Friday, July 27, 2018

Asyiknya Kegiatan Makan Si Kecil Bersama Nuby

nuby feeding set

Mempunyai bayi itu, hidup jadi warna-warni banget ya. Selama hampir satu tahun usia Rashya, perasaan senang, khawatir, bahagia, sedih datang silih berganti. Dan semuanya berlalu begitu cepat.

Rasanya baru kemarin saya menggendong Rashya yang masih ringkih, sekarang dia sudah senang mengeksplorasi lingkungan dengan kaki-kaki mungilnya. Rasanya baru kemarin Rashya belajar menyusu, sekarang gaya menyusunya sudah heboh sambil nungging-nungging, hihihi.... Rasanya baru kemarin saya menyuapi bubur pertama untuk Rashya, sekarang dia sudah mulai mengenal makanan keluarga.

Meski bukan pengalaman yang pertama, menyiapkan MPASI untuk Rashya rasanya tetap terasa seru. Sejak beberapa minggu sebelum usianya enam bulan, saya mulai mencari tahu lagi tentang serba-serbi MPASI. Saya juga sibuk kembali belajar memahami panduan MPASI rekomendasi WHO. Demi apa? Demi memberikan yang terbaik untuk Rashya. 

Menyiapkan makanan untuk Rashya itu sangat menyenangkan. Apapun yang saya sediakan, dia selalu makan dengan lahap. Dari zaman bubur saring (yang bagi saya membuatnya sangat penuh perjuangan, fiuh...), kemudian beralih secara bertahap hingga sekarang menjadi nasi lembek, Rashya hanya dua kali mengalami GTM. Pertama ketika sakit batuk pilek saat usianya 7 bulan, dan kedua ketika dia diare saat usianya 11 bulan. Seingat saya, dulu Jav lebih sering GTM. 

Namun menyiapkan MPASI untuk Rashya juga memiliki tantangan tersendiri. Karena dia menderita Dermatitis Atopik, bahan makanan yang bisa saya sediakan menjadi terbatas. Dia enggak bisa makan ayam, telur, seafood, susu dan turunannya seperti mentega dan keju. Padahal waktu zaman Jav, bahan-bahan tersebut jadi andalan saya banget. Hmmm, enggak apa-apa deh ya, toh masih banyak makanan lain yang bergizi. Yang penting Rashya sehat serta tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya. 

Enggak terasa, seminggu lagi usia Rashya genap satu tahun. Yeay! Makannya sudah semakin pintar. Sejak usianya 8-9 bulan, dia mulai tertarik untuk makan sendiri. Makanya, saya pun menyiapkan finger food untuk Rashya dan membiarkan dia makan sendiri. Saya hanya perlu mengawasi sambil sesekali mendokumentasikan ekspresi Rashya yang menggemaskan ketika sedang menikmati makanannya. 

Tapi mentang-mentang makan sendiri, Rashya suka semena-mena. Piring makannya dia angkat-angkat dan dia goyang-goyang sampai isinya tumpah. Bikin bundanya stres, hihihi.... Dan kadang makanan yang ada di tangan pun bukannya masuk mulut malah jatuh ke bawah. Wajar sih, namanya juga proses belajar ya, motorik halusnya masih harus terus dilatih. Namun tetap saja saya selalu merasa geregetan setiap melihat makanan yang jatuh. Bukan hanya berantakan, tapi mubazir juga.

Makanya saya ingin mempunyai perlengkapan makan baru untuk Rashya, silicone mat yang sedang kekinian itu loh. Tapi saya maunya bukan hanya yang kekinian, harus lucu dan aman juga pastinya. Alhamdulillah, akhirnya Rashya pun berjodoh dengan feeding set dari Nuby.

Produk Nuby ini bermacam-macam. Ada botol susu, empeng, perlengkapan makan dan minum, teethers, mainan, dan lain-lain. Semua produknya inovatif dan berkualitas tinggi. Produk-produk tersebut dibuat sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembang bayi. Sehingga proses tumbuh kembang bayi akan terasa lebih mudah dan menyenangkan, bukan hanya untuk bayi, tetapi juga untuk orang tuanya. 

