Friday, September 21, 2018

Beragam Tempat Wisata di Indonesia

Sumber: https://www.instagram.com/indtravel/

Teman-teman kalau liburan biasanya pas kapan nih? Saya sendiri sebenarnya enggak terlalu suka pergi liburan di saat peak season seperti libur sekolah atau long weekend. Selain kondisi jalan yang macet, tempat wisata yang sangat ramai, harga tiketnya pun tentu lebih mahal. Makanya kalau memang ada rencana berlibur menggunakan kereta atau pesawat, lebih baik sudah memesannya sejak jauh hari agar bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Cita-cita liburan saya pun enggak aneh-aneh, enggak mesti ke luar negeri. Indonesia negeri kita tercinta ini kan merupakan negara kepulauan terbesar dengan ragam suku, budaya, dan agama. Makanya banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang patut dikunjungi.

Saking banyaknya tempat wisata di Indonesia, enggak mungkin saya sebutkan satu per satu. Berikut beberapa diantaranya ya.
  • Kepulauan Seribu di Jakarta. Tempat ini merupakan zona konservasi yang terdiri dari beberapa pulau cantik seperti Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulai Onrust, dan lain-lain.
  • Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Pantai ini disebut sebagai lokasi persemayaman Ratu Laut Selatan dengan pasir cokelat, ombak yang cukup tinggi, serta bibir pantai yang dihiasi bebatuan besar.
  • Gereja Ayam di Magelang. Gereja yang pernah menjadi tempat rehabilitasi ini memiliki desain yang unik mirip ayam. Di sini wisatawan dapat melihat Candi Borobudur dari kejauhan.
  • Pantai Siung di Gunungkidul. Pantai ini memiliki pasir putih dan laut biru yang dapat merelaksasikan dan menyegarkan pikiran. Pantai ini juga dikelilingi perbukitan kapur dan ladang palawija.
  • Canting Mas Puncak Dipowono di Kulon Progo. Tempat ini menawarkan pemandangan Waduk Sermo yang luas. Wisatawan dapat melihat Kota Wates, Bantul, dan Jogja dari ketinggian dan menikmati kesyahduan matahari terbit dan terbenam.

Sumber: https://www.instagram.com/indtravel/

Selain itu, ada pula Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur dengan berbagai daya tarik wisata seperti lautan pasir, pantai berbisik, air terjun Madakaripura, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan lainnya. Serta ada pula Kawah Ijen di Banyuwangi yang memiliki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Kawah tersebut merupakan danau belerang terbesar di Pulau Jawa loh. Lalu ada Pulau Derawan di Kalimantan Timur dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat cantik. Wisatawan juga dapat bebas bermain dengan penyu sambil berjemur di pantai pasir putihnya.

Di Indonesia pun terdapat beberapa kota yang merupakan kota wisata. Diantaranya yaitu:
  • Sawah Lunto. Kota ini bergerak karena aktivitas pertambangan di masa penjajahan Belanda. Hal tersebut membuat kota ini memiliki berbagai infrastruktur pendukung kota pertambangan yang mumpuni.
  • Siak Sri Indrapura. Merupakan bekas Kesultanan Islam di Semenanjung Melayu Provinsi Riau. Lokasinya berada di tepi sungai yang berwarna coklat kehitaman. Di sini terdapat pusat pemerintahan Kota Siak.
  • Medan. Berada di tepian selat Malaka yang selalu menjadi jujukan pada pedagang dan penjelajah dunia. Berbagai suku seperti Melayu, Jawa, India, Tionghoa, dan suku asli Batak mewarnai kehidupan Medan dengan menikmati sisa kejayaan taipan China atau Tiongkok Tjong a Fie yang melegenda.

Sumber: https://www.instagram.com/indtravel/

Selain itu, ada Bukittinggi yang menjadi kota kelahiran Bung Hatta dan menjadi kota terbesar kedua di Sumatera Barat. Pernah menjadi ibu kota pemerintahan darurat Republik Indonesia dan memiliki berbagai situs sejarah seperti Masjid Bingkudu yang merupakan salah satu masjid tertua dan Benteng Fort de Kock yang dibangun oleh Belanda. Ada juga Bengkulu. Kota ini dijuluki Bencoolen oleh kolonial Inggris dan identik dengan Bunga Raflesia. Di sini terdapat berbagai peninggalan sejarah yang dilindungi.

Kota bersejarah sebagai tempat wisata di Indonesia lainnya adalah Lasem di Rembang. Merupakan salah satu kota berlabuhnya para imigran Tiongkok. Ada juga Surakarta sebagai ibukota Kerajaan Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran yang membuat Solo menjadi kaya akan cerita sejarah peradaban Jawa. Serta ada pula Cirebon yang identik dengan udangnya karena peran Kesultanan Cirebon dan menjadi kota pesisir utara Pulau Jawa. 

Banyak ya, padahal yang saya sebutkan di atas hanya sebagian kecilnya saja. Kalau teman-teman ingin mengetahui informasi mengenai teman wisata dan kota wisata di Indonesia yang lebih lengkap, langsung saja baca di travel blog yang teman-teman percayai.

18 comments :

  1. Indonesia itu memang kaya akan alamnya ya mbak, gak heran sih kalau turis asing saja betah tinggal di Indonesia. :)

    ReplyDelete
  2. Makanya saya lebih suka berlibur ke negara sendiri dari pada repot-repot keluar negri. Abis Indonesia udah kayak surga dunia gitu sih, ada pantai, bukit, gunung dll.

    ReplyDelete
  3. Wih, yang sebagian disebutin aja banyak banget ya mbak. Gimana sisanya hehe. :D
    Indonesia benar-benar keren banget.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Iya, sayang belum kesampaian bisa keliling indonesia :D

      Delete
  5. Kalau udh disebutin satu per satu destinasi wisatanya, wiiih jd ngiler traveling de. Nunggu liburan lebaran aja deh biar sekalian hihihi. Ga pernah bosen aku sama Bali. Mudah2an tahun depan bisa jalan2 bareng keluarga aamiin.

    ReplyDelete
  6. Untuk masalah tempat wisata emang Indonesia mah top markotop ya, apalagi wisata alamnya, aduh aku udah lama banget ga traveling nih, butuh piknik sepertinya hahaa

    ReplyDelete
  7. banyak banget tempat wisata di Indonesia yang belum dikunjungi, lagi dikumpulin satu-satu bucketlist nya

    ReplyDelete
  8. Yang Sumatera saya udah semua padahal saya orang Jateng sementara gereja ayam di Magelang yang deket kota kelahiran malah belum pernah. haha. Saya liburannya juga nggak diagendakan Mba tapi menjauhi peak season anak sekolah. Gatau deh ntar klo dah punya anak sekolah pasti gabisa menghindar kali ya :D

    ReplyDelete
  9. Saya kira mbak nathalia ini buat artikel ini karna sudah pernah jalan jalan kesemua tempat itu , wah ternyata setelah saya baca saya salah ....

    Cita cita saya keliling dunia , eropa , amerika , australia dll .
    Tapi mungkin tujuan saya yang paling dekat ini , keliling indonesia dulu deh , jadi tambah bersemangat baca artikel ini.

    ReplyDelete