Thursday, September 29, 2016

ASUS Zenvolution 2016: The Incredible Race

asus incredible race


Hari kedua acara Zenvolution nih. Di awal hari itu, saya menikmati sarapan di pinggir kolam renang Courtyard by Marriot Bali Nusa Dua Resort. Namun, cuaca yang sempat cerah tiba-tiba berubah mendung dan turun hujan sehingga kegiatan sarapan pun terpaksa harus terhenti. Untungnya, porsi makanan yang sudah saya santap rasanya cukup sih untuk seru-seruan mengikuti ASUS The Incredible Race. 

Menggunakan sneakers yang sudah dipersiapkan sejak dari Bandung, serta mengenakan t-shirt Incredible Race dan menggendong tas Incredible Race (berisi topi, jas hujan, dan air mineral), plus tentu saja membawa ZenFone 3 dengan daya terisi penuh dan starter pack Simpati dengan paket data aktif, saya dan Mba Widya menunggu hujan di lobi hotel. 

Tapi sampai pukul sembilan, gerimis romantisnya enggak berhenti juga. Ya sudah, kami pun langsung bergerak menuju titik start Incredible Race di Hotel Inaya Putri Bali sambil hujan-hujanan. Demi apa? Demi hadiah uang tunai ratusan juta rupiah, hohoho.... Eh, hujannya lantas berhenti. Tapi di tengah perjalanan malah hujan deras lagi. Dan ketika sampai, berhenti lagi, bahkan cerah banget. Bikin galau deh, hihihi....

asus incredible race

Di titik start, rupanya sudah banyak peserta yang berkumpul di lapangan. Ya iyalah, memecahkan rekor MURI loh. Saya dan Mba Widya pun berpisah serta mencari kelompok masing-masing. Alhamdulillah tanpa perlu mencari lama, saya langsung menemukan teman-teman kelompok saya, R35, tim paling bontot. Senangnya bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, dan lain-lain. Seharusnya satu tim terdiri dari 20 orang peserta. Namun di tim kami yang hadir hanya 13 orang saja. Enggak apa-apa, yang penting kompak ya.

asus incredible race

Setiap tim didampingi oleh satu orang fasilitator. Ketika saya tiba, Mba Ririn--pendamping tim kami--langsung memberikan tambahan amunisi berupa nomor dada, buku panduan, kupon makan senilai Rp 150.000, kupon air mineral, kupon air isotonik, dan uang saku sebesar Rp 50.000. Insya Allah enggak akan kehausan dan kelaparan ya. Sayang, di sepanjang jalan enggak ada tukang seblak atau lumpia basah, jadi uang sakunya awet deh, hihihi.... Setelah briefing singkat dan berdoa bersama dipimpin oleh Mas Ilham--ketua tim R35, pukul sepuluh, kami pun berangkat menuju station pertama.

asus incredible race
Foto: Irham
Cara bermainnya bagaimana? Untuk mencapai station pertama, kami harus memindai QR Code yang diberikan oleh fasilitator. Tenang, aplikasinya (QR Droid) sudah terpasang di ZenFone 3 kami. Nanti akan muncul lokasi yang harus kami tuju. Di tempat tersebut, kami akan diberi tugas terkait dengan fitur-fitur yang terdapat pada ZenFone 3. Angka maksimal yang bisa didapatkan tiap tim di masing-masing station adalah 20 poin. Kalau tugasnya sudah selesai, baru kami diberi QR Code lagi untuk mendapatkan petunjuk menuju station berikutnya. Totalnya ada 10 station. Tiga tim yang tiba di titik finis paling awal bisa mendapatkan bonus poin. Selanjutnya lima tim yang mencapai poin paling tinggi berhak menerima uang tunai sesuai poin yang sudah dikumpulkan, Rp 100.000 per poin. Glek!

