Friday, September 2, 2022

Mengenal Apa itu Jasa Pengiriman Barang dan Beberapa Teknik yang Digunakan

jasa pengiriman barang

Ketika teman-teman ingin memberikan hadiah berupa barang kepada kerabat yang sedang berulang tahun atau mengadakan pernikahan akan tetapi enggak bisa hadir dalam acara tersebut maka satu-satunya cara adalah dengan mengirimkan hadiah tersebut melalui jasa pengiriman barang.

Jasa pengiriman sejenis memang sudah ada sejak lama terutama pengiriman atau shipping antar negara dalam kegiatan ekspor dan impor. Namun beberapa tahun terakhir ini bisnis dalam jasa pengiriman atau ekspedisi ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama setelah populernya pasar digital atau e-commerce.

Adanya perkembangan teknologi dan sarana transportasi yang lebih lengkap juga turut andil dalam mengembangkan bisnis dalam bidang antar mengantar barang ini. Untuk itu bagi teman-teman yang tertarik memulai bisnis mungkin bisa memilih model bisnis ini.

Pengertian Jasa Pengiriman

Jasa pengiriman merupakan suatu perusahaan atau penyedia layanan jasa yang terjun dalam bidang pengantaran barang dari satu wilayah ke wilayah yang lainnya dengan aman dan seperti keadaan semula keadaan barangnya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penyedia layanan jasa ini punya peran penting dalam mengantarkan barang yang hendak dikirim ke luar kota atau bahkan luar negeri. Selain itu juga jasa pengiriman barang memiliki peranan penting dalam kegiatan belanja online.

Dengan begitu pasar penjual tidak hanya dari lingkungan sekitarnya saja, namun bisa dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan luar negeri yang bisa membeli barang tersebut dan kemudian diantarkan oleh pihak penyedia jasa pengiriman.

Mengenal Teknik Pengiriman Barang yang Biasa Digunakan

Dalam memberikan pelayanan antar barang tersebut, pihak ekspedisi bisa menggunakan 3 macam sarana transportasi mulai dari jalur darat, air dan udara. Ketiga layanan tersebut bisa dilakukan untuk berbagai jenis pengantaran mulai dari yang satu kota, luar kota, luar pulau bahkan luar negeri.

Dalam rangka efektifitas dan efisiensi kerja, penyedia jasa layanan antar barang membagi teknik pengantaran mereka ke dalam beberapa jenis, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Mengirim barang melalui jalur darat
Pengiriman barang dilakukan melalui jalur darat karena tujuan pengiriman masih dalam satu kawasan atau satu pulau sehingga akan lebih hemat jika dilakukan melalui jalur darat. Untuk pengiriman via darat sendiri, sebagai pengguna jasa teman-teman bisa memilih opsi yaitu:

· Less than load
Pengiriman barang yang dilakukan apabila barang yang dikirim enggak terlalu banyak hingga memenuhi satu truck.

· Full Truck Load
Kebalikannya, ini merupakan metode pengiriman darat yang harus dipilih saat jumlah barang yang dikirim sangat banyak hingga bisa memenuhi satu box truck.

2. Mengirim barang melalui jalur air
Selanjutnya ada pengiriman via jalur laut. Biasanya barang-barang yang dikirim melalui jalur laut adalah barang-barang yang jumlahnya sangat banyak atau memiliki bobot yang sangat berat sehingga harus diangkut menggunakan kontainer di atas kapal laut. Selain itu karena tujuan pengirimannya juga antar pulau.

3. Mengirim barang melalui jalur udara
Kurang umum digunakan karena harganya cukup tinggi namun sesuai dengan kualitas dan efektifitas yang ditawarkan oleh jasa pengiriman barang. Biasanya barang-barang yang dikirimkan melalui udara adalah barang yang sangat berharga, tidak terlalu berat, atau barang yang bersifat premium.

Apabila teman-teman hendak mengirimkan barang, gunakan penyedia jasa yang terpercaya di https://lionparcel.com/. Ke mana saja dan kapan saja bisa. Banyak promo menarik yang bisa teman-teman gunakan.

No comments :

Post a Comment