Friday, December 7, 2012

Kisah Di Balik Nama

Mba Armita (sok kenal hehe) sedang berbahagia menanti kehadiran calon bayinya yang akan lahir tidak lama lagi. Membuat saya teringat pada masa-masa saat saya sedang mengandung calon bayi saya beberapa tahun yang lalu. Perasaan bahagia ingin segera bertemu dengan sang calon bayi, bercampur dengan perasaan deg-degan berharap semua berjalan dengan lancar. Dan yang pasti, saya sangat antusias mempersiapkan semua kebutuhan sang calon bayi, termasuk namanya.

Sejak usia kandungan lima bulan, dokter sudah memperkirakan bahwa calon bayi saya ini mempunyai jenis kelamin laki-laki. Namun untuk berjaga-jaga, selain mempersiapkan pakaian dan segala keperluan bayi dengan warna dan karakter yang netral, saya dan suami juga tetap mempersiapkan alternatif nama untuk kedua jenis kelamin.

Syukurlah tidak ada 'pertumpahan darah' dalam mempersiapkan nama untuk sang calon bayi. Saya dan suami sepakat bahwa nama untuk sang calon bayi harus:
  1. Bernuansa Islami. Selain berfungsi sebagai doa, nama juga menunjukkan identitas seseorang. Maka dari itu, selain mencari nama yang mengandung arti baik, kami juga mencari nama yang Islami (belajar dari pengalaman saya yang selalu membuat orang-orang kaget ketika mengetahui bahwa saya seorang Muslim).
  2. Terdiri dari tiga suku kata. Sesuai dengan nama saya dan suami, juga agar sesuai dengan jumlah suku kata yang dibutuhkan dalam pembuatan paspor (berharap calon bayi kami akan 'mendunia' hehe).


Saya dan suami lalu membuat long list calon-calon nama bayi, baik untuk perempuan maupun laki-laki. Selain membeli buku kumpulan nama bayi, saya juga mengumpulkan nama-nama bayi dari internet. Tips-tips memilih nama bayi yang saya dapatkan dari intenet sudah saya tulis disini.

Setelah mendapatkan long list calon nama bayi, kemudian nama-nama tersebut kami hayati lagi dan diseleksi sehingga menjadi short list calon nama bayi.

Lalu dimulailah bagian yang paling susah, merangkai short list calon nama bayi tersebut menjadi beberapa nama yang indah sekaligus mempunyai arti yang baik. Pada tahap ini ibu saya dan bapak mertua pun turut menyumbangkan beberapa nama bayi untuk calon cucunya.

Dan akhirnya, setelah berbagai perenungan dan pertimbangan, munculah super short list rangkaian nama untuk calon bayi kami. Saya merasa cukup puas dengan super short list tersebut, dan menyerahkan pada suami untuk memilih nama mana yang akan dipakai.

Meskipun saya sangat penasaran, ternyata suami ingin menunggu calon bayi kami lahir dulu supaya lebih mantap dalam memutuskan. Suami ingin nama yang nanti dipilih sesuai dengan penampakan dan karakter sang calon bayi.

Lalu saat yang dinanti-nanti pun tiba. Alhamdulillah sang bayi lahir dengan sehat dan selamat. Suami memberi nama Javier Irsyad Rafisqy pada bayi laki-laki kami. Artinya yaitu panduan serta jalan terang yang sempurna menuju kebaikan, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang di sekitarnya. Aamiin...

Kiri: Jav 0 bulan - Tengah: Jav 1 tahun - Kanan: Jav hampir 2 tahun
Dari dulu saya selalu terpesona dan kagum pada nama Badai dan Rimba (anaknya Aa Boxer sekaligus guru muda di perguruan seni beladiri Tarung Derajat). Wuih kesannya laki-laki banget dan yang pasti macho banget. Makanya untuk masukan nama bayi yang diminta Mba Armita, saya ingin memberikan nama yang macho juga. Sebenernya saya engga pede memberikan ide nama bayi untuk Mba Armita, soalnya Mba Armita kan mempunyai jasa pembuatan nama bayi dan nama perusahaan. Tapi berhubung Mba Armita butuh masukan nama bayi, maka saya mengusulkan nama Muhammad Luthfi Al Barq untuk calon bayi Mba Armita yang insya Allah berjenis kelamin laki-laki.

Kata Al-Barq terinspirasi dari nama salah satu asrama di Pondok Madani yang terdapat pada novel Negeri 5 Menara. Artinya petir. Macho kan? Hehe... Mudah-mudahan dengan nama itu, sang bayi akan menjadi laki-laki yang 'menggelegar sekuat petir dan bersinar seterang petir', namun berhati lembut seperti Nabi Muhammad SAW. Aamiin...

Salam kenal dan selamat menanti kelahiran sang calon bayi ya Mba Armita. Semoga semuanya berjalan lancar, serta ibu dan sang calon bayi sehat dan selamat.

“BEAUTIFUL NAME FOR SMART BABY by Armita Fibriyanti”

2 comments :

  1. Halo Mba, makasih ya udah join ke GA saya.
    ternyata baby-nya cowok juga ya, udah 2 tahun lagi =) gimana mba, repot gak ngasuh baby cowok? ada yg bilang klo baby cowok lebih repot drpada cewek... *eh malah nanya yg gak gak..

    btw, nama yang diusulkan bagus juga tuh. nanti sy discuss sama suami dulu ya, semoga dia suka =)

    ketjup buat adik Jav ya Mba :)

    ReplyDelete
  2. sama-sama..
    makasih ya udah mampir kesini :)

    punya anak cowo itu seru mba :D

    ReplyDelete