Sunday, September 13, 2015

Fish and Chips

Di sekolah Jav, setiap orang tua mendapat jatah untuk menyediakan makanan bagi anak-anak satu kelas dengan menu bergizi. Tujuannya agar setiap anak bisa merasakan masakan rumahan teman-temannya. Jadi diharapkan, anak yang enggak suka sayur misalnya, bisa terbiasa menikmati sayur. Kalau membiasakan anak untuk berbagi sih, setiap hari mereka biasanya menyisihkan sedikit makanan bekalnya ke piring berbagi.

Jadwalnya, baik frekuensi maupun waktunya disesuaikan dengan hasil kesepakatan dari semua orang tua. Kebetulan di kelas Jav, disepakati bahwa jadwalnya seminggu sekali saja, sehingga dalam satu semester, setiap orang tua hanya kebagian satu kali menyediakan makanan. Urutannya sesuai dengan daftar nama di buku informasi. Simpel ;)

Bagi saya pribadi, manfaatnya biasa saja. Setiap hari Selasa, berarti saya enggak perlu pusing memikirkan dan menyiapkan bekal untuk Jav. Sudah, begitu saja. Tapi ketika saya sedang sakit, wuih manfaatnya terasa sekali. Rasanya tenang, karena bekal Jav hari itu sudah disediakan oleh orang tua yang lain. Kalau sudah begitu, saya jadi kepingin jadwalnya diubah jadi setiap hari saja, hihihi....

Tentu saja itu hanya keinginan sesaat, karena kalau jadwalnya setiap hari, setiap orang tua kebagian menyediakan makanan setiap sebulan sekali dong. Duh, puyeng deh memikirkan menunya :p Satu semester sekali saja sudah membuat saya cemas, heuheu.... Takut porsinya kurang lah, takut anak-anak enggak suka lah....

Jadwal saya kebagian minggu depan nih. Setiap hari memutar otak mencari menu yang mudah dibuat dan hasilnya disukai anak-anak. Akhirnya, untuk semester ini, saya mempunyai rencana membuat Fish and Chips atau Nasi Panggang, plus buah. Makanya perlu dicoba dulu nih, dengan bahan yang ada, perlu waktu mengolah berapa lama dan bisa menghasilkan berapa porsi. Selama ini kan masak mah masak saja ya, enggak peduli hasilnya berapa porsi, hehe....

Jadi, saya mencoba membuat Fish and Chips dulu deh.

Bahan Ikan Goreng:
  • 250 gr fillet ikan kakap (yang ada di kulkas ikan tuna, jadi manfaatkan yang ada saja dulu)
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam, merica, telur ayam, dan tepung panir, secukupnya (karena tepung panirnya habis, jadi saya pakai tepung bumbu instan, huhu...)

Cara Membuat:
  • Potong fillet ikan berbentuk persegi dengan ketebalan 1 cm.
  • Beri perasan jeruk nipis, diamkan selama 5 menit.
  • Celupkan ke dalam adonan tepung.
  • Goreng hingga berwarna kecokelatan.

Bahan Potato Wedges:
  • 2 buah kentang
  • Tepung Maizena, secukupnya
  • Mentega, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Merica, secukupnya
  • Lada, secukupnya
  • Oregano, secukupnya

Cara Membuat:
  • Potong kentang menjadi 8 bagian.
  • Rendam dalam air garam selama 1 jam.
  • Kukus hingga matang.
  • Olesi dengan mentega.
  • Balut dengan tepung maizena yang sudah dicampur dengan garam dan merica.
  • Beri taburan lada dan oregano.
  • Panggang hingga berwarna kecokelatan.

Bahan Brokoli Saus Keju:
  • 2 bonggol brokoli
  • 1 cangkir susu cair tawar
  • 1 sdm tepung maizena (tepung maizenanya habis dipakai untuk membuat potato wedges, jadi diganti tepung terigu biasa)
  • Keju cheddar, secukupnya
  • Garam, secukupnya

Cara Membuat:
  • Kukus brokoli yang sudah dipotong-potong.
  • Cairkan mentega.
  • Tambahkan tepung, aduk hingga rata.
  • Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit.
  • Masukkan garam dan keju yang sudah diparut.
  • Aduk hingga mengental.

Tadaaa.... Ini dia hasilnya....


fish and chips
Seperti yang sudah saya duga, Jav makan ikan dan kentangnya sedikit saja. Tapi makan brokolinya, nambah terus. Saya dan ayahnya hanya disisakan sedikit, hihihi.... Dia memang brokoli lovers :)

Membuat Fish and Chips ternyata enggak terlalu ribet. Tapi setelah dipikir-pikir, menu sesimpel apapun jadi enggak simpel lagi ya kalau harus membuat dalam porsi banyak, hehe.... Lagipula, dimakannya harus langsung nih, ketika masih hangat, kalau enggak, kentang panggangnya enggak renyah lagi.

Sepertinya nanti saya bikin Nasi Panggang saja deh. Atau bikin roti gandum isi saja? Lebih simpel, hihihi.... Apalagi kalau rotinya dibentuk menggunakan cetakan yang lucu-lucu :D

16 comments :

  1. wah,jav suka brokoli ya..tos dulluuu hehehe

    ReplyDelete
  2. nah, mendingan bikin buat saya aja...^_^ looks good...

    ReplyDelete
  3. Ya Allah mbak..seger banget brokolinya..sehat bergizi ini..kapan2 aku mau masak ini juga :)

    ReplyDelete
  4. anak-anak pasti suka ini menunya ya mbak. Aku mau contek cara buat chipnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mba, itu saya hasil modif dr beberapa sumber :D

      Delete
  5. ada berapa anak itu mbak sekelas? wah ya seru juga ya

    ReplyDelete
  6. Jav vegetarian ya, mb Nath? Favoritnya brokoli. Hehe. Aku malah suka kentang goreng.

    ReplyDelete
  7. Mau dong Teh Fish and Chips nya.. Ikan saya suka, kentang saya suka, brokoli juga saya suka ya, nah oleh karena itu kalau dikasih pasti akan saya habiskan semuanya ya... hehehehehehehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
  8. Waah jadi terinspirasi bikin ini nih.Ada fillet Tuna di kulkas .Bingung mau dimasak apa.Eh...pas baca postingan ini.Coba praktekin aaah...

    ReplyDelete