Saturday, July 25, 2015

Kuliner Enak di Sukabumi

Lebaran sudah seminggu berlalu. Teman-teman yang mudik, pasti sudah mulai kembali ke rutinitas semula. Saya yang tinggal di Bandung ini sih enggak mudik. Lah, orang tua asli Bandung dan mertua asli Cimahi :p Padahal sekarang ini lagi kepingin banget menyepi di kampung, menikmati suasana santai sambil membaca buku atau melamun :))

Daripada sedih karena enggak punya kisah mudik untuk dikenang dan dibagikan, saya mau cerita tentang oleh-oleh dari Sukabumi saja deh :D

Jadi, liburan tahun baru kemarin, saya bersama orang tua, adik dan mertuanya jalan-jalan ke Pelabuhanratu. Itu adalah pertama kalinya saya main ke Pelabuhanratu. Seringnya kalau ke pantai ya ke Pangandaran.

Ternyata pantai di Pelabuhanratu itu udaranya sejuk ya. Karena posisinya dekat dengan pegunungan dan di sekitarnya banyak pepohonan, jadi adem. Ditambah lagi, ketika itu sedang musim hujan juga. Saya yang biasanya hanya doyan dengan pemandangan pantai, kali itu merasa nyaman juga dengan udaranya. Betah deh....

Makanannya sih, apa lagi yang asyik kalau bukan seafood. Waktu itu kami membeli seafood segar di pasar Pelabuhanratu, kemudian mengolahnya di salah satu warung makan pinggir pantai Citepus langganan keluarga mertua adik saya. Sengaja beli banyak, karena bukan hanya untuk disantap di tempat, tapi juga untuk dibawa pulang ke vila yang kami tinggali.

seafood pelabuhanratu

Kami menginap di sana hanya semalam saja. Sebelum kembali ke kota masing-masing, mertua adik saya mengajak kami membeli oleh-oleh dulu. Yaitu bakso ikan di pasar Pelabuhanratu. Namanya Bakso Sabar. Lokasinya mudah dicapai karena berada di bagian depan pasar. Selain menjual bakso untuk dibawa pulang, di sana juga menyediakan mi bakso untuk dimakan di tempat. Bakso ikan yang dijual terdiri dari dua macam, ada yang super dan ada juga yang biasa. Yang membedakannya yaitu jenis ikan dan rasio daging ikan yang digunakan dalam bahan bakunya.

Karena sudah sore, maka bakso super yang tersisa hanya tinggal tiga bungkus. Kalau yang biasa sih, masih banyak. Langsung diborong deh bakso supernya. Adik saya satu bungkus, mertuanya satu bungkus, saya berdua ibu saya satu bungkus.

bakso ikan sabar

Dari segi penampilan, bakso ikan ini berbeda dengan bakso ikan yang biasa saya beli di supermarket. Lebih gelap dan lebih padat. Rasa ikannya terasa sekali, tapi baunya enggak amis. Enak....

bakso ikan sabar

Kalau perginya kami menggunakan rute alternatif melalui Cikidang yang medannya cukup ekstrim, namun udaranya sejuk dan pemandangannya memanjakan mata. Maka pulangnya kami menggunakan rute biasa melalui Kota Sukabumi.

Di sana, kami mencari bolu pisang. Mulanya kami menemukan kios yang menjual bolu pisang yang terkenal itu di pinggir jalan. Tetapi stoknya sudah habis. Dipandu oleh sang penjaga kios, kami kemudian langsung menuju pabriknya yang berada di dalam gang.

bolu pisang ibu onih

Alhamdulillah, kebagian bolu pisang yang fresh from the oven, masih hangat. Aromanya harum sekali.... Sayang variasi bolu pisang lainnya seperti bolu pisang keju dan bolu pisang pandannya masih di dalam oven. Jadi enggak bisa nyobain deh.

bolu pisang ibu onih

Kami meminta agar bolunya dipotong-potong dulu, jadi bisa langsung dicoba di dalam mobil selama perjalanan. Teksturnya lembut tapi kering, enggak basah malesin seperti bolu pisang yang selama ini saya temuin. Manisnya juga enggak berlebihan, jadi enggak giung. Membuat saya bisa menghabiskan beberapa potong dalam satu kali makan :D

bolu pisang ibu onih

So, apabila teman-teman main ke Pelabuhanratu, jangan lupa beli baso ikan dan bolu pisang untuk dibawa pulang ya ;)

31 comments :

  1. wah, bolu pisang ya, mba. kalo di sini telur asin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya, saya jg suka dibawain telur asin sama yg br plg dr tegal :D

      Delete
  2. Wah, jadi penasaran, pengen merasakan kelezatan baso ikan dan bolu pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini liatin fotonya aja dulu yah hihihi...

      Delete
  3. aku pernah beli bolu pisangnya mbaak.. enaak..

    tapi sayang belum pernah nyobain bakso ikannya.. :(

    ReplyDelete
  4. Medan juga ndak mau kalah ni mbak heehee

    ReplyDelete
  5. kebetulan sepupu tinggal beberapa ratus meter dari rumahnya Ibu Onih yang di Cipanas

    ReplyDelete
  6. saya mupeng sama baso ikannnyaahhh....

    ReplyDelete
  7. Lebaran kemarin saya dapat oleh-oleh banana cake dari anak saya
    Mungkin beli di Surabaya.
    Waktu saya berobat ke Sukabumi suka beli bubur bunut, enak sekali. Lupa lokasinya.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah ga sempet nyobain bubur bunutnya...

      Delete
  8. Pas makan d Pelabuhan Ratu itu rumah makannya menyediakan daftar menu dan harganya? Agak khawatir makan di sana setelah dengar kabar kalau beberapa rumah makan menerapkan sistem "tembak harga" yang sangat mahal. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkt itu ga beli makanan di sana, jd cmn bayar jasa masaknya aja :)

      Delete
  9. Waaah aku belum pernah ke pelabuhan ratu & pangandaran dua2nya :(

    ReplyDelete
  10. Aku ngiler bakso nya makk.. Seneng banget ngeliat bakso, apalagi bisa makan bakso yang segede apaan tau.. *tapi gak tau dimana lokasi nya*

    ReplyDelete
  11. Thanks infonya mba..kalo bakso ikan di tkg sayur langganan ko kenyal2 gutu ya dan kurang terasa ikannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, biasanya saya ga suka baso ikan krn kenyal2 gt, tp yg ini mah beda :D

      Delete
  12. Pengen bolu pisangnya...yang pandan enak kayaknya ya

    ReplyDelete
  13. Yang bulat itu apa tahu khas sumedang? Tolong di paparkan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahu? dipaparkan lagi?
      mending mas aja yg baca ulang artikelnya :)

      Delete
  14. Bolu pisang bu Onih emang enak Mbak. Di Serang juga ada cabangnya. bolunya lembut banget.

    ReplyDelete