Wednesday, February 20, 2019

Makan di Tengah Danau di Bale Apung De Lempung Kuring

de lempung kuring

Hari Sabtu beberapa minggu yang lalu, Mamah bilang sama saya lagi kepingin makan wajit dan gurilem Cililin. Beliau mengajak saya, siapa tahu mau ikut ke Cililin. Saya memang enggak terlalu suka wajit, tapi kalau gurilem, duh itu sih favorit banget. Dicamil saja sudah asyik, apalagi dijadikan taburan untuk mi instan, uh mantap.

Saat itu kami sedang berkumpul di rumah saya, karena ada mertua yang datang berkunjung sambil membawa bahan untuk membuat nasi liwet dan ayam bakar. Ketika mendengar hal tersebut, mertua pun mengajak kami agar sekalian makan siang di sebuah floating resto di daerah Cihampelas. Eits, Kecamatan Cihampelas di Kabupaten Bandung Barat ya, bukan Jalan Cihampelas di Kota Bandung, hehehe....

Akhirnya kami pun sepakat untuk langsung bertemu dan makan siang bersama di tempat tersebut. Tapi saya bisik-bisik sama suami, agak malas makan siang ke sana lagi. Soalnya waktu itu pernah satu kali makan siang di sana dan mendapatkan pengalaman yang kurang memuaskan. Menunggu makanannya lama, rasanya pun biasa banget.

Untungnya, adik suami merekomendasikan floating resto lain yang lebih oke. Namanya Bale Apung De Lempung Kuring. Lokasinya berada di Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Adik ipar saya pernah makan di sana bersama teman-temannya.

Jadi, hari Minggu keesokan harinya, kami pun berangkat dari rumah masing-masing dan langsung bertemu di De Lempung Kuring. Seharusnya bareng adik saya juga yang rencananya akan membeli tiket bus Budiman dan pulang ke Bandung akhir pekan itu. Tapi enggak jadi karena suaminya sedang sakit. Gagal kumpul semua deh, huhuhu....

Rombongan kami dari Ciwastra, berangkat sekitar pukul 10 pagi setelah Jav selesai latihan taekwondo. Menggunakan jalan tol, masuk dari gerbang tol Buah Batu dan keluar di gerbang tol Padalarang. Bisa juga keluar dari gerbang tol Baros, bebas.

Setelah mampir belanja wajit dan gurilem di Cililin, kami pun sampai di De Lempung Kuring sekitar pukul 12 siang. Kondisi lalu lintas ramai lancar, hanya agak macet saat harus melewati pasar. Ternyata tempatnya cukup tersembunyi, masuk ke jalan kecil gitu, bukan di pinggir jalan raya. Enggak ada tanda-tandanya pula, jadi kami hanya mengandalkan petunjuk dari Waze dan adik suami.

Tempat parkirnya pun masih berupa hamparan tanah berbatu. Entah kenapa enggak segera dibuat mulus, mungkin menunggu bangunan di depannya selesai dibuat. Jadi, di depan floating resto tersebut sedang didirikan sebuah bangunan berbentuk kapal laut. 

Karena bentuknya floating resto, maka tempat makannya terletak di tengah danau. Untuk mencapai ke sana, kami harus menyeberang menggunakan rakit. Jaraknya pendek sih, tapi lumayan seru. Nah, dari petugas yang mengendalikan rakit, kami tahu bahwa bangunan berbentuk kapal laut di depan itu akan menjadi museum angkatan laut. Wuih, keren ya.

de lempung kuring

Rupanya mertua saya telah sampai lebih dulu, bahkan sudah memesan makanan juga. Jadi ketika kami sampai, makanan sudah siap. Alhamdulillah, enggak perlu menunggu lama, soalnya perjalanan jauh membuat perut saya lapar berat, hehehe....

de lempung kuring

Mertua saya memilih tempat makan di bale (saung) yang berada di pojok. Enak, adem karena benar-benar terbuka. Pemandangannya pun cukup memanjakan mata. Suka, karena saya jarang bisa menikmati makanan Sunda dengan pemandangan danau seperti ini. Di Bandung kan banyaknya resto yang dikelilingi bukit. Contohnya seperti Kampung Daun Cafe.

de lempung kuring

Layaknya masakan Sunda pada umumnya, menu yang kami nikmati tentu enggak jauh dari nasi liwet, lalap, dan sambal, hohoho.... Lebih lengkapnya menu kami siang itu adalah nasi timbel, nasi liwet, ayam bakar, nila bakar, cah kangkung, tahu, tempe, lalap, dan sambal. Serta minumnya yaitu teh tawar hangat, jeruk hangat, dan es jeruk. 

