Friday, December 11, 2015

Arem-Arem Mi

Pada tau arem-arem kan? Kalau menurut KBBI sih, arem-arem itu lontong bersantan yang berisi daging cincang dsb yang dibumbui. Isinya dapat dibuat bervariasi. Bisa daging cincang, daging ayam, sayur, bahksn oncom, tergantung selera masing-masing.

Sedangkan kulitnya, yang saya tau sih hanya dua. Ada yang terbuat dari beras, serta ada juga yang dibuat dari mi. Dibandingkan dengan arem-arem yang terbuat dari beras, saya sih lebih suka arem-arem yang terbuat dari mi. Jadi  Terasa lebih spesial.

Sayangnya, arem-arem mi lebih susah didapatkan. Kebanyakan, arem-arem yang dijual di toko-toko kue ya arem-arem beras. Kemarin sempat nemu sih di bazar tujuh belas agustusan, ada yang menjual arem-arem mi. Tapi ternyata rasanya enggak sesuai dengan yang saya harapkan. Membuat saya bertekad untuk membuat arem-arem mi sendiri.

Bagi saya yang merasa bahwa kegiatan masak-memasak itu sebuah keharusan dan bukan sebuah hobi, tentu membuat arem-arem terasa sangat merepotkan. Harus menyiapkan daun pisang, membuat adonan kulit, membuat adonan isi, serta menyusun dan membungkusnya sehingga rapi. Tapi, kalau belum mencoba, penasaran terus jadinya. Akhirnya, saya pun mencoba membuat arem-arem mi yang resepnya mengikuti resep dari Sajian Sedap.

Bahan Kulit:
  • 200 gram mi telur, direbus
  • 3 butir telur 
  • 100 ml santan
  • 1 batang daun bawang, diiris
  • 1 sdt garam 
  • 1/2 sdt merica bubuk 
  • Daun pisang untuk membungkus 
Bahan Isi:
  • 5 butir bawang merah 
  • 3 siung bawang putih 
  • 2 buah cabai merah besar 
  • 3 buah cabai merah keriting 
  • 100 gr fillet ayam, dipotong kotak kecil
  • 100 gr wortel, dipotong kotak kecil
  • 50 gr buncis, diiris
  • 1 lembar daun salam 
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 3/4 sdt garam 
  • 1/4 sdt merica bubuk 
  • 1/2 sdt gula pasir 
  • 200 ml santan
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Cara Membuat:
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum.
  3. Masukkan wortel dan buncis, aduk sampai layu.
  4. Tambahkan ayam, garam, merica bubuk, dan gula pasir, lalu aduk rata.
  5. Tuang santan, kemudian masak sampai meresap.
  6. Sisihkan.
  7. Aduk rata bahan kulit.
  8. Ambil sedikit kulit, beri isi, dan bungkus dengan daun.
  9. Kukus selama 40 menit dengan api kecil sampai matang.
Perjuangan banget nih membuat arem-arem mi, terutama di bagian menyusun dan membungkusnya. Apalagi, ternyata saya membuat kulit minya terlalu tebal. Jadi ketikw digigit, yang dominan adalah minya. Padahal seharusnya kan isiannya. Tapi kalau dari segi rasa, lumayan lah. Hanya saya, bagi saya, santannya sepertinya terlalu banyak. Mungkin nanti kalau ada rencana membuat lagi, saya akan mengurangi santannya.

24 comments :

  1. aaaaa jajanan kesukaanku nih... apalagi kalo isiannya banyak
    jadi pengen deh ihhhhh..

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah makan ini -,- Jadi penasaran deh

    ReplyDelete
  3. kayaknya pernah makan ini waktu jadi pengawas UN...

    ReplyDelete
  4. waaaa, bisa dicoba nih kreatif juga idenya ya. tapi di sini daun pisang mahal hiks...

    ReplyDelete
  5. arem arem enak ya mb, saya sering makan disaat pagi lho mb, apalgi taroin pedas, wah jadi kepingin lagi :)

    ReplyDelete
  6. Arem-arem sama cengek 2 dan tahu dan kerupuk enak tuh Mbak... :)

    ReplyDelete
  7. Arem arem sama seperti lontong isi ya. saya belum pernah mencobanya mba...bisa dong saya pesan...

    ReplyDelete
  8. Suka aren-arem sih, tapi kalau yang mie belum pernah nyicip, ada dua macam arem-arem aja aku baru tau :D

    ReplyDelete
  9. jujur, barukali ini tau arem arem mie. tapi sedep juga penampakannya, bolehlah kapan-kapan obrak abrik dapur buat nyobain resep satu ini..

    ReplyDelete