Monday, August 6, 2018

Bermain Sambil Belajar Bersama Colour to Life

faber castell colour to life

Apa kabar teman-teman? Hari ini sudah bermain apa dengan anaknya? Kalau saya dan Jav sih, seminggu ini sedang asyik dengan mainan baru. Namanya Colour to Life. Colour to Life ini persembahan dari Faber-Castell. 

Tentang Faber-Castell

Teman-teman pastinya sudah enggak merasa asing lagi kan dengan Faber-Castell. Saya saja dari zaman masih SD, hingga sekarang anak saya--Jav--juga sudah SD, selalu menggunakan alat tulis dan alat mewarnai dari Faber-Castell. Mulai dari pensilnya yang menjadi andalan saya saat mengisi lembar jawaban ujian, hingga pensil warna dan oil pastel yang sekarang setia dipakai Jav untuk mewarnai. 

Sebagai salah satu produsen alat tulis dan alat mewarnai tertua di dunia, Faber-Castell memang selalu menghadirkan berbagai produk yang berkualitas. Alat tulis dan alat mewarnainya pun inovatif sehingga dapat mendukung kreativitas anak-anak. 

Tentang Colour to Life

Kini, di masa yang sudah serba digital, Faber-Castell pun turut mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan produk inovatif terbarunya, Colour to Life. Produk ini merupakan hasil kolaborasi Faber-Castell Indonesia dengan AR & Co. Jadi, Colour to Life menggabungkan kegiatan mewarnai secara konvensional dengan teknologi augmented reality. 

Untuk mendapatkannya, cukup mudah dan terjangkau. Produk Colour to Life bisa dibeli di Tokopedia, Gramedia, atau toko buku terdekat. 

faber castell colour to life

Color to Life dikemas dalam satu paket kotak yang terdiri dari buku mewarnai augmented reality dan Faber-Castell Connector Pens. Di dalam buku mewarnai tersebut terdapat 15 halaman yang terdiri dari 5 karakter yang berbeda.

Adapun connector pens-nya terdiri dari 20 warna yang cantik. Awalnya, saya khawatir membiarkan Jav mewarnai menggunakan connector pens ini. Takut berantakan dan mengotori pakaiannya, nanti kan saya jadi repot mencucinya, hihihi....

Namun ternyata connector pens dari Faber-Castell ini mudah dicuci dan enggak akan meninggalkan noda pada pakaian. Wuih, saya jadi tenang deh. Produk ini pun sangat aman untuk anak-anak karena enggak beracun. Selain itu, sesuai dengan namanya, produk ini dapat digabung-gabungkan menjadi aneka bentuk rancang bangun loh. Cocok banget untuk melatih kreativitas Jav.

5 Kegiatan Seru Bersama Colour to Life

Teman-teman pastinya ingin tahu kan, keseruan apa saja yang bisa didapatkan dari produk Colour to Life ini?

Pertama, mewarnai. Banyak teknik mewarnai yang dapat dilakukan dengan connector pens dari Faber-Castell ini. Seperti patterning, pointilism, squiggling, shading, contouring, dan lain-lain tergantung kreativitas penggunananya. 

Bagi saya dan Jav, mewarnai menggunakan connector pens kali ini merupakan pengalaman yang baru. Sebelumnya, kami biasa mewarnai menggunakan pensil warna dan oil pastel. Ternyata dengan connector pens dari Faber-Castell dan teknik mewarnai yang bermacam-macam, kegiatan mewarnai menjadi terasa lebih asyik loh. 

faber castell colour to life

Ada 5 karakter berbeda yang dapat diwarnai, yaitu kesatria berkuda (sama seperti logo Faber-Castell), anak kecil, putri, kucing, dan pesawat. Masing-masing karakter terdiri dari 3 halaman. Pas banget nih untuk Jav, saya, dan suami, hohoho.... Kami mewarnai semua karakter tersebut sesuai gaya dan preferensi masing-masing. Oiya, supaya enggak tembus ke belakang, mewarnainya jangan ditekan ya. Ini kan spidol, jadi tanpa perlu ditekan kuat-kuat pun warnanya sudah langsung keluar.

