Thursday, May 24, 2018

5 Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi

mudik aman

Bagaimana puasanya nih teman-teman? Alhamdulillah ya sudah masuk minggu kedua. Semoga teman-teman selalu diberi kesehatan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah puasanya. Ngomongin puasa, teman-teman sudah mempersiapkan apa nih untuk mudik? Aih, sudah bahas mudik aja sih. Enggak apa-apa dong, namanya persiapan kan lebih cepat lebih baik, hihihi....

Teman-teman yang sedang merantau, pasti selalu menunggu hadirnya kesempatan untuk mudik. Apalagi mudik menjelang lebaran. Duh, enggak sabar ya bisa bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. 

Meski mudik menjelang lebaran biasanya gila-gilaan dalam hal macet dan harga tiketnya, tapi selalu dinikmati demi bertemu keluarga besar. Rela deh mengorbankan materi, waktu, dan energi untuk mudik. Untungnya, saat ini para pemudik dimanjakan dengan berbagai macam pilihan tiket online transportasi umum baik pesawat, kapal laut, kereta api, atau bus. Salah satunya, teman-teman bisa memesan tiket pesawat online murah dari maskapai Lion Air.

Walau enggak mudik (saya sih enggak punya kampung halaman), namun saya akan berbagi tips bagi teman-teman yang mudik nih. Kalau tahun kemarin, saya berbagi tips mudik aman menggunakan pesawat, kali ini saya akan berbagi tips mudik aman menggunakan kendaraan pribadi.

5 Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi


1. Istirahat secara rutin
Mudik dan melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi, tentu melelahkan. Agar konsentrasi tetap terjaga, teman-teman sebaiknya rutin beristirahat setiap 3-4 jam sekali. Hal tersebut dapat mengembalikan stamina dan menjaga kondisi tubuh agar selalu segar. Dengan begitu, teman-teman bisa selalu waspada ketika tengah mengemudi di jalan. 

2. Menepi ketika mengantuk 
Banyak kecelakaan yang terjadi karena supirnya mengantuk. Mengantuk memang wajar. Rasa lelah karena melakukan perjalanan jauh ditambah kurangnya waktu tidur, tentu membuat pengemudi kendaraan menjadi mengantuk. Makanya, saat mengantuk, teman-teman jangan memaksakan untuk tetap menyetir, lebih baik menepi saja dan tidur sejenak. Karena menyetir ketika mengantuk itu berbahaya sekali. Akibatnya bisa sangat fatal. Selain dapat merenggut nyawa sendiri, juga merugikan pengguna jalan yang lain. 

3. Menjaga kecepatan kendaraan
Gaya Vin Diesel di film Fast and Furious memang keren. Tapi itu kan hanya di layar kaca. Jangan sampai deh nasib teman-teman sama seperti Paul Walker karena kebut-kebutan di jalan. Patuhi kecepatan kendaraan sesuai rambu lalu lintas ya. Selain agar bisa tetap rileks, juga dapat memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pengendara lain. Dengan kecepatan yang enggak terlalu tinggi, laju kendaraan masih bisa dikontrol apabila terjadi hal yang enggak diinginkan. Prinsip saya sih, biar lambat asal selamat. 

4. Menjaga jarak dengan kendaraan lain 
Selain menjaga kecepatan kendaraan, teman-teman juga harus menjaga jarak dengan kendaraan lainnya. Jangan sampai deh kendaraan yang dikendarai menyenggol atau menabrak kendaraan lain. Bisa-bisa mudik jadi terhambat karena urusan senggol-menyenggol kendaraan. Apalagi saat sedang puasa seperti ini, emosi mudah tersulut. Khawatir masalah yang awalnya remeh bisa menjadi panjang. Mending cari aman aja ya.

5. Jangan mengemudi sambil berbuka 
Ketika sudah tiba waktunya, berbuka memang harus disegerakan. Tapi jangan sampai hal tersebut membuat teman-teman membatalkan puasa sambil mengendarai kendaraan. Enggak nikmat dan juga bisa mengalihkan fokus. Lebih baik berhenti sejenak, salat Maghrib, sambil mencicipi kuliner khas di tempat tersebut. Wuih, asyik.

Sekian sedikit tips dari saya. Semoga mudiknya lancar ya teman-teman.

16 comments :

  1. yang no.5 kayaknya khusus pengguna mobil/kendaraan roda 4. soalnya kalau roda 2 gak mungkin...

    ReplyDelete
  2. aku pernah mudik pas puasa dan macet wahdalah kapok bener teh ga mau lagi akhirnya kko pergi abis lebaran aja hahaa

    ReplyDelete
  3. Menepi jika mengantuk benar banget, dan jangan menepi ditengah jalan, bahaya hehe

    ReplyDelete
  4. Aku pernah mudik pas momen lebaran .. howaaah maceeeetnya .. pakai banget.
    Kota tujuan yang biasanya ditempuh 12 jam, jadi 22 jam.
    Cuma anteng dijalan.

    Paling penting, servis kendaraan dulu dengan baik agar safety digunain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, persiapan juga penting bgt, hrs diservis dulu ya kendaraannya

      Delete
  5. Kalau sambil dengerin musik, boleh dong..... heheheh. Jangan saja sambil ngeblog sambil nyetir. :)

    ReplyDelete
  6. menjaga kecepatan kendaraan iya saya juga seperti itu, karena tidak berasa keasyikan lancar jalannya suka kenceng sendiri kecepatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka gitu ya kalau lancar, otomatis tambah kenceng

      Delete
  7. Blm pernh mudik pake kendaraan pribadi, karena jauh. Tapi tipsnya emnk betul bngat

    ReplyDelete
  8. tips yang bermanfaat, dan tepat sekali moment-nya :)

    ReplyDelete