Saturday, July 7, 2018

Terjebak ERHA [2]: Review Rangkaian Produk ERHA untuk Kulit Kusam dan Rambut Rontok

erha


Seperti yang sudah saya ceritakan di artikel sebelumnya, masalah yang sedang saya alami saat ini adalah kulit kusam dan rambut rontok. Setelah melihat postingan Michelle Hendra di akun Instagramnya (@michimomo) yang #TerjebakERHA, akhirnya saya juga tertarik untuk mencoba rangkaian produk Over The Counter (OTC) dari ERHA.

Siapa coba yang enggak tahu ERHA? ERHA sudah berdiri sejak tahun 1999. Sejauh ini, ada 90 cabang ERHA CLINIC yang tersebar di 39 kota di Indonesia dengan 450 dermatolog dan dokter. Nah, bagi masyarakat urban yang memiliki kesibukan tingkat tinggi dan memiliki masalah kulit yang tergolong ringan, ERHA menghadirkan rangkaian produk Over The Counter (OTC) yang dapat dibeli tanpa menggunakan resep, untuk digunakan sehari-hari.

Meski begitu, rangkaian produk OTC ini tetap menerapkan konsep personalized sehingga setiap produk secara spesifik menangani dan merawat kondisi kulit dan rambut tertentu. Rangkaian produk OTC ini hadir dalam konsep ERHA APOTHECARY dan bisa ditemui di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia. 

Jadi, setelah berkonsultasi mengenai masalah kulit wajah dan rambut dengan tenaga ahli di salah satu cabang ERHA APOTHECARY, saya mendapatkan rangkaian produk perawatan untuk kulit kusam dan rambut rontok. Berikut pengalaman saya setelah sekitar 4 minggu mencoba menggunakan produk-produk tersebut. 

Review Produk OTC ERHA untuk Perawatan Kulit Kusam

Saya memiliki jenis kulit kering. Sayangnya, selama ini saya jarang melakukan perawatan khusus untuk kulit kering. Produk yang saya gunakan selama ini adalah produk yang dibeli di pasaran dan bukan produk khusus untuk kulit kering. Akhirnya, di umur yang sudah masuk kepala 3 ini, kulit wajah tampak semakin kusam.

Kondisi tersebut semakin parah karena saya enggak pernah mengenakan sunscreen. Sehari-hari, untuk perawatan kulit wajah, saya hanya menggunakan pencuci muka dan pelembab. Padahal saya sering bepergian ke luar rumah dan terpapar sinar matahari. Minimal menjemur cucian, menemani anak bayi berjemur dan belanja ke tukang sayur di pagi hari, menjemput anak sekolah di siang hari, serta mengangkat jemuran di sore hari. Bayangkan, saya melakukan itu semua tanpa perlindungan sunscreen. Jadi, wajar kalau sekarang muncul kerutan di sekitar mata dan bintik hitam di pipi. Istilah kerennya yaitu photoaging.

Zaman masih kuliah dan kerja dulu, saya memakai sunscreen sekali-kali saja, hanya kalau sedang survei lapangan. Rasanya enggak betah memakai sunscreen. Soalnya sunscreen yang saya kenakan saat itu rasanya lengket dan berat di wajah.

Saya berharap, produk OTC dari ERHA bisa membantu memperbaiki kulit saya yang terlanjur mengalami photoaging. 

ERHA21 - ERHA 1: Facial Wash for Normal & Dry Skin
Merupakan pembersih wajah untuk kulit normal dan cenderung kering. ERHA 1 mengandung DMAE Bitartrate dan Niacinamide yang bekerja untuk mengencangkan kulit yang mengalami fotoaging. Selain itu, Niacinamide juga dapat meningkatkan fungsi barrier kulit. Produk ini juga mengandung pelembap untuk mempertahankan hidrasi kulit berupa D-panthenol dan Aloe Vera pada kulit normal cenderung kering. Mengandung exfoliating agent berupa AHA (Glycolic Acid, Lactic Acid, Citric Acid) yang menormalkan diferensiasi sel khususnya pada kondisi kulit kering, sehingga kulit menjadi halus dan lembut. Serta mengandung soothing agent berupa Aloe Vera dan Witch Hazel Distillate untuk mengurangi peradangan yang sering menyertai kulit kering, sehingga membuat kulit terasa nyaman.

erha

Saya menggunakan pembersih wajah ini dua kali sehari, pagi dan malam, pada wajah yang sudah dibasahi dan memijatnya selama sekitar 1 menit. Wanginya enak meski hanya samar-samar. Busanya sedikit dan mudah dibilas. Setelah bersih, wajah terasa lebih segar dan lembap.

