Thursday, September 17, 2015

Cheesy Baked Rice

cheesy baked rice
Akhirnya kemarin saya membuat Cheesy Baked Rice untuk acara berbagi di kelas Jav. Kenapa enggak jadi Fish and Chips? Pertimbangannya karena membuat nasi sepertinya lebih simpel daripada membuat kentang panggang. Enggak perlu dipotong-potong dan dibumbui, langsung masuk rice cooker saja :D

Dulu waktu Jav masih batita, Cheesy Baked Riced ini selalu menjadi andalan saya untuk bekal Jav kalau harus pergi mendadak. Tinggal ditambahkan protein dan sayur (jenisnya disesuaikan dengan persediaan yang ada di rumah), serta diberi taburan keju, Jav bisa makan dengan lahap.

Berikut resepnya.

Bahan:
  • Nasi putih
  • Telur puyuh, rebus
  • Wortel, dipotong kecil, rebus
  • Buncis, dipotong kecil, rebus
  • Sosis sapi, dipotong kecil
  • Mentega
  • Bawang bombay
  • Telur ayam, kocok
  • Keju cepat leleh, parut
  • Garam
  • Merica
  • Saus tiram

Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombay.
  • Masukkan wortel, buncis, sosis, dan nasi.
  • Tambahkan garam, merica, dan saus tiram. Aduk hingga rata.
  • Masukkan setengah bagian campuran nasi ke dalam wadah tahan panas (saya menggunakan wadah aluminium foil).
  • Tata telur puyuh.
  • Tutup dengan sisa campuran nasi.
  • Tuangkan kocokan telur.
  • Beri taburan keju.
  • Panggang di dalam oven selama 15-20 menit.

Waktu itu, saya membuat nasinya dari beras sebanyak 8 cup (setelah bertanya pada ibunya salah satu teman Jav yang sudah mendapat jatah berbagi). Ternyata hasilnya banyak sekali, cukup untuk tiga buah wadah aluminium foil ukuran 22x22 cm. Padahal, porsi anak-anak (satu kelas terdiri dari 20 orang anak) kan lebih kecil.


Baked Cheesy Rice ini paling enak dimakan ketika masih hangat. Makanya, saya memanggang nasinya setelah mengantar Jav ke sekolah. Kalau persiapannya sih bisa dilakukan sejak malam sebelumnya. Misalnya, memasak nasi, memotong dan merebus sayur, memotong sosis, serta merebus telur dan mengupasnya. Pagi harinya tinggal menumis dan mencampur semua bahan. Baru deh, sejam sebelum dikirim, saya mulai memanggang. Jadi ketika waktunya anak-anak istirahat makan, nasinya masih hangat.

Namun yang mengecewakan, kenapa kejunya enggak meleleh dengan sempurna ya.... Lain kali, mungkin atasnya perlu ditutup dengan kertas aluminium foil juga.

Kata ibu guru sih, anak-anak suka. Tapi karena di rumahnya terbiasa makan nasi dengan disuapi, jadi habisnya pada lama. Dipikir-pikir iya juga sih. Jav, walaupun sudah enggak disuapi tapi makannya lama sekali. Kalau mulutnya sudah kosong, enggak otomotis menyuap lagi, harus diingatkan terus. Kalau begitu, saya harus lebih sering membekali Jav dengan nasi ah.... Supaya bisa latihan makan cepat di sekolah :)

36 comments :

  1. ngileeeer, buat bekel Marwah cocok nih dia suka banget keju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo suka bgt keju, bs dtambah parutan keju jg di campuran nasinya

      Delete
  2. Ini hampir mirip nasi goreng yg di baked ya mba krn hrs di goreng dulu bareng bombay baru di oven. Kalo ga pke oven misal di kukus bs gak mba? pengen nyoba jg ah..

    ReplyDelete
  3. Boleh juga nih buat saya simpan caranya biar adik atau mamah saya yang mencobanya.

    Makasih ya ilmu masaknya.

    ReplyDelete
  4. wah,boleh juga nih resepnya..kayak nasi goreng gitu ya,

    ReplyDelete
  5. Nasi panggang yah, selama ini baru coba nasi bakar aja.. kapan-kapan mau coba bikin ahh

    ReplyDelete
  6. bookmark...kudu aku coba ini
    biasanya nasi panggang aja g pake telur diterakhirnya

    ReplyDelete
  7. Pengin bikiinnn. Kebetulan ada alumunium foil yang belum dipake.

    ReplyDelete
  8. padahal sudah spesial pake melted cheese ya mak... Tapi looks deliciousss ^_^

    ReplyDelete
  9. enak buat bekal sekolah juga ya praktis

    ReplyDelete
  10. KOk ngiler mak...jadi pengen bikin deh. Bookmark akhhh....:)

    ReplyDelete
  11. Praktis buat bekal ya mbaaa, kalau lihat isinya bergizi banget deh ini *dietohdiet :p

    ReplyDelete
  12. Boleh dicoba nih.. Resep nasi pakai kejunya..

    ReplyDelete
  13. Pengen nyobain rasanya :D . makasih banyak resepnya mba..

    ReplyDelete
  14. Duh sayang aku g suka keju e, tp nasi gorengnya boleh tu mbak

    ReplyDelete