Wednesday, July 2, 2014

Kudet? #Honestly, Udah Enggak Zaman!

#Honestly, dulu waktu masih kuliah, saya selalu jadi orang paling kudet atau kurang up to date di kelompok studio. Kok bisa? Ya bisa. Jadi dulu itu semua informasi dari dosen, asisten, ataupun ketua kelompok studio, disebarkan melalui jarkom.

Pada tau jarkom enggak? Yang seangkatan saya, harusnya sih tau hihihi…. Jarkom itu singkatan dari jaringan komunikasi, semacam pesan berantai gitu. Jadi, ketua kelompok studio akan mengirim SMS seperti jadwal studio tambahan, atau jadwal presentasi, atau apapun ke beberapa orang ketua bidang. Lalu ketua bidang melanjutkan SMS tersebut ke salah satu anggotanya. Terus berlanjut hingga SMS sampai di anggota terakhir. Kalau enggak salah, waktu itu media sosial sih udah ada, tapi Friendster hihihi.... Jadi SMS memang menjadi media komunikasi paling efektif dan murah pada saat itu. Entahlah sekarang, masih musim enggak pakai jarkom :p

Nah, dalam rantai jarkom kelompok studio, saya menjadi anggota yang berada di urutan paling akhir. Seharusnya sih enak ya, karena enggak perlu mengirim SMS ke anggota lain. Tapi apesnya, teman yang seharusnya mengirim SMS pada saya, lebih sering melalaikan tugasnya. Kadang karena enggak ada pulsa atau karena memang lupa.

Suatu waktu di siang hari yang santai karena ujian akhir semester sudah selesai, sahabat saya menelepon untuk menanyakan posisi saya. "Lia udah sampai mana? Fotonya udah mau mulai." Hah? Foto? Sekarang? Sebelumnya, memang ada wacana untuk foto bersama kelompok studio, tapi saya enggak tau kalau foto studionya hari itu! Gara-gara jarkomnya enggak sampai ke saya, hiks….

Pilihannya hanya dua, teman-teman studio menunggu saya datang dulu yang pastinya enggak sebentar karena rumah saya yang berada jauh dari pusat kota, mana pakai angkot, mana macet, mana sayanya belum mandi pula :p, atau saya merelakan diri untuk enggak ikut foto. Huft! Rasanya kesel banget terancam enggak eksis gara-gara kudet. Akhirnya teman yang bertugas menyampaikan SMS pada saya, meminjam motor teman lain dan menjemput saya sebagai bentuk pertanggungjawaban sekaligus permintaan maafnya. Alhamdulillah akhirnya bisa tetap eksis walaupun kudet, hihihi….

Zaman sudah berganti, teknologi sudah semakin canggih, berbagi informasi pun menjadi sangat mudah. Apalagi sekarang ini, berbagai aplikasi media sosial bisa diakses secara mobile. Teman saya yang sudah menjadi dosen, biasa mengumumkan tugas atau jadwal bimbingan melalui blog. Kalau mau reuni sama teman-teman sekolah, tinggal bikin event di Facebook. Kabar teman yang akan menikah atau baru melahirkan pun bisa dengan mudah diketahui melalui grup di BBM atau Whatsapp. Lalu, apa dengan begitu, otomatis bisa terhindar dari kudet? Belum tentu juga sih. Apalagi kalau aplikasi-aplikasinya jarang dicek, tetap aja bakal kudet :p

Tapi, kalau pakai Nokia Lumia, dijamin deh enggak akan kudet. Soalnya, Nokia Lumia ini mempunyai fitur keren yang namanya Live Tiles. Kita bisa mengetahui berbagai update dari aplikasi-aplikasi media sosial, email, situs berita, atau apapun yang sudah kita pin. Jadi, kita enggak perlu buka satu per satu aplikasinya, karena semua update sudah muncul di homescreen. Asyik kan? Apalagi tampilannya bisa diatur sesuai dengan keinginan kita, baik ukurannya maupun warnanya. Unik banget jadinya. 

Live Tiles (Sumber)
Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi People Hub. Ini bukan phonebook biasa. Saat kita memilih salah satu nama kontak, yang akan muncul bukan hanya nomor telepon dan alamat email-nya, namun juga berbagai update media sosialnya. Apabila kita pin nama kontak atau grup tertentu, maka update media sosial, email terbaru, atau apapun yang terkait dengan kontak tersebut akan muncul di homescreen melalui fitur Live Tiles. Kalau sudah begini, enggak ada ceritanya deh, kita bakal ketinggalan informasi. 

People Hub (Sumber)
Gimana? Enggak mau kudet? Makanya pakai Nokia Lumia ;)

~~~

Artikel ini diikutsertakan #Honestly Giveaway: Jangan Kudet, Dong!

18 comments :

  1. Ini HP keren banget dan pasti bermanfaat. Tapi berhubung masih sayang sama si Iph*ne, jadi maksimalkan aja dulu yang ada, hihihi :)

    ReplyDelete
  2. Ha, Friendster, hhaha, jadi ingat jamannya itu, Mbak. testi :D
    tinggal buat event, broadcast message, selesai, hehe. apalagi kalau pakai itu, jadi mupeng :D. sukses untuk GAnya, Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Lumia ... oh Nokia Lumia ... canggih ya ... akhir2 ini merk Nokia memang agak kalah sama Samsung, padahal dulu apa2 Nokia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya termasuk pengguna nokia sejati... akhir2 ini aja ganti yg lain, soalnya dikasih :D

      Delete
  4. Good Luck Ganya ya..samaan Lidya, jaman aku kuliah adanya pager ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo saya ngalamin pager itu wkt jaman smp... tp saya sih ga punya hihihi...

      Delete
  5. Berhubung masih punya android jadi aku cuma pinjem biar gak kudet mbak hehehe. Gak sih, cuma pinjem karena penasaran :p

    ReplyDelete
  6. Emak, ini blog makin geulis aja kayak yang punya.. gudlak ya GA nya

    ReplyDelete
  7. Jarkom zaman saya itu Jaringan Komputer, Mba Nath. :D
    Btw, udah dishare di twitter belum, nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda kepanjangan yah hihihi...

      udah 2 kali :p
      ini https://twitter.com/sweetdonath/status/484254182313304064 sama ini https://twitter.com/sweetdonath/status/487621299892547585

      Delete