Monday, October 1, 2018

Bermain dan Bergembira di Funtopia Balloon Park Bandung

funtopia balloon park bandung

"Besok hari Sabtu ya? Hore!" Jav berseru girang ketika dia baru bangun tidur dan menyadari bahwa hari itu adalah hari Jumat.
"Kok senang banget? Memang ada apa?" tanya saya heran.
"Kan bisa main handphone," jawabnya.

Jav dan Screen Time

Jav memang sudah mengenal perangkat digital sejak umurnya 2 tahun. Yup, salah saya, heuheu.... Awalnya, saya hanya mengenalkan foto dan suara binatang. Semakin besar menjadi lebih bervariasi. Seperti video lagu anak, serial Diva, serial Syamil dan Dodo, permainan Marbel, permainan Boci, dan lain-lain yang bertema edukatif.

Sekarang di usianya yang sudah 7 tahun, semakin canggih lagi. Kontennya masih positif sih, enggak jauh dari video dan permainan bertema mobil, namun durasinya itu loh semakin panjang. Untungnya belum sampai ketergantungan. Tapi tetap saja kalau sedang main handphone, Jav suka jadi lupa waktu. 

Memang sih, apabila digunakan dengan bijak, perangkat digital sebenarnya memberikan andil cukup besar pada proses perkembangan kemampuan Jav. Mulai dari meningkatkan kemampuan kognitif dari permainan-permainan edukatif, menanamkan perilaku baik dari serial-serial anak, serta menambah wawasan dari video-video di Youtube.

Namun kalau saya perhatikan, setiap Jav terlalu lama berinteraksi dengan perangkat digital, fokusnya jadi mudah teralihkan dan cepat marah juga. Akhirnya untuk memaksimalkan perkembangannya, saya membatasi waktu Jav bermain handphone. Karena bukan hanya enggak baik untuk kemampuan sosialisasinya, tetapi juga melelahkan bagi matanya.

Perlunya Membatasi Screen Time pada Anak 

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Global Pediatric Health menunjukkan bahwa penggunaan perangkat digital selama berjam-jam berpotensi mengganggu kualitas tidur dan nutrisi anak. Tingginya interaksi dengan layar pada siang hari, membuat anak enggak cukup bergerak dan aktif secara fisik. Pada akhirnya, hal ini bisa mengganggu kemampuan anak untuk mengatasi masalah, bergerak, berpikir, dan berkegiatan.

Tahun 2016, American Academy of Pediatric (AAP) mengeluarkan panduan terbaru terkait penggunaan gadget pada anak. Yaitu beberapa rekomendasi untuk para orangtua sebagai berikut.
  • Anak berusia di bawah 18 bulan, dilarang menggunakan perangkat digital dalam bentuk apapun, kecuali video-chatting.
  • Anak berusia 18 bulan sampai 24 bulan, apabila sangat terpaksa, boleh dikenalkan pada perangkat digital selama 10-15 menit.
  • Anak berusia 2 sampai 5 tahun, batasi penggunaan perangkat digital 1 jam per hari.
  • Untuk anak yang berusia 6 tahun dan lebih, tentukan batas waktu penggunaan perangkat digital.

Tentunya penggunaan perangkat digital tersebut hanya untuk mengakses program-program berkualitas ya. Serta diiringi dengan komunikasi rutin mengenai aturan main dan keamanan penggunaan perangkat digital dan media online. 

Maka berdasarkan hasil kesepakatan yang sudah ditandatangani bersama, Jav hanya boleh menggunakan perangkat digital pada hari Sabtu dan Minggu dengan durasi waktu maksimal 1 jam saja. Begitu teorinya. Tapi... pada praktiknya sih saya selalu mengusahakan agar Jav enggak perlu menggunakan perangkat digital sama sekali. Tentunya dengan cara yang elegan dan enggak disadari Jav dong, hihihi.... Bukan berupa larangan, namun dengan menyediakan berbagai aktivitas lain yang lebih mengasyikkan.

