Thursday, July 26, 2018

ASUS ZenBook 13


Beberapa waktu yang lalu, saya melihat video di IG Story-nya ASUS Indonesia, ada ZenBook si laptop tipis yang diinjak oleh seseorang yang sepertinya berat badannya lumayan banget, hihihi.... Dan ketika laptopnya dibuka, ternyata masih hidup dan berfungsi dengan baik loh. Wuih, ZenBook apakah itu?

Sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia, ASUS terus berinovasi dan menghadirkan teknologi terbarunya ke pasaran. Nah kemarin itu, secara resmi ASUS memperkenalkan notebook premium terbarunya ke pasaran Indonesia, yaitu ZenBook UX331UAL dan ZenBook UX331UN.

ASUS ZenBook 13 UX331UAL, Ringan dengan Daya Tahan Luar Biasa

ZenBook 13 UX331UAL merupakan sebuah laptop 13,3 inci dalam sebuah chassis yang tipis dan sangat ringan. ZenBook 13 UX331UAL memiliki ketebalan yang sama seperti saudaranya, ZenBook UX331UN yakni hanya 13,9 milimeter. Tetapi berhasil menembus angka di bawah 1 kilogram untuk bobot keseluruhan. Tepatnya, hanya 985 gram saja. Wow, ini membuatnya menjadi ZenBook yang paling ringan yang beredar di pasaran saat ini.


ZenBook 13 UX331UAL menggunakan konstruksi magnesium alloy yang sangat ringan. Dibanding ZenBook 13 sebelumnya yang menggunakan aluminium chassis, konstruksi berbasis magnesium alloy membuatnya sangat tangguh. Bahkan memenuhi standar military-grade MIL-STD 810G dan lolos uji daya tahan untuk memastikan kemampuannya beroperasi dalam berbagai kondisi. Oh pantas ya, kuat meski diinjak.

Adapun sandblasting finish digunakan menggantikan pola concentric circle yang biasa digunakan pada ZenBook.

Dengan layar berukuran 13,3 inci dan resolusi Full HD, ASUS ZenBook UX331UAL mempunyai dimensi yang enggak berbeda jauh dengan kertas berukuran A4. Makanya, laptop ini dapat dengan mudah diselipkan ke dalam koper, backpack, bahkan tas jinjing wanita. Ukurannya jauh lebih kecil dibanding ultrabook berukuran 13 inci pada umumnya. Rahasianya ada pada bezel layar berfitur NanoEdge.

ZenBook 13 UX331UAL diperkuat oleh prosesor tercepat Intel Core i generasi ke-8. Demi menopang performa tinggi yang ditawarkan, ASUS memadankan prosesor tersebut dengan RAM tercepat DDR4 2133MHz serta penyimpanan kecepatan tinggi dan handal, berbasis M.2 SSD.

Selain itu, satu hal yang sangat penting namun jarang diperhatikan adalah kemampuan Wi-Fi. Pada sebuah laptop, kemampuan ini sebenarnya merupakan hal yang penting. Pada ZenBook 13 UX331UAL, ASUS memiliki fitur Wi-Fi Master yang membuat laptop ini mampu mendapatkan kecepatan transfer yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya.

Jadi dengan Wi-Fi Master, pengguna bisa menikmati streaming video FullHD YouTube yang lebih lancar pada jarak 300 meter atau lebih, atau setidaknya pada jarak 225 meter meski ada interferensi dari perangkat USB 3.0. Jarak ini sekitar 65 meter lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya yang tidak memiliki Wi-Fi Master. 

Bersama dengan teknologi dual-band 802.11ac, Wi-Fi Master menawarkan kecepatan hingga 867Mbps atau sekitar 6x lebih cepat dibanding single-stream 802.11n. Ini memungkinkan teman-teman bisa bekerja dengan lebih leluasa di kantor ataupun di coffee shop favorit.


ASUS ZenBook UX331UN, Ultrabook 13,3 Inci Paling Elegan 

ZenBook UX331UN merupakan ultrabook paling cantik dan elegan yang dimiliki ASUS saat ini. Bodi laptop ini dirancang dengan sangat sempurna dengan berbagai sentuhan artistik yang memukau seperti pada bagian lid cover yang diberi finishing menyerupai kristal. Sangat anggun dan mewah.

Desain bezelnya sangat tipis yakni hanya setebal 6.86mm yang membuatnya memiliki screen to body ratio mencapai 80 persen. Pada monitornya, teman-teman akan mendapatkan viewing angle 178 derajat sehingga tetap bisa memandang laptop ini dari sudut kemiringan yang tajam.

Layarnya memilik resolusi Full HD (1920x1080) dan telah dilengkapi dengan tingkat kecerahan layar mencapai 300 nits. Tampilan layar ZenBook 13 UX331UN pun dibuat sangat tajam dengan besaran angka color gamut yang mencapai 100 sRGB. Hal tersebut, akan memastikan warna yang dikeluarkan oleh layar laptop ini akan terlihat hidup dan akurat sehingga semua tampak begitu alami dan natural. Khususnya saat teman-teman menikmati konten multimedia, foto ataupun video.

ASUS ZenBook UX331UN memiliki ketebalan 0,5 inci serta serta bobot hanya 1,12Kg. Dengan spesifikasi seperti itu, tentu saja laptop ini layak menyandang gelar menjadi perangkat paling tipis dan ringan di dunia. ASUS juga memberikan layar dengan fitur NanoEdge display pada layarnya. 

Pada aspek performa, meski sangat ramping, terdapat komponen hardware kelas atas yang sanggup menjalankan aplikasi kelas berat. Seperti video editor dan photo editing. Ultrabook ini memuat prosesor Intel Core i7-8550U berkecepatan 1,8 GHz dengan jumlah cache menjadi 8 buah dan dapat dipacu hingga 4,0GHz. 

Notebook dengan bentang layar seluas 13,3 inci ini, memiliki kartu grafis tambahan. ASUS menanamkan GPU bertenaga berbasis Nvidia GeForce MX150 dengan VRAM 2GB di dalamnya. Melalui kartu grafis tersebut, notebook sanggup menjadi perangkat yang ideal untuk para creator content. Baik untuk melakukan editing video, memanipulasi foto, sekaligus entertainment seperti menonton film dan bermain games.

Terdapat dukungan RAM hingga sebesar 16GB serta kapasitas media penyimpanan berbasis SSD hingga sebesar 512GB. Adapun untuk varian yang lebih terjangkau, tersedia juga chip prosesor Intel Core i5-8250U, RAM 8GB.


Jadi, teman-teman mau pilih yang mana nih?

No comments :

Post a Comment