Saturday, February 21, 2015

Asyiknya Bermain Hujan-Hujanan

Bagi saya, musim hujan itu agak merepotkan. Kegiatan ke luar rumah terhambat, jalanan becek, rumah pun terkesan kumuh karena tumpukan jemuran yang belum kering. Namun, yang membuat saya mengelus dada yaitu ketika hujan dijadikan ajang bagi Jav untuk bermain hujan-hujanan.

Tapi hujan kan rahmat dari Allah ya. Daripada mengeluh lebih baik berdoa agar hujan yang turun menjadi berkah. Daripada menggerutu, lebih baik berusaha untuk menikmatinya. Termasuk ketika Jav bermain hujan-hujanan ;)


Apabila hujan turun ketika kami sedang berada di dalam rumah sih, sikap Jav cenderung aman dan terkendali. Tapi, sekalinya saya membuka pintu ketika mengangkat jemuran, atau untuk membeli bakso (hujan-hujan paling enak kan makan bakso yah, hihihi…), atau karena ada kurir yang mengantar barang, maka Jav pun langsung menggunakan kesempatan tersebut untuk bermain di luar dan hujan-hujanan.

Ya sudahlah, namanya anak-anak. Daripada saya stres sendiri, mending biarkan saja Jav bermain hujan-hujanan. Apalagi sebenarnya bermain hujan-hujanan itu ada manfaatnya loh bagi perkembangan anak seusia Jav, yaitu:
  • Mengenalkan anak pada fenomena alam. Dengan bermain hujan-hujanan, Jav bisa melihat dan merasakan sendiri bagaimana hujan itu. Bukan hanya dari cerita di buku yang biasa saya bacakan.
  • Mendekatkan anak dengan penciptanya. Hujan merupakan kesempatan bagi saya mengajarkan Jav untuk bersyukur dan mempraktekkan doa ketika turun hujan.
  • Menstimulasi kemampuan motorik kasar. Jav senang sekali berlari dan meloncat di tengah hujan.
  • Melatih kemampuan kognitif. Secara tidak langsung, Jav juga belajar mengenai sifat-sifat air. Bagaimana air menciprat ke sekeliling, ketika dia menghentakkan kakinya ke tengah genangan. Atau bagaimana air merembes membasahi bajunya.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika anak bermain hujan-hujanan, suhu tubuhnya akan menyesuaikan dengan suhu udara. Dengan begitu, saya berharap tubuh Jav akan lebih mudah berdaptasi dengan suhu dingin.
  • Membuat anak bahagia. Itu pasti. Hati saya terasa hangat setiap melihat tawa bahagia Jav ketika dia sedang menikmati rintik air hujan membasahi kepalanya.
Tidak takut anak akan jatuh sakit? Well, sebagai seorang ibu, tentu saja saya sangat mengkhawatirkan kesehatan Jav. Tapi tenang, ada tipsnya kok supaya kesehatan dan keselamatan anak tetap terjaga walaupun senang bermain hujan-hujanan. Di antaranya:
  • Kondisi hujan yang turun bukan hujan deras yang disertai dengan angin kencang dan petir.
  • Kondisi tubuh anak sedang fit, sudah makan, dan cukup istirahat.
  • Waktu bermain tidak lebih dari 30 menit.
  • Setelah selesai, segera mandikan dengan air hangat, pakaikan pakaian yang hangat, dan berikan makanan atau minuman yang hangat.
Sebenarnya, air hujan yang langsung turun dari langit sih, tidak akan menyebabkan anak menjadi sakit. Bakteri yang terkandung dalam air kotor lah yang menjadi sumber penyakit. Misalnya air hujan yang berasal dari atap atau air banjir yang sudah terkontaminasi berbagai kotoran. Untuk menghindari diare dan leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri dalam air kotor, maka sebaiknya ketika bermain hujan-hujanan, anak dilengkapi dengan payung, jas hujan, dan sepatu boot.

Alhamdulillah, Jav mau bermain hujan-hujanan pakai payung. Meskipun suka juga sih curi-curi basah-basahan, hihihi…. Pasti bakal lebih seru dan lebih bebas kalau payungnya diganti dengan jas hujan. Cari-cari di online shop, saya menemukan jas hujan yang lucu di di website ini. Warna dan desainnya cocok banget untuk anak-anak. Katanya Jav kepingin yang model bebek, supaya matching dengan warna sepedanya. Iya, Jav juga senang main sepeda sambil hujan-hujanan :)

blanja.com
Funny Raincoat

101 comments :

  1. waktu masi kecil saya suka bermain hujan, semua pasti seperti itu, tapi untuk sekarang ini, saya tidak membiarkan anak2 saya untuk bermain hujan karena nanti sakit, pernah saya mencoba untuk membiarkannya, dan seperti yang saya katakan langsung sakit mereka, jadi tidak pernah lagi saya izinkan untuk bermain hujan, tapi kalau pakai payung atau jas hujan masih bisa,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah ga pernah main hujan2an, makanya stres berat ngeliat anak main hujan2an :))

      Delete
  2. Aku paling gak tahan kalau udah kehujanan. :D
    Padahal kalo ngeliat anak kecil hujan-hujanan rasanya iri... kepengen juga. :D Yaudah, ide bagus kalo lain kali hujan-hujanan pake coat :))

    ReplyDelete
  3. Banyak rahmat & hikmah di balik hujan ya, termasuk untuk kasus anak main hujan2an :). Itu jas hujannya cute banget...

