Tuesday, April 26, 2022

Tahapan Seleksi HRD dalam Menerima Karyawan


Halo teman-teman pencari kerja. Sekarang sedang mencari contoh surat lamaran kerja dan contoh daftar riwayat hidup ya? Memang membuat keduanya susah-susah gampang. Harus menarik agar HRD perusahaan penasaran.

Namun sebelum saya memberikan contoh, yuk  ketahui dahulu pola HRD perusahaan saat akan merekrut karyawan. Ini penting karena HRD perusahaan ingin menerima calon karyawan terbaik untuk bekerja di perusahaannya.

Nah berikut saya berikan bocoran polanya. Yuk simak!

1. Buka Loker
Pada tahap ini, perusahaan biasanya memberikan waktu untuk menerima lamaran selama 2 minggu setelah terbit tanggal pembukaan lowongan kerjanya. Maka dari itu sebaiknya teman-teman jangan menunda untuk mengirimkan lamaran karena bisa jadi perusahaan sedang cepat membutuhkan karyawan baru. Jika beruntung, setelah memberikan lamaran akan langsung dapat panggilan.

2. Seleksi Berkas
Tahap selanjutnya yaitu seleksi berkas lamaran calon karyawan. Ini merupakan tahapan yang bisa dibilang lama karena staff HRD akan membaca satu per satu seluruh lamaran yang masuk. Ini membutuhkan waktu 1 sampai 3 hari, namun jika lamaran mencapai 1000 berkas maka bisa berlangsung selama 2 minggu. Jadi jika teman-teman sudah mengirim lamaran, kharus sabar menunggu ya dan jangan pesimis khawatir lamarannya ditolak.

3. Tes Psikotes
Jika teman-teman lolos tahap panggilan perusahaan, maka langkah selanjutnya pasti ada tes psikotes. Tes psikotes ini biasanya diadakan serentak jika memungkinkan dan memakan waktu selama 1-2 hari. Setelah melakukan tes psikotes maka teman-teman akan menunggu hasil selanjutnya, apakah lolos atau tidaknya. Hasil tes psikotes biasanya 1-3 hari jadi proses ini memakan waktu hingga 5 hari.

4. Tahap Interview
Setelah teman-teman lolos dari tes psikotes, maka langkah selanjutnya yaitu tahap interview. Teman-teman akan diwawancarai oleh HRD perusahaan dan ini merupakan tahapan penting untuk bisa mengesankan HRD agar bisa lolos ke tahapan selanjutnya. Untuk hasil interview ini biasanya memakan waktu hingga 1-3 hari.

5. Tes Kesehatan
Saat teman-teman dipanggil untuk melakukan tes kesehatan maka peluang diterima oleh perusahaan sebanyak 90%. Namun ada juga yang gagal diterima pekerjaan dikarenakan ada beberapa kriteria yang perusahaan tidak inginkan pada calon karyawan misalnya merokok, mengonsumsi alkohol, dan sebagainya.

6. Pengumuman Lolos
Tahap selanjutnya yaitu pengumuman lolos. Biasanya HRD akan memberitahu kepada calon karyawan lewat telepon atau memberikan link yang didalamnya terdapat beberapa orang yang lolos diterima untuk jadi menjadi karyawan. Proses ini membutuhkanwaktu hingga 7 hari kerja.

Berikut contoh surat lamaran kerja yang bisa teman-teman pakai untuk melamar ke perusahaan.


1 comment :

  1. Oh begitu ternyata prosesnya, gak layak orang yang benar-benar terpilih di perusahaan itu punya skill dan kompeten karena banyak banget tes yang perlu dilewati dan terdapat berbagai pertimbangan. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete