Saturday, December 21, 2013

Menikmati Masakan Khas Aceh di RM Seulawah

Beberapa minggu yang lalu, setelah menghadiri acara pernikahan sahabat di Jakarta, saya menyempatkan diri dulu untuk makan malam sebelum pulang ke Bandung. Menuntaskan rasa penasaran saya pada tempat makan yang biasa dikunjungi suami saya ketika sedang di Jakarta. Inginnya sih mencoba semua, tapi bagaimana mungkin heuheu.. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya memilih RM. Seulawah.

Lokasi nya berada di Jl. Bendungan Hilir No.9 (depan Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo). Mendapatkan tempat parkir di sini memang agak sulit, karena di malam hari, ramai dengan pedagang kaki lima yang berjualan di halamannya.

Tampak depan (Dok. Pribadi)
Sebenarnya saya tergoda untuk mencoba semua menu yang tersedia di sini. Ada Ayam Tangkap, Sambal Ganja, Mie Kuah Kepiting. Tapi pilihan saya akhirnya jatuh pada yang cara makannya paling simple aja, Mie Goreng Udang dan Teh Tarek Hangat. Suami saya memesan Nasi Goreng Kambing dan Es Timun. Sedangkan untuk Jav, saya memesan Nasi Putih dan Martabak Aceh.

Martabak Aceh - Nasi Goreng Kambing - Mie Goreng Udang (Dok. Pribadi)
Es Timun - Teh Tarek Hangat (Dok. Pribadi)
Mie Goreng Udang-nya enaaak. Udangnya banyak dan bumbunya lekoh banget. Ditambah perasan jeruk nipis jadi makin seger. Pas! Teh Tarek-nya juga nikmat. Aroma kayu manisnya terasa banget. Waktu saya nyicip Nasi Goreng Kambing suami saya juga enak, tapi karena baru makan Mie Goreng, rasanya jadi kalah sama Mie Goreng. Es Timun-nya juga seger, rasanya original banget. Yang menurut saya rasanya kurang adalah Martabak Aceh-nya. Enak sih, tapi enggak pakai daging, beda tipis sama telur dadar yang ada di Nasi Goreng.

Ngomongin telur dadar, ternyata suami saya dapat kejutan waktu makan telur dadarnya. Ada karet gelangnya. Waktu lapor sama pelayan, pelayannya hanya mengambil karet itu lalu langsung kembali ke belakang. Boro-boro dapat dapat makanan gratis sebagai permintaan maaf, meminta maaf pun enggak. Ya enggak apa-apa sih, asal jangan terulang lagi aja.

Untungnya saya agak terhibur karena mba-mba kasirnya ramah banget. Dia enggak marah waktu Jav mengambil alih remote TV. Mba kasirnya malah mengajak Jav mengobrol serta meminta Jav supaya duduk manis dan makan yang pinter :)

2 comments :

  1. waduh mbak,, ada karet gelangnya yah..rasanya jadi pait2 gitu dong,hehe..
    iya sih,martabak aceh cuma telur doank,,kecuali kalau judulnya martabak mesir baru pake daging. saya suka masakan aceh kari bebeknya mbak :)

    ReplyDelete
  2. udah ada beberapa yang merekomendasikan RM Seulawah ini jadi makin penasara. Etapi kalau yang karet gelangnya itu kayaknya enggak banget, ya. Semoga jangan kejadian lagi

    ReplyDelete