Mulai dari kegiatan-kegiatan sederhana seperti membaca buku, jalan-jalan pagi, dan bermain sepeda bersama. Kegiatan olahraga rutin seperti hiking setiap hari Sabtu dan latihan taekwondo setiap hari Minggu. Kegiatan silaturahmi mengunjungi rumah kakek-nenek, menghadiri undangan, dan lain-lain. Hingga kegiatan rekreasi di sekitar Kota Bandung. Nah, kalau acara di hari Sabtu dan Minggunya padat dan seru, Jav jadi lupa deh menagih untuk bermain handphone, hohoho....

Membaca buku
Hiking
Taekwondo

Funtopia Balloon Park, Taman Balon Pertama dan Terbesar di Indonesia

Kebetulan di Bandung sedang ada kegiatan seru bertajuk Funtopia nih. Funtopia Balloon Park merupakan taman balon pertama dan terbesar di Indonesia persembahan dari Beyond Screen Production dan Traveloka. Beyond Screen Production adalah perusahaan event organizer yang berkomitmen membawa alternatif kegiatan yang bermanfaat dan berkesan bagi seluruh anggota keluarga. Adapun Traveloka semua pasti sudah tahu dong ya, adalah perusahaan berbasis teknologi terdepan di kawasan Asia Tenggara yang menyediakan beragam produk perjalanan dan gaya hidup dalam satu platform.

Setelah sukses membawa kegembiraan untuk lebih dari 20.000 keluarga di Jakarta pada bulan Agustus 2018 yang lalu, kali ini Funtopia hadir kembali pada tanggal 27 September – 7 Oktober 2018 di Prabuwangi Park - Ex Arcamanik Driving Range, Bandung. 

Acara ini bertujuan untuk menciptakan sebuah arena bermain anak di luar ruangan (outdoor) yang dapat dimanfaatkan keluarga Indonesia untuk meningkatkan aktivitas fisik anak dan menciptakan momen kebersamaan bersama keluarga dalam rangka mengatasi tantangan tren penggunaan perangkat digital oleh anak.


Tascha Liudmila sebagai penulis buku Screen Time menjelaskan, “Tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa, untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial. Dalam hal ini, orangtua perlu menetapkan batasan yang konsisten terhadap penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas bersama keluarga. Selayaknya perkembangan fisik dan kepribadian anak, perkembangan kreativitas terkait erat dengan pola asuh. Artinya peran orangtua sangat penting dan usia prasekolah merupakan rentang usia yang tepat untuk mengembangkan kreativitas mereka”.


Mia Lukmanto, CEO dan Founder Beyond Screen Production menjelaskan, ”Saat ini, tren penggunaan gadget sudah tidak memandang usia dan anak usia prasekolah sudah paham teknologi. Artinya, kreativitas para orangtua dalam menyediakan kegiatan pengganti screen time anak sangat dibutuhkan, karena aktivitas fisik sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak. Otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, sehingga pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan pemberian nutrisi.” 

Mia Lukmanto melanjutkan, ”Sebagai pengelola Beyond Screen Production sekaligus sebagai seorang ibu, saya menyadari bahwa interaksi langsung dengan dunia sekitar seperti keluarga ataupun alam, pasti lebih efektif dalam mengembangkan kreativitas dan mendidik si kecil untuk bersosialisasi. Berangkat dari kesadaran tersebut lahirlah konsep Funtopia, sebagai Taman Balon Pertama dan Terbesar di Indonesia, konsep ini tidak hanya menjadi pilihan kegiatan yang kreatif untuk anak prasekolah, tapi juga bisa dinikmati anak segala umur termasuk orangtuanya. Kapasitas dan ukuran setiap arena balon telah didisain sedemikian besar, kuat dan aman, agar bisa menjadi arena bermain untuk anak remaja, orangtua maupun orang dewasa. Seperti arena Mystery Maze, ini adalah arena balon yang paling tinggi dengan ukuran kurang lebih 13 meter atau sebanding dengan gedung berukuran 3,5 lantai. Jadi orangtua yang datang, jangan hanya sekadar mengamati anak bermain, tapi tidak perlu ragu untuk menemani dan ikut bermain serta menikmati taman balon raksasa Funtopia. Harapannya, Funtopia bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan alternatif hiburan yang kreatif untuk seluruh keluarga selain mall”.


Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, menjelaskan, “Traveloka telah menjadi lebih dari sekadar perusahaan teknologi yang menyediakan sarana pemesanan perjalanan secara online. Sebagai perusahaan terkemuka di ranah digital, Traveloka juga mendukung kebutuhan gaya hidup penggunanya, tidak hanya dari sisi kebutuhan traveling tapi dari seluruh aspek, mencakup kebutuhan akan entertainment, seperti aktivitas, rekreasi, konektivitas, kuliner, hingga pertunjukan. Melalui produk Traveloka Aktivitas & Rekreasi, Traveloka telah bermitra dengan ribuan partner di 327 destinasi domestik dan internasional. Kami berharap dengan hadirnya Funtopia di Traveloka, keluarga Indonesia dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan momen kebersamaan dengan keluarga, terutama saat akhir pekan.”

Lebih lanjut Christian Suwarna menjelaskan, “Arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk kehidupan perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk anak-anak mulai usia 2 tahun keatas sampai orang dewasa. Untuk alternatif hiburan lainnya, pengguna dapat berkunjung ke situs web maupun aplikasi Traveloka dan memilih menu Aktivitas & Rekreasi, yang senantiasa menyediakan akses mudah dan ragam pilihan untuk pemesanan tiket hiburan dan rekreasi keluarga.” 

Bermain dan Bergembira di Funtopia Balloon Park Bersama Keluarga

Ada kegiatan seru di Bandung seperti ini, enggak mungkin dong kami lewatkan begitu saja. Makanya, hari Sabtu tanggal 29 September kemarin, saya dan suami mengajak Jav dan Agta (keponakan) main ke Funtopia Balloon Park. Kebetulan di pagi harinya, Jav harus ke dokter gigi dan suami juga ke bengkel melakukan perawatan rutin kendaraan terlebih dahulu. Jadi baru bisa berangkat ke Prabuwangi Park pukul 2 siang. 

Kami tiba di lokasi pada pukul 3 sore. Saat itu langit sempat mendung, membuat saya khawatir takut tiba-tiba turun hujan, soalnya Rashya ikut juga. Tapi alhamdulillah, cuaca hari itu sangat bersahabat. Saya pun langsung menunjukkan email berisi tiket online dari penyelenggara dan menggantinya dengan 4 buah tiket masuk untuk saya, suami, Jav, dan Agta. Di pintu masuk, petugas memasang tiket tersebut di tangan kami. Sementara suami salat Ashar, saya dan anak-anak mengenakan kaus kaki dulu, menitipkan sepatu, dan meminjam sandal di bagian informasi.

funtopia balloon park bandung

Di lapangan yang sangat luas ini terdapat 8 buah balon raksasa dengan berbagai bentuk lucu dan menggemaskan yang bisa dieksplorasi. Semuanya seru dan memberikan pengalaman bermain yang berbeda dan menantang. Di antaranya yaitu Mighty Mushroom, Old Octopus, Crown Castle, Caterpillar Cave, Bunny Boo, Mystery Maze, Candy Can, dan Traveloka Track.

Traveloka Track
Karena letaknya yang berada cukup dekat dengan pintu masuk, maka saya dan anak-anak menghampiri Traveloka Track terlebih dahulu. Traveloka Track merupakan taman bermain yang memiliki jalur rintangan untuk mengasah keterampilan dan bisa menjadi ajang lomba ketangkasan.

funtopia balloon park bandung

Jav dan Agta bersemangat sekali berlari, melompat, memanjat, meluncur, dan merangkak seperti para prajurit di dongeng kerajaan. Setelah menyelesaikan beberapa putaran, mereka pun bersantai di kolam bola dan kolam kubus.

