Thursday, August 23, 2018

Obyek Wisata Air Terjun Sekumpul Di Pulau Bali

Sumber: https://tempatwisatadibali.info/air-terjun-sekumpul-singaraja-buleleng-bali/

Siapa sih yang enggak tahu Bali. Bali sudah lama dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak sekali obyek wisata memesona. Pantai, pura, danau banyak bertebaran di seluruh pelosok Bali. Tempat wisata lain yang enggak kalah indah adalah air terjun. Salah satunya adalah air terjun Sekumpul.

Mungkin teman-teman masih merasa asing mendengar obyek wisata air terjun Sekumpul ini. Air terjun ini ternyata termasuk ke dalam destinasi wisata kekinian yang tengah hangat diperbincangkan oleh turis-turis asing maupun wisatawan domestik loh. Air terjun ini juga masuk ke dalam kategori air terjun tersembunyi yang ada di daerah Bali bagian Utara.

Di pulau Bali khususnya di Bali Utara, tepatnya di kabupaten Buleleng, banyak sekali terdapat air terjun. Semuanya masih merupakan air terjun yang alami dan sangat indah dipandang mata. Nah, salah satu air terjun yang cantik tersebut adalah air terjun Sekumpul.

Kalau berkunjung ke obyek wisata air terjun Sekumpul ini, kita akan menemukan bukan hanya satu air terjun melainkan lebih. Beberapa anak air terjun Sekumpul ini merupakan air terjun yang tersembunyi sehingga dibutuhkan kerja yang ekstra untuk bisa menemukannya.

Dinamakan air terjun Sekumpul karena memang terdiri dari sekumpulan air terjun, jadi enggak hanya satu. Jika dihitung totalnya maka akan terkumpul sebanyak tujuh air terjun. Oleh karena itulah para turis asing menamai air terjun Sekumpul dengan sebutan “Seven Point Waterfall”. Adapun penduduk di sekitar air terjun Sekumpul memberinya nama “Air Terjun Pemuatan”.

Jika ingin mencapai lokasi ke lima air terjun, memang diperlukan fisik dan kemauan yang kuat. Namun berbeda halnya dengan dua air terjun yang lain, karena jaraknya enggak jauh dari jalan utama.

Jarak Tempuh Air Terjun Sekumpul

Lokasi air terjun Sekumpul berada di Kabupaten Buleleng, lebih tepatnya yaitu di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan. Kalau teman-teman ingin mengunjungi air terjun Sekumpul dan berangkat dari kota Denpasar, maka akan menempuh jarak kurang lebih 76 kilometer atau sekitar dua setengah jam perjalanan darat.

Untuk mencapai lokasi air terjun Sekumpul memang cukup lama, serta membutuhkan stamina yang ekstra. Makanya, disarankan agar enggak membawa kendaraan sendiri. Teman-teman bisa datang ke tempat persewaan mobil untuk menyewa mobil sekaligus dengan supirnya.

Waktu Berkunjung Terbaik

Setelah mencapai lokasi air terjun Sekumpul, ada salah satu kegiatan yang sering sekali dilakukan, yakni trekking. Teman-teman yang berminat melakukan aktivitas ini, dianjurkan untuk melakukannya di pagi hari, yaitu antara jam tujuh hingga delapan.

Kegiatan trekking lebih aman dilakukan di pagi hari karena biasanya belum turun hujan. Berbeda dengan di sore hari dimana peluang hujannya lebih besar. Tujuannya tentu agar terhindar dari jalan setapak di areal air terjun yang licin jika hujan turun. Trekking adalah kegiatan yang biasa dilakukan apabila sudah berada di air terjun Sekumpul. Namun sebelumnya ada banyak anak tangga yang harus dilewati.

Tiket masuknya sangatlah terjangkau. Untuk turis domestik dikenakan biaya 2.000 rupiah. Sedangkan untuk turis asing cukup membayar 5.000 rupiah. Sayangnya, fasilitas umum berupa toilet untuk berganti pakaian belum tersedia dengan baik.

8 comments :