Sunday, July 22, 2018

Menyiapkan Generasi Hebat Ala Keluarga Surya


Sehari menuju tanggal 23 Juli nih. Teman-teman hafal enggak, ada apa di tanggal tersebut? Yup! Hari Anak Nasional. Sebagai orang tua, saya jadi diingatkan lagi nih dengan kewajiban-kewajiban yang harus saya dan suami tunaikan kepada anak. Memangnya apa saja sih kewajiban orang tua?

Menyiapkan Generasi Hebat

Untuk menyiapkan generasi hebat di masa depan, ada empat kebutuhan anak yang harus dipenuhi oleh orang tua.
1. Ketenangan jiwa yang bisa didapatkan melalui pengenalan agama
2. Kesehatan tubuh yang bisa didapatkan melalui gaya hidup sehat
3. Kecerdasan pikiran yang bisa didapatkan melalui pendidikan
4. Kematangan emosi yang bisa didapatkan melalui penanaman karakter

Agar hidup seimbang, keempat kebutuhan tersebut harus terpenuhi. Bukan kata saya loh, tapi kata Stephen Covey dalam bukunya yang terkenal banget, 7 Habits of Highly Effective People. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mengikuti acara sharing ilmu parenting yang membahas materi dari buku tersebut.

Wuih, ternyata jadi orang tua itu berat. Makanya harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Baik ilmu, waktu, energi, dan biayanya. Terutama ilmu dan biayanya ya, hehehe....

Untuk masalah biaya, sebenarnya dapat dipersiapkan sejak anak masih berada di dalam kandungan. Memang, setiap anak sudah ada rezekinya masing-masing. Namun sebagai manusia, tentunya wajib berusaha juga dong ya. Bisa dengan cara menabung, berinvestasi, memiliki asuransi, dan lain-lain.

Kalau soal ilmu, untungnya meski enggak ada sekolah untuk orang tua, sekarang ini kita bisa mendapatkan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan dalam pengasuhan anak secara mudah melalui buku, televisi, buku, seminar, hingga internet. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya orang tua memilih, mengambil manfaat, dan mempraktikkan ilmu tersebut sesuai kondisi keluarga.

Nah, kalau untuk ilmu perencanaan keuangan, kita bisa juga belajar dari Keluarga Surya. Teman-teman tahu Keluarga Surya?

Tentang Keluarga Surya

Keluarga Surya merupakan sitcom web series yang bisa teman-teman tonton di channel Youtubenya Sunlife Financial. Ceritanya tentang kehidupan Pak Surya (Edo Borne) bersama keluarga kecilnya: Ibu Mentari (Karina Nadila Niab), Fajar (Bima Azriel), dan Cahaya (Sandrinna Michelle Skornicki).

keluarga surya

Keluarga Surya ini keluarga modern yang keren banget. Saya sangat menyukai interaksi antar anggota keluarganya. Gayanya natural dan terkesan cuek, namun setiap dialognya padat dan berisi. Karena genrenya komedi, sepintas memang kocak, tetapi sesungguhnya memiliki makna yang mendalam. 

Yang paling menarik nih, ternyata Ibu Mentari juga seorang ibu rumah tangga yang merangkap blogger loh, hohoho.... Jadinya lebih seru, karena saya merasa ada kesamaan profesi dengan istri Pak Surya ini.

Saya sudah menonton keempat episode Keluarga Surya. Temanya asyik dan kekinian. Ada THR: Habisin atau Tabungin, Wakaf Cara Baru, Tantangan Piala Dunia, dan Drama Liburan. Dari video sitkom yang masing-masing berdurasi sekitar lima menit ini, saya bisa terhibur sekaligus mendapatkan berbagai wawasan baru, terutama dalam hal perencanaan keuangan. 

Sayang Anak, Sayang Anak

Nah, sekarang episode yang kelima sudah tayang, judulnya Sayang Anak, Sayang Anak. Pas banget ya momennya dengan tahun ajaran baru dan Hari Anak Nasional. 

keluarga surya
Kisah dalam episode ini dibuka dengan adegan Fajar dan Cahaya yang sedang bercerita pada Ibu Mentari mengenai kegiatan mereka di sekolah. Jadi, dalam rangka Hari Anak Nasional, Fajar akan mengikuti pertandingan futsal, sedangkan Cahaya akan tampil dalam pentas tari balet. Namun berbeda dengan Fajar yang tampak antusias, Cahaya terlihat enggak semangat. Padahal Cahaya biasanya senang dengan hal-hal yang berbau seni. Eh, malam harinya Fajar pun tiba-tiba sakit diare. Waduh.... 

Setiap orang tua tentu mempunyai cara masing-masing untuk menunjukkan rasa sayang kepada anak-anaknya. Setiap orang tua pun tentu ingin memiliki anak yang cerdas dan sehat. Di episode kali ini, kita bisa melihat bagaimana Pak Surya dan Ibu Mentari mendidik Fajar dan Cahaya agar cerdas dan sehat, serta bagaimana mereka secara kompak mengembangkan potensi anak-anaknya, sehingga Fajar dan Cahaya bisa menjadi generasi hebat di masa depan.


Membesarkan anak cerdas
Cahaya merupakan anak yang cerdas. Teman-teman bisa melihatnya dari dialog ini.
Ibu Mentari: “Nanti pas kamu pentas, kamu anggap aja tuh, semua yang nonton kamu itu batu. Atau... kamu anggap aja semua yang nonton kamu itu bubur ayam.”
Cahaya: “Tapi bubur ayamnya kebanyakan sambel. Bikin mules, alias demam panggung.”
Jawaban Cahaya cerdas kan ya. Kalau saya yang dijawab begitu, mungkin bisa mati kutu, hihihi.... Namun memiliki anak yang cerdas, enggak membuat Ibu Mentari mati kutu. Dia juga mempunyai jawaban yang santai dan enggak kalah cerdas.
Ibu Mentari: “Ooh. Ya udah, nanti sambelnya Ibu angkat, ya.”
Mantap, hohoho.... Namun selain kecerdasan pikiran, anak juga harus memiliki kecerdasan emosi. Cahaya ini belum berani tampil di depan banyak orang. Untungnya Pak Surya dan Ibu Mentari memiliki cara sederhana namun tokcer sehingga Cahaya bisa menari dengan lebih percaya diri. Yup, memanfaatkan si bubur ayam, hihihi.... 

Membesarkan anak sehat
Soal Fajar yang terkena diare, itu disinyalir karena dia sering jajan sembarangan. Sebagai ibu yang sayang anak, Ibu Mentari pun membuatkan kue untuk bekal sekolah Fajar, supaya dia enggak jajan sembarangan lagi. Tapi, karena Ibu Mentari juga ibu yang cerdas, dia bikin kuenya lebih banyak karena untuk dibagikan juga kepada teman sekolah Fajar. 
Pak Surya: "Awalnya dikasih gratis, abis itu beli deh."
Ibu Mentari: "Tepat sekali."
Hihihi.... Hampir mirip dengan pengalaman saya nih. Jadi, dulu di sekolah Jav yang lama, saya pernah sakit hati. Karena rutinitas berbagi di sekolahnya tersebut, teman-temannya makan bekal sehat yang dibawa Jav, sedangkan Jav makan jajanan berpengawet dan berpenyedap buatan yang dibawa teman-temannya, hiks....

Saya pun membawakan bekal yang lebih banyak untuk dibagikan pada teman-teman Jav. Akhirnya, saya bisa mendapatkan bonus penghasilan tambahan karena orang tua teman-teman Jav akhirnya memesan makanan sehat untuk anaknya pada saya. Yeay!

Tentang Sunlife Financial

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, sitcom web series Keluarga Surya ini dipersembahkan oleh Sunlife Financial. Sunlife Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang berbasis di Kanada. Sejak tahun 1995, PT Sunlife Financial Indonesia sudah menyediakan beragam produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, hingga perencanaan hari tua.

Melalui sitcom web series Keluarga Surya yang terdiri dari 8 episode ini, Sunlife mencoba menyampaikan edukasi finansial bagi keluarga muda. Keluarga muda seperti kita-kita ini, hohoho.... Kreatif ya pendekatannya, kampanye literasi keuangan secara melalui konten visual digital yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat luas. Harapannya, semoga keluarga muda di Indonesia bisa paham mengenai pentingnya pengelolaan dan perencanaan keuangan yang baik dan benar sejak dini.

Duh, enggak sabar deh menanti episode Keluarga Surya yang keenam. Penasaran, tema apa ya yang akan dibahas nanti. 

64 comments :

  1. Keluarga surya memang keren, saya sudah menonton.Ceritanya juga menarik :)

    ReplyDelete
  2. Cerita nya mengandung pesan-pesan yang baik.

