Friday, May 30, 2014

Trip to Jogja #2: Serunya Jalan-Jalan Keliling Jogja

Jarang-jarang nih bisa jalan-jalan ke Jogja bareng-bareng sekeluarga. Makanya itenerary yang kami susun benar-benar padat acaranya. Sebisa mungkin semua anggota keluarga terakomodasi kebutuhan bersenang-senangnya. Wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata anak, wisata belanja, wisata kuliner, semuanya masuk ke dalam jadwal.

Untuk mengoptimalkan jadwal tersebut, kami menyewa mobil tanpa supir. Berbekal GPS dan peta wisata Jogja dari kakak sepupu (yang bekerja di travel agent), liburan di Jogja hari kedua pun dimulai :)

Candi Prambanan
Tempat yang pertama kami kunjungi yaitu Candi Prambanan. Sekalian mengecek lokasi hotel tempat acara resepsi pernikahan tetangga yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Kami tiba di sana sekitar pukul setengah sepuluh, terhitung masih cukup pagi. Tapi tempat itu sudah ramai oleh para wisatawan, apalagi ada rombongan anak-anak SMA juga.

Setelah membeli tiket untuk masuk ke kawasan Candi Prambanan (inginnya sih sekalian ke Candi Ratu Boko juga, tapi waktunya terbatas, bapak-bapak kan harus Jumatan), kami tiba di sebuah pos yang menyediakan kain sarung untuk dipakai selama berada di kawasan candi. Kain tersebut dipinjamkan, bukan untuk dibagi-bagi :D

Berhubung kami yang dewasa sudah pernah ke sini (jadi sudah enggak aneh lagi), juga karena Jav masih belum ngeh ketika diberi sedikit cerita tentang sejarah dan candi, maka kami tidak berniat berlama-lama di sini. Walaupun begitu, tidak terasa juga waktu sudah menunjukkan pukul sebelas ketika kami tiba kembali di tempat parkir, karena jalan masuk dan jalan keluarnya cukup sangat panjang :p

Prambanan dari kejauhan (Dok. Pribadi)
Bergaya dulu :D (Dok. Pribadi)
Jav sama ayahnya (Dok. Pribadi)
Candi Prambanan

Alamat: Jalan Raya Jogja - Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Telepon: (0274) 496 408
Rp. 30.000 (dewasa)
Rp. 12.500 (anak)
Buka: setiap hari
Pk 06.00 - 17.00 WIB

Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Mirota
Malam sebelumnya, kakak sepupu menganjurkan kami untuk main ke Alun-Alun Kidul. Karena ingin belanja, setelah bersilaturahmi bersama keluarga uak, kami lebih memilih untuk mampir ke Mirota. Tapi kami harus kecewa, karena pada tanggal merah, Mirota ternyata tutup. Mau ke Alun-Alun Kidul, enggak asyik sepertinya, karena hujan sudah mulai turun. Daripada balik lagi, akhirnya kami jalan-jalan di Malioboro saja. Seru juga, banyak barang murah meriah yang begitu menggoda. Apalagi, malam itu Malioboro sedang tidak terlalu ramai.

Nah, saat ayah dan suami saya salat Jumat, saya dan ibu saya melanjutkan kegiatan yang malam sebelumnya tertunda, mampir lagi ke Mirota. Namun sebelumnya masuk ke Pasar Beringharjo dulu. Beberapa kali ke Jogja, tapi ini pertama kalinya saya masuk ke sini. Enak, sepi. Mungkin karena sedang waktu Jumatan? Biasanya kan ramai sekali. Karena barang yang dicari enggak ada, kami pun keluar lagi dan lanjut ke Mirota.

Duh, Mirota siang itu ramai sekali. Saya yang tadinya semangat mau hunting daster batik dan pasmina batik, jadi malas. Apalagi karena bareng sama Jav yang hobinya lari-lari, saya jadi enggak bisa fokus nyari barang. Akhirnya saya dan Jav menyingkir ke dekat tangga sambil menunggu ibu saya yang sedang memilih lulur. Betapa kagetnya saya ketika sudah kembali ke Bandung dan mendapati bahwa ibu saya bukan hanya membeli lulur, tapi mukena batik juga. Mukenanya cantik... Mau juga huhuhu...

Setelah Jumatan, inginnya sih makan siang di House of Raminten yang katanya ada di lantai tiga. Tapi kok penampakannya meragukan yah? Apa sudah pindah tempat? Akhirnya makan siang di Malioboro saja.

Taman Pintar
Selesai makan siang, kami pun melanjutkan perjalanan ke Taman Pintar. Ya, saya tahu Taman Pintar itu cocoknya untuk anak usia sekolah. Tapi saya sih rencananya hanya ingin mengajak Jav ke Gedung PAUD. Sayangnya, khusus untuk Gedung PAUD, ternyata si anak harus masuk sendiri, enggak bisa ditemani orang tua. Entah apa alasannya. Idih! Enggak asyik banget sih! Terpaksa deh, kami membeli tiket untuk Gedung Memorabilia dan Gedung Kotak-Oval (Gedung Utama).