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Crown Castle
Di sebelah Traveloka Track, ada Crown Castle. Crown Castle adalah taman bermain berbentuk kastil. Tempatnya luas sekali. Jav dan Agta bisa berlari dan melompat dengan puas di dalam kastil yang megah ini. Di sini, saya juga ikut bermain dan melompat. Membuat Rashya yang berada di dalam gendongan ikut senang dan tertawa.

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Old Octopus
Gurita besar berwarna pink ini selalu menarik perhatian Rashya, lucu banget soalnya, warnanya cerah dengan mata yang besar dan ramah. Jav dan Agta pun suka sekali bermain bersama si gurita raksasa ini. Mereka paling banyak menghabiskan waktu di sini. Mulai dari berlari, melompat dan merangkak di antara tentakel-tentakelnya, serta memanjat tentakelnya kemudian meluncur ke dalam kolam bola.

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Caterpillar Cave
Di Caterpillar Cave, Jav dan Agta bisa berjalan, berlari, merangkak, dan memanjat di dalam tubuh hewan berwarna kuning dan hijau cerah yang hobi makan ini. Petualangan dimulai dari mulut ulat dan berakhir di ekornya. Seru seperti berada di dalam gua yang panjang.

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Mighty Mushroom
Jamur raksasa berwarna merah dengan titik-titik putih ini lucu sekali ya. Namanya Amanita Muscaria, banyak tumbuh di Eropa dan Afrika Utara. Di sini Jav dan Agta bisa memanjat di batang jamur dan melompat ke kolam kubus. Wuih, bagus banget untuk melatih kekuatan otot tangan dan kaki anak-anak.

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Mystery Maze
Taman bermain berbentuk balon udara ini seru banget. Anak-anak bukan hanya bisa bebas berjalan dan berlari di dalam labirin, tetapi juga sekalian melatih otaknya. Jav bersama ayahnya dan Agta pun saling berlomba menemukan jalan keluar di dalam Mystery Maze dengan dinding balon tinggi yang berkelok-kelok ini.

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Candy Cane
Selanjutnya, taman bermain yang bentuknya enggak kalah lucu yaitu Candy Can. Artinya yaitu permen tongkat atau biasa juga disebut lolipop. Di sini Jav bersama ayahnya dan Agta bisa bermain-main dengan berbagai macam bentuk dan ukuran permen berwarna eye catchy ini. Meski banyak rintangan, seru sekali berlari di antara permen-permen. Jav dan Agta malah sengaja menabrak dan meninju permennya. Sensasinya memang mengasyikan.

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Bunny Boo
Terakhir dan terletak di bagian paling belakang yaitu Bunny Boo. Balon berbentuk kelinci ini menggemaskan sekali. Di sini Jav dan Agta bisa berlari mengelilingi kepala kelinci dan memanjat tangannya. 

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Rasanya puas sekali melihat Jav dan Agta bermain di Funtopia Balloon Park. Mereka terlihat sangat senang dan susah diajak berhenti. 3 jam rasanya kurang. Inginnya sih menuruti permintaan mereka untuk terus bermain sampai malam. Tapi kasihan Rashya takut masuk angin karena angin malam. Akhirnya kami pun pulang setelah selesai salat Maghrib.