Ada empat produk Nuby yang saya coba. Namun kali ini, saya bahas dua produk dulu ya. Yaitu Sure Grip Miracle Mat Feeding Placemat dan 3D Silicone Bibs.

Sure Grip Miracle Mat Feeding Placemat

Sure Grip Miracle Mat Feeding Placemat merupakan peralatan makan yang bagian bawahnya dapat menempel pada permukaan yang rata seperti high chair atau meja makan. Cocok banget untuk bayi yang sedang senang belajar makan sendiri karena bisa meminimalkan jumlah makanan yang berceceran. Diperuntukkan bagi bayi usia 6 bulan ke atas.

nuby silicone placemat

Aman
Produk ini terbuat dari 100% silicone. Enggak mengandung BPA dan Phthalate, sehingga aman digunakan oleh bayi. Oiya, semua produk dari Nuby memang BPA Free ya. Jadi enggak perlu khawatir dengan keamanannya.

Menarik
Produk ini terdiri dari beberapa seri. Salah satunya yaitu seri Animal Silicone Placemat. Ada dua ukuran, mini dan large, dengan enam pilihan bentuk karakter binatang yang lucu dan menggemaskan. Silicone placemat yang saya coba ini ukuran large warna aqua bentuk kepala jerapah. Harganya Rp 259.000.

Kuat
Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup tekan bagian tengah piring untuk menghilangkan udara yang terperangkap di bawahnya. Apabila permukaan mejanya rata, bersih, dan kering, alat makannya bisa menempel rapat dan enggak akan bergeser atau jatuh.

Berhubung Rashya biasa makan sambil lesehan, maka saya menempelkan silicone placemat ini di lantai. Wuih, benar-benar kuat. Rashya (juga saya dan Jav) enggak bisa mengangkat piringnya. Makanan pun aman berada di tempatnya, hohoho.... 

Meski begitu, silicone placemat ini juga mudah untuk dilepaskan. Enggak perlu memakai tenaga, tinggal angkat saja alas bagian pinggirnya. 

Bersekat
Silicone placemat bentuk kepala jerapah ini memiliki empat sekat, sehingga saya dapat menyajikan beberapa jenis makanan secara terpisah. Pas nih untuk menu 4 bintang Rashya. Bisa untuk karbohidrat, sayuran, protein hewani, dam protein nabati. 

nuby silicone placemat

Praktis
Piringnya menyatu dengan alasnya. Meski terbuat dari silikon, namun bagian piringnya kokoh, hanya alasnya yang lentur. Alasnya pun cukup lebar sehingga bisa menampung makanan yang tercecer di luar piring. 

Mudah dibersihkan
Membersihkannya mudah banget. Bisa dilap ataupun dicuci. Tergantung jenis makanannya. Kalau makanan kering seperti biskuit sih, dilap juga cukup. Kalau makanannya basah dan berminyak, ya dicuci lah, itupun gampang banget kok membersihkan kotorannya. Bahkan lemak dan minyak pun enggak bersisa, padahal pakai sabun cuci cair biasa.

3D Silicone Bibs

Kalau tadi membahas piring untuk makannya, sekarang membahas pasangannya nih. 3D Silicone Bibs merupakan alas dada yang dapat melindungi pakaian bayi dari makanan yang tumpah. 

nuby 3d silicone bibs

Aman
Sama seperti produk Nuby lainnya, 3D Silicone Bibs ini BPA Free sehingga aman digunakan oleh bayi.

Menarik
Produk ini terdiri dari empat macam motif, dua motif warna biru untuk bayi laki-laki serta dua motif warna merah muda dan ungu untuk bayi perempuan. Bibs untuk Rashya ini warna biru motif koboi dengan gambar timbul yang keren banget. Harganya Rp 139.000.