Rasanya? Ayam bakar dan nila bakarnya enak banget. Bumbunya meresap, perpaduan rasa gurih dan manis. Apalagi dicocol sambal yang pedasnya mantap. Nikmat.... Cah kangkungnya juga perlu mendapat acungan jempol karena segar dan batangnya dibelah, rajin banget.

de lempung kuring

Selesai makan, kami bergantian menunaikan salat Dzuhur. Musalanya cukup nyaman. Saya membawa mukena sendiri sih, tapi di sana juga tersedia mukena bersih kok. Setelah itu kami juga sempat foto-foto di sana, karena ada spot-spot yang memang cantik dan cukup instagramable.

de lempung kuring

Kesimpulannya? Recomended. Makanannya enak, pemandangannya asyik, tempatnya bersih (alas kaki dibuka), musalanya nyaman, dan cukup luas untuk menampung banyak orang (saat itu ada gathering juga). Harganya pun lumayan terjangkau. Untuk pesanan kami tersebut (7 orang plus masih banyak sisa yang bisa dibungkus ke rumah) suami saya mengeluarkan sekitar 400 ribu rupiah. 

de lempung kuring

De Lempung Kuring ini buka setiap hari Sabtu sampai Kamis, hari Jumat libur. Kalau hari Senin sampai Kamis, buka mulai pukul 9 pagi sampai 6 sore. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu, buka mulai pukul 9 pagi sampai 8 malam.

~~~

Bale Apung De Lempung Kuring
Jalan Banuraja, Desa Pangauban
Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat

62 comments :

  1. Wah seru banget tuh bisa makan-makan sama keluarga

    ReplyDelete
  2. Wah seru banget itu ada perahunya ya. Enak banget tuh

    ReplyDelete
  3. Uh lihat makanannya aja aku udah ngiler nih. Pasti enak banget ya ?

    ReplyDelete
  4. Keren banget tempatnya, Bisa buat selfie juga, bisa naik perahu

    ReplyDelete
  5. Bagus banget tempat makannya. Makanannya juga kelihatannya enak

    ReplyDelete
  6. Unik ya tempat makannya di tengah danau, jadi mesti nyebrang dulu pakai rakit.. Seru.. :D Suasananya keliatan enak banget, bagus pun ya mba buat foto-foto kece.. :D

    ReplyDelete
  7. Pengen ajak mamah dama bapa makan disii juga, deket sih kalo dari saya mah heheu

    ReplyDelete
  8. Alhamdulilah, kalalu ada tempat makan menyediakan musholla juga. acara makan dengan keluarga jadi lebih tenang

    ReplyDelete
  9. Waa seru banget kumpul keluarga dan makan bareng di tengah danau begitu, menunya juga keliatan sedap-sedap, pingin nyobain juga jadinya hehee

    ReplyDelete
  10. Asyik mbak, maem sambil disuguhi pemandangan di atas danau, apalagi mengendarai rakitt, ihiirr
    Seru pasti maem bareng keluarga besar yah mbak,,, ^_^

    ReplyDelete
  11. Asiknya makan di atas air, bersama keluarga pula. dan lauknya pun menggoda iman. Cucok!

    ReplyDelete
  12. Ya ampuun udah lama rasanya nggak makan gurilem. jadi mendadak keingetan hehe. Ini pemandangannya mengingatkan aku ke Kampung Sampireun dan Situ Bagendit di Garut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, saya pengen banget ke kampung sampireun, belum pernah...

      Delete
  13. Wah ini asri banget, pemandangannya pun bagus yah. Ajakin suami kesini ah belum pernah soalnya

    ReplyDelete
  14. Saya penasaran dengan makanan Sunda, Mbak Lia. Gurilem itu apa ya?
    BTW, sekarang tempat makan enak yang Instagramable banyak ya. Yang di foto-foto ini bikin penasaran ....