    ReplyDelete
  3. Gak sabar,tema apa yang akan diangkat di cerita selanjutnya ...

    ReplyDelete
  4. Cerita Keluarga Surya penuh dengan pesan-pesan yang baik:)

    ReplyDelete
  5. Bukannya 5 episode, Mbak? Hehe, saya juga nggak sabar sama episode 6. Huhu, di setiap episodenya selalu membuat saya tertawa, tetapi juga memberikan saya pelajaran.

    ReplyDelete
  6. waah Jav beruntung nih Mamanya rajin bikin bekal sehat.... mau juga dung Jav

    ReplyDelete
  7. Hihi jangan² Bu Mentari ngikutin cara Mbak Lia, ya.

    ReplyDelete
  8. Suka banget sama keluarga Surya ini apalagi isterinya blogger juga hihi

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran pengen nonton hihi bagus ya istrinya juga blogger๐Ÿค—

    ReplyDelete
  10. Aku belum oernah nonton, tapi dari ceritanya keknya menginspirasi ya teh.

    ReplyDelete
  11. Aaak baru tauuu. Mau nontooon ini. Web series tu seru seru yaa, yg pernah aku nonton itu web serinya Sore. Huu itu bagus sangad!

    ReplyDelete
  12. Mantap yaa...kalau punya Ibu cerdas ngejawabnya.
    Gak kepikiran bakalan ngangkat sambal. Hhahha...

    ReplyDelete
  13. Waaah, aku belom nonton yang episode ini. Kudu nonton nih. Aku suka sama tontonan Keluarga Surya ini. Keren. Mengedukasi tanpa menggurui. Sedikit2 jadi ngerti dunia finansial.

    ReplyDelete
  14. aku baru tau ada sitcom webseries keluarga surya.
    jadi pingin nonton.

    Kayaknya memang lagi jaman bikin webseries di youtube ya. seingetku dulu booming-nya karena lotte duty free bikin drama singkat yang pemainnya aktor/aktris papan atasnya korea. hihihi.

    ReplyDelete
  15. Keluarga surya bisa jadi pantan dna panduan nih bagi keluarga muda bagaimana cara memanage keuangan, ceritanya lucu dan menghibur ya

    ReplyDelete
  16. Waah jadi penasaran pengen nonton ๐Ÿค—

    ReplyDelete
  17. Setuju semakin lama semakin sulit membesarkan anak
    persiapan dana untuk masa depan Jadi sangat penting kalo ingin melihat anak anak sukses

    ReplyDelete
  18. Bagus filmnya, mengandung pesan yang positif. Jadi mau tau episode selanjutnya ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah lihat videonya di YouTube. Hehe. Kayaknya seru ya ceritanya. Nuhun infonya ya, Teh. ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  20. tulisan yang bagus buat keluarga nih.. thx for sharing mbak

    ReplyDelete
  21. Cus, melipir dulu ke youtube buat nonton semua seri sitkom-nya ah :))

    ReplyDelete
  22. Pertamanya aku pikir surya itu nama temen teteh ternyata.... Hihihi. Btw jadi penasaran juga, makasih sharenya teh. ;)

    ReplyDelete
  23. sitcom bermutu yang enggak sekedar hahahihi..
    Penasaran deh sama tema selanjutnya

    ReplyDelete
  24. Haha... untung ada Chanel YouTube, coba aja kalau nggak ada, nggak bakalan tayang web series itu karena Chanel tv kita lebih mementingkan acara rating tinggi hehe

    ReplyDelete
  25. hidup semakin keras anak-anak memang harus disiapkan

    ReplyDelete
  26. hehehe aku termasuk orang yang ikut ikutan nonton keluarga surya nih gara-gara postingan orang-orang. menghibur sih webseriesnya dan ada edukasinya juga

    ReplyDelete
  27. Belum pernah nonton, jadi tertarik pengen nonton. Banyak pesan moralnya

    ReplyDelete
  28. Yang ini Keluarga Surya episode ke-5 toh? Waah ternyata panjang ya berseri? Sepertinya bagus ini mengajarkan parenting plus pengelolaan anggaran keuangan keluarga supaya ga lebih besar pasak daripada tiang.

    ReplyDelete
  29. Info filmnya kureferensikan ke adikku untuk nonton.
    Sepertinya tayangan film yang bagus untuk membentuk karakter keluarga.

    Terimakasih infonya, ya.

    ReplyDelete