    ReplyDelete
  4. kalo saya yang make masih lucu gak mak? hehehe saya suka yg bebek, alfi suka yg strawbery

    ReplyDelete
  5. Waah, jadi inget saya waktu kecil paling demen ujan-ujanan..bugil lagi #eh...itu dulu hihihi dan fisik saya tetap kuat walaupun sering kena ujan

    ReplyDelete
  6. Hujan memang identik dengan dunia anak-anak dan hampir sebagian besar anak suka hujan-hujanan.Tapi tetap waspada jika dekat rumah banyak gorong-gorong sangat berbahaya

    ReplyDelete
  7. navaro kadang juga suka iseng.. ijin buat ujan ujanan. itu rain coatnya lucu banget. pas banget yah buat pulang pergi ke sekolah kalo pas hujan dan naik motor.

    ReplyDelete
  8. Jas hujannya lucu :) anak-anak pastinya sukaaa sama jas hujan model begini..

    ReplyDelete
  9. Iya mbak. air hujannya sih tidak terlalu berbahaya. campuran air kotornya itu yang berbahaya.
    Rain coatnya bagus... si sulung dan si bungsu kadang juga cari2 alasan memakai raincoat untuk hujan2an. hihi.. ya sudah lah. sesekali bersenang2 dengan hujan agar punya kenangan manis bersamanya.

    ReplyDelete
  10. asyik tuh hujan-hujanan
    waktu kecil dulu juga paling demen hujan2an

    ternyata banyak manfaatnya, terutama meningkatkan imun tubuh

    ReplyDelete
  11. di sekolah TKnya Pascal & Alvin tiap tahun ada kegiatan bermain air, ceritanay sih bermain hujan jadi anak-anak pakai jas hujan & bawa payung. Itu jas hujannya lucu banget

    ReplyDelete
  12. wah, isteri saya sangat menjaga anak kami supaya tidak kena hujan, manfaatnya ada juga toh, asalkan caranya tepat.....ada benarnya si, soalnya swaktu masih kanak2 saya paling sering main hujan paling seru ketika main bola

    ReplyDelete
  13. Waktu kecil saya sering main hujan2an, lain dulu lain sekarang, hujan sekarang sudah terkontaminasi timbal asap kendaraan bermotor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan langsun main pas hujannya baru turun... tunggu beberapa menit dl :)

      Delete
  14. Saya suka hujan2 tp skrg jarang. Ngajakin ponakan liat hujan iya, sambil buat kapal2lan

    ReplyDelete
  15. kebetulan lagi nyari raincoat buat anak.. eh, ternyata di sini ada yang lucu.. jadi kepengen :)

    ReplyDelete
  16. jadi ingat masa kecil. kalau hujan turun buru-buru keluar dari rumah tnp sepengetahuan ortu, terus hujan-huajanan deh ^_^

    ReplyDelete
  17. hohoho lucuuu jas ujannya ^^ ada yg motif dolphin ga ya kira2 hhihi..

    ReplyDelete
  18. Tos dulu kita jav...
    Daku aja segede gini masih suka maen ujan ujan mak...sensasinya uwow...:D

    ReplyDelete
  19. Kalo hujan-hujanan pake raincoat bisa sampe lama tuh :)

    ReplyDelete
  20. anakku juga sekali2 sengaja aku suruh main hujan2an, seruuu :D

    ReplyDelete
  21. Yang seru itu main bal-balan sambil hujan-hujanan.
    Saya waktu kecil suka main hujan-hujanan, asik loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jatuh2 dong? bajunya kotor dong? *emak2 ingetnya sama cucian* :D

      Delete
  22. Anak2 doyan banget main hujan-hujanan. Solusi aman, emang pake jas hujan :)

    ReplyDelete
  23. Anak2ku juga pada doyan hujan2an mak, nggak mau pake jas hujan tapinya hahaha... Bukan anaknya yg puyeng, ibunya yg stress jejeritan minta mereka pake payung atau jas hujan :D

    ReplyDelete
  24. suka banget tuh ujan2 jaman kecil dulu, menyenangkan emang klo ujan2an hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mah wkt kecil sukanya drama2an di bawah shower :D

      Delete
  25. Kayaknya gak cuma si kecil, aku juga kadang seneng lho hujan-hujanan. Tapi kalau naik motor gak suka soalnya bikin sakit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pas naik motor, wajib bgt pake jas hujan ya mak :D

      Delete
  26. jadi inget jaman kecil, saya juga suka hujan2an

    ReplyDelete
  27. Jas hujannya lucu, cocok buat anak-anak.

    ReplyDelete
  28. Jas hujan sekarang lucu2 yaa... anak2 pasti suka kalo make jas hujan.