Simpel kan ya? Namun ternyata praktiknya enggak sesimpel itu. Soalnya jarak dari satu station ke station lain jauh sekali. Jalan kaki dan cuacanya hot banget pula. Tapi karena bersama-sama, jadinya memang asyik sih. 

Station 1: Performance and Battery Station
Petunjuk pertama yaitu peta di Google Map yang mengarahkan kami ke Bali Collection. Namun kami harus berputar-putar dulu mencari pintu masuk karena satpam di sana mengatakan enggak ada kegiatan ASUS di dalam Bali Collection, duh.... Tugas yang harus kami selesaikan di station tersebut adalah memainkan game yang kemarin sempat heboh banget. Yup, Pokemon GO.

Setelah sekian lama enggak tergoda, akhirnya saya main Pokemon GO juga, hihihi.... Ternyata memang seru dan bikin ketagihan ya. Apalagi mainnya pakai ZenFone 3, performanya oke banget. GPS-nya akurat dan baterai pun awet. Namun dalam 15 menit, tim kami hanya berhasil mengumpulkan 43 pokemon. Soalnya enggak semua anggota tim berhasil registrasi permainan ini. Saya sendiri menyumbang 6 pokemon, hasil belajar singkat sama Mba Dhanyar--satu-satunya anggota tim yang pernah main Pokemon GO. Karena kurang dari 50 pokemon, skor yang kami dapatkan yaitu 15 poin.

Station 2: Long Exposure 32 Seconds Station
Dari Bali Collection, kami diarahkan ke hotel tempat rombongan media dan blogger menginap, Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort. Enak, adem, hehehe.... Di station tersebut kami harus menyelesaikan tugas membuat foto bertuliskan Zenvolution menggunakan cahaya. Bagaimana caranya? Harus pakai kamera DSLR profesional dong? Ya enggak lah, pakai ZenFone 3 juga bisa kok, karena kamera pada ponsel ini mendukung banget untuk mengambil gambar dengan mode 32 seconds long exposure. 

Maka kami pun berbaris di ruang gelap serta menyiapkan flashlight dari ZenFone 3 masing-masing dengan warna yang berbeda-beda. 11 orang membuat tulisan Z, E, N, V, dan seterusnya (saya langsung booking huruf Z).  1 orang membuat garis. Dan 1 orang lagi menangkap gambar di belakang kamera. Hasilnya? Keren banget loh. Kami mendapat skor sempurna, 20 poin. 

asus incredible race
Foto: Irham
Station 3: Display Station
Selanjutnya, kami kembali lagi ke arah Bali Collection. Menuju station berikutnya di Jalan Pantai Mengiat. Di sana ada papan berisi 20 QR Code yang harus dipindai oleh tim kami. Kode tersebut merujuk pada 20 potongan gambar dan mesti disusun sehingga membentuk 1 gambar utuh. Sepertinya mudah ya? Tapi ternyata enggak.

Sensor kameranya ZenFone 3 ini bagus banget, sensitif sekali. Maksud hati menggerakkan ponsel untuk memindai QR Code di baris atas, eh sudah keburu memindai QR Code yang berada di baris bawah. Jadi sebelum kamera mengarah pada QR Code yang diinginkan, kameranya harus ditutup dulu. Kemudian, menyusun puzzle-nya pun ternyata sangat sulit. Karena enggak lengkap (tim kami kan hanya ada 13 orang) jadi gambar yang dihasilkan enggak sempurna dan membuat peluang salahnya menjadi lebih besar. Ternyata benar, dari 13 gambar, ada 3 yang salah. Jadi skor yang kami dapatkan hanya 10 poin. Namun panitia berbaik hati menambah 7 poin untuk kekurangan 7 anggota di tim kami. Wuih, senangnya. Jadi totalnya 17 poin.

