Monday, May 14, 2018

Tips Belanja Online Hemat Menyambut Ramadan Ekstra

ramadan ekstra

Wah, Ramadan sudah di depan mata. Beberapa hari lagi, bulan yang dinanti-nanti akan segera tiba. Teman-teman sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut bulan penuh berkah ini? 

Bagi saya Ramadan tahun ini merupakan Ramadan Ekstra. Pertama, ekstra dalam hal kondisi. Ramadan tahun ini mungkin akan terasa lebih menantang dibanding Ramadan tahun sebelumnya. Jav telah menginjak usia 7 tahun. Meski dia sudah mulai belajar puasa sejak usia 4 tahun, namun Ramadan tahun ini saya harus membimbing ibadah Jav secara ekstra.

Selain itu, saya juga sedang menyusui Rashya. Usianya memang sudah 9 bulan. Selain ASI, dia mengkonsumsi MPASI juga. Namun agar kebutuhan ASI-nya bisa tetap terpenuhi, saat berbuka, saya harus makan dan menjaga asupan air putih secara ekstra. Sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu menyusui. 

Kedua, meski banyak tantangannya, saya juga berharap Ramadan tahun ini bisa ekstra dalam hal ibadah. Saya ingin melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya dengan lebih baik dibanding Ramadan tahun sebelumnya. 

Agar Ramadan tahun ini menjadi Ramadan Ekstra, tentunya membutuhkan persiapan yang ekstra juga ya. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan menjelang Ramadan (www.rumahzakat.org). Diantaranya yaitu:
  • Persiapan ruhiyah (keimanan). Mulai berlatih mengendalikan diri dan memperbanyak amalan baik. Kalau saya sih contohnya menahan emosi bila Jav aneh-aneh dan enggak mengeluh ketika Rashya enggak tidur-tidur, hihihi....
  • Persiapan jasadiyah (jasmani). Bulan Ramadan nanti, pasti bakal kurang tidur, makanya harus mempersiapkan fisik agar selalu fit. Caranya yaitu dengan olahraga dan menjaga asupan nutrisi.
  • Persiapan tsaqafiyah (ilmu). Memahami tata cara ibadah yang benar. Mulai baca-baca buku lagi tentang hukum-hukum ketika berpuasa, terutama hal-hal yang sifatnya syubhat.
  • Persiapan maaliyah (harta). Bulan Ramadan membutuhkan bekal finansial yang matang. Baik untuk beribadah (sedekah dan lain-lain), maupun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri (belanja, mudik, dan lain-lain). 

Ramadan memang identik dengan kegiatan belanja. Iya, Ramadan itu waktunya beribadah. Namun untuk mendukung ibadah tersebut, tentu harus belanja dong. Enggak mungkin kan hidangan sahur dan berbuka bisa terhidang hanya dengan mengedipkan mata. Enggak mungkin juga sarung baru untuk Jav dan beras untuk zakat fitrah bisa tersedia hanya dengan menjentikkan jari. Mau enggak mau ya harus belanja. Apalagi Ramadan tahun ini merupakan Ramadan Ekstra bagi saya.

Tapi jujur, saya tuh paling malas belanja di bulan Ramadan. Supermarket ramai, mal juga penuh sesak. Belum lagi macet di jalan dan repot karena mempunyai bayi. Untungnya ada Tokopedia, tempat belanja online yang lengkap dan terpercaya. Butuh madu dan suplemen untuk keluarga, banyak. Butuh buku aktivitas Ramadan untuk Jav, ada. Butuh bingkisan Lebaran untuk orang tua dan mertua, tinggal pilih.

Nah, buat teman-teman yang mau belanja kebutuhan Ramadan Esktra juga, saya mempunyai tips belanja online hemat di Tokopedia nih. 

Tips Belanja Online Hemat Menyambut Ramadan Ekstra


1. Window shopping
Sebelum belanja, agar bisa mendapatkan harga terbaik, bandingkan terlebih dahulu harga di setiap toko online di Tokopedia. Window shopping di Tokopedia enggak bikin capek kok. Tokopedia menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, maka ribuan produk dari banyak toko online berkualitas dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, pilih produk dengan harga yang sesuai dengan anggaran. 

