Tuesday, September 20, 2016

ASUS ROG GL502VS, Notebook Gaming yang Gahar


“Mau ngapain?” suami bertanya ketika saya menyalakan notebook di sebelahnya, namun matanya enggak beralih dari layar notebook di depannya. Dia sedang asyik main DOTA 2.
“Upload video ke Youtube, buat lomba review skin care,” jawab saya.
“Nanti dulu.”
“Deadline-nya sebentar lagi.”
“Ini juga sebentar lagi kok.”
Saya pun beranjak dari ruang kerja dengan perasaan kesal.
Beberapa menit kemudian, suami menghampiri saya. “Tadi jaga-jaga, takut akses internetnya keganggu. Nanti kalau terhambat bisa nge-lag. Malah kalau putus, bisa di-banned.”
“Oh…” saya pun mengangguk. 

Jujur, selama ini saya enggak terlalu ngeuh bahwa akses internet sangat penting bagi para gamers, hehehe…. Apalagi perangkatnya ya, pasti harus menggunakan notebook atau PC yang mumpuni juga, supaya bisa bermain game dengan lancar.

Nah, ngomongin perangkat gaming yang mumpuni, baru-baru ini, ASUS sebagai pemilik brand Republic of Gamers, kembali menghadirkan pembaruan untuk notebook gaming-nya. Siapa sih yang enggak tahu ASUS? ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. Penghargaan yang diraihnya pun sudah sangat banyak, tercatat bahwa ASUS berhasil memenangkan 4.368 penghargaan di tahun 2015. Di Indonesia, ASUS juga mendapatkan TOP Brand Award untuk kategori bisnis notebook di tahun 2016. 

Lalu pembaharuan apa tuh yang sudah dihadirkan ASUS? Ini dia ASUS ROG GL502VS G-Sync yang sudah diperkuat dengan grafis Nvidia Pascal. Setelah mencari tahu bagaimana kemampuannya, saya pun langsung takjub. Berikut beberapa keunggulannya.

Pertama, powerful.
Ini sudah jelas. ASUS ROG GL502VS mempunyai performa yang luar biasa. Bagaimana enggak, notebook gaming ini dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7-6700HQ. RAM-nya juga telah ditingkatkan menjadi 32GB DDR4. RAM ini dapat meningkatkan kecepatan, kapasitas, dan menekan konsumsi daya menjadi lebih rendah. Jadi bukan hanya powerful, tetapi juga efisien. Plus, bukan hanya asyik dipakai bermain game, namun oke juga untuk live streaming atau video editing.


Kedua, waktu loading yang cepat.
Kapasitas media penyimpanannya mencapai 1000 GB dengan harddisk berkecepatan 7200 rpm. Storage tersebut masih ditambah dengan SSD berukuran 256 GB yang menawarkan kecepatan read/write yang lebih tinggi. Maka, boot up menjadi lebih cepat, membuka aplikasi juga lebih cepat, serta memberikan waktu in-game loading yang lebih pendek. 

Ketiga, grafis yang memukau.
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi, ASUS ROG GL502VS G-Sync ini sudah dibekali dengan chip NVIDIA Pascal (NVIDIA GeForce GTX 1070M) dengan memori sebesar 8 GB GDDR5. Grafis berbasis Pascal ini merupakan Graphics Processing Unit (GPU) pertama yang dibuat dengan 16 nanometer FinFET fabrication technology. Di dalamnya, terdapat 150 miliar transistor yang akan menghasilkan performa tertinggi namun di saat yang sama juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik untuk berbagai kebutuhan komputasi. Kekuatannya mampu mengalahkan GPU sebelumnya yakni GTX980 yang diperuntukan bagi dekstop. Maka, dari spesifikasi yang sangat gahar tersebut, bisa dipastikan berbagai game berat bisa dijalankan dengan resolusi dan detail yang tinggi. Permainan akan berjalan sangat mulus dan lancar, low–latency, dan juga tanpa stutter atau lag.


Keempat, tampilan yang menakjubkan.
Display-nya dilapisi matte panel, memiliki bentang layar 15,6 inci, serta mempunyai resolusi Full HD dengan aspect ratio 16:9 yang telah mendukung G-Sync. Teknologi NVIDIA G-Sync ini fungsinya mensinkronisasikan refresh rate dari layar monitor dengan GPU. Hal ini bisa mempengaruhi pengurangan lag, meminimalkan frame rate yang tersendat, dan juga menghilangkan kerusakan pada tampilan visual. Tenang, semua hal tersebut bisa berjalan tanpa mempengaruhi performa sistem kok. Hasilnya, tampilan yang menakjubkan, namun permaian bisa tetap berjalan mulus dan lancar.