ERHA21 - TRUWHITE ACTIVATOR DAY CREAM
Merupakan pelembap yang diperkaya dengan 4 Whitening Agent. Salah satunya Arbutin (pencerah alami dari buah Bearberry) yang berfungsi sebagai zat pencerah sehingga efektif mencerahkan dan melembapkan kulit, mengurangi bintik-bintik (hiperpigmentasi), serta menghambat pembentukan melanin pada kulit. Produk ini juga mengandung tabir surya untuk menangkal sinar UVA dan UVB, sekaligus exfoliating agent yang mengangkat sel-sel kulit mati serta menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru.

erha

Saya menggunakan pelembap ini setiap pagi setelah membersihkan wajah. Krimnya enggak berbau, mudah diaplikasikan, dan cepat menyerap. Membuat kulit terasa lebih lembap.

ERHA21 - TRUWHITE ACTIVATOR NIGHT CREAM
Merupakan krim malam pencerah kulit wajah. Mengandung 4 Whitening Agents. Salah satunya Arbutin (pemutih alami dari buah Bearberry) dan exfoliating agent yang membantu pengelupasan sel kulit mati dengan lembut sambil menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru serta memperbaiki kerusakan jaringan. Truwhite Activator Night Cream juga dapat menjaga kelembaban kulit, mengurangi bintik-bintik (hiperpigmentasi) serta menstimulasi pertumbuhan sel baru untuk kulit yang lebih bersih dan cerah.

erha

Saya menggunakan pelembap ini setiap malam setelah membersihkan wajah. Kalau yang ini, memiliki aroma wangi khas krim malam meski hanya samar. Sama seperti TRUWHITE ACTIVATOR DAY CREAM, TRUWHITE ACTIVATOR NIGHT CREAM mudah diaplikasikan dan cepat menyerap. Membuat kulit terasa lebih lembap.

ERHA21 - HELIOS DAILY USE SPF50/PA++
Merupakan broad spectrum sunscreen yang diformulasikan khusus sehingga ringan dan nyaman dipakai setiap hari untuk memberikan perlindungan kulit secara menyeluruh terhadap paparan sinar matahari baik sinar UVA maupun UVB.

erha

Saya menggunakan sunscreen ini 15 menit sebelum pergi ke luar rumah. Ke manapun, meski hanya berangkat ke warung. Dan diulang pengaplikasiannya setiap sudah terkena air wudhu. Sedangkan kalau di rumah saja, saya memang enggak memakai sunscreen. Untuk melindungi wajah dari sinar matahari yang menembus jendela, cukup dari TRUWHITE ACTIVATOR DAY CREAM saja karena pelembap ini mengandung tabir surya juga (SPF25/PA++). 

HELIOS DAILY USE SPF50/PA++ memiliki aroma yang netral. Konsistensinya memang lebih padat dari dua produk yang saya jelaskan sebelumnya, namun mudah diaplikasikan dan cepat menyerap. Yang saya suka nih, tabir surya ini terasa ringan di wajah. Enggak berminyak dan enggak lengket. Nyaman dikenakan setiap hari.

Hasil:
Hal utama yang saya takutkan ketika mencoba produk perawatan kulit baru adalah khawatir enggak cocok. Untungnya ternyata kulit saya cocok menggunakan produk perawatan dari ERHA. Enggak terasa panas, gatal, ataupun muncul bruntusan. 

Ketika baru digunakan, hasil pemakaian dari rangkaian produk perawatan ini memang enggak langsung terlihat. Saya jadi tenang, soalnya kalau hasilnya instan, saya justru jadi seram dengan kandungan yang berada di dalamnya. 

Seminggu setelah pemakaian, kulit wajah saya sudah terlihat lebih cerah dan warnanya lebih merata. Jadi, lebaran kemarin saya merasa lebih percaya diri deh, hohoho.... Dan sekarang, 4 minggu setelah pemakaian, kulit wajah terasa lebih halus dan lembut. Apabila disentuh, seperti memakai bedak loh, padahal enggak. Lalu kalaupun memang pakai, bedaknya bisa menempel di wajah dengan mudah dan merata. Adapun kerut dan bintik hitam, perlahan mulai samar meski belum signifikan. 

erha
Bare face (tanpa edit dan filter)

Review Produk OTC ERHA untuk Perawatan Rambut Rontok

Masalah rambut rontok sudah saya alami sejak bertahun-tahun yang lalu. Namun semakin parah setiap sedang menyusui, seperti sekarang. Bagi saya, rontoknya cukup mengerikan. Makanya, setiap hari saya selalu mengikat rambut agar helaian rambut rontoknya enggak bertebaran di mana-mana. 

Tetapi mengikat rambut enggak bisa mengatasi masalah, karena saya harus rajin membersihkan rambut yang menyangkut di karet. Apabila 2 hari saja enggak dibersihkan, ikat rambutnya bisa berubah penampakan jadi seperti ulat bulu, huhuhu.... Karena sering rontok, saya juga jadi malas mencuci dan menyisir rambut. Soalnya sedih melihat rambut yang rontok terbawa ke saluran pembuangan atau menempel di sisir.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya pernah menggunakan beberapa merk hair tonic, tapi enggak ada yang berhasil. Makanya, saya juga enggak berharap banyak pada produk OTC untuk rambut rontok dari ERHA ini. 

ERHAIR - HAIRGROW SHAMPOO
Mengurangi kerontokan dan menumbuhkan rambut baru. Erhair HairGrow Shampoo diformulasikan secara khusus untuk mengurangi kerontokan rambut. Diperkaya bahan alami ekstrak Cucurbita Pepo Seed, ekstrak Ginseng dan Niacinamide yang berfungsi melancarkan mikrosirkulasi serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral, sehingga efektif merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghambat hormon penyebab kerontokan. Erhair HairGrow Shampoo menggunakan bahan-bahan alami sehingga cocok digunakan setiap hari.

erha

Meski bisa digunakan setiap hari, saya menggunakannya 2 hari sekali saja. Diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi. Aromanya segar. Terasa mewah dan enggak pasaran. Busanya sedikit dan mudah dibilas. Saya suka merasa kurang puas karena belum terbiasa dengan sampo yang busanya sedikit, hehehe.... Meski begitu, kulit kepala tetap terasa bersih kok.

ERHAIR - RESTORING HAIR MOISTURIZER
Perawatan intensif untuk rambut kering, sangat kering, atau rusak. Restoring Hair Moisturizer tidak hanya melembutkan tetapi juga menutrisi batang rambut. Kandungan Shea Butter, Pro Vit B5, dan Vit E yang bekerja sinergis menjaga agar struktur batang rambut tetap sehat dan kuat, serta mengembalikan kelembapan dan melembutkan batang rambut. Sehingga rambut lembut dan mudah diatur.

erha

Berhubung rambut saya kering dan kusam, maka saya juga menggunakan produk ini setiap kali keramas. Dioleskan pada batang rambut yang sudah dibersihkan sampo, lalu dibilas setelah didiamkan selama sekitar 1 menit. Wanginya netral, mudah diaplikasikan, dan mudah dibilas. Produk ini membuat rambut terasa lebih lembut meski masih dalam keadaan basah.

ERHAIR - HAIR LOSS TONIC
Mengandung Kopexil™ dan Ekstrak Panax Ginseng yang membantu mengurangi kerontokan rambut. Hair Loss Tonic juga diperkaya dengan vitamin, mineral dan asam amino untuk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala.

erha

Setelah keramas dan rambut sudah setengah kering, saya menggunakan hair tonic ini. Saya suka banget sama produk ini. Pertama, karena tutup kemasannya yang berupa spray dengan ujung memanjang. Memudahkan sekali untuk mengaplikasikan tonicnya. Tinggal semprot dan pijat kulit kepala, enggak luber ke mana-mana. Kedua, karena aromanya yang enak. Harumnya sama dengan samponya, segar dan enggak bau jamu.

Hasil:
Memuaskan. Rambut saya yang rontok, jumlahnya jauh berkurang. Masih rontok sih, tapi paling banyak juga 3 sampai 5 helai, cukup wajar. Sekarang, saya enggak malas keramas lagi, hohoho.... Selain itu, saya lebih percaya diri untuk menggerai rambut. Enggak khawatir ada rambut rontok yang bertebaran di lantai. Apalagi, sekarang rambut saya juga menjadi lebih lembut dan mudah diatur. Dan kalaupun diikat ketika memakai kerudung, setelah dibuka, enggak ada lagi rambut yang menyangkut di ikat rambutnya.

Kesimpulan

Saya resmi #TerjebakERHA nih, hihihi.... Produknya cocok dengan kondisi kulit saya dan hasilnya cukup memuaskan. Mudah-mudahan bisa lanjut terus menggunakan produk ini. Apalagi produk OTC dari ERHA ini mudah didapatkan. Serta yang paling penting, aman untuk ibu menyusui.

~~~

erha

Facebook: Erha.dermatology
Instagram: @erha.dermatology

2 comments :

  1. Wah pengen coba sunscreen dan hair care nya nih btw wajah teteh cocok ya jadi glowing gitu pake Erha 🤗

    ReplyDelete