Thursday, October 29, 2015

Tentang Cacar Air


Akhir-akhir ini, cacar air sedang menjadi trending topic di pikiran saya. Kok bisa? Karena sekarang ini ada teman sekolah Jav yang sakit cacar.

Sejak masih kecil dulu, saya memang takut banget sama cacar. Apalagi ketika ada teman sekolah yang sakit cacar. Takut tertular :D Soalnya banyak kan yang tetap sekolah meskipun bekas cacarnya belum hilang. Padahal justru saat itu masa-masa penularan yang paling cepatnya.

Katanya setiap orang harus kena cacar sekali seumur hidupnya. Alhamdulillah hingga sekarang, saya berhasil enggak kena cacar. Padahal waktu SMP, saya sering menengok teman yang sakit cacar. Waktu ujian di SMA, pernah duduk depan-belakang sama teman yang baru sembuh cacar. Bahkan awal bulan ini saya juga pernah satu angkot sama anak SMP yang baru sembuh cacar. Saya hanya bisa berdoa semoga enggak sampai tertular.

Sempat terbersit sih di pikiran, bagaimana kalau Jav sakit cacar, tertular dari temannya. Orang lain sih masih bisa dihindari, bertemu seperlunya saja. Tapi kalau anak sendiri, kan enggak mungkin saya menghindar. Enggak mungkin enggak saya usap-usap dan peluk-peluk. Apalagi kalau sedang sakit begitu.

Makanya, saya mulai khawatir ketika teman Jav sakit cacar. Duh, cacar semakin dekat di depan mata. Dan saya menjadi semakin khawatir ketika mengetahui bahwa cacar pada orang dewasa lebih berbahaya daripada cacar pada anak-anak.

Akhirnya, untuk mendapatkan informasi yang jelas, saya melakukan wawancara singkat dengan teman sekolah, dr. Umi Sp.KK :D

Saya (S): Mi... Kalau sedang santai, pingin tanya-tanya dong tentang cacar. Boleh enggak? :D
Umi (U): Boleh, Nat. Kenapa?
S: Kan temannya Jav sakit cacar tuh. Berhubung Donat belum pernah kena cacar, jadi deg-degan juga. Penularannya mulai dan sampai kapan sih? Ada yang bilang dari awal terinfeksi sampai seminggu setelah kering, betul?
U: Iya, betul Nat. Keringnya juga kering semua. Sakit di sekolah?
S: Temannya Jav ketularan dari kakaknya. Jadi total berapa minggu harus di rumah?
U: Ya sampai kering saja, Nat... Biasanya paling cepat 2 minggu. Supaya sekolah enggak tutup karena banyak yang kena cacar juga. Hehehe...
S: Terus kemarin kan ke dokter minta vaksin varisela buat Jav, tapi katanya sudah enggak diproduksi lagi, betul?
U: Wah, kalau sudah enggak diproduksi saya belum tau Nat, terakhir tiga tahun lalu masih ada :D Distop atau berhenti dulu sementara ya?
S: Enggak ngerti deh, perawatnya sih yang bilang, discontinue katanya. Terus Mi, memang betul kalau kena cacarnya setelah dewasa lebih berisiko daripada kalau kena waktu masih kecil?
U: Iya, kalau dewasa lebih berat... Tapi bisa sebenarnya waktu kecil sudah kena, cuma enggak keluar jadi enggak ketauan. Jadi yang kecilnya belum pernah, belum tentu juga belum kena.
S: Kalau lagi hamil bahaya ke janin juga enggak? Terus kalau dewasa bisa jadi komplikasi ke mana-mana ya? Paru, dan lain-lain?
U: Yang paling bahaya memang kalau kena wanita hamil sama orang tua. Iya betul, bisa ke mana-mana.
S: Hooo jadi bukan TORCH saja ya yang bahaya...
U: Kalau lagi hamil kena penyakit berat rata-rata bahaya sih Nat, hehe...
S: Hihihi... Jadi bisa ya terinfeksi, demam, tapi enggak keluar bintil-bintil. Donat agak curiga juga, soalnya waktu kecil sering nengok teman yang sakit cacar. Malah pernah teman sebangku di SMP waktu ditengok malah sengaja peluk-peluk Donat. Tapi betul-betul enggak ingat pernah sakit cacar.
U: Sudah ditanya ke orang tua?
S: Sudah, belum pernah katanya... Kalau tampek pernah, itu beda kan ya?
U: Hahaha... Iya beda.
S: Berarti kemungkinannya dua ya, waktu itu ketika daya tahan lagi bagus atau sudah kena tapi enggak keluar?
U: Iya Nat. Bisa sih kena lagi nantinya, tapi jadinya Herpes Zoster.
S: Itu lebih parah?
U: Enggak terlalu sih, tapi lebih menderita saja, kadang-kadang sampai lama masih terasa nyeri-nyerinya. Terutama orang tua.
S: Waduh... Betulan nih deg-degan. Bagaimana coba kalau Jav kena?
U: Semoga enggak kena :) Kalau kena juga paling agak ekstrim sedikit Nat. Pakai masker kalau dekat, terus jangan sampai kena airnya, jadi pakai sarung tangan sama celemek gitu. Terus baju-bajunya dicuci pakai air panas.
S: Sip... Makasih banyak ya Mi...
U: Sama-sama :)