Kelima, sistem pendingin yang pintar.
ASUS telah mempersiapkan teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution pada notebook gaming ASUS ROG GL502VS untuk menghasilkan pendinginan maksimal. Menggunakan pipa penghantar panas dari tembaga dan sistem yang terdiri dari 2 kipas, masing–masing untuk mendinginkan GPU dan CPU secara terpisah. Selain itu, ASUS juga menyertakan fitur IceCool Technology yang menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin. So, pengguna enggak perlu khawatir terhadap suhu berlebih. Mau dipakai maraton selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari juga aman. 

Keenam, keyboard yang nyaman.
ASUS ROG GL502VS menggunakan full-size chicklet keyboard yang dilengkapi dengan backlight dan jarak tekan sebesar 1,6 milimeter yang memastikan kenyamanan pengguna ketika bermain. Bahkan ASUS juga menambahkan tanda khusus di tombol WASD untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui di mana harus meletakkan tangan saat bermain dalam suasana ruangan yang redup. Yang enggak kalah menarik, keyboard ini sudah mendukung 30 keys anti-ghosting keyboard. Dengan fitur ini, maka para gamers dapat memainkan game sambil menekan berbagai kombinasi tombol di keyboard sekaligus untuk menjalankan instruksi atau melakukan gerakan tertentu di dalam game tanpa masalah.


Ketujuh, audio yang mantap.
ASUS ROG GL502VS dilengkapi dengan Dual Array Microphone yang dirancang secara khusus untuk menyaring bunyi bising yang ditimbulkan. Sehingga suara dapat tetap terdengar secara jelas dan sempurna, walaupun sedang berada di LAN party atau di lingkungan yang memiliki suara keras. Lalu dengan speaker built-in Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster membuat pengguna dapat merasakan kualitas suara audio yang maksimal pada saat bermain game.

Kedelapan, desain yang mewah.
Jika dilihat dari beberapa sudut yang berbeda, panel aluminium pada cover notebook ini memberikan pantulan cahaya berkilau yang sangat mewah.

Kesembilan, tipis dan ringan.
Ini penting banget ya. Dengan spesifikasi yang wah tersebut, bukan berarti dikemas dalam perangkat yang berat. Dengan ketebalan hanya 3 cm dan juga berat 2,2 kg, ASUS ROG GL502VS G-Sync memiliki desain yang ultra–portable, bahkan merupakan salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya. Penggunanya dapat menyimpannya di dalam messenger bag atau backpack serta membawanya ke mana pun. Sehingga bermain game bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Terakhir, konektivitas yang cepat.
ASUS melengkapi teknologi terbaru pada notebook gamin ini dengan port USB Type-C (USB 3.1 Gen 2) dengan kecepatan transfer data yang tinggi hingga 20Gbps. Mentransfer sebuah film 2GB hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik loh. Port USB Type-C ini pun memiliki bentuk yang kecil dan simetris, sehingga mempermudah pemasangan ke port USB tanpa khawatir terbalik. 


Berapa harganya? Di Indonesia, notebook gaming kelas elit yang portable ini ditawarkan dengan harga Rp 30.299.000. Sudah termasuk mouse, headset gaming, serta Windows 10 Home didalamnya. Hmmm, seandainya ada rezeki lebih dan cicilan hutang sudah lunas, pingin deh beliin notebook gaming ASUS ROG GL502VS ini buat suami ;)


12 comments :

  1. Mbak, saya gak ngerti beginian, bukan penyuka game, hihi :). Tapi dari baca-baca ini jadi cukup banyak dapat ilmu tentang game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih kalau mau nge-game yg nyaman, notebooknya pakai ini :D

      Delete
  2. semua keunggulan ada di ASUS ROG GL502VS, sangat puas pasti klo memilikinya,
    mesti nabung neh, lumayan juga :)

    ReplyDelete
  3. Suamiku kalo liat laptop ini, udah deh, ngileeer. Dan langsung aja baik2 aku biar dibolehin beli. Keren banget, ya. Ckckck... Cadas!

    ReplyDelete
  4. anak sulungku juga tuh, keranjingan main dota juga. aku kira kalo dah kerja bakalan nggak main lagi karena capek kerja, tapi ternyata tetep main dan tidur baru jam 2 pagi gara2 bela-belain main dulu. begh...

    ReplyDelete