, membuat lebih nyaman dan pastinya efek jangka panjangnya yg sangat bermanfaat Mamaway Nano Bambu keren nih

    ReplyDelete
  4. Baiklah, nanti kalau ketemu aku akan bilang "Mbak Nath gemukan ya sekarang.." hahaha kan katanya suka dibilang gemuk :))

    Oh jadi mamaway korset ini juga bisa digunakan buat yang sudah melahirkan bertahun-tahun dan ada masalah dengan kebuncitan ya. Kukira khusus untuk yang baru abis melahirkan.

    ReplyDelete
  5. Aku kayaknya yang korset L-XL deh, soalnya nambah banyak nih huhu.. Memang masih bisa ya, aku pikir kalau korset hanya melangsingkan setelah melahirkan. Ternyata masih efektif juga walau melahirkan bertahun-tahun lalu. Keren

    ReplyDelete
  6. Eya ampuuun kalo situ gendut saya apa kabaaar!
    Tpi bolehjuga ini dicoba korset bamboo pengen langsing deh tapi hobi ngemil :(
    olga udah juga tapi gsp huuhuhuhuu

    ReplyDelete
  7. Yeay, ternyata bisa juga buat yang telah lama melahirkan nih korset Mamaway..aku penasaran, secara sejak terakhir karena lahiran sesar ga merawat perut dengan benar huhu..Jadi ada tas pinggang di sana hahaha. Kalau ada korset yang mudah pemakaian dan banyak manfaatnya begini bisa jadi solusi

    ReplyDelete
  8. Wah berkurang 5 cm. Aku jadi penasaran juga untuk mencobanya mba. Tampak nyaman apalagi menggunakannya juga gampang

    ReplyDelete
  9. Tertarik nih buat pakai korsetnya. Setelah melahirkan anak pertama, berat badan saya masih belum normal oey.. perut masih kelihatan gede. Tapi perlu nabung dulu nih buat beli korset Mamaway-nya.

    ReplyDelete
  10. Saya malah BB naik selama pandemi ini. haha. Nggak hamil dan udah lama lahiran, lha baru melar di mana-mana. Tampilan korsetnya udah kelihatan enak dan nyaman. Pemakaian juga mudah, nggak perlu minta tolong suami buat rekatin velcro-nya.

    ReplyDelete
  11. senangnya kalau bisa balik langsing lagi abis melahirkan, aku perutnya melar banget hiks

    ReplyDelete
  12. akutuh orangnya mungil, tapi perut juga buncit nih Mak. kadang juga enggak pede sama penampilan. kayaknya perlu nih pakai korset.

    ReplyDelete
  13. Yah mak, aku sape sekarang sisa buncitnya belum hilang, itu kujadikan warisan omongan ke suami, hahaha. ini bukti punya anak empat, kata saya, hahaha

    ReplyDelete
  14. Mbaaa tantangannya emang di Masa pasca menyapih. Nafsu makan masih segambreng sementara udah gak menyusui lagi kan. Jadilah perutku membuncit. Okeh siapin korset Mamaway!

    ReplyDelete
  15. Mbak, ini kalau perut gendutnya bukan karena habis melahirkan bisa ga? Perutku juga gendut, tapi sepertinya karena jarang olah raga ini... Hihi..

    ReplyDelete
  16. wah teh aku sejak lahiran Rayi perutna ga kontrol, anak-anak aja sampe bilang bunda lagi ada bayi lagi yah perutnya sungguh langsung down dengernya wkwk..pengen punya korset ini nih harganya mayan ya teh tp mumpung diskon nih jadi pengen coba

    ReplyDelete
  17. praktis banget ya mbak pakai korset ini, jadi perut buncit bisa diterapi dengan korset ini. jadi pengen nyoba juga deh, secara aku udah buncit banget nih haha meskipun suami gak papa tapi aku suka perut yang lempeng

    ReplyDelete
  18. Kalau untuk usia 50 ke atas masih bisa pakai nda Teh? Saya nih perutnya gendut pake banget, isinya lemak semua hahaha.

    ReplyDelete
  19. Mau pakai lagi ah
    Soalnya ini perut sudah melar karena masa menyusui sudah lewat
    Harus ada penanganan serius nih dengan nano bamboo

    ReplyDelete
  20. Waaa makasih rekomendasi nya kak nathalia. Aku jadi pengen nyimpen ninjuga atau buat kado ipar yang maunlahiran

    ReplyDelete
  21. Jadi ingat setelah melahirkan dulu nih Mom. Saat itu saya belum mengenal korset yang bagus kayak mamaway gini. Tahunya centing, kain panjang yang dililitkan ke perut, mencegah agar kulit tidak bergelambir. Sekarang mah enak ya dan korset tuh pemakaiannya lebih praktis

    ReplyDelete
  22. Jaman aku melahirkan kayaknya belum ada produk nano bamboo ini, eh, apa aku yang kudet ya, hehe... praktis banget dibanding pakai korset tradisional.

    ReplyDelete
  23. Telat banget tahu korset ini. PR saya saat ini juga perut nih. Pasca melahirkan yang kedua perut langsung gedeee.

    ReplyDelete