faber castell colour to life

faber castell colour to life

Kedua, membuat karakter menjadi hidup. Untuk mengubah karakter 2D menjadi 3D, perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Colour to Life ini gratis serta tersedia di Google Play dan App Store. Aplikasi ini bisa diunduh dengan cara memindai QR Code yang ada di kemasan/buku gambar atau bisa juga langsung mengetikkan 'Colour to Life' di kolom pencarian Google Play dan App Store. Di Google Play, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 ribu kali dan mendapat rating 4,7 bintang loh. Wow!

faber castell colour to life

faber castell colour to life

Setelah diwarnai, langsung saja pindai gambarnya melalui aplikasi tersebut. Aplikasinya ringan banget dan bisa digunakan walau tanpa jaringan internet. Agar proses memindainya lancar, posisikan kamera ponsel tegak lurus di atas gambar dengan jarak kurang lebih 30 cm. Bagusnya dipindai di tempat yang terang ya, agar hasilnya cerah. Soalnya saya pernah memindai di tempat yang gelap, hasilnya pun gelap, warna si karakter jadi enggak jelas.

Ketiga, berinteraksi dengan semua karakter. Tadaaa... karakter 2D pun langsung hidup menjadi karakter 3D yang interaktif. Apabila disentuh dengan jari, kaki depan kuda yang sedang ditunggangi kesatria langsung naik ke atas. Kalau anak kecil yang sedang bermain stik pogo, badannya langsung condong ke depan. Sedangkan putri yang sedang diam langsung menari. Paling lucu yang kucing nih, dia tidur dan saat disentuh langsung bangun lalu melukis. Adapun pesawat yang sedang terbang langsung menambah kecepatannya.

faber castell colour to life

faber castell colour to life

Keempat, swafoto. Zaman sekarang ini, melakukan apapun pasti sedikit-sedikit langsung foto. Main ke tempat wisata baru, makan di tempat jajan favorit, bertemu teman lama, rasanya kurang afdal kalau enggak mendokumentasikannya dalam bentuk foto. Iya enggak sih? Atau jangan-jangan cuma saya saja, hihihi....

Begitupun dengan hasil karya, rasanya pasti membanggakan ya bisa berfoto bersama dengan gambar karakter hasil mewarnai sendiri. Apalagi karakternya bisa hidup pula. Melalui aplikasi Colour to Life, saya dan Jav bisa mengambil swafoto bersama karakter hidup favorit masing-masing. Keren kan. Ukuran dan posisinya bisa diatur sesuai keinginan pula. Jav pun memilih berfoto bersama kesatria berkuda, karena gagah katanya.

faber castell colour to life

faber castell colour to life

Kelima, bermain games. Nah ini nih yang paling mantap, saya dan Jav bisa bermain games juga.  Didukung dengan visual grafis yang cerah dan dilengkapi dengan suara musik yang menarik. Pada aplikasi Colour to Life, terdapat 5 macam games untuk 5 karakter tadi. Di antaranya yaitu:
  • Giddy Up!: Permainan menunggang kuda sambil mengumpulkan skor dan waktu serta menghindari rintangan berupa kayu dan batu. Cara memainkannya sangat mudah, cukup arahkan kuda ke kanan dan ke kiri. 
faber castell colour to life

  • Pogo Boy: Permainan loncat dari satu batu ke batu lain untuk mengumpulkan skor dan waktu. Jangan sampai jatuh ke dalam air atau mendarat di tempat yang bertanda seru. Cara memainkannya yaitu dengan mengatur jarak loncatan, panjang atau pendek. Gampang banget, kesukaan Jav, hihihi....
faber castell colour to life

  • Dress-Up Challenge: Permainan mendandani maneken dengan setelan yang sudah dicontohkan sebelumnya. Games favorit saya nih, memacu adrenalin, hohoho....
faber castell colour to life

  • Balance Your Brain: Mencocokkan warna cat dengan tulisannya, benar atau salah. Seru!
faber castell colour to life

  • Safe Flight: Permainan mengendarai pesawat sambil mengumpulkan skor dan waktu serta menghindari rintangan berupa awan. Cara memainkannya yaitu mengatur tinggi pesawat, naik atau turun.
faber castell colour to life

Dalam satu waktu, saya dan Jav biasanya memainkan satu games secara bergantian, tentunya menggunakan karakter masing-masing. Jadi misalnya, Jav dulu yang bermain games menggunakan karakter yang sudah dia warnai. Setelah game over, giliran saya yang bermain games menggunakan karakter yang sudah saya warnai. Begitu seterusnya sampai jatah screen time Jav habis.