Beragam Manfaat di Funtopia Balloon Park

Banyak sekali manfaat yang saya rasakan ketika menemani anak-anak bermain di sini. 
  • Meningkatkan daya imajinasi. Balon-balon di sini memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan seperti tokoh-tokoh yang berada di negeri dongeng. Ada kastil, jamur, kelinci, ulat, candy cane, dan lain-lain. Sehingga anak-anak bisa bermain sambil berimajinasi seakan-akan berada di negeri dongeng yang sebelumnya hanya bisa mereka lihat di buku cerita.
  • Menyalurkan energi dan melatih motorik kasar. Di sini anak-anak bisa bebas berlari melompat, merangkak, memanjat, meluncur, dan sebagainya di atas balon-balon raksasa yang menggemaskan. Aktivitas fisik pengganti screen time yang asyik banget nih. Selain melatih ketangkasan, di beberapa arena permainan ada yang bisa melatih otak juga.
  • Mempererat ikatan keluarga. Berbagai arena permainan di sini memang dirancang untuk bisa menampung pengunjung dari berbagai usia. Makanya saya dan suami pun bisa bebas ikut bermain dan bersenang-senang bersama anak-anak. 
  • Melatih sportivitas dan empati. Di beberapa arena permainan, Jav mengajak Agta untuk berlomba. Meski begitu, saat adik sepupunya terjatuh atau kesulitan ketika memanjat, Jav pun kembali lagi dan menolong adiknya tersebut.
  • Melatih kemampuan bersosialisasi. Di sini, Jav bertemu dan bermain bersama anak-anak lain. Pada kesempatan ini, dia belajar untuk tertib mengantre, sabar menunggu giliran, melatih kemampuan berkomunikasi saat diserobot, dan lain-lain.

Fasilitas Penunjang di Funtopia Balloon Park

Untuk melengkapi kenyamanan para pengunjung, tersedia pula beberapa fasilitas penunjang.
  • Booth Traveloka. Di sini saya dan suami cukup menuliskan alamat email yang digunakan ketika membuat akun di Traveloka, untuk kemudian mendapatkan voucher atau balon. Berhubung Jav dan Agta ingin balon, maka kami pun memilih balon Traveloka yang keren banget.
  • Tempat penitipan sepatu. Untuk memudahkan saat berpindah dari satu arena permainan ke arena permainan lain, saya menitipkan sepatu dan menggantinya dengan sandal yang disediakan di bagian informasi.
  • Food Court. Terdapat berbagai pilihan makanan dan minuman di food court ini. Mulai dari es krim, bakso, bakmi, kentang, ayam goreng, dan lain-lain. Jav dan Agta yang energinya enggak habis-habis dan susah diajak berhenti, akhirnya mau istirahat dulu setelah dibujuk dengan es krim.
  • Toilet dan Musala. Di sini kita bisa puas bermain dan bersenang-senang tanpa perlu khawatir dengan kebutuhan dasar seperti buang air dan beribadah. Karena tersedia toilet dan musala yang nyaman. Musalanya cukup luas sehingga suami bisa salat Magrib berjamaah.
  • Air minum gratis. Cara mendapatkannya gampang banget. Cukup upload foto keseruan saat bermain di Funtopia Balloon Park ke Instagram, maka kita pun bisa mendapatkan 1 botol minuman gratis.
funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

funtopia balloon park bandung

Tentang Funtopia Balloon Park Bandung

Rangkaian Funtopia ini digelar di Prabuwangi Park - Ex Arcamanik Driving Range, Bandung pada tanggal 27 September – 7 Oktober 2018. Jam operasinya yaitu pukul 15.00-22.00 saat weekdays dan pukul 07.00–22.00 saat weekend. Adapun tiketnya bisa dibeli dengan harga Rp 50.000 saat weekdays dan Rp 75.000 saat weekend.

Selain menyediakan taman dengan balon raksasa yang hadir dalam berbagai bentuk karakter yang menarik bagi anak, Funtopia juga menyelenggarakan berbagai lomba seperti jingle dance, jingle song, fun visit, fun story, fun sketch, fun drawing, dan fun props. 

Bagi teman-teman yang tertarik, langsung saja datang ke Prabuwangi Park atau bisa juga pesan dulu tiketnya melalui Traveloka. Caranya yaitu:
  1. Buka situs www.traveloka.com dan klik tab Aktivitas dan Rekreasi 
  2. Pilih tanggal yang diinginkan lalu pilih tiket single atau paket yang ditawarkan
  3. Lanjutkan dengan pembayaran dan E-Voucher akan segera diemail.
  4. Untuk pemesanan via mobile apps akan dapat tambahan diskon 15% dengan Kartu Kredit BCA. 