Nyaman
Bahan 3D Silicone Bibs terbuat dari silikon yang lembut. Rashya yang biasanya suka menarik-narik bibsnya karena enggak betah, kali ini anteng karena bahannya yang nyaman. Pas awal pakai aja dia tarik-tarik bibsnya, tapi selanjutnya lancar, hohoho.... 

Mudah Diatur
Ukurannya pun bisa diatur sesuai lingkaran leher bayi. Rashya masih mengenakan ukuran yang paling kecil. Suka deh sama bentuk kancingnya yang kuat, enggak akan lepas atau sobek.

nuby 3d silicone bibs

Rapi
Di bagian bawahnya terdapat wadah yang dapat menampung makanan yang jatuh. Bermanfaat banget, Rashya kalau makan kan suka buru-buru, suapan pertama belum selesai dikunyah dan ditelan, sudah memasukkan lagi suapan yang kedua. Akhirnya penuh deh mulutnya, dan dia keluarkan lagi. Untungnya jatuhnya ke wadah di bibsnya, jadi tetap higienis dan enggak berantakan. Habis itu dia ambil dan makan lagi dari situ, hihihi....

nuby 3d silicone bibs

Praktis
Produk ini bisa digulung, sehingga mengirit tempat ketika disimpan atau dibawa bepergian.

Mudah dibersihkan
Sama seperti Sure Grip Miracle Mat Feeding Placemat, 3D Silicone Bibs juga sangat mudah dibersihkan. Bisa dilap ataupun dicuci. Tergantung jenis makanannya.

nuby feeding set
Menit-menit awal

nuby feeding set
20 menit kemudian

Kesimpulannya, makan bersama produk Nuby ini asyik dan menyenangkan sekali. Baik bagi Rashya maupun bagi saya. Rashya bisa belajar makan sendiri dengan aman. Dan bundanya enggak perlu khawatir harus membersihkan sisa makanan yang berceceran karena produk dari Nuby ini benar-benar bisa meminimalkan kekacauan dan kehebohan saat makan, hohoho....

Masih ada dua produk Nuby yang akan saya bahas. Tunggu artikel selanjutnya ya.

Oiya, produk Nuby ini bisa didapatkan di baby shop online maupun offline. Contohnya seperti Mothercare, Lazada, Blibi, Toys Kingdom, Lavie, Yogya Junction, dan lain-lain. Bagi teman-teman yang tertarik, bisa cek ke akun Instagram @nubyindo ya.

Selanjutnya, Serunya Snack Time Si Kecil Bersama Nuby

24 comments :

  1. Rahsya gemesin banget, sama ih Bibs koboinya emang lucuk dan mudah dibersihkan ya🤗 sehat terus sayang 😍

    ReplyDelete
  2. rupanya pun sangat comel..

    memang sesuai banget untuk keperluan bayi kecil kita

    ReplyDelete
  3. Saya saja yang serign nyuapin ponakan, jika pas susah makan rasanya ingin mencubitnya hehehe
    Habis gitu seh, makanannya suka digoyang-goyang bahkan pernah tumpah pula.

    ReplyDelete
  4. lucu banget ini 2 bulan lagi Rayi injek 6 bulan ga sabar pengenbeliin bibsnya :)

    ReplyDelete
  5. anak kecil sangat suka dengan makanan yang warna-warni

    ReplyDelete
  6. Kece banget produknya Teh, gak bikin repot ya. Anak-anak suka lagi, warna-warni menarik buat anak, bahannya aman pula

    ReplyDelete
  7. Senengnya punya tempat makan yang lucu imut gitu, pasti makannya juga jadi semangat yaa ☺️🤗

    ReplyDelete
  8. lucu bangeeeet! Anak-anak jadi senang kalau tempat makannya lucu begini :)

    ReplyDelete
  9. Alhamdullilah banget ya, teknologi semakin maju kebutuhan anak anak untuk belajar makan sendiri jadi terperhatikan .
    Tambah pinter ya Rahsya
    #bighug

    ReplyDelete
  10. Udah mau setahun aja Rashya ya...
    Lucu banget produknya Nuby yah. Jadi pengen *bukan buatku tentunya :D

    ReplyDelete