Karena masih penasaran, saya konfirmasi lagi kepada teman yang pernah sakit cacar ketika hamil. Teman dari TK sampai sekarang, Anti :D

Saya (S): Ti, dulu Anti sakit cacar waktu lagi hamil kan ya?
Anti (A): Iya Nat... Waktu jalan 8 bulan. Donat lagi hamil?
S: Belum, hihihi... Tapi enggak apa-apa lagi hamil kena cacar? Atau karena Anti hamilnya sudah besar?
A: Waktu itu sih dr. Rima bilangnya aman-aman saja karena usia 7 bulan ke atas semua organ bayi sudah lengkap. Nah Anti enggak tau kalau di bawah itu. Memang siapa Nat?
S: Bukan siapa-siapa, hanya penasaran saja...
A: Oh hehehe...
S: Tapi Anti terasanya bagaimana? Katanya lebih ekstrim?
A: Iya Nat luar biasa banget perut gendut penuh totol-totol cacar plus gatel banget. Kan waktu itu bareng Adi juga jadi kena. Adi enggak sebanyak Anti plus harga obatnya 1/10 Anti hahahaha...
S: :D

Ya, begitu lah cacar pada orang dewasa. Harus rajin jaga kesehatan dan berdoa semoga enggak kena :)

44 comments :

  1. hikz... aku lagi belajar tentang bentol ini... mau nyiapin postingan ....ribet ini bentol... daripada salah diagnosis berabe....
    btw...aku belum pernah....kena cacar aer

    ReplyDelete
  2. saya kena cacar air waktu umur 21, dan lumayan parah. cacar air, bentol-bentolnya besar dan bekasnya juga lama hilangnya :(

    ReplyDelete
  3. aku pernah cacar air pas sd. eh adekku ada yang belum pernah kena, kayaknya masih bakal bisa kena ya, mba Nath?

    ReplyDelete
  4. Ya alloh aku juga plg takut ma cacar air, smoga ga kna y mb nat

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... smoga kita smua slalu diberikan kesehatan ya :)

      Delete
  5. belum kena cacar ya, emang ada cacar yang minimal sekali kena, kemarin teman kantor yang umurnya hampir 30 baru kena

    ReplyDelete
  6. ketularan cacar air jelang usia 30 tahun juga,,,,

    musim cacar di sekolah anak saya fai, tahun lalu mba...rata2 anak2 yang belum pernah kena cacar air, ketularan, justru menularnya pada saat cacarnya kering.

    mudah2an jav gak ketularan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... makasih mba...
      hmmm tapi kasian jg sih jav klo kena cacarnya pas udah dewasa :D

      Delete
  7. gw kena cacar waktu SD dan sampe sekarang masih ada satu bekas di muka. dulu nyokap bawel banget mengingatkan unntuk tidak menggaruk tapi waktu itu gw masih kecil dan lebih memilih menyelesaikan masalah dengan cara seadanya tanpa memikirkan jangka panjang. walhasil sekarang sebuah noda hitam kekal abadi nempel di kiri hidung gw :"(

    ReplyDelete
  8. Memang menjadi pengetahuan yang bermanfaat buat pembacanya, sehingga dapat mengenali ciri-cirinya. Kalau dulu saya cacar api sampai sekarang bekasnya masih ada susah sekali dihilangkan. Ya boleh jadi jadi ciri khas deh di pipi saya hehe

    ReplyDelete
  9. aku gak pernah tau udah pernah kena cacar ato belum, mama aku tanyain malah lupa.. hiks hiks..