Lunch di Bali Collection
Enggak terasa rupanya waktu sudah menunjukkan pukul dua belas, saatnya makan siang. Kami pun bergegas kembali menuju Bali Collection dan mencari restoran yang bekerjasama dengan ASUS Indonesia dan menerima voucher yang kami miliki. Ternyata semua restoran dipenuhi peserta ASUS The Incredible Race. Makin bingung deh mau makan di mana. Akhirnya kami pun memutuskan untuk makan siang di Prada Exclusive Lounge and Grill. Alhamdulillah nikmat. Hanya saja itu porsi nasinya irit banget ya, hihihi....

asus incredible race

Station 4: SonicMaster Station
Pukul satu, waktunya untuk kembali berjuang. Semangat! Kali ini, station tujuan kami berada di Novotel Bali Nusa Dua Hotel & Recidences. Ya ampun, itu kan sebelahnya Courtyard by Marriott. Balik lagi, heuheu.... 

Sekarang saatnya tim kami menikmati kualitas audio SonicMaster. Caranya yaitu dengan menebak judul lagu yang diputar oleh panitia. Dari 25 judul lagu, tim kami mampu menebak 19 judul lagu. Hmmm, sebenarnya bukan tim kami sih, tapi hanya Mba Dhanyar dan Mas Irham. Sisanya tidur penggembira, hihihi.... Padahal, lagu-lagunya sering saya dengar dari playlist suami. Tapi ya gitu, enggak tahu judulnya. Saat itu, saya merasa tua dan enggak gaul banget, wkwkwk.... Akhirnya, skor yang kami dapatkan di station tersebut yaitu 15 poin.

Station 5: EIS Station
Station yang harus kami tuju berikutnya berada di depan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Itu jauh banget loh dari Novotel, ujung ke ujung. Pokoknya banyak waktu habis di jalan deh. Untungnya di station tersebut tugasnya agak santai. Kami hanya perlu duduk manis menggunakan shuttle service mengelilingi area Incredible Race di Kawasan Pariwisata Nusa Dua Bali sambil merekam perjalanan tersebut menggunakan kamera ZenFone 3. Yup! Saatnya menjajal fitur electronic image stabilizer (EIS) nih.

Dan betul loh, video hasil rekaman perjalanan tersebut memang bagus. Tetap fokus, stabil, dan enggak blur, meskipun kendaraannya berguncang terus, plus banyak polisi tidur pula. Nah, selanjutnya panitia memberi 10 pertanyaan yang jawabannya bisa didapatkan dari video tersebut. Misalnya 'Ada berapa jumlah banner ASUS The Incredible Race?' atau 'Ada berapa tipe notebook pada banner ASUS?' Susah ternyata, harus putar-putar ulang videonya, hihihi.... Akhirnya tim kami hanya bisa menjawab 8 pertanyaan. Skornya menjadi 16 poin.

Station 6: 4K Station
Alhamdulillah, station yang keenam ini dekat banget dari station sebelumnya, tinggal masuk saja ke dalam BNDCC. Yeay, ngadem lagi, hihihi.... Di sini, kami membuktikan betapa kerennya kamera ZenFone 3 karena dapat merekam video dengan kualitas 4K (3840x2160 pixel). Merekam apa? Merekam anggota tim kami yang sedang belajar menari Bali, tari Sekar Jagat, hohoho....

Jadi 12 orang tim kami menari di belakang 2 orang penari asli Bali. Dan 1 orang lagi bertugas untuk merekam. Saya? Berhubung sudah lama banget enggak nari Bali, ya doyan banget dong dikasih tugas ini. Teman-teman yang lain juga tetap semangat menari meskipun sudah lelah dan gerakannya lucu-lucu, terutama yang cowok-cowok tuh, hihihi.... Nih, video yang direkam oleh Mas Irham pakai ZenFone 3. Kece kan? Tim kami mendapat skor 20 poin. 