Walaupun sebagian besar wahana (dan pengetahuan) yang berada di sana tidak bisa dinikmati (dan belum dimengerti) oleh Jav, tapi lumayan juga ada beberapa wahana yang cukup menarik perhatian Jav. Yang pasti sih, jalan-jalan di Taman Pintar itu dijamin kaki bakal terasa pegal (atau sayanya yang sudah terlalu tua huhu) :p

Salah satu patung pahlawan di Gedung Memorabilia (Dok. Pribadi)
Kesukaan Jav... Mobil... (Dok. Pribadi)
Simulasi gempa (Dok. Pribadi)
Kalau dipencet bunyi (Dok. Pribadi)
Main gamelan (Dok. Pribadi)
Taman Pintar
Alamat: Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta

Telepon: (0274) 583 713, 583 631

Rp 10.000 (anak)
Rp 18.000 (dewasa)
Buka: Selasa - Minggu dan Hari Libur Nasional
Pk 09.00 - 16.00 WIB

Jejamuran
Setelah curi-curi tidur sore di hotel, kini saatnya makan malam bareng-bareng sama keluarga uak. Saya memberi usul untuk makan di Jejamuran. Sudah lama saya ngiler untuk mencoba hidangan di tempat ini sejak menonton liputannya di berbagai acara kuliner di televisi.

Ternyata, lokasinya cukup membuat orang tua saya ragu atas pilihan saya tersebut. Apalagi posisinya berada di jalan kecil, bukan di pinggir jalan besar. Tapiii, setelah melihat penampakan restorannya, juga setelah menikmati hidangannya, keraguan orang tua pun lenyap hihihi... Bahkan sampai ingin membuka cabang di Bandung :p

Sop Jamurnya oke, Sate Jamurnya maknyus, Tongseng Jamurnya top markotop, apalagi Pepes Jamurnya. Semuanya enak! Duh saya yang nulis, malah saya yang jadi ngiler sendiri :D Hanya saja, ada satu yang enggak cocok di lidah saya, Wedang Jamurnya. Terasa seperti jamu.

Sayang, di Jejamuran ini enggak ada dokumentasinya. Enggak sempat. Yang ada, foto oleh-oleh Keripik Jamur yang dibawa ke Bandung.

Keripik jamur (Dok. Pribadi)
Jejamuran
Alamat: Niron, Padowoharjo, Sleman, Jogjakarta 55512
Telepon: 0274 868170
Buka: 10.00 - 21.00 WIB

Taman Pelangi
Setelah puas memanjakan lidah di Jejamuran, acara jalan-jalan dilanjutkan ke Taman Pelangi. Karena sudah malam dan sedikit gerimis, juga ada dua bayi yang ikut serta, jadi tidak semua ikut berkeliling.

Jav sih senang sekali foto-foto di sebelah lampion-lampion tokoh kartun kesukaannya. Apalagi ada sepupunya yang seumuran, puas deh lari-lari bareng. Sebenarnya, selain lampion, ada beberapa wahana permainan anak juga. Sayang, wahana permainan tersebut terlihat tidak ada peminatnya. Jadi, Jav dan sepupu-sepupunya hanya mencoba bom bom car (tentunya didampingi ayah dan yangkinya), karena yang terlihat ramai hanya trampolin dan bom bom car.

Jav sama sepupu-sepupunya (Dok. Pribadi)
Jav sama bundanya :p (Dok. Pribadi)
Javnya kabur, jadi foto sendiri aja :D (Dok. Pribadi)
Sebelum main bom bom car, difoto dulu :) (Dok. Pribadi)
Taman Pelangi
Alamat: Monumen Jogja Kembali, Jl. Lingkar Utara, Yogyakarta

Harga Tiket:
Rp 10.000 (Senin - Jumat)
Rp 15.000 (Sabtu dan Minggu)

Buka: Setiap hari
Pk 17.00 - 23.00 WIB

Acara hari ini benar-benar memuaskan, meskipun membuat kaki pegal. Kini saatnya istirahat dan menyiapkan energi untuk acara jalan-jalan selanjutnya :)

Selanjutnya, Trip to Jogja #3: Jogja Memang Enggak Ada Habisnya.

14 comments :

1. wah asik bgt jalan2nya, Jav kliatan sennag sekali ya..Belum sempat ke Taman Pintar dan Jejemauran,,,jadi kepengen jalan2 jg deh jadinya...

Replies
    1. Saya jg kalau ga ada undangan, pasti blum nyobain taman pintar & jejamuran :p

Delete
  2. Jogja lumayan banyak tempat wisatanya ya.. Udah lama enggak ke Jogja lagi nih. JAdi pengen kesana lagi.

ReplyDelete
  3. Jalan-jalannya puas banget mbak. Jav pasti seneng banget tuh diajak ke taman pintar ^^

4. Aku jadi kangen jalan2 ke Yogya lagi... dan mampir ke jejamuran lagi.
    Anak dan suamiku seneng banget makan di jejamuran Mak

ReplyDelete
  5. Andai gak hujan, di alun2 kidul tuh asyik, Mba. Berkeliling naik becak. Rame juga lho.
    Jav udah bisa eksyen nih, ya.

Replies
    1. Agak kapok mba kalau naik2 beca gt. Ya bayar, ya cape krn ngeboseh sendiri hihihi...

Delete
  6. Wah seru banget jalan-jalannya. Belum pernah ke Taman Pelangi dan Taman Pintar nih. Jadi pengen coba pasti seru. Apalagi buat anak ya banyak manfaatnya.