Tips Bermain di Funtopia Balloon Park

Bagi teman-teman yang akan berkunjung ke Funtopia Balloon Park, berikut sedikit tips dari saya.
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Pilih pakaian simpel tanpa tali-tali yang menjuntai yang dapat meningkatkan risiko tali terinjak, tersangkut, atau tertarik serta menyebabkan kecelakaan. Perhatikan juga kenyamanannya, sehingga anak bisa leluasa bergerak.
  • Gunakan topi. Karena arena permainan ini berada di area outdoor, maka sebaiknya anak-anak menggunakan topi yang dapat melindungi mereka dari panasnya sinar matahari. Setelah sore dan mulai teduh, baru Jav dan Agta melepaskan topinya agar bisa bermain dengan lebih leluasa.
  • Gunakan kaus kaki. Kaus kaki merupakan item wajib apabila kita bermain di playground. Fungsinya selain untuk menjaga kebersihan playground dan kaki, juga agar enggak mudah terpeleset saat kaki berkeringat. 
  • Gunakan sandal. Ini sebenarnya bebas saja sih. Namun untuk memudahkan anak-anak berpindah dari satu arena permainan ke arena permainan lain, lebih enak apabila mengenakan sandal daripada sepatu.
  • Membawa air putih. Kami sebenarnya sudah membawa bekal air putih dari rumah. Tapi ternyata kurang, hihihi.... Maklum lah, permainannya menguras energi sekali.
  • Ikut menemani dan mengawasi. Untuk anak berusia 2-8 tahun, wajib banget diawasi oleh orang tuanya. Memang sih di setiap arena permainan ada kakak-kakak petugas yang mengawasi juga. Namun akan lebih baik apabila orangtua juga ikut bermain dan menjaga anak-anaknya.

So, siap bersenang-senang di Funtopia Balloon Park? Buruan pesan tiketnya, mumpung masih ada di Bandung beberapa hari lagi.

~~~

Funtopia Balloon Park Bandung
Prabuwangi Park, Jalan Padang Golf No.1, Sukamiskin, Arcamanik, Bandung

22 comments :

  1. Huaaa seru bgt. Jd inget dl lg kecil seneng bgt klo diajak mandi bola :')

    ReplyDelete
  2. anak-anak juga suka di candy cane karena bisa dibuat tinju dan kejar2an sama suami :)
    kesini lagi teh?

    ReplyDelete
  3. Wow... lengkap banget ini taman balonnyaaaaa....

    ReplyDelete
  4. Penampakannya kayak di video Keti peri ya hihihi bagus vangett

    ReplyDelete
  5. Hihi, Akmal juga kalau kebanyakan screen time suka marah-marah geje Teh

    ReplyDelete
  6. Teh keren bgt cara mendidik anaknya, nanti mau aku contek caranya ah kalo punya anak hehe

    ReplyDelete
  7. Balon candy cane aku jadi inget sama film Ralp.

    ReplyDelete
  8. Seru ke sini, fasilitasnya juga lengkap ya. Favorit io main di Candy Cane nih, sama ulet, sama octopus sama ahh semuanya seru sih ya

    ReplyDelete
  9. Wih seru banget ya, anak-anak pasti suka banget deh kalau di ajak kesitu.

    ReplyDelete
  10. Seru banget jadi pengen ngajak main anaak, tapi anaknya masih bayi banget jadi belum bisa diajak ke yang beginian. Tentang screentime aku setuju bangeet semoga aku bisaa nerapin amiin :p

    ReplyDelete
  11. Woooowww. ternyata tiket Funtopia ini belinya di Traveloka ya? Aku kok ga ngeh ya. Anak2 pasti bahagia nih bisa main2 asik di sini. Lengkap juga ya permainannya :) Ada pemainan berdasarkan kategori usia juga. mamah papah nunggu aja di pinggir arena sambil foto2 hehehe :D

    ReplyDelete