Selesai menari, ternyata waktu Incredible Race telah habis, sudah pukul tiga. Setelah berdiskusi, dengan total skor 103 poin, tim kami memutuskan untuk langsung menuju ke titik finis. Menang enggak menang yang penting happy, begitu slogan tim kami...

asus incredible race

Sampai ke titik finis, di lapangan ITDC, banyak peserta Incredible Race yang sudah kembali. Diiringi lagu We Are The Champion, semua wajahnya terlihat berseri-seri. Padahal sudah berjalan kaki dan panas-panasan sejauh lima belas kilometer. Wow! Betul enggak ya lima belas kilometer? Tim kami pun langsung berbaris untuk dikalungkan medali finisher. Rasanya bangga banget deh.

asus incredible race

Meskipun badan terasa sangat letih, tapi saya senang sekali mengikuti Incredible Race ini. ASUS Indonesia memang luar biasa banget. Kami diundang bukan hanya untuk menghadiri acara launching dan mendapatkan ZenFone 3 secara gratis. Namun juga diberi kesempatan untuk menjajal fitur-fitur ponselnya dengan cara yang seru dan asyik. Bertabur banyak hadiah pula. Terima kasih ASUS Indonesia. Lalu, apakah tim kami menang? Tunggu cerita berikutnya ya ;)

asus incredible race
Foto: Ilham

44 comments :

  1. Wah acaranya seru, kita kok nggak pernah ikutan yak :)

    ReplyDelete
  2. Hihi kelompok ku hanya sampai station 5 gegara nyasar lama, cape jalan kakiii yaa..

    ReplyDelete
  3. Wiih asyiik, Mbak Lia. Keren acaranya.

    ReplyDelete
  4. Waaah, liputan ASUS masih ada di mana-mana xD. Bikin mupengnya nggak ilang-ilang Teh :p

    ReplyDelete
  5. Seruuuu... *Makin kabita aja sayah* :)))

    ReplyDelete
  6. Waah...seruuu! Jalan-jalan santai dikasih voucher, dibekelin minum, dapat uang cash pula :) Kalo ada seblak, pasti beli, ya... he he he.
    Eh iya, itu nasinya dikit ya. Barangkali supaya enak jalannya. Gak kekenyangan hehehe...

    ReplyDelete
  7. Wah jalannya 15 kilo :D Eh tapi dikasih bekelnya banyak juga ya :D

    ReplyDelete
  8. wah .. ini hasil jalan-jalan ke Bali ya ^^

    ReplyDelete
  9. Komunitasnya banyak bener, pantes kalau punya banyak teman blogger.

    ReplyDelete
  10. mbakkk dirimu imut banget, aku gak nyadar beneran kalo yang kalem itu mbak Natalie, banyak juga ya pos yang disamperin kelompok mbak, kelompok ku dikit karena jaraknya jauh-jauh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan, ada bbrp yg tetanggaan, tp kbanyakan sih jauh2 jg :D

      Delete
  11. Fitur untuk fotografinya mendukung banget ya Mba, jadi gak ribet harus instal ini dan itu lagi. Mantap deh zenfon ini.

    ReplyDelete
  12. seruuu...mudah2an bisa dapat kesempatan ikutan event seperti ini :)

    ReplyDelete
  13. seruuu , beruntungya mba bisa ikut acara ASUS di Bali :)

    ReplyDelete
  14. Lucu yaa bisa main Pokemon Go bareng-bareng, selamat yaaa dapat medali mbak.

    ReplyDelete
  15. Acaranya seru banget ya mba. Senang pasti ya mba bisa ikut serta, suksses mba

    ReplyDelete
  16. seru banget ya acaranya, asus emang mantap kalo bikin event

    ReplyDelete
  17. Kalau saya mah sudah tidak ragu lagi mbak kalau sama produk dari asus mah karena saya sudah lama pakai produk dari asus tapi kalau zenfone saya belum pernah coba.

    ReplyDelete
  18. Duuhh beruntung banget mba dapat kesempatan seperti ini. Semoga semakin sering yak.. Dan nular ke sayah juga.. Xixi

    ReplyDelete