    ReplyDelete
  29. Saya juga selalu membolehkan anak bermain hujan sepuasnya, asalkan syaratnya terpenuhi. Kurang lebih syaratnya sama dengan yang ditulis di blog ini. Saya juga pernah menulis di blig tentang syarat itu. Jadi, gak bisa mengelak kalau saya ingkar, mereka akan menunjukkan tulisan saya di blog hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha keke & naima cerdas yah :)
      klo saya, slama jav blum bisa baca, berarti aman yah, hihihi...

      Delete
  30. jadi ingat waktu masih SMP,hujan-hujanan,sekalian main sepakbola,jadinya semakin seru :D

    ReplyDelete
  31. awas ntar yang adamasuk angin malah berabe sob..niatnya nyenangin anak malah meriang dua duanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya, pastiin dulu syarat2nya terpenuhi (kondisi badan sedang fit, dll) dong bro...

      Delete
  32. kunjungan pertama..mantap juga artikelnya..alurnya natural dan enak dibaca..jadi inget masa kecil suka ujan ditalang..wkwkwk

    salam kenal admin satriyoku

    ReplyDelete
  33. mungkin langsung menghangatkan badan anak penting ya mbak sehabis mereka main hujan2an. Jadi tidak dibiarkan masuk angin. Jadi malah dapat pengalaman positif.

    ReplyDelete
  34. Air adalah kehidupan :)
    termasuk air hujan. Ada aktivitas fisik di dalamnya.

    ReplyDelete
  35. eh, iya baru sadar daku mak kalo hujan juga bisa menstimulasi kemampuan motorik kasar dan melatih kemampuan kognitif anak :D
    tapi juga gak boleh keseringan hujan - hujanan ya mak, takut kena petir hehe

    ReplyDelete
  36. jas hujannya lucu2 banget yak..
    jadi pngn belikan ponakan..hehe

    ReplyDelete
  37. Iya mbak. air hujannya sih tidak terlalu berbahaya. campuran air kotornya itu yang berbahaya.
    Rain coatnya bagus... si sulung dan si bungsu kadang juga cari2 alasan memakai raincoat untuk hujan2an.

    ReplyDelete
  38. Waktu kecil saya sering main hujan2an, lain dulu lain sekarang, hujan sekarang sudah terkontaminasi timbal asap kendaraan bermotor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooo gtu ya kak :3 okkay saya no link no spam kak ^^ salam kenal .. salam dari malang

      Delete
  39. I high appreciate this post. It’s hard to find the good from the bad sometimes, but I think you’ve nailed it! would you mind updating your blog with more information?
    salam Jasa SEO Indonesia: http://www.distributorseo.co.id

    ReplyDelete
  40. aya juga selalu membolehkan anak bermain hujan sepuasnya, asalkan syaratnya terpenuhi. Kurang lebih syaratnya sama dengan yang ditulis di blog ini. Saya juga pernah menulis di blig tentang syarat itu. Jadi, gak bisa mengelak kalau saya ingkar, mereka akan menunjukkan tulisan saya di blog hahaha

    pantangan ibu hamil | doa ibu hamil | obat sakit gigi untuk ibu hamil

    ReplyDelete
  41. Kayaknya gak cuma si kecil, aku juga kadang seneng lho hujan-hujanan. Tapi kalau naik motor gak suka soalnya bikin sakit :)

    harga sepeda lipat wimcycle | harga sepeda lipat polygon | harga sepeda giant | harga sepeda fixie | harga sepeda lipat united

    ReplyDelete
  42. pas aku kecil juga suka main hujan-hujanan, sampe dimarahi ortu :D hahah

    ReplyDelete
  43. hmmm jadi keinget dulu aku seringan banget main huja2an ^^

    ReplyDelete
  44. Aku suka hujan. Tapi, aku tidak suka dia datang dalam gelap so much fun watching the game .. here might not like disanan already crowded
    Jelly Gamat QnC

    ReplyDelete
  45. Great post! I am actually getting ready to across this information which i found very interesting to read.

    ReplyDelete
  46. makasih gan informasinya sangat membantu

    ReplyDelete
  47. definitely a great post. Hats off to you! The information that you have provided is very helpful. judi online || bandar judi

    ReplyDelete
  48. makasih gan informasinya sangat membantu

    ReplyDelete
  49. Postingan anda sangat berguna bagi saya, terima kasih

    ReplyDelete
  50. Terima kasih atas ilmu yang anda bagikan

    ReplyDelete
  51. Iya, waktu kecil ane juga suka dan senang bermain hujan-hujanan loh, sampai2 kadang habis itu masuk angin dan kalau menurut saya untuk anak-anak jaman sekarang sepertinya sudah jarang yang mau hujan seperti jaman saya kecil dulu..
    by the way, thanks yah untuk kolom komentarnnya serta info sharingnya gan.. Sukses Selalu ! :)

    ReplyDelete
  52. Iya benar juga ini, info yang cukup memberikan inspirasi bagi yang sudah menjadi orangtua dan harus mengenalkan fenomena alam ini kepada semua anak-anaknya dan juga memberikan penjelasan tentang hujan ini, makasih sob sudah mau berbagi di blog ini, hehe

    ReplyDelete