2. Cintai produk lokal
Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu menggunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia memiliki koleksi berbagai produk mulai dari hasil kreasi kreator lokal hingga brand terkenal dunia. Memilih produk lokal, selain mendukung kemajuan produk karya anak bangsa, juga dapat menghemat pengeluaran belanja di bulan Ramadan. Kualitasnya bersaing namun dengan harga yang lebih miring. 

3. Cari toko online terdekat 
Jangan lupakan ongkir. Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim. Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat. Tenang, di Tokopedia, pengguna dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. Berhubung saya tinggal di Bandung, jadi cari toko online yang lokasinya di Bandung dulu. Kalau enggak ada yang cocok, baru cari toko online di kota lain.

4. Pilih cara pembayaran yang tepat 
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat digunakan. Mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Tinggal pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi dan preferensi masing-masing. Saya sih antara TokoCash atau trasfer bank via e-banking, praktis tinggal klik. Kalau bayar di minimarket, repot harus keluar rumah. Plus bukannya hemat, malah bisa jadi boros karena sambil jajan juga, hihihi....

5. Pilih metode pengiriman paling efisien 
Dalam melakukan pengiriman barang yang dibeli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman. Mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, pengguna dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online. 

6. Manfaatkan promo dan diskon 
Siapa sih yang enggak suka promo dan diskon.... Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan loh untuk menghemat pengeluaran dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan tahun ini, Tokopedia memberikan rangkaian promo yang bisa digunakan untuk membuat Ramadan kali ini semakin ekstra. 

Cukup? Eits, tunggu dulu. Supaya semakin ekstra lagi, ternyata Tokopedia akan memberi kejutan rahasia pada 25 Mei loh. Pastinya akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih ekstra! Mirip festival belanja online “Black Friday” gitu lah.

ramadan ekstra

Kira-kira kejutan seperti apa ya yang bakal membuat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial? Apakah free ongkir atau diskon 99% untuk produk eksklusif Ramadan? Hohoho.... Bikin penasaran deh, jadi enggak sabar nih.

29 comments :

  1. Palis asyik deh saat ramadhan... banya diskon bertebaran dimana2...

    ReplyDelete
  2. Memanfaatkan promo dan diskon, anak kost hobinya..hehe
    Apalagi membandingkan harga dulu, biasa dilakukan sebelum beli.. :D

    ReplyDelete
  3. مَرْحَبًا يَا رَمَضَان "Marhaban Yaa Ramadhan". Selamat datang Ramadhan, Selamat beribadah puasa. Mohon Maaf Lahir dan Bathin

    ReplyDelete
  4. Waaah jadi penasaran nih sama diskonnya Tokopedia. Musti gercep nih :D

    ReplyDelete
  5. Tempat langganan saya belanja on line. Pilih cara pembayaran yang tepat, dan saya lebih suka ke minimarket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. simple dan mudah terjangkau ya mas meskipun naik sepeda ontel :D

      Delete
  6. saya selalu banget pantau surat kabar, kadang kan ada diskonan tuh di halamana belakang hehehehe.

    ReplyDelete
  7. bagus tips belanja onlinenya mbak namun untuk poin 3 itu bagi saya tidak mungkin karena saya dari desa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti pilih lokasi toko onlinenya dari kota yg paling dekat dgn desa mba

      Delete
  8. Banyak banget mba yang nawarin diskon besar pas bulan Ramadhan. Wah, jadi penasaran dengan diskon-diskonnya Tokopedia. Meluncur aaah! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, karena Ramadan identik dengan belanja juga

      Delete
  9. tadi Pas mau log ke blognya agak ragu ragu, ini blognya yang paling aktif yang mana Ya..karna ada 2 blog tadi pas lihat di Profile G+

    ReplyDelete
  10. kalau mau hemat belanja online...ya belanjanya dikit aja neng iya kan ?

    jadi di Window shopping ada semacam search pencari buat bandingin harga termurah gitu ya ?

    ReplyDelete
  11. Aku udah pantengin Tokopedia dari kemarin-kemarin...Dan memang ekstra hematnya:)

    ReplyDelete
  12. Besok nih acaranya ... , pada mau borong apa aja ya 😁 ?

    ReplyDelete
  13. tipsnya betul-betul bermanfaat Mbak, saya setuju dengan penjelesannya. :)

    ReplyDelete