    ReplyDelete
  15. serunya makan ramai2. Apalagi tempatnya seasyik itu. Bisa lihat ikan yg berenang2 dan sensasi yg berbeda karena seperti terapung2. Mau ke sana juga suatu hari nanti ah

    ReplyDelete
  16. Makanannya menggoda, tempatnya oke punya..mupeng juga ke sana jadinya.
    Btw, wajit dan gurilem itu apa ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gurilem itu kerupuk pedas, kalau waji itu olahan beras ketan yg manis :)

      Delete
  17. Wisata seperti ini bunda blm pernah ngerasain.
    Jd pengen ngariung makan ditempat terapung gitu. Pasti makannya lahap. Btww gurileum itu apa ya?

    ReplyDelete
  18. Meski aku bukan orang Sunda, tapi masakan Sunda termasuk yang jadi favorit di lidah. Seru banget nih liburan floating resto sama keluarga. Kalau ke Cihampelas kayanya kudu nyobain

    ReplyDelete
  19. Duuuh paling nggak bisa deh disuguhin makanan gitu, langsung auto lapar dan kalap. Btw beneran itu buat bertujuh cuma habis 400rb? Terjangkau banget ya

    ReplyDelete
  20. Asik banget restorannya..serasa makan di atas kapal..tp kalu bawa anak2 mesti hati2 takut nyebur

    ReplyDelete
  21. Lokasinya mantap banget ini danau bale apung
    bisa buat spot foto kece, liburan paket komplit ya Mba di sini

    ReplyDelete
  22. Aduhhh, ada gurikem hehehe. Pernah dikasih ibu kontrakan gurikem, enak ya hehe. Namanya unik banget.
    Adik banget tempatnya, viewnya bagus dan bikin tambah seneng karena makanan nya enak ya mbk

    ReplyDelete
  23. Ya ampun berasa banget itu romansa Makan di Tengah Danau di Bale Apung De Lempung Kuring. Angin sepoi-sepoi, makanan hangat dan pedas ... tapi buat anak-anak jangan sampe meleng sedikit khawatir nyebur heheh

    ReplyDelete
  24. Aku pernah ke Bandung Barat waktu masih ngejomblo, memang daerahnya masih pegeunungan jadi sudah tak asing ya mba banyak restoran dengan konsep alam. Jadi pengin ke sini deh, tempatnya asyik.

    ReplyDelete
  25. Seru teh suasananya makan di tengah danau gitu, aku belum pernah nih.. dan mendadak lapar lihat lalap sama sambelnya dong haha

    ReplyDelete
  26. Makan sambil menikmati pemandangan danau gitu emang asyik banget ya. Terlebih bareng sama orang-orang tersayang. Bahagia banget rasanya.

    Ayam dan nila bakar, saya ngebayangin enaknya. Bumbu yang meresap plus dicocol sambel. Bikin nagih yang pasti.

    ReplyDelete
  27. Wah asik banget nih makan ditengah danau bareng keluarga. Tempatnya juga instagramebel banget kak. Bisa sekalian foto" nih.

    ReplyDelete
  28. Baca tulisan mertua, jadi kangen mertua. akhamdulillah nikmat makan sama keluarga di tempat nyaman seperti ini, mba :)

    ReplyDelete
  29. Wajit dan Gurilem itu apa sih, Mbak? Aku penasaran nih. 😅

    Aku juga kalau makan milih yang menyatu dengan alam. Tempatnya bersuh ya, sekalian refresh otak.

    ReplyDelete
  30. Wahhh bakal abis banyak nih kalo makan sambil memandangi danau gini. Apaalgi menunya ada sambal dan lalapan, duhhh jadi ngiler aku lihat penampakan fotonya, pakai dizoom segala, hahahaa

    ReplyDelete
  31. Asik banget ya bisa santap siang di tengah danau gitu, pasti makan jdi terasa nikmat,apalagi bersama keluarga

    ReplyDelete