Monday, June 29, 2015

Puding Telur Ceplok

Percaya tidak? Sampai hari ini, saya belum pernah menyediakan kolak untuk buka puasa di rumah. Suami saya lebih senang berbuka dengan minuman segar. Sedangkan saya, lebih senang berbuka dengan gorengan. Ups, kalau yang ini jangan ditiru ya :D

Entah kenapa, bulan Ramadhan tahun ini kok rasanya malas sekali membuat makanan/minuman yang ribet-ribet. Begitu juga untuk buka puasa. Sukanya yang praktis-praktis saja. Alternatifnya yaitu pertama, membeli yang sudah jadi seperti es cendol, es cincau, es kelapa, dan minuman segar lainnya. Atau kedua, kalau malas beli, bisa juga membuat sendiri makanan/minuman segarnya, yang praktis tentunya.

Makanya, selama bulan Ramadhan ini saya selalu menyediakan kurma dan agar-agar di rumah. Kalau kurma kan sudah jelas ya sesuai dengan sunah Rasul. Gula yang terkandung dalam kurma kan sangat mudah dicerna, sehingga dapat mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Sedangkan agar-agar, selain cara membuatnya yang praktis, juga sangat baik bagi pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Cukup efektif mengatasi masalah sembelit yang diakibatkan karena pola makan yang berubah. Bonusnya, dapat menghalau panas dalam juga, apalagi ketika musim kemarau seperti sekarang ini.

Agar-agar ini bisa dibuat dengan berbagai macam variasi. Bisa dijadikan puding atau jeli. Tapi, kalau mau polos juga, tetap enak. Penyajiannya pun mudah. Bisa langsung dimakan begitu saja. Atau dapat juga digabungkan bersama sirup dan bahan lain seperti buah, sari kelapa, kolang-kaling, dan lain-lain, tergantung persediaan di rumah. Jadi deh minuman segar.

puding telur ceplok
Baru-baru ini, saya membuat puding dengan bentuk yang cukup unik, seperti telur ceplok. Sebenarnya, saya sudah lama ingin mencoba membuatnya, tapi karena belum punya cetakannya, jadi tertunda terus deh. Nah, setelah mempunyai cetakannya, langsung dong dicoba. Kebetulan saya mempunyai stok sirup markisa yang tidak habis-habis. Bisa menjadi bahan untuk puding kuning telurnya. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan Puding Kuning Telur:
  • 1/2 bungkus agar-agar plain
  • 40 ml susu kental manis
  • 40 ml sirup berwarna kuning (saya pakai sirup markisa, bisa juga pakai sirup jeruk atau mangga)
  • 320 ml air
Bahan Puding Putih Telur:
  • 1/2 bungkus agar-agar plain
  • 80 ml susu kental manis
  • 320 ml air
Cara Membuat:
  • Rebus bahan puding kuning telur hingga mendidih.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan kue talam, sebanyak tiga per empatnya.
  • Dinginkan hingga adonan mengeras.
  • Keluarkan dari cetakan dan simpan di tengah cetakan berbentuk bulat yang lebih besar.
  • Rebus bahan puding putih telur hingga mendidih.
  • Tuang adonan ke pinggir cetakan berisi puding kuning telur secara perlahan-lahan.
  • Dinginkan kembali hingga adonan mengeras.
Bahannya simpel, cara pembuatannya pun mudah. Tapi hasilnya cantik, dan rasanya pun segar.

Tertarik untuk mencoba juga? ;)

54 comments :

  1. bagus banget ya jadi gimana gitu kalau mau dimakan... sayang ha ha :D

    ReplyDelete
  2. untung kesininya malem, mun tadi siang..wah bakalan ngacay saya mah liat puding lezat gini mah atuh

    ReplyDelete
  3. rasanya gimana tuh yg namannya pudding telor ceplok hmmm, belum pernah nyoba
    apalagi saya kurang menyukai yg namanya telor setengah matang hhehe

    ReplyDelete
  4. sayang sekali aku alergi sama telur, jadi kalau lihat telur jadi gimana gitu walaupun puding

    ReplyDelete
  5. menarik ya penampakkannya...sudah lama pengen bikin tapi blm punya cetakkannya....:)

    ReplyDelete
  6. hrs beli cetakannya dulu dunk kalo mw bikin ini :D.. ankku yg biasaya suka puding...pasti seneng dia klo bntuknya lucui2 gini

    ReplyDelete
  7. anakku suka banget makan ini.
    jd pengen buat

    ReplyDelete
  8. aku juga suka beli di warung mba enak banget rasanya :)

    ReplyDelete
  9. Kuning telurnya di puding itu kuning telur beneran Mba? unik ya tampilannya, jadi kepingin nyobain:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga baca resepnya ya? kan ga ada telur beneran di bahan2nya :p

      Delete
  10. bener2 kayak telur ceplok ya mbk hehe

    ReplyDelete
  11. Masih gak ngerti cara membuatnya walau sudah ngebayangin step by step nya.. Hihi.. :P but it looks good..

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Ini lucu amatan bentuknya maaak.. Ahh izin copy resep mau coba ya mak. Nice blog mak. :D

    ReplyDelete
  13. Bentuknya cantik mba. Tp bingung bikinnya. :D

    ReplyDelete
  14. Oh gitu toh. Intinya pake cetakan apa aja ya yang penting bunder :D

    ReplyDelete
  15. Ini hobinya emak banget, sip mbak saya ngikut ni mau coba di rumah.

    ReplyDelete
  16. waduh pagi-pagi udah disuguhin puding telur ceplok nie, jangan kelamaan ah liat gambarnya ntar pegen buka lagi hehehe

    ReplyDelete
  17. Boleh aku coba mbak resepnya buat nanti di suguhkan pada hari lebaran aja biar kelihatan unik hihihi

    ReplyDelete
  18. Bentuknya lucu mba imut imut anak anak pasti suka nih.Lumayan buat buka puasa membuat mata jadi seger

    ReplyDelete
  19. identik banget, cocok buat buka puasa, bentuknya juga sangat menarik

    ReplyDelete
  20. catat dulu lah mba , habis itu tak coba praktekin dirumah :d

    ReplyDelete
  21. wew.. pudingnya lucu banget.. jadi kepingn nyobain bikin dirumah :D

    ReplyDelete
  22. Mantab bener ini resep. :) imut dan yummy.. saya coba nanti dirumah :D

    ReplyDelete
  23. uenaaaak telor yg ini manisss yummyy ...mamaaaa nambah lagi telornyaaaa yaaa ....
    buat buka puasa .. adhem di perut :)

    jadi lgsung follow blognya ... terimaksih.

    ReplyDelete
  24. Lihat penampilan foto diatas menarik sekali, pengen nyicipi.
    Ramadhan kemaren saya juga buka banyakan dengan kurma, praktis dan sesuai sunah.

    ReplyDelete
  25. hemm... kayaknya enak nih... puding telur ceploknya :D berhunung aku juga suka telur cplok ha :D

    ReplyDelete