Friday, November 6, 2015

Jav dan Sepeda Roda Dua

Beberapa minggu yang lalu, saya menerima pemberitahuan dari guru Jav bahwa keesokan harinya, anak-anak yang rumahnya dekat dengan sekolah boleh menggunakan sepeda ke sekolah. Karena rencananya akan ada kegiatan bermain sepeda gitu deh di sekolah. Sedangkan untuk yang rumahnya jauh dan enggak memungkinkan untuk menggunakan sepeda ke sekolah, nanti gantian saja sama teman-temannya.

Kebetulan keesokan harinya Jav agak mogok sekolah karena semalam ditinggal ayahnya pergi ke luar kota ketika dia sedang tidur. Bangun-bangun mencari-cari, dan langsung menangis setelah tau bahwa ayahnya sudah pergi. Lalu saya katakan saja kalau hari itu Jav boleh membawa sepeda ke sekolah. Jadi semangat sekolah deh, hehehe....

Meskipun sebenarnya sih saya bingung juga. Menyeberang komplek sambil membawa sepeda saya dan Jav saja selalu membuat deg-degan. Bagaimana kalau ditambah sepeda Jav juga, huhu.... Akhirnya, digotong deh sepeda Javnya ke dalam mobil. Lumayan keringetan, heuheu.... Demi anak :p

Ternyata sebagian besar teman-teman Jav masih mengenakan sepeda roda empat loh, yang kecil pula. Sedangkan Jav, sejak empat tahun, dia sudah biasa mengendarai sepeda roda dua. Pernah ada teman saya yang bertanya, bagaimana cara Jav belajar mengendarai sepeda roda dua.

Sebenarnya kalau Jav sih, bisa dengan sendirinya, hihihi.... Jadi ketika umurnya dua tahun, kami sudah membelikan sepeda roda empat untuk Jav. Daripada manjat-manjat motor ayahnya :p Sengaja langsung membeli sepeda roda empat dan bukan sepeda roda tiga supaya dipakainya bisa lebih lama. Lebih hemat, hehehe....

Sejak beli hingga Jav bisa mengayuh pedalnya, prosesnya cukup lama. Jadi kalau enggak dia dorong-dorong sepedanya, ya digunakan untuk memanjat lemari atau kulkas :D Ketika Jav sudah tertarik untuk menggunakan sepedanya dengan baik dan benar, awalnya sih dia menggerakkan sepeda hanya dengan menekan pedal di sebelah kanan saja, bukan mengayuh bergantian dengan sebelah kiri. Jadi Jav menginjak pedal yang kanan, balikin lagi ke atas, injak lagi, terus begitu. Sepedanya memang maju sih, tapi ya masa begitu. Enggak asyik :D Padahal sudah diberi contoh, bahkan sudah dilatih mengayuh di kasur juga.

Jav bersama sepeda roda empatnya

Lama sekali sampai akhirnya Jav bisa mengayuh dengan benar. Setelah itu sih mainnya ngebut terus :p Hingga lama-kelamaan dua roda kecilnya agak naik sedikit. Saya perhatikan, ketika melaju, hanya dua roda besarnya yang bersentuhan dengan jalan. Kemudian saya minta suami untuk melepas dua roda kecilnya. Tadaaa! Jav pun langsung meluncur dengan mudah tanpa ada acara takut-takut dan jatuh-jatuh :)

Jav bersama sepeda roda duanya
Dari pengalaman Jav tersebut, saya ada tips nih untuk orang tua yang akan mengajarkan balitanya mengendarai sepeda roda dua.
  • Gunakan sepeda yang ukurannya sesuai dengan tinggi anak, sehingga ketika berhenti kaki anak bisa menapak ke jalan.
  • Gunakan sepeda roda empat, sehingga anak dapat fokus dan tenang belajar mengayuh sepedanya dulu.
  • Setelah mahir mengayuh, angkat sedikit dua roda kecilnya. Ketika melaju, sepeda akan seimbang dengan sendirinya. Dan ketika berhenti, tidak akan khawatir jatuh.
  • Apabila sudah lancar, lepas deh dua roda kecilnya.
  • Jangan lupa, ajarkan juga cara memberhentikan laju sepedanya ya :p

Kemampuan mengendarai sepeda ini penting loh untuk perkembangan balita. Selain sebagai sarana rekreasi dan bersosialisasi dengan teman-temannya, juga baik untuk melatih motorik kasar, melatih koordinasi antara otak, mata, tangan, dan kaki, serta melatih pengendalian diri ;)

16 comments :

  1. Saya juga minta secara khusus agar anak dibekali pengetahuan standar di jalan untuk anak, mbak,karena rumah kami di pinggir jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. serem ya klo di pinggir jalan... di komplek aja motor2 suka pada ngebut :(

      Delete
  2. jadi inget, dulu anak pertama saya pengen banget ke sekolah TK nya naik sepeda roda dua :)

    ReplyDelete
  3. Hai Jav, seru ya main sepeda di sekolahan. Pernah lihat keknya jav manjat lemari es pakai sepeda..hehee. Faiz usia empat tahun juga, gak pakai acara dorong-dorongan juga, dia latihan sendiri, saya yang ngawasin

    ReplyDelete
  4. aih keren Jav udah bisa roda dua, Alvin belum belajar nih

    ReplyDelete
  5. Keren Jav..zaidan bisa sepeda roda 2 kls 1 itupun setlh sy ajari karena teman2 nya udah bisa dan zaidan blm shg ia ga pede

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang klo liat tmn2, anak jd lbh cpt termotivasi ya...

      Delete
  6. Dija belom bisa naik sepeda roda dua nih Tante

    :(

    ReplyDelete