    ReplyDelete
  10. bukannya cacar air ni sdh dianggap gak da lagi di Indo...heee.

    ReplyDelete
  11. mahal binggo obatnya...
    semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan oleh Allah Swt. Aamiin..

    ReplyDelete
  12. Sempat bahas cacar air ini sama temen2 mama muda, katanya vaksin varisela emang langka mba, temenku waiting list 2 taun buat anaknya baru dapet, sampe skrng ada yg masih waiting list juga. nah sempat ada kalimat seperti ini "meskipun uda vaksin, kemungkinan masih bisa kena herpes (kalo sudah pernah kena cacar)", aku makin bingung, soalnya juga gak tau pernah atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya begitu... klo udah divaksin, meskipun kena, minimal penyakitnya ga separah klo engga divaksin...

      Delete
  13. Alhamdulillah belum pernah dan semoga tidak pernah kena cacar air hehe! Tapi konon ini nular ya Mak. jadi meang kudu ati2.

    ReplyDelete
  14. omg aku kok jd serem bacanya... pas sd aku sih prnh kena mba, tp cm di perut...kan ada yg bilang kalo blm kena seluruh bdn msh bisa kena lg -___- hihhh ait2...moga2 engga deh... itu aja udh mnderita bgt, ga kuat ama gatelnyaaa

    ReplyDelete
  15. Aku kena cacar pas kelas 3 SMK, nular dari temen di kelas yg baru sembuh. Paling banyak di sekitar wajah sama kepala. Lengan sama kaki malah nggak. Yg di kepala bikin nyut-nyutan kalo kena sisir. Kena angin malah nambah banyak. Tidur gak nyaman, kena air gak bisa juga. Paling nyiksa deh kena cacar itu, kata dokter emang sekali seumur hidup. Tapi kmrn di kampus ada juga yg udah kena cacar tapi cacar lg setelah ngeliat tmnnya yg cacar. Smoga aja aku nggak kena lg. Cukup sekali aja. Yg lebih ngeselin itu bekasnya susah dihilangin sampai sekarang -_-

    ReplyDelete
  16. Saya kena cacar saat lulus kuliah, usia 23 tahun, ketularan dari adik yang baru kena juga (adik usia 22 waktu itu). Ya gimana nggak kena, walaupun kamar terpaksa dipisah, saya tiap hari nyapu kamarnya hihihi.

    Anak2 saya sudah pada kena tiga2nya. Ada yang malah kena 2 kali. Mbak Lia coba ditanyain temannya nanti, apakah penyakit cacar yang sekarang orang bisa kena 2 kali? Kalo orang2 tua dulu kan bilangnya kalo sudah kena gak bakal kena lagi. Tapi sekarang beda.

    Entah apakah karena kuman2 penyakit pd bermutasi, makin tahan banting atau gimana. Ingat nggak salah satu iklan, ada laki2 yang menanyakan kepada seorang ibu mengenai dulu dan sekarang, kalo dulu orang lebih jarang kena flu dibanding sekarang? Nah, kesimpulan saya, penyakit2 sekarang itu "karakter"-nya berbeda dengan yang dulu, misalnya ada yang lebih ganas. Tapi entahlah ya, Mbak Lia ... itu perkiraan saya saja sih ...

    ReplyDelete
  17. Aku aja lupa apa udah kena ato blm.... Tp serem jg cacar pd org dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. blum mungkin... klo udah kena, pasti gatel2nya itu ga bisa dilupain deh :D

      Delete
  18. Saya juga ga pernah kena cacar, walaupun anak-anak semuanya sudah kena cacar semua.

    ReplyDelete
  19. iya nih, lagi musim cacar air ya kayaknya mbak, asal istirahat cukup dan makan makanan sehat, bisa terhindar dari virus ini ya

    ReplyDelete
  20. Cacar Air Ini Bahaya banget, karena katanya bisa nular ya?

    ReplyDelete