Manfaat Colour to Life

Sepintas, permainan Colour to Life ini enggak bermanfaat, hanya untuk bersenang-senang saja. Padahal banyak loh keuntungan yang bisa didapatkan dari kegiatan mewarnai dan bermain games Colour to Life. 

Pertama, relaksasi. Meskipun usianya sudah 7 tahun, Jav masih termasuk anak yang enggak bisa diam. Dia bisa duduk manis salah satunya yaitu saat sedang menggambar dan mewarnai, serta saat bermain games kesukaannya--games simulasi menyetir. Anteng banget, enggak mau diganggu. 

Ternyata kegiatan mewarnai dan bermain games, termasuk mewarnai dan bermain games bersama Colour to Life, bisa memberikan efek menenangkan dan relaksasi. Hal tersebut bukan hanya untuk anak-anak seperti Jav, namun berlaku juga bagi orang dewasa seperti saya. Makanya, kegiatan ini juga bisa menghilangkan stres dan mengembalikan mood loh. 

Kedua, edukasi. Mewarnai dan bermain games edukasi bersama Colour to Life, dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak seusia Jav. Di antaranya yaitu meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengasah motorik halus, melatih koordinasi mata dan tangan, mengasah kecepatan, melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan, mengasah refleks, melatih daya ingat, dan lain-lain.

Hal tersebut merupakan keterampilan penting dan mendasar yang dibutuhkan anak-anak untuk mendukung kegiatan mereka di sekolah. Makanya harus terus distimulasi. Dengan Colour to Life, rasanya seperti bermain biasa saja, padahal sambil belajar juga. Belajar dengan cara yang menyenangkan, hohoho....

Ketiga, quality time. Teman-teman pasti sudah tahu kan kalau saat ini waktu saya lebih banyak dihabiskan bersama Rashya--adik Jav. Selama ini Jav enggak pernah mengeluh. Setiap kegiatan bersama Rashya, saya memang selalu melibatkan Jav. Apabila Rashya sedang tidur atau bermain bersama ayahnya, saya juga selalu menyempatkan diri untuk menciptakan quality time bersama Jav. Salah satunya ya bermain Colour to Life ini.

Tapi saya curiga nih, masa sih Jav enggak pernah merasa cemburu. Berkat Colour to Life, akhirnya terkuak juga bagaimana perasaan Jav yang sebenarnya.

faber castell colour to life

"Jav, lihat deh, Bunda udah selesai warnain karakter Colour to Life yang ini." Saya menunjukkan salah satu halaman buku Colour to Life.
"Kok, ada tulisannya Javnya?" Wajahnya sumringah.
"Ya, iya dong. Emang kenapa gitu, Jav enggak suka?"
"Kenapa bukan Rashya, kan Rashya anak kesayangan Bunda." Membuat saya ingin menangis. 
"Loh, kan Jav juga anak kesayangan Bunda, cinta pertamanya Bunda." Berusaha tetap cool.
"Tapi Bunda lebih perhatian sama Rashya."
"Kata siapa? Coba inget-inget, tiap pagi, Bunda masak ninggalin Rashya sama Ayah, kadang Rashyanya nangis, masak buat bekal siapa coba?"
"Buat Jav."
"Rashya lagi tidur siang, tapi udah jam 2, Bunda gendong aja, enggak nunggu Rashya bangun dulu, mau jemput siapa coba?"
"Jemput Jav."
"Bunda sayang enggak sama Jav?"
"Sayang."

Tuh kan, ternyata kecurigaan saya benar. Berkat Colour to Life, Jav spontan mengekspresikan perasaannya. Akhirnya saya pun jadi bisa menjelaskan sekaligus menunjukkan pada Jav bahwa meski ada Rashya, saya tetap dan akan selalu menyayanginya. Terima kasih ya Faber-Castell. Semoga Jav percaya dan jadi PR saya juga sih untuk membuat dia percaya. 

Hmmm, sudah ah bapernya, hehe.... So, bagi teman-teman yang tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Colour to Life dan/atau produk Faber-Castell lainnya, bisa langsung cek ke akun media sosialnya ya.

faber castell colour to life

50 comments :

  1. Tambah seru aja mewarnai menggunakan Faber Castle :)

    ReplyDelete
  2. Menambah kekreativitasan anak-anak ya ..

    ReplyDelete
  3. Dirumah juga ada Faber Castle, tinggal download aplikasinya aja :)

    ReplyDelete
  4. Emanga banyak manfaatnya ya Teh, mami happy kiddos happy yay

    ReplyDelete
  5. Faber Castle ini emang terkenal bagus produknya ya.
    Sekarang ada games-nya yg asyiqeu banget.

    ReplyDelete
  6. Percakapannya juga bikin aku pengin nangis. Akhirnya terkuak perasaannya Jav karena main Colour to Life ini ya Teh. Colour to Life banyak manfaatnya, baik yang dewasa maupun anak-anak jadi sama-sama hepi :)

    ReplyDelete
  7. banyak ya teh manfaatnya apalagi kegiatannya seru banget bisa warnain, selfie sekalian juga bisa main gamesnya yah teh Pokoknya seru banget

    ReplyDelete
  8. Sampe hormat segala itu si abang haha


    Seru yaa

    ReplyDelete
  9. Saya mah paling senng main dress up nya sama pogo boy, seru

    ReplyDelete
  10. Kenapa ya aku teh nggak kepikiran foto sama kudanya di gedein gitu jadi keliatan kayak yang asli. Itu keren fotonya Jav dong yang hormat sama kuda :)))

    ReplyDelete
  11. Anakku nomor dua seneng mainin connector pensnya, soalnya dia belum bisa mewarnai dengan bener, kalau si sulung udah hepi banget bisa mewarnai sekaligus main games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipake semua umur, tinggal disesuain aja hohoho...

      Delete
  12. Seru banget ini Colour to Life. Jadi berebut deh sama Al xD

    ReplyDelete
  13. Waw, itu Kab yang warnai? Kereeeen. Aku aja susah warnai biar rapi dan bagus. Belepotaaaaan :D

    ReplyDelete
  14. Huhuhu...akhirnya berkat faber castell, anak bisa mencurahakan isi hatinya ya..
    Bondingnya jadi semakin kuat kan..😊

    ReplyDelete
  15. aku setuju.
    mewarnai bisa jadi salah satu sarana relaksasi diri buat kita yang terkena banyak polusi stress dari lingkungan.
    tapi aku belum bisa mewarnai dengan bagus :))

    ReplyDelete
  16. Keren yak colour to life anak2ku juga suka nih, Maghfira sampai bikin video unboxing segala hehe..

    ReplyDelete
  17. Karena CTL Jav bisa cerita ke Bunda, ya.. Semoga Jav dan Rashya makin sayang sama Bunda hebatnya 💕

    ReplyDelete
  18. Bagus yah inovasinya Faber Castell ini. Banyak manfaatnya jg mewarnainya.
    Deuh, iya sih kalau udah punya adek lagi kakaknya suka ada cemburu gitu, apalagi kalau usianya deketan.

    ReplyDelete
  19. Aku jg ngerasain lebih rileks teh abis mewarnain dan maen game Colour to Life, keren banget tulisannya teh, lengkap abis :)

    ReplyDelete
  20. Permainan ini asyik banget. Bikin gemes kalo gak bisa-bisa .haha

    ReplyDelete
  21. #hiks naha saya keukeuh gagal ya?

    tapi mau coba lagi